Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Mengatasi Folder Tidak Bisa Dibuka di Windows 10

Salah satu duduk perkara yang sering terjadi di Windows 10 adalah folder yang tidak bisa dibuka. Ketika diklik tidak ada reaksi sama sekali. Bahkan ada juga masalah icon folder yang berubah jadi putih atau bertambah ekstensi exe di ujungnya atau nama-nama lain yang abnormal.

Masalah seperti ini mampu disebabkan karena aplikasi file explorer yang error, bug, atau karena virus. Pada potensi kali ini teknosentrik akan coba menyebarkan beberapa cara yang bisa dijalankan untuk menanggulangi tidak mampu membuka folder di Windows 10.

Windows 10 adalah OS yang paling populer ketika ini, saya sendiri adalah pengguna setia Windows 10 semenjak pertama kali dirilis tahun 2014 lalu. Seperti OS gres pada umumnya, Windows 10 juga sempat mengalami kala-periode di mana para penggunanya mengeluh terhadap bug-bug kecil yang menciptakan mereka terganggu.

Tapi seiring berjalannya waktu Windows 10 semakin stabil dan ringan, hal ini berkat update terjadwal yang selalu mampu kita peroleh hampir setiap bulannya. Saat ini Windows 10 sudah lezat sekali digunakan, fiturnya semakin lengkap, ringan, dan tampilannya pun telah jauh lebih anggun.

Kita balik lagi ke topik utama, bagaimana caranya menangani folder tidak bisa dibuka di Windows 10? Berikut ini beberapa kiat yang mampu kalian coba.

1. Restart aplikasi File Explorer

Penyebab problem folder tidak mampu dibuka di Windows 10 yang paling biasa yaitu aplikasi File Explorer yang berhenti bekerja. Saat ini terjadi masalah yang timbul bisa bermacam-macam, mulai dari Explorer yang not responding, folder tidak mampu dibuka, atau File Explorer keluar sendiri.

Cara paling mudah untuk mengatasinya ialah dengan reset aplikasi explorer.exe

Kita mampu melakukannya melalui task manager di Windows 10.

Caranya:

Klik kanan pada task bar > pilih Task Manager > pilih tab Processes > cari proses bernama Windows Explorer > klik satu kali > klik Restart.

cara mengatasi tidak bisa buka folder di windows 10

Tunggu hingga proses restart Explorer final, nanti performa Windows akan menjadi blank sebentar lalu akan kembali lagi mirip semula.

Coba buka lagi Windows Explorer dan buka folder yang tadi tidak mampu dibuka, apakah sudah mampu? Cara ini lazimnya senantiasa berhasil untuk menangani dilema Explorer yang datang-datang berhenti dan not responding.

2. Restart komputer

Cara menanggulangi folder tidak bisa dibuka di Windows 10 yang berikutnya adalah restart komputer. Setiap kali terjadi persoalan di Windows 10 kita harus menjajal cara ini, alasannya adakala error-error kecil di sistem operasi Windows itu mampu teratasi cuma dengan restart komputernya.

Begitu juga dengan problem pada Windows Explorer ini, dengan merestart komputer maka semua file tata cara dan service akan diangkut ulang, sehingga bila ada persoalan mirip proses yang korup akan bisa diatasi.

3. Buat shortcut Baru

Selanjutnya kita bisa coba untuk membuat shortcut gres dari aplikasi Windows Explorer. Jika kalian membuka Explorer dari shortcut yang ada di taskbar maka hapus dahulu shortcut yang usang. Caranya klik kanan > pilih Unpin from taskbar.

Setelah itu klik kanan pada area kosong di desktop > pilih New > Shortcut.

Isi dengan direktori berikut ini:

C:\Windows\explorer.exe

Klik Next. Ganti nama shortcut menjadi Explorer kemudian klik Finish.

cara mengatasi folder tidak bisa dibuka

Nanti akan muncul shortcut baru di desktop dengan nama Explorer. Klik kanan pada shortcut tersebut kemudian pilih Pin to taskbar agar shortcut muncul kembali di taskbar.

cara memperbaiki folder tidak bisa dibuka windows 10

Sekarang kita sudah mempunyai shortcut baru. Coba buka Explorer dari shortcut tersebut, apakah masalah folder yang tidak mampu dibuka telah tertuntaskan?

4. Update Windows

Update terbaru dari Windows senantiasa berusaha memperbaiki bug pada tata cara yang sering menimbulkan aneka macam dilema, tergolong dilema pada aplikasi Explorer.

Melakukan Update Windows bisa jadi salah satu penyelesaian yang mampu dicoba untuk mengatasi problem folder yang tidak mampu dibuka di Windows 10. Terlebih bila Windows 10 kalian telah lama tidak diupdate.

Cara udpate Windows 10 sangat gampang, pertama tentukan dulu komputer terhubung ke internet, jikalau mampu pada koneksi WiFi atau yang unlimited karena akan menyantap banyak kuota.

Setelah itu ketik “update” pada search bar > pilih Check for update > klik Check for update untuk download update terbaru.

Tunggu sampai proses download tamat, selanjutnya Windows akan menginstall update tersebut secara otomatis. Setelah semua selesai restart dahulu komputernya.

Setelah komputer menyala kembali coba lagi buka file explorer dan buka folder yang tadi tidak bisa dibuka. Apakah sudah berhasil? Kalau belum, lanjut ke solusi selanjutnya.

5. Restore File Explorer Defaults

Saat mengalami problem folder mau dibuka di Windows 10 kita juga mampu mereset settingan File Explorer untuk mengembalikannya ke settingan default.

Caranya dengan buka aplikasi Explorer kemudian klik File Explorer Options. Bisa juga dengan mengetik “file explorer options” di search kafetaria lalu pilih hidangan File Explorer Options.

Setelah jendela pengaturan muncul klik tombol Restore Defaults di bagian bawah > klik OK.

cara mengatasi folder tidak mau dibuka di windows 10

Tutup jendela pengaturan, lalu buka lagi apliksi Explorer lalu coba akses folder yang ada di dalamnya.

6. Bersihkan file sampah

Membersihkan file sampah di Windows 10 bisa mempertahankan tata cara tetap berlangsung dengan tanpa kendala dan ringan. Jika terlampau banyak file sampah seperti cache, temp file, thumbnail, atau file duplikat maka akan menciptakan tata cara menjadi berat. Hal ini juga bisa menghipnotis kinerja aplikasi Explorer.

Solusinya yakni dengan membersihkan file sampah tersebut secara bersiklus.

7. Tambah ukuran paging file (virtual memory)

Untuk membuat Windows jadi lebih ringan kita juga mampu menambah ukuran paging file atau virtual memory di komputer kita. Hal ini juga bisa menolong menangani dilema yang sering terjadi pada Windows Explorer, mirip mempercepat Explorer yang lelet dan folder yang tidak mampu dibuka.

8. Jalankan System File Checker

File sistem yang korup atau terhapus juga mampu menjadikan folder tidak bisa dibuka dikala kita memakai Windows Explorer. Cara untuk mengetahuinya yakni dengan melaksanakan sistem scan kemudian memperbaikinya.

Untungnya di Windows ada satu fitur yang mampu melaksanakan kedua hal tersebut sekaligus, scanning file metode yang rusak kemudian secara otomatis memperbaikinya.

Caranya:

Buka CMD dengan akses administrator > ketik perintah: sfc /scannow > tekan enter.

cara mengatasi tidak bisa membuka folder di windows 10

Tunggu hingga proses simpulan. Setelah itu restart komputer.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menanggulangi folder yang tidak bisa dibuka di Windows 10, selamat menjajal dan mudah-mudahan berhasil.