Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar 12 Obyek Wisata Pantai di Jogja Yang Sudah Dibuka untuk Dikunjungi

Menara pantai di Jogja yang sudah dibuka - Kota jogja sejak dulu terkenal dengan banyak tempat wisata, terutama wisata pantai yang wajib dikunjungi wisatawan. Namun karena wabah Covid-19 (coronavirus) yang menyerang Indonesia, seluruh tempat wisata di Indonesia ditutup pada waktu yang bersamaan. Hal ini untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu, WNI diminta untuk tetap berada di rumah hingga Mei mendatang. Pada awal Juni lalu, pemerintah memberlakukan aturan normal baru yang memungkinkan masyarakat melakukan aktivitas seperti bekerja mencari nafkah, berbelanja kebutuhan pokok, dan lain-lain. Hanya saja, tempat wisata masih belum diperbolehkan dibuka karena potensi keramaian yang bisa menjadi tempat penyebaran virus.

Seiring waktu, Bapak Suharsono, Bupati Bantul, mengizinkan semua tempat wisata di Bumi Projotamansari kembali beroperasi untuk menerima kunjungan wisatawan pada 1 Juli. Begitu pula dengan pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang mulai sedikit terbuka.

Meski mengizinkan pembukaan, pemerintah tetap menunjukkan hal ini kepada semua pengelola pariwisata Yogyakarta ikuti protokol kesehatan. Bupati Bantul mengatakan, dirinya meminta izin kepada Gubernur DIY dan diperbolehkan asalkan ditegaskan untuk mengikuti protokol kesehatan.

Petugas pantai di Jogja sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan bagi wisatawan yang akan berlibur, sesuai dengan protokol yang berlaku seperti: B. Pengatur suhu, syarat masker dan juga penyiapan tempat cuci tangan. Selain itu, warga sekitar pantai bersiap untuk melakukan kerja bakti.

Nah kali ini tur besar akan memberikan referensi tempat wisata pantai jogja yang sudah dibuka. Kami menerima informasi ini dari situs web jogja.tribunnews.com , voyage.kompas.com , jogja.voice.com , Bepergian. detik.com , merdeka.com dan juga dari instagram @pesonajogjatour .

Daftar wisata pantai di Jogja yang terbuka untuk wisatawan

Berikut beberapa tempat wisata pantai di Jogja yang sudah dibuka untuk wisatawan. Dari Kabupaten Bantul ke Kabupaten Gunung Kidul. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Pantai Parangtritis, Bantul

Pantai Parangtritis, Bantul Foto oleh @sarandi_13
Pantai pertama yang dibuka di Jogja adalah Pantai Parangtritis. Pantai paling populer di Jogja yang menjadi wisata alam legendaris di Kabupaten Bantul Yogyakarta. benda Pariwisata di Jogja Pembukaan dimulai pada 1 Juli 2020.

Pengelola Wisata Pantai Parangtritis telah menyiapkan fasilitas penyemprotan sanitizer yang cukup, tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, memakai masker dan menjaga jarak aman, yang secara bertahap kami lakukan. Kemudian ditekankan agar pengunjung memastikan kondisi sanitasi pengunjung dan pemangku kepentingan pariwisata yang membuka usaha di kawasan wisata.

2. Pantai Goa Cemara, Bantul

Pantai Goa Cemara, Bantul Foto oleh @prologpagi
Pantai di Jogja selanjutnya yang akan dibuka adalah Pantai Goa Cemara yang terletak di Kabupaten Bantul tepatnya di Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763. Bapak Suratijo, selaku Presiden Pokdarwis Pantai Goa Cemara, kata Obyek wisata Goa Cemara mulai uji coba operasinya lima hari lalu, tepatnya 1 Juli 2020. Meski begitu, pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menghindari keramaian dan sejenisnya.

3. Pantai Depok Bantul

Pantai Depok, Bantul Foto oleh @tiaraharisma57
Selain itu, Pantai Depok yang mulai beroperasi sejak 1 Juli kemarin, resmi dibuka oleh pejabat pariwisata. Beberapa rumah makan kuliner seafood yang dibuka di Pantai Depok telah menyediakan fasilitas cuci tangan. Bahkan wisatawan diminta untuk memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan membawa hand sanitizer.

4. Pantai Baron Gunung Kidul

Pantai Baron Gunung Kidul / Foto oleh @marahuda
Untuk pantai-pantai Jogja yang dibuka kemudian Pantai Baron, pengelola melakukan uji coba persiapan pembukaan Pantai Baron Gunung Kidul kemarin 30 Juni, apakah tempat wisata lain dibuka atau tidak, dengan mempertimbangkan faktor internal seperti kemauan masyarakat. . mempelajari sumber daya di bidang yang terkait dengan perilaku pelanggan.

Namun beberapa penjual cinderamata dan warung makan yang buka di Pantai Baron hanya beberapa saja yang buka. Pengunjung harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak aman dan selalu mencuci tangan. Ada juga petugas yang mengukur suhu tubuh wisatawan. Satlinmas II Sekretaris Daerah HRH Gunungkidul juga akan melakukan patroli untuk memantau wisatawan yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

5. Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup Gunung Kidul / Foto oleh @imandiwahyudi
Pada (24/6/2020), Pantai Kukup di Gunung Kidul dibuka untuk umum, meski pantai tersebut dibuka bersamaan dengan Pantai Baron dengan beberapa pantangan. Sesampainya di Pantai Kukup, beberapa penjual makanan, minuman, ikan dan souvenir mulai membuka kembali lapaknya.

Pedagang pantai Kukup Gunung Kidul juga telah mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, pelindung wajah, dan sarung tangan saat melayani pelanggan. Selain itu, ketika mengunjungi tempat ini, wisatawan harus memakai masker dan memeriksakan kesehatannya sebelum memasuki pantai.

Harry Sukmono selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul mengatakan, Dispar Gunungkidul telah menetapkan jumlah kunjungan Baron dan Kukup maksimal 7.000 orang untuk fase proses kenormalan baru, sesuai SOP.

6. Pantai Timang, Gunung Kidul

Pantai Timang Gunung Kidul / Foto oleh @indra.saputraaaa
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus melakukan uji coba new normal dengan membuka sejumlah pantai di Gunung Kidul yang disebut siap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya adalah Pantai Timang Gunung Kidul. Pada 11 Juli, Pantai Timang resmi dibuka untuk wisatawan umum. Meski demikian, bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik antar wisatawan.

7. Pantai Nglambor, Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul / Foto oleh @xmostermayax
Pantai Nglambor di Gunung Kidul resmi dibuka untuk umum kemarin 11 Juli. Dibuka dengan Pantai Timang Gunung Kidul. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Gunung Kidul juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan di Pantai Timang.

8. Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul / Foto oleh @narendra_dicke
Untuk Pantai Gunung Kidul selanjutnya akan dibuka Pantai Siung. Pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak saat berkunjung ke Pantai Siung Gunung Kidul. Harapannya semua masih sehat dan tidak ada kasus penularan corona dari lokasi wisata, kata Hary Sukmono, sekretaris biro pariwisata Gunungkidul.

9. Pantai Nguyahan, Gunung Kidul

Pantai Nguyahan Gunung Kidul / Foto oleh @iyan_hurint
Berikutnya adalah Pantai Nguyahan, pantai ini resmi dibuka pada tanggal 11 Juli 2020. Pantai ini terletak di dekat Pantai Ngobaran, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta. Wisatawan diwajibkan mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak sosial, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi tempat wisata tersebut.

10. Pantai Ngobaran, Gunung Kidul

Pantai Ngobaran Gunung Kidul / Foto oleh @trisnoarybudi
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah resmi membuka sejumlah pantai di Gunung Kidul yang disebut siap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya adalah Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Pada 11 Juli, Pantai Ngobaran resmi dibuka untuk wisatawan umum. Meski demikian, bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut harus mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak fisik antar wisatawan.

11. Pantai Ngrawe, Gunung Kidul

Pantai Ngrawe Gunung Kidul / Foto oleh @ardinugros
Pantai terdekat yang dibuka di Gunung Kidul adalah Pantai Ngrawe . Pantai ini terkenal dengan pantai intimnya di Gunung Kidul. Bagi yang berkunjung ke resort Gunung Kidul ini harus mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pengelola Wisata Pantai Ngrawe. Misalnya, harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk menghindari keramaian. Pengelola wisata ini juga melakukan pengecekan suhu tubuh bagi wisatawan.

12. Pantai Drini, Gunung Kidul

Pantai Drini Gunung Kidul / Foto oleh @yayukjuminten
Pantai Gunung Kidul terbaru yang dibuka adalah Pantai Drini. Pantai ini resmi dibuka kemarin 11 Juli 2020. Selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry berharap para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Drini dan lainnya yang membawa perlengkapan sholat sendiri selalu memakai masker dan menjaga jarak.

Ini beberapa Daftar 12 Objek Wisata Pantai di Jogja yang Terbuka untuk Dikunjungi . Adapun pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Wediombo, Pantai Jungwood ,Pantai Nampu,Pantai Watulumbung, Pantai Greeneng , dan Pantai Sadahan , disimulasikan. Semoga bermanfaat dan bisa anda gunakan sebagai referensi sebelum mencari objek wisata Pantai Gunung Kidul yang sudah dibuka. Terima kasih atas kunjungan anda :)