Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Lokasi Sumber Maron Malang dan tiket masuk terakhir - Malang kini menjadi salah satu kota yang dikunjungi wisatawan sebagai destinasi liburan, terutama penduduk kota besar yang ingin menyegarkan diri di tengah padatnya ibu kota. Malang tidak hanya menawarkan tempat wisata buatan seperti Jatim Park dan lainnya, namun Malang juga memiliki tempat wisata alam yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Sumber Maron Malang, tempat wisata bahari yang memberikan nuansa berbeda bagi setiap orang.

Wisata Sumber Maron Malang merupakan salah satu tempat wisata berupa pemandian mata air alami yang sejuk. Sebelum menjadi objek wisata, sumber air ini digunakan oleh masyarakat setempat untuk menanam kangkung. Selain itu, itu hanya tempat peristirahatan setelah aktivitas pertanian. Namun, jika dilihat dari potensi yang ada, mata air tersebut akhirnya menjadi kawasan wisata populer di Malang, Jawa Timur.

Mitos dan Asal Usul Wisata Sumber Maron

Tentunya sebelum populernya pesona Sumber Maron ini memiliki sejarah mistis yang melegenda. Konon pada zaman dahulu, ada seorang putri yang bersemedi di sekitar sungai ini untuk mencapai kesempurnaan hidup. Di tengah asketismenya, seorang gadis berhasil menaklukkan nafsunya. Nafsu yang merupakan godaan kecantikan dan jatuh cinta.

Nafsu yang dikalahkan kemudian diubah menjadi Patrem. Patrem cilik kemudian ditanam di bawah pohon beringin dan dimandikan di Sumber Maron Malang. Disinilah letak asal muasal budaya Sang Ayah, hingga saat ini banyak orang yang berusaha membuktikan kebenaran cerita tersebut. Penanaman Patren konon berakibat fatal. Dulu Sumber Maron sering salah tempat, terutama untuk Pesugihan.

Jejak sumber mitos atau mistis Maron masih terasa hingga saat ini. Hal-hal aneh sering terjadi pada sumber kastanye ini. Salah satunya adalah penampakan setan, hantu dan segala macam roh. Hal ini dibuktikan dengan beberapa wisatawan yang mengambil foto dan tanpa sengaja tertangkap dalam fotonya. Namun, mitos tersebut hilang sejak Sumber Maron menjadi tempat wisata populer di Malang.

Tentang asal usul sebutan Sumber Maron. Nama sumber ini berasal dari sebuah sumber, dan untuk nama Maron sendiri banyak versi yang menyebutkannya. Menurut penduduk setempat, kastanye sendiri merupakan alat untuk menanak nasi. Ada juga yang mengatakan bahwa Sumber Maron disebabkan oleh keberadaan Maron yang sebelumnya dibuang di daerah ini. Ada bentuk lain dari sumber ini yang bentuknya seperti Maron, sehingga disebut Sumber Maron.

Pesona keindahan di Wisata Sumber Maron Malang

Obyek Wisata Sumber Maron Kabupaten Malang merupakan tempat yang tepat untuk melepas penat dan bersantai bersama keluarga. Di lokasi Sumber Maron, anak-anak dan orang dewasa akan menemukan pengalaman yang berbeda. Kawasan wisata ini merupakan perpaduan antara persawahan yang hijau, sungai yang jernih, kolam alami dan air terjun yang tidak terlalu tinggi. Hal yang paling menarik dari Sumber Maron adalah sungai bergelombang yang bisa digunakan untuk tubbing. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan, berikut hal-hal seru yang bisa dilakukan di Sumber Maron Kabupaten Malang:

1. River Tubing Sumber Maron Malang

Wisata Sumber Maron mengajak pengunjung untuk menyeberangi sungai dengan leluasa mengikuti aliran sungai. Selain menguji adrenalin, wisata tube di Malang ini juga sangat menyegarkan tubuh dan memanjakan mata. Wisatawan menelusuri jalur river tubing sepanjang kurang lebih 500 meter. Ada instalasi berupa ban karet besar. Lingkaran dijamin aman karena diikat, jadi yang harus dilakukan pengunjung hanyalah berbaring.

2. Berenang di Sumber Maron Malang

Sesuai dengan nama wisatanya, mata air tentu tidak lepas dari nama renangnya. Banyak wisatawan yang datang ke objek wisata alam malang ini hanya untuk bermain atau berenang di air disini, tempat disini sangat luas. Kolam renang Sumber Maron Malang memiliki kedalaman air maksimal 2 meter.

3. Nikmati Situs Snorkeling Sumber Maron Malang

Selain river tubing, Sumber Maron di Malang juga sangat cocok untuk mencoba spot snorkeling. Wisatawan yang berkeinginan seperti itu diundang untuk menyelam ke dalam kolam air alami. Bahkan wisatawan bisa sekaligus mengabadikan momen dengan berfoto selfie di dalam air.

4. Terapi Ikan Sumber Maron

Spot terapi ikan juga tersedia di mata air Malang Maron. Di titik ini, wisatawan akan langsung merendam kaki yang berkhasiat menyembuhkan kondisi tubuh yang sakit dan mencegah berbagai penyakit.

5. Coba Flying Fox di Sumber Maron

Di titik ini, wisatawan disarankan untuk melayang-layang menikmati sensasi terbang di antara sawah dan mendarat dengan lembut di sungai-sungai kecil.

6. Dapatkan Wisata Edukasi dan Teknologi di Sumber Maron Malang

Sumber Maron bukan hanya objek wisata populer di Malang tapi juga merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangunan PLTMH di Sumber Maron dimulai tahun 2005 dan masih sering dijadikan tempat kunjungan mahasiswa.

Fasilitas Sumber Maron Malang

Sama halnya dengan wisata populer di Malang, Sumber Maron selalu memperhatikan fasilitas demi kenyamanan wisatawan. Fasilitas Sumber Maron yang dapat digunakan wisatawan:
  • area parkir
  • Toilet
  • Kamar Pas
  • ruang sholat
  • paviliun dan lain-lain
Selain itu, Sumber Maron juga memiliki warung makan yang menawarkan berbagai makanan khas Malang seperti soto, bakso dan lain-lain. Tentunya untuk menikmati semua itu, wisatawan harus membayar tiket masuk Sumber Maron yang berlaku.

Tiket masuk terakhir Sumber Maron Malang

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan biaya berpetualang di Wisata Sumber Maron Malang. Berikut adalah daftar HTM Sumber Maron Malang terbaru sebagai berikut:
  • HTM Sumber Maron: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir: Rp 2.000 (motor), Rp 5.000 (mobil), Rp 7.000 (bus)
  • Sewa ban: Rp 3.000 (ban dalam kecil), Rp (ban dalam sedang)
  • Sewa river tubing: Rp 10.000
  • Terapi ikan: Rp 15.000
  • Sewa flying fox: Rp 10.000
Tiket Sumber Maron masih tergolong murah dibandingkan pengalaman. Tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pengelola tur.

Lokasi Sumber Maron Malang

Alamat Sumber Maron Malang ada di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jalan menuju Sumber Maron Malang

Sedangkan untuk jalur menuju Sumber Maron, jika menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan kendaraan pribadi di wilayah Kepanjen. Dari Kepanjen, ikuti jalan tersebut lalu menuju ke arah Stadion Kanjuruhan Malang. Pendekatan ke situs tersebut berjarak 3 km dari stadion. Setelah melewati stadion, anda akan sampai di kawasan Gondang Legi atau Masjid Jami' Darussalam, selanjutnya anda akan memasuki desa Karangsuko Gondanglegi. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan tanda Maro Tourism Based on Education.

Jam buka Sumber Maron Malang

Untuk jam buka/jam operasional Sumber Maron dari 0 07:00 WIB hingga 18:00 WIB setiap hari.

Sumber gambar Maron Malang terbaru

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Sumber Maron Malang

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Wisata Sumber Maron Malang

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Tiket masuk Sumber Maron Malang

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Lokasi Sumber Maron Malang

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
River Tubing di Kabupaten Malang
Ini informasi lokasi Malang Sumber Maron dan tiket masuk terbaru. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi sebelum mengunjungi objek wisata ini. Jangan lupa kunjungi terus .com  untuk memperoleh informasi mengenai tempat wisata di Indonesia lainnya.