Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Candi Sambisari Yogyakarta Terbaru

Harga tiket masuk wisata Candi Sambisari yang bersejarah - Jawa Tengah dan Yogyakarta, ada yang menyebutnya sebagai museum situs sejarah dan candi peninggalan nenek moyang mereka. Sebut saja candi-candi terkenal yang selalu menjadi primadona wisatawan seperti Prambanan dan Borobudur. Tidak hanya itu, kawasan ini juga memiliki peninggalan yang jarang diketahui orang.

Selain 2 candi tersebut, candi Sambisari merupakan peninggalan sejarah lainnya yang jarang diketahui orang. Meski berada tidak jauh dari kedua candi tersebut, Candi Sambisari belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasana di Candi Sambisari tidak terlalu ramai. Namun justru itulah yang menarik dari candi Sambisari. Tapi sekarang dia menjadi terkenal.

Terkubur di dalam tanah selama bertahun-tahun, Candi Sambisari yang ditemukan kembali oleh seorang petani tidak pernah menyangkal dirinya dan memancarkan pesona. Kini candi Sambisari yang ketinggiannya lebih rendah dari tanah di sekitarnya menjadi salah satu candi yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Namun sebelum menjadi tempat wisata bersejarah, simak dulu cerita asal muasal Candi Sambisari.

Sejarah Wisata Tersembunyi Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang terletak di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta, sekitar 12 km sebelah timur kota Yogyakarta menuju kota Solo atau sekitar 4 km sebelum kompleks candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung pada masa kerajaan Mataram kuno.

Candi Sambisari terletak di Desa Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi DIY. Latar Belakang Keagamaan Pada candi Sambisari, bilik candi tidak ditempati oleh arca Siwa Mahadewa tetapi oleh aspek lain yaitu lingga dan yoni. Lingga adalah perwujudan Dewa Siwa. Persatuan, lingga dan yoni adalah simbol penyatuan Siwa dan Saktinya.

Selain itu, juga sebagai simbol kesuburan. Selain Lingga da Yoni, terdapat beberapa arca pantheon Hindu yaitu Durga Mahesassuramardini (utara), Ganeça (timur), Agastya (selatan) serta Mahakala dan Nandiswara sebagai penjaga gerbang. Berdasarkan arca-arca yang terdapat pada candi Sambisari dapat disimpulkan bahwa latar religi candi Sambisari dikenal dengan Çiwaistis (berpusat pada Siwa).

Fasilitas Candi Sambisari Yogyakarta

Candi Sambisari yang tidak terlalu ramai membuat tempat ini menjadi tempat yang bagus untuk pemotretan. Ditambah dengan sejarah romantisnya, tempat ini populer di kalangan anak muda. Kompleks candi Sambisari menawarkan pesona keindahan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Tidak hanya bangunan candi saja yang terdapat di candi Sambisari, di tempat ini terdapat hamparan rerumputan yang hijau dan taman-taman yang tertata rapi. Tembok tanah yang mengelilingi candi dihiasi rerumputan hijau subur dengan prasasti Candi Sambisari berupa semak belukar yang indah. Hal ini memberikan suasana kawasan candi Sambisari yang sejuk dan asri, membuat wisatawan betah berada disini. Ketika musim hujan telah tiba, semuanya tampak hijau segar. Tempat ini sangat cocok untuk pemotretan terbaik, yaitu menjelang pernikahan.

Selain hunting foto, wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise. Letak candi Sambisari yang terpencil membuat pemandangan cukup jelas dan tidak menemui banyak kendala. Areal candi yang lebih rendah dari tanah di sekitarnya dan adanya padang rumput yang hijau menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini.

Ditambah dengan fasilitas umum yang siap digunakan oleh wisatawan seperti tempat parkir yang luas, toilet, mushola, semuanya ada. Wisatawan yang merasa lelah dan lapar bisa singgah di Warung Soto Bathok Mbah Katro. Warung soto yang berada tidak jauh dari Candi Sambisari ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup populer di kawasan Candi Sambisari.

Harga Tiket Masuk Terakhir Candi Sambisari

Selain fasilitas yang lengkap, Candi Sambisari juga memiliki harga tiket masuk yang relatif murah, kenapa? Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang, wisatawan sudah bisa bersenang-senang Kepuasan di candi Sambisari. Namun khusus untuk wisatawan mancanegara, tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang. Jam buka Candi Sambisari, buka mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB.

Situs Candi Sambisari, Yogyakarta

Candi Sambisari terletak di kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571.( Peta Google )

Untuk menuju candi Sambisari, wisatawan bisa melewati Jalan Raya Jogja – Solo. Sampai di pertigaan Bandara Adi Sutjipto, wisatawan masih harus lurus. Kemudian Anda akan menemukan pertigaan dengan tanda gedung Pusdiklat Keuangan Yogyakarta. Anda belok kiri ke utara. Dalam waktu sekitar 10 menit, Anda sudah bisa mencapai Candi Sambisari yang terletak di kawasan pemukiman warga.

Galeri Foto Candi Sambisari, Sleman Yogyakarta

Pesona Candi Sambisari
Wisata murah dan populer di Yogyakarta
Wisata Sejarah Candi Sambisari di Jogja
Keindahan Candi Sambisari
Spot foto di Candi Sambisari
Wisata populer di jogja
Demikian informasi tentang wisata tersembunyi Candi Sambisari di Yogyakarta yang romantis. Semoga bermanfaat dan menambah referensi liburan. Jangan lupa untuk selalu cek West-Java.com untuk informasi terbaru tempat wisata di Indonesia.