Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan Popup di Windows

Notifikasi popup yang timbul di kepingan pojok kanan bawah Windows, kadang kala berbentukiklan, disebut juga dengan push notification. Iklan ini bisa berasal dari aplikasi desktop atau dari situs-situs yang pernah kita kunjungi.

Untuk bisa muncul di sana, iklan tersebut sebenarnya harus mendapatkan persetujuan dari kita terlebih dulu sebagai user. Tapi terkadang kita tidak sadar entah kapan telah menekan tombol “setuju” untuk mengizinkan situs atau aplikasi yang dimaksud untuk menimbulkan iklan mereka di Windows kita.

Pernah mengalami yang seperti itu?

Saya sering sekali saat meminjam laptop milik sobat, semua tampaknormal saat belum terhubung ke internet, tetapi saat telah dihubungkan ke internet iklan popup eksklusif bermunculan tanpa henti. Bagi aku ini sangat mengganggu sekali, apalagi sering kali iklan yang muncul itu berisi konten-konten sampaumur dan click bait.

Selama tidak dimatikan maka iklan-iklan popup tersebut akan terus muncul di notifikasi Windows selama laptop terhubung ke internet. Untuk menghilangkannya kita mesti matikan push notification dari aplikasi atau situs pemilik iklan tersebut.

Saya akan tunjukkan bagaimana cara mengatasinya, baik pada Windows 10, 8, dan 7.

Cara menetralisir iklan popup di notifikasi Windows

1. Buka browser

Langkah pertama buka browser yang kalian gunakan di laptop atau PC. Baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera.

2. Masuk ke Settings

Selanjutnya masuk ke settingan browser.

  • Mozilla Firefox caranya klik icon garis tiga di pojok kanan atas > pilih Options.
  • Google Chrome caranya klik citon titik tiga di pojok kanan atas > pilih Settings.
  • Opera caranya klik Menu > pilih Settings.

3. Cek apakah ada situs yang diizinkan untuk menampilkan iklan pop up

Selanjutnya cek apakah ada situs tertentu yang diizinkan untuk menampilkan iklan di notifikasi Windows.

  • Google Chrome: Settings > Advanced > Privacy and security > Site settings > Notifications
  • Mozilla Firefox: Options > Privacy and Security > Permissions > Notifications > Settings
  • Opera: Menu > Settings > Advanced > Privacy and security > Site settings > Notifications

Di sana akan tampakdaftar situs-situs yang memiliki izin untuk menimbulkan iklan pop up di Windows melalui fitur push notifications.

Contoh daftar situs yang mempunyai izin untuk memperlihatkan iklan di Windows pada browser Google Chrome:

iklan di notifikasi windows berasal dari situs

Jika kalian senantiasa menekan tombol Yes / OK / Allow setiap kali ada ajakan izin untuk memperlihatkan push notification maka di sana bisa jadi akan ada aneka macam daftar situs. Itulah yang membuat iklan di Windows muncul tanpa henti.

Permintaan izin untuk menunjukkan iklan pada situs-situs tersebut umumnya seperti ini:

daftar situs yang bisa menampilkan notifikasi iklan di windows

Jika tidak mau ada pop up notification dari situs tersebut maka jangan klik tombol ALLOW, namun klik NO THANKS atau yang sama dengan ini. Intinya kita tolak izin untuk menawarkan iklan dari situs tersebut.

4. Matikan fitur popup notification

Untuk menghilangkan notifkasi iklan popup tersebut dari Windows maka kita tinggal menghapus situs-situs tersebut dari browser.

Pada browser Google Chrome dan Opera caranya klik pada icon titik tiga di lalu klik Remove. Ulangi langkah ini hingga semua situs yang ingin kalian hilangkan iklannya terhapus.

cara menghilangkan iklan popup di windows

Pada browser Mozilla Firefox klik pada tab Status lalu klik Block, ulangi langkah ini untuk situs-situs lain yang ingin dihilangkan iklannya. Jika ingin menghilangkan semua iklan maka bisa dengan cara klik tombol Remove All Site, kemudian klik Save Changes.

cara mematikan iklan di windows

5. Uninstall aplikasi spam

Setelah semua browser yang dipakai dibersihkan dengan cara di atas, maka notifikasi iklan di Windows tidak akan muncul lagi. Tapi jika ternyata iklan popup masih timbul, maka mampu jadi itu berasal dari aplikasi yang terinstall di Windows kita. Maka kita harus peroleh dulu aplikasi mana yang menjadi sumber munculnya iklan-iklan yang mengganggu tersebut lalu menghapusnya.

Coba masuk ke Control Panel kemudian temukan aplikasi yang tidak anda kenal, atau secara tidak sadar terinstall. Biasanya aplikasi-aplikasi gratisan terlebih bajakan akan menyisipkan program lain, yang mana terkadang berupa program spam yang menimbulkan hadirnya iklan mengusik. Hapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk menetralisir iklannya.