Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi

Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Informasi Lengkap Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi dan Foto Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan   - Berlibur di tempat yang nyaman adalah cara terbaik untuk mengisi ulang tenaga setelah lelah di rumah akibat wabah Corona-19. Kali ini, kami akan merekomendasikan tempat-tempat wisata untuk Anda menenangkan pikiran. Yakni di wilayah Pasuruan, saat anda berkunjung ke kabupaten Pasuruan Jawa Timur ini wajib mampir ke salah satu wisata alam yang indah dan memanjakan mata yaitu Air Terjun Putuk Truno Prigen.

Sebagai tempat wisata andalan di Pasuruan, Air Terjun Putuk Truno memiliki suasana yang sangat menyegarkan. Keindahan alamnya yang begitu indah, akses yang mudah dan tiket murah ke Air Terjun Putuk Truno menjadi alasan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Apalagi keberadaannya yang berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno tentunya memberikan nuansa segar dan asri pada tempat ini.

Objek Wisata Air Terjun Truno Prigen Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu tempat wisata di kawasan Prigen Pasuruan Jawa Timur. Wisata Air Terjun Putuk Truno memiliki banyak pesona bagi wisatawan, air terjun ini tingginya sekitar 45 meter. Sumber air ini berasal dari Gunung Arjuno – Welirang. Dengan aliran air yang cukup deras tentunya menambah keindahan pemandangan air terjun Putuk Truno ini.

Keindahan air terjun Putuk Truno Prigen memang sangat populer, terutama di kalangan pecinta foto. Memiliki ketinggian sekitar 45 meter dengan aliran air yang stabil dan cukup deras menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Keindahan air terjun di Pasuruan ini juga sangat terjaga. Saksikan rimbunnya berbagai tumbuhan yang ada di sekitar tempat wisata ini. Aliran sungai di Air Terjun Putuk Truno juga sangat bersih dan jernih, yang tentunya menambah rasa sejuk dan damai saat mengunjungi air terjun cantik di Pasuruan ini.

Wisatawan tidak perlu khawatir untuk menikmati keindahan Air Terjun Putuk Truno. Meski agak jauh dari kota Pasuruan, namun memiliki jalan yang bagus dan mudah untuk dilintasi. Sepanjang jalan menuju dari pintu gerbang menuju tempat wisata Air Terjun Putuk Truno, pengunjung tidak perlu tenaga ekstra seperti mendaki sepuluh menit atau stamina fisik untuk menempuh jalur ekstrim.

Mitos Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Selain karena keindahannya yang memanjakan, keberadaan Air Terjun Putuk Trune tidak lepas dari mitos yang masih melegenda hingga saat ini. Ada pasangan yang mandi di bawah air terjun ini, diyakini akan memiliki hubungan cinta yang abadi. Asal usul nama Putuk Truno adalah tempat bertemunya cinta Joko Taruno. Seorang pangeran kerajaan Majapahit dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura.

Seorang selir Raja Hayam Wuruk memiliki seorang putra bernama Joko Taruno yang merupakan pangeran Majapahit. Suatu ketika mereka jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Putri Sri Gading Lestari. Namun, ayah gadis itu Raja Arya Wiraraja tidak merestui hubungan Putri Gading Lestari dengan Joko Taruno. Konon sang putri dibuang untuk bertapa di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Kemudian Pangeran Joko Taruno bertapa pada Putuk Truno agar memperoleh kekuatan untuk membebaskan sang putri dan kembali bersamanya. Dengan kegigihannya, Pangeran Joko Taruno berhasil bertemu kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Kisah legendaris ini memunculkan mitos bahwa Air Terjun Putuk Truno bisa meningkatkan kemesraan pasangan kekasih.

Fasilitas air terjun Putuk Truno Prigen

Seperti yang sudah disebutkan, air terjun Putuk Truno sangat populer, terutama di kalangan penggemar foto. Banyak wisatawan yang datang hanya ingin mengabadikan momen dengan berswafoto. Berfoto selfie dengan background air terjun Putuk Truno dijamin fotonya keren. Tepat di depan air terjun terdapat gardu pandang atau paviliun yang biasa digunakan wisatawan selfie.

Layaknya tempat wisata populer di Pasuruan, fasilitas Air Terjun Putuk Truno tentunya mendapat perhatian besar dari pengelola untuk menjamin kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain:
  • area parkir
  • Toilet
  • ruang sholat
  • segera
  • tempat foto
  • restoran dan lain-lain
Tentunya untuk menikmati keindahan dan fasilitas yang tersedia, wisatawan harus membayar tiket masuk Air Terjun Putuk Truno yang berlaku.

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno, Prigen, Pasuruan

Wisatawan yang berkunjung ke Air Terjun Putuk Truno Pasuruan tidak ada salahnya untuk mencari informasi tiket masuk disana. HTM Air Terjun Putuk Truno yaitu :
  • HTM Dewasa : Rp 10.000
  • HTM untuk anak-anak: Gratis
  • Biaya parkir: Rp 2.000 - Rp 5.000
Tentunya harga tiketnya tetap sangat terjangkau dibandingkan dengan pengalaman yang didapat.

Lokasi Air Terjun Putuk Truno

Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di JL Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157. Akses menuju Air Terjun Putuk Truno cukup mudah karena pengunjung dapat menggunakan kendaraan yang berbeda-beda untuk menuju ke tempat air terjun ini. Kondisi jalan juga bagus.

Jalan Menuju Air Terjun Putuk Truno, Pasuruan

Rutenya sendiri dapat diakses dari pusat kota Pasuran. Kendarai dulu kendaraan Anda melalui distrik Prigen, khususnya menuju Departemen Kepolisian Prigen. Sesampainya di Polsek Prigen, lanjutkan pelan-pelan menuju jalur kiri yang tidak terlalu jauh dari lokasi wisata. Kemudian pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut sejauh kurang lebih 200 meter dan selanjutnya akan sampai di tempat air terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

Jam Buka Air Terjun Putuk Truno

Wisata Air Terjun Putuk Truno ini dimulai dari pukul 07:00-16:00 WIB.

Gambar Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Air Terjun Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Mitos Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Biaya masuk ke Air Terjun Putuk Truno
Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Lokasi Air Terjun Putuk Truno
Demikian informasi tentang Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan, semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi terus West-Java.com untuk informasi tempat wisata di indonesia. Terima kasih.