Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Microsoft Store Tidak Bisa Download dan Update Aplikasi

Microsoft Store ialah daerah di mana kita bisa mendapatkan aneka macam aplikasi dan game untuk Windwos 10. Ada banyak sekali aplikasi bagus yang mampu kita peroleh dengan gratis di sana, mulai dari aplikasi untuk produktifitas, aplikasi download YouTube, aplikasi cleaner, aplikasi recovery, sampai game-game seru.

Salah satu persoalan yang sering dihadapi saat memakai Microsoft Store ialah tidak mampu download aplikasi, padahal sebelumnya semua berfungsi dengan wajar .

Apa yang menjadi penyebab Microsoft Store tidak mampu download aplikasi seperti ini? Kita akan coba diskusikan dahulu mulai dari apa saja yang mungkin jadi penyebabnya kemudian bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Microsoft Store tidak bisa download dan update aplikasi

Berikut ini yakni beberapa duduk perkara yang biasanya menjadi penyebab Microsoft Store tidak mampu download dan update aplikasi.

1. Masalah koneksi internet

Penyebab Microsoft Store tidak mampu download dan update aplikasi yang pertama adalah koneksi internet yang memiliki masalah. Kadang gangguan koneksi internet bisa menyebabkan kita tidak bisa mengakses server dari negara tertentu saja.

Saya sering mengalami hal ini, situs-situs dari server Asia bisa diakses tetapi dari server USA atau Europe tidak mampu diakses ketika jaringan internet sedang gangguan.

Jika Microsoft Store tidak mampu dibuka atau tidak bisa download aplikasi mungkin saja penyebabnya adalah jaringan internet yang sedang gangguan.

2. Bad cache

Bad cache atau cache aplikasi Microsoft Store yang rusak juga mampu menyebabkannya tidak mampu update dan download aplikasi gres. Saat hal ini terjadi mungkin kalian akan menerima pesan error berbunyi:

“Windows Store cache may be damaged”

Jika pesan ini timbul memiliki arti penyebab utamanya adalah cache yang rusak. Biasanya bila cache yang rusak maka list aplikasi di MS Store tidak bisa diperbarui, dan kita juga tidak mendapatkan feed aplikasi-aplikasi yang baru terbit.

3. Bad registry entry

System registry sangat berpengaruh kepada kesehatan metode dan semua aplikasi yang ada di Windows 10. Registry entry yang korup juga bisa menimbulkan Microsoft Store tidak mampu update dan download aplikasi baru.

4. Settingan region

Settingan region di Microsoft Store juga berperngaruh pada aplikasi apa saja yang mampu diinstall, sebab beberapa aplikasi cuma tersedia secara terbatas untuk negara di US saja.

5. Windows tidak original

Penyebab Microsoft Store tidak bisa download dan update aplikasi yaitu karena Windows yang tidak original atau bajakan. Windows yang bajakan biasanya akan memblokir semua koneksi ke server Microsoft untuk menghindari biar tidak terdeteksi bajakannya. Nah hal ini bisa mensugesti fungsi dari Microsoft Store.

Cara menangani Microsoft Store tidak mampu download dan update aplikasi

Untuk menanggulangi duduk perkara Microsoft Store yang tidak bisa download dan update aplikasi ada beberapa langkah yang bisa dicoba.

1. Perbaiki masalah koneksi internet

Pertama kita coba dahulu untuk perbaiki koneksi internet yang mempunyai masalah. Cara mudahnya adalah dengan reset modem yang digunakan agar menerima IP Publik yang gres.

Kalau memakai modem USB dengan kartu internet GSM cara resetnya sangat mudah, cukup dengan disconnect+cabut modem kemudian colok kembali dan connect.

Kalau koneksi internet yang dipakai berasal dari tethering atau mobile hostspot hp android maka cara resetnya ada beberapa cara.

Menggunakan mode pesawat

Caranya:

  • Tarik kafetaria notifikasi
  • Tekan mode pesawat
  • Tunggu hingga mode pesawat aktif dan semua sinyal mati
  • Non-aktifkan mode pesawat
  • Tunggu sampai semua sinyal kembali wajar , setelah itu koneksi internet akan melakukan restart dan kita mendapatkan – IP public yang baru.

Menggunakan isyarat *#*#4636#*#*

Caranya:

  • Buka dial pad
  • Tekan isyarat *#*#4636#*#*
  • Pilih Phone information 1 atau 2 tergantung dari SIM mana yang digunakan untuk internet
  • Tarik kebawah sampai mendapatkan opsi Mobile Radio Power lalu tekan satu kali menjadi Off
  • Tunggu sebentar sampai sinyal SIM mati
  • Setelah itu hidupkan kembali Mobile Radio Power

Setelah reset koneksi internet, coba buka lagi Microsoft Store dan download aplikasi baru atau lakukan update. Kalau masih belum bisa coba ganti provider internet lain, mungkin saja jaringan dari provider yang dipakai sedang gangguan.

Jika koneksi internet telah dipastikan tanpa kendala tetapi dilema masih belum diatasi maka teruskan ke langkah berikutnya di bawah ini.

2. Reset cache Microsoft Store + buat folder cache gres

Solusi selanjutya untuk menangani Microsoft Store tidak bisa download dan update aplikasi yaitu memperbaiki cache yang rusak, umumnya pesan error yang timbul mempunyai isyarat 0x80072ee7, 0x000001f7, 0xc03f40c8, 0x803f8001, 0x87e10bd0, 0x80073cf9, 0x80131505.

Caranya memperbaikinya yaitu dengan reset cache Microsoft Store dan menciptakan folder cache yang baru.

Caranya dengan tekan tombol Windows + R kemudian ketik: wsreset.exe

cara memperbaiki microsoft store tidak bisa update dan download aplikasi

Saat proses reset jendela CMD akan terbuka kemudian tertutup lagi, tunggu saja hingga prosesnya final. Setelah cache direset, Microsoft Store akan terbuka sendiri secara otomatis.

3. Reset cache registry

Untuk mereset cache registry Microsoft Store caranya yaitu dengan meniadakan cache yang usang agar aplikasi mampu membangun cache yang baru. Hal ini bertujuan untuk membuang file cache registry yang korup atau rusak.

Caranya buka Command Prompt dengan akses eksekutif, lalu ketik perintah:

wmic useraccount get name,sid

Tekan tombol enter. Perhatikan daftar user dan SID yang timbul di layar CMD, cari yang nama usernya sesuai dengan yang kita pakai ketika ini. Biarkan saja jendela CMD tetap terbuka.

cara mengatasi microsoft store tidak bisa update

Langkah selanjutnya yaitu buka registry editor di Windows 10, cara mudahnya dengan mengetikkan “regedit” (tanpa kutip) di search kafe kemudian pilih aplikasi Registry Editor.

Setelah aplikasi regedit terbuka, masuk ke direktori:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Appx\AppxAllUserStore

Cari folder yang namanya sesuai dengan SID dari user yang tadi kita lihat memakai CMD. Klik kanan folder tersebut lalu pilih Delete.

cara mengatasi microsoft store tidak bisa update

Tutup aplikasi Registry Editor dan aplikasi lainnya kemudian restart komputer.

4. Ganti settingan region

Settingan negara (region) di Windows 10 akan mempengaruhi aplikasi-aplikasi apa saja yang tersedia di Microsoft Store. Windows akan menggunakan settingan ini untuk menganjurkan aplikasi apa saja yang mampu kita pakai, dan beberapa aplikasi mungkin hanya tersedia di negara-negara tertentu saja.

Lokasi terbaik di mana semua aplikasi mampu kita download dan install yakni United States, jadi untuk menanggulangi persoalan Microsoft Store yang tidak bisa update dan download aplikasi ini ialah dengan mengganti settingan region menjadi US.

Caranya:

Pada search bar ketik “region” > pilih Region settings.

Pada pilihan Region ganti jadi United States.

Pada pilihan Regional format ganti jadi English (United States).

cara mengatasi microsoft store tidak bisa download dan update

Tutup hidangan settings kemudian restart komputer. Coba lagi update atau download aplikasi di MS Store, apakah telah mampu?

5. Reset Microsoft Store

Solusi terakhir kalau semua cara di atas tidak ada yang sukses yakni dengan mereset aplikasi Microsoft Store. Proses reset ini sama saja dengan install ulang aplikasi Microsoft Store yang gres alasannya aplikasi akan dikembalikan mirip keadaan default apda saat menginstall Windows 10.

Caranya:

Masuk ke menu Apps & Features dengan mengetik apps pada windows search kafetaria, lalu klik pilihan Apps & Features.

Scroll ke bawah, cari aplikasi bernama Microsoft Store, klik kemudian pilih Advanced options. Klik Reset

solusi microsoft store windows 10 tidak bisa download dan update aplikasi

Tunggu hingga prosesnya selesai, lalu restart komputer. Setelah komputer menyala kembali coba lagi lakukan Microsoft Store lalu update aplikasi, simpel-mudahan kali ini berhasil.