Solusi Tidak Bisa Login Akun Microsoft di Windows 10

Akun Microsoft yakni cuilan yang cukup penting dari tata cara operasi Windows 10. Tanpa login dengan akun Microsoft kita tidak bisa download aplikasi dari Microsoft Store, melaksanakan sinkronisasi dengan perangkat lain, menggunakan layanan cloud dari One Drive, dan fitur-fitur memiliki kegunaan Windows 10 lainnya.

Agar bisa menggunakan fitur-fitur tersebut kita harus login akun Microsoft di Windows 10 yang digunakan. Tapi proses login ini tidak selamanya tanpa kendala, beberapa pengguna akan mengalami error yang membuat mereka tidak bisa login akun Microsoft di Windows 10.

Apa yang menjadikan hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Pada peluang kali ini teknosentrik akan menyebarkan beberapa kiat yang bisa dicoba untuk memperbaiki duduk perkara ini.

Penyebab tidak mampu login akun Microsoft di Windows 10

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kita tidak bisa login akun Microsoft di Windows 10, mulai dari kesalahan koneksi internet, registry entry, settingan firewall, antivirus, Windows yang tidak original (bajakan), atau aplikasi yang menimbulkan koneksi ke server Microsoft terblokir.

Saat mengalami dilema ini umumnya akan muncul pesan error yang berlawanan-beda, mirip:

  • We can’t sign into your account.
  • Something went wrong, Try again, or select Cancel to set up your device later.
  • Something went wrong and we can’t sign you in right now. Please try again later.
  • Sorry, something went wrong.

Selain lantaran duduk perkara koneksi internet atau kesalahan pengaturan, tidak mampu login ke akun Microsoft bisa juga disebabkan sebab salah memasukkan username atau password. Jika demikian lazimnya akan timbul keterangan “Your account or password is incorrect. If you don’t remember your password, reset it now.”

Cara menanggulangi tidak mampu login akun Microsoft di Windows 10

Memperbaiki dilema tidak mampu login akun Microsoft di Windows 10 mesti dijalankan menurut dari apa yang menjadi penyebabnya. Tapi bila kalian tidak percaya atau belum tahu apa yang mengakibatkan error tersebut, ikuti saja beberapa solusi berikut ini secara sedikit demi sedikit satu per satu.

1. Periksa koneksi internet

Penyebab paling lazim mengapa kita tidak bisa login akun Microsoft di Windows 10 adalah alasannya adalah koneksi internet. Coba periksa dahulu apakah koneksi internet yang kalian gunakan tanpa kendala atau malah sedang gangguan.

Jika menggunakan koneksi dari modem USB atau tethering dari hp maka mampu coba untuk reset koneksi internetnya. Jika memakai modem USB maka cara resetnya cukup dengan disconnect > cabut modem > colok kembali > kemudian connect.

Kalau memakai koneksi dari hp maka reset koneksi internet di hp-nya. Caranya cukup dengan aktifkan mode pesawat > diamkan sebentar > lalu matikan lagi mode pesawat > hubungkan lagi koneksi internet hp ke komputer menggunakan tethering atau hotspot portable.

Dengan mereset koneksi internet mirip di atas kita akan mendapatkan IP Publik yang gres dari provider internet yang dipakai, cara ini mungkin saja mampu mengatasi duduk perkara koneksi internet ke server Microsoft.

Setelah mereset koneksi internet, coba lagi login akun Microsoft kalian, apakah telah bisa? Kalau belum lanjut ke langkah berikutnya.

2. Cek akun Microsoft melalui browser

Kita juga perlu menganalisa akun Microsoft pribadi dari browser untuk mengetahui apakah akun masih mampu login, atau malah telah kena ban. Caranya dengan masuk ke halaman: https://login.live.com/

Masukkan username (email) dan password akun kalian lalu login. Lihat apakah akun bisa login. Pastikan juga password dan username yang dimasukkan benar. Jika ternyata username atau passwordnya salah maka inilah penyebab mengapa kita tidak mampu login di Windows 10.

3. Reset password

Setelah mengetahui jika penyebab mengapa kita tidak bisa login akun Microsoft di Windows 10 itu karena password yang salah, maka satu-satunya cara untuk mengatasinya ialah dengan reset password.

Masih di halaman login via browser tadi, di ketika password yang dimasukkan salah akan muncul perayaan “Your account or password is incorrect. If you don’t remember your password, reset it now

Klik link reset it now untuk merubah password baru.

akun microsoft tidak bisa login windows 10

Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai, kita akan diminta memasukkan aba-aba yang terkirim ke nomor hp yang terhubung dengan akun tersebut, jadi tentukan nomor hp-nya masih aktif.

Setelah password direset dan kita sudah bisa login via browser kemudian coba lagi login akun Microsoft di Windows 10, sebaiknya kini sudah mampu.

4. Matikan antivirus

Antivirus yang aktif di Windows 10 juga bisa melakukan pemblokiran koneksi demi tujuan keselamatan, hal ini kadang memiliki dampak buruk alasannya antivirus mampu saja salah menganggap koneksi yang semestinya aman malah diblokir (false positive) mirip koneksi ke server Microsoft misalnya.

Saat hal ini terjadi maka kita tidak akan mampu login akun Microsoft di Windows 10. Jika ada antivirus, khususnya antivirus dari pihak ketiga yang aktif di komputer kalian, maka coba matikan dulu pada ketika akan login akun Microsoft. Nanti setelah sukses login gres dihidupkan kembali.

5. Hapus credentials folder

Folder credentials yang rusak atau korup juga mampu menjadi penyebab mengapa kita tidak bisa login akun Microsoft di Windows 10. Cara untuk mengatasinya yakni dengan meniadakan folder atau direktori tersebut semoga Windows membangun ulang credentials directory yang gres.

Ikuti tindakan berikut ini untuk melakukannya:

Tekan tombol Windows+R lalu ketik %localappdata% > OK

cara mengatasi tidak bisa login microsoft windows 10

Masuk ke direktori Microsoft kemudian hapus folder bernama Credentials

solusi akun microsoft di windows 10 tidak bisa login

Tutup semua aplikasi > restart komputer

6. Ganti settingan Group Policy

Jika sudah memasukkan username dan password yang benar namun akun Microsoft tetap tidak mampu login maka penyelesaian yang mampu dicoba ialah mengganti settingan pada Group Policy.

Cara ini akan sukses kalau duduk perkara yang timbul disebabkan alasannya adalah akun Microsoft diblokir oleh Group Policy. Ikuti tindakan berikut ini untuk mengatasinya.

Buka Group Policy di Windows 10, caranya ketik “group policy” (tanpa tanda kutip) di search bar > klik Edit group policy

Masuk ke direktori berikut ini:

Computer Configuration\Windows Settings\Security Settings\Local Policies\Security Options\Accounts: Block Microsoft Accounts

Klik kanan pada Accounts: Block Microsoft > pilih Properties

Pada sajian drop down klik satu kali kemudian pilih This policy is disabled > klik Aplly > OK

Restart komputer kemudian coba lagi login dengan memakai akun Microsoft.

7. Hapus cache akun Microsoft di system registry

Selanjutnya kita juga perlu menjajal untuk memeriksa apakah dilema tidak mampu login ini disebabkan sebab masalah pada registry entry.

Jika sudah mengedit Group policy tetapi dilema masih belum fix maka coba kerjakan langkah-langkah di bawah ini.

Pertama buka Registry Editor, caranya bisa dengan menekan tombol Windows+R kemudian ketik regedit > OK

Masuk ke direktori:

HKEY_USERS\DEFAULT\Software\Microsoft\IdentityCRL\StoredIdentities

Di sana akan terlihat akun Microsoft milik kalian. Klik kanan pada folder tersebut > Delete.

solusi microsoft account tidak bisa login di windows 10

Tutup aplikasi Registry Editor. Kemudian masuk ke Settingan Windows (Settings) > Accounts > Add new account. Coba lagi login dengan akun Microsoft milik kalian.

8. Matikan service lain selain Microsoft

Solusi selanjutnya yang bisa dicoba yakni mematikan semua service selain dari Microsoft Services.

Ikuti tindakan berikut ini:

Tekan tombol Windows+R lalu ketik msconfig > OK

Jendela System Configuration akan terbuka, klik pada tab Services > ceklis pada opsi Hide all Microsoft services pada bagian kiri bawah > klik Disable all.

Klik Apply > OK. Setelah itu restart komputer.

9. Tambahkan user baru

Kita juga perlu menjajal untuk login dengan menggunakan user baru, mampu jadi akun Microsoft yang tidak bisa login itu disebabkan karena user PC yang bermasalah. Jika benar demikian maka satu-satunya cara yang paling ampuh yakni menyertakan user baru.

Caranya:

Buka Settings > Accounts > pada menu di sisi kiri pilih Family & other users > klik tombol Add someone else to this PC.

cara fix tidak bisa login akun microsoft windows 10

Pilih opsi I don’t have this person’s sign-in information > Next.

Pilih opsi Add a user without a Microsoft account > Next.

Isi username dan password untuk user yang baru > Next.

Logout dari user yang kini lalu login dengan akun yang baru. Kemudian coba lagi login dengan akun Microsoft.

10. Beli Windows 10 yang original

Jika semua cara di atas sudah bolak-balik dicoba tetapi tidak juga sukses, mungkin kalian perlu memeriksa apakah Windows 10 yang dipakai itu original atau bajakan. Biasanya Windows bajakan diaktivasi dengan patcher atau aplikasi semacamnya yang membuat koneksi ke server Microsoft diblokir, hal ini akan menjadikan akun Microsoft tidak bisa login.

Lebih baru Lebih lama