Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Kecepatan Internet di Windows 10, 8, 7

Untuk memantau kecepatan internet di PC atau laptop, kita bisa menggunakan aplikasi yang mampu memberikan trafik download dan upload pada taskbar. Dengan demikian kita bisa melihat seberapa cepat koneksi internet kita, dan mampu secepatnya tahu bila jaringan sedang gangguan.

Ada berbagai laba jikalau kita bisa memantau trafik internet yang berlangsung di Windows sepanjang waktu. Misalnya dikala trafik internet datang-tiba berlangsung dengan segera namun kita sedang tidak melaksanakan apa-apa, maka kita bisa selidiki apakah ada aplikasi yang melaksanakan update, lalu kita mampu mematikannya.

Bagi pengguna Windows 10, menunjukkan trafik internet pada taskbar juga cukup berguna untuk menangkal Windows melakukan update ketika kuota internet tinggal sedikit, atau dikala kita sedang menggunakan komputer untuk kebutuhan lain. Karena kalau Windows 10 melakukan update biasanya akan menguras banyak kuota dan membuattata cara jadi berat.

Saat kecepatan internet berjalan sungguh cepat di Windows 10 padahal kita sedang tidak download, maka mampu ditentukan itu disebabkan karena Windows 10 sedang melaksanakan update. Dengan cara ini kita mampu menghentikannya untuk beberapa waktu dan melanjutkannya lagi nanti kalau kuota sedang banyak atau ada koneksi Wi-Fi.

Pada potensi kali ini saya akan berbagai bagaimana caranya memperlihatkan kecepatan internet di PC dan laptop bagi pengguna Windows 10, 8, dan 7.

Cara memperlihatkan kecepatan internet di Windows

1. Install aplikasi NetSpeed Monitor

Langkah pertama kita mesti install dahulu aplikasi monitoring kecepatan internet di Windows. Salah satu aplikasi favorit yang sampai ketika ini masih aku gunakan ialah NetSpeed Monitor. Aplikasi ini gratis namun punya fitur yang cukup lengkap dan akurat dalam menampilkan kecepatan internet di Taskbar.

Langsung saja download dari link di bawah ini, pilih yang cocok dengan arsitektur Windows di komputer kalian, apakah 32-bit atau 64-bit. Aplikasi ini support untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Download NetSpeed Monitor 64-bit

Download NetSpeed Monitor 32-bit

Setelah download esktrak dulu filenya, kemudian install mirip biasa.

2. Pasang widget di Taskbar

Setelah aplikasi NetSpeed Monitor sukses diinstall, langkah selanjutnya ialah memasang widget monitoring di Taskbar Windows. Dengan memasang widget ini kita mampu memantau kecepatan internet di laptop atau PC kita secara real-time, baik kecepatan download maupun uploadnya.

Caranya klik kanan pada area kosong Taskbar > pilih Toolbars > pilih NetSpeed Monitor.

cara menampilkan kecepatan internet di windows

Widget NetSpeed Monitor akan terpasang di Taskbar, tapi proses monitoring belum berlangsung. Kita perlu melaksanakan pengaturan terlebih dahulu.

3. Pilih Network yang digunakan

Selanjutnya klik kanan pada widget, centang Monitoring kemudian klik pada opsi Configuration.

memasang widget kecepatan internet di taskbar windows

Pada menu Network Interface pilih koneksi yang digunakan di komputer kalian.

menampilkan kecepatan interenet netspeed monitor di taskbar

Di sana terdapat beberapa pilihan, jika kalian tidak tahu mana yang mesti dipilih maka coba saja satu per satu lalu klik tombol OK. Kalau pilihan networknya benar maka kecepatan internet akan berjalan pada widget. Kalau kecepatan internet belum jalan, artinya network yang diseleksi belum tepat, pilih yang berikutnya hingga menemukan yang sempurna.

4. Ganti satuan bitrate

Setelah memperoleh network yang sempurna, kita telah mampu menyaksikan kecepatan internet yang berlangsung pada Taskbar, namun di sana satuan bitratenya masih memakai kbit/s. Untuk menggantinya menjadi kB/s, yang mana ini adalah satuan yang paling umum dipakai maka kita mesti menggantinya apalagi dahulu.

Caranya klik kanan pada widget > pilih Configuration > pada pilihan bitrate pilih kB/s.

mengganti satuan kecepatan internet menjadi kbps

Setelah itu klik OK. Kemudian lihat lagi pada widget, satuan bitrate kecepatan internet akan bermetamorfosis kB/s.

5. Atur tampilan widget sesuai impian

Untuk mengubah tampilan widget sesuai keinginan, kalian bisa klik kanan lagi pada widget > pilih Configuration > pilih Layout.

Pada sajian ini kita bisa mengubah jenis font dan ukurannya, posisi widget, indikator download dan upload, hingga berapa digit kecepatan internet akan ditampilkan.

Settingan yang aku gunakan:

  • Font: Segoe UI ukuran 8, Bold
  • Glowsize 0
  • Inner Position Horizontal: Center, Vertical: Middle
  • Show Bitrate
  • Value Width: 6. Ini gunanya untuk menentukan berapa digit bitrate akan ditampilkan, kalau sudah lewat dari yang ditentukan maka akan dikonversi menjadi satuan di atasnya (MBps).
  • Download: D. Ini indikator untuk download, bisa juga diganti menjadi Download atau menggunakan simbol lain sesuai cita-cita
  • Upload: P.

Lihat gambar berikut ini untuk lebih jelasnya:

menyesuaikan tampilan widget kecepatan internet di windows

Kalau kalian menggunakan settingan yang serupa seperti pada gambar di atas maka hasilnya akan terlihat mirip ini:

menampilkan kecepatan interenet di windows

Setelah final mengontrol penampilan sesuai dengan harapan klik tombol OK. Selesai, kita telah berhasil memasang widget untuk monitoring kecepatan internet yang berjalan di komputer kita.

Fitur lain yang aku suka dari aplikasi ini selain untuk menampilkan kecepatan internet pada Taskbar ialah kita mampu melihat statistik penggunaan internet per hari dan per bulan. Buat kalian yang merasa perlu untuk mengawasi seberapa banyak kuota internet yang dihabiskan setiap bulannya maka mampu mempergunakan fitur ini.

Caranya klik kanan pada widget NetSpeed Monitor > pilih Data Traffic.

Di sana nanti akan tampakberapa banyak data internet yang terpakai per hari. Untuk mengubahnya menjadi per bulan ganti pada opsi Group menjadi Month. Untuk satuannya mampu gunakan MB atau GB.

monitoring penggunaan internet per hari dan per bulan

Gambar di atas yakni pola statistik penggunaan internet setiap bulannya di komputer aku. Saya tidak tahu apakah itu tergolong sedikit atau banyak, mampu jadi penggunaan internet kalian jauh lebih banyak dari itu, terlebih buat yang kegemaran download. Yang terperinci dengan memakai aplikasi ini kita mampu melihat statistiknya.

Sampai di sini dahulu tutorial pada kesempatan kali ini, selamat menjajal dan biar bermanfaat.