Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Windows 10 Yang Lambat – No Lag No Lemot!

Kalian mungkin sering mengalami masalah Windows 10 yang jadi lelet, terutama yang mendapatkan Windows 10 dengan cara upgrade dari Windows 7 atau 8, pasti akan terjadi banyak sekali bug.

Di artikel ini saya akan sharing bagaimana cara mempercepat Windows 10 yang lambat semoga lebih ringan dan tidak lemot. Kita hanya perlu melaksanakan sedikit tweaking pada serpihan-serpihan penting yang paling memilih penampilan Windows 10 kita.

Cara mempercepat Windows 10

1. Hapus program bawaan yang tidak dibutuhkan dan program usang yang telah lama

Saat menginstall Windows 10, ada aneka macam acara bawaan (native) yang ikut diinstall secara otomatis. Sebagian besar program ini bahu-membahu tidak terlalu kita butuhkan.

Terlebih lagi jika kalian mendapatkan Windows 10 dengan cara upgrade dari Windows 7 atau Windows 8, pasti akan ada berbagai program bawaan dari model Windows lama yang masih “nyangkut” tetapi telah tidak mampu digunakan lagi di Windows 10 alasannya adalah dilema kompatibilitas.

Untuk mengembangkan penampilan Windows 10 kita supaya lebih cepat maka acara-program ini sebaiknya dihapus. Perlu kalian pahami, walaupun program bawaan ini tidak kita kerjakan namun sebagian besar akan ikut di-load saat Windows 10 dimulai.

Program-program tersebut akan mengambil resource RAM dan CPU kita yang semestinya bisa dialokasikan untuk pekerjaan lain yang lebih penting. Hal ini bisa saja menyebabkan Windows 10 jadi lambat, utamanya jika spesifikasi minimum untuk Windows 10 kita pas-pasan.

Untuk menghapus program bawaan yang tidak penting bisa dikerjakan lewat hidangan Apps & Features. Cara masuknya dengan mengetik “apps” pada kolom Windows search bar lalu pilih Add or remove programs.

Apps-and-Features-Windows-10

Setelah masuk ke hidangan Apps & Features, kalian akan menyaksikan list panjang program-program yang ada di Windows 10 kalian. Di hidangan ini semua program bawaan akan terlihat, silakan pilih-pilih mana yang kira-kira tidak kalian perlukan kemudian klik Uninstall.

Hapus-program-bawaan-Windows-10-agar-jadi-cepat-dan-tidak-lambat

Setelah dirasa semua acara bawaan yang tidak penting dihapus, kalian juga mampu menilik di Control panel > Program and Features. Di sana mungkin ada beberapa acara usang yang tidak kompatibel lagi dengan Windows 10. Kalian bisa menghapusnya untuk mengosongkan lebih banyak space disk C dan meringankan beban RAM.

2. Kurangi startup program yang tidak penting

Langkah kedua untuk menanggulangi Windows 10 yang lambat adalah dengan meminimalisir program-program yang jalan ketika startup.

Saat Windows booting, secara otomatis semua startup program akan ikut dimuat. Jika terlalu banyak maka bisa mengakibatkan loading Windows kita jadi lambat saat pertama kali membangkitkan laptop.

Untuk mengatasinya, kita mesti mematikan startup program yang tidak terlalu penting. Caranya dengan membuka Task Manager > masuk pada tab Startup > sorot program yang ingin dimatikan > klik Disable > Restart PC.

matikan-startup-program-yang-tidak-penting

Silakan kalian pilah-pilah sendiri kira-kira startup program mana yang memberatkan loading Windows dan tidak terlalu penting, kemudian matikan semua.

Beberapa program yang memerlukan proses sinkronisasi dikala pertama kali dimulai mirip dropbox dan auto-updater semestinya dimatikan saja dari startup, karena bisa membuat Windows jadi lambat ketika dihidupkan.

3. Matikan power saver plan

Cara untuk mempercepat Windows 10 yang lambat selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur power saver di settingan power options laptop kalian.

Fitur power saver ini memang memiliki kegunaan untuk meminimalisir baterai supaya lebih abadi, namun fitur ini juga secara otomatis akan menurunkan penampilan Windows 10 kita dengan mematikan service-service yang oleh metode dianggap tidak penting. Hal ini mampu membuat Windows sedikit lebih lambat dari umumnya.

Cara untuk mematikannya yaitu dengan masuk ke Control Panel > Power Options > Pindahkan centang dari Power Saver ke Balanced.

ganti-settingan-power-savings

Setelah itu kalian mungkin perlu restart dulu laptopnya biar perubahannya bisa dicicipi. Nanti dikala diharapkan, misalnya ketika baterai laptop drop atau sedang bepergian maka fitur power saver ini bisa dihidupkan kembali.

4. Disable transparency dan animation effects

Windows 10 memang hadir dengan desain dan efek animasi yang manis, tetapi kadang kehadirannya justru menciptakan sistem Windows kita menjadi lebih berat. Apalagi jika spesifikasi laptop atau PC kita pas-pasan, maka imbas-efek yang bekerjsama tidak terlampau penting ini justru bisa menciptakan Windows jadi lemot.

Untuk mengatasinya kita perlu mematikan fitur efek animasi di Windows 10 yang tidak kita perlukan. Yang pertama perlu dimatikan yaitu fitur Transparency effects, fitur ini berfungsi untuk menyampaikan efek tembus pandang pada penampilan sajian Start dan jendela native Windows, tidak terlampau penting.

Cara mematikannya yakni dengan membuka sajian Themes and Settings > Colors > matikan Transparency effects > hapus centang pada pilihan Show accent color on the following surfaces.

matikan-efek-yang-tidak-penting-untuk-mengatasi-windows-10-yang-lambat

Selanjutnya kita juga perlu mematikan imbas animasi yang berlebihan semoga Windows kita mampu loading lebih singkat. Efek-efek ini fungsinya cuma memberikan sentuhan animasi pada performa jendela dan kafe pada Windows.

Cara mematikannya adalah dengan masuk ke menu Advanced System Settings. Langsung saja ketik “advanced” di Windows search kafetaria kemudian pilih hidangan View Advanced System Settings.

Nanti jendela gres akan terbuka, klik pada tab Advanced > pada potongan Performance > klik Settings > pilih tab Visual Effects > centang pada pilihan Adjust for best performance > OK

matikan-efek-animasi-untuk-mempercepat-loading-Windows-10

Setelah klik tombol OK mungkin Windows kalian membutuhkan waktu beberapa dikala untuk mematikan imbas animasinya, biarkan saja sampai selesai. Jika terjadi not responding tunggu saja nanti akan hilang sendiri.

Setelah prosesnya final kalian mungkin akan menyaksikan performa Windows yang jadi flat dan tidak ada efek animasinya, namun mungkin kalian juga akan merasakan Windows yang jadi lebih singkat dan ringan dari sebelumnya karena RAM dan CPU yang tadinya digunakan untuk animasi sekarang mampu dialokasikan untuk aplikasi lain.

Selain mematikan fitur animasi, kalian juga dianjurkan biar tidak menggunakan tema Windows 10 yang berat. Saya sarankan untuk menggunakan yang bawaan saja, jangan install tema dari sumber yang tidak terperinci.

5. Matikan fitur search indexing di Windows Explorer

Windows 10 secara otomatis melakukan pengindeksan file-file yang ada di hard disk kita. Proses ini berjalan di background sehingga kita tidak bisa melihatnya.

Secara teori, search indexing ini memungkinkan kita untuk melakukan penelusuran file di hard disk dengan lebih cepat. Tapi bagi kalian yang mempunyai spesifikasi pas-pasan, fitur ini kadang justru menciptakan loading Windows 10 jadi lebih lambat dari sebaiknya. Apalagi kalau file di hard disk kita sudah sangat banyak.

Untuk meningkatkan tampilan Windows 10 menjadi lebih singkat kita mampu mematikan fitur search indexing ini. Caranya dengan masuk ke sajian Services, tekan tombol Windows + R > ketik services.msc

Kalian akan menyaksikan banyak sekali service yang ada di metode Windows, tarik ke bawah hingga memperoleh service bernama Windows Search > klik kanan > pilih Properties > General > pada pecahan Services status klik Stop > OK

matikan-search-services-agar-loading-windows-lebih-cepat

Restart dulu komputernya.

Lalu masuk ke menu Indexing Options, caranya ketik “indexing” di Windows search bar kemudian pilih Indexing Options > Modify > hapus semua centang pada opsi Change selected locations > OK.

matikan-indexing-service-agar-windows-10-tidak-lambat

Selain mematikan fitur search indexing, kita juga bisa mempercepat loading Windows Explorer dengan mematikan fitur Automatic Folder Type Discovery. Fitur ini juga mempunyai bug yang menimbulkan loading Windows jadi lemot.

Baca postingan ini untuk mengetahui cara mengatasinya:

Cara Mempercepat Loading File di Windows Explorer Yang Lambat

6. Matikan fitur Windows Tips and Tricks Suggestions

Cara mempercepat loading Windows 10 yang lambat berikutnya yakni dengan mematikan fitur Tips and Trick Suggestions. Fitur ini bahwasanya tidak terlalu kita butuhkan dan kadang justru menciptakan loading Windows 10 kita jadi lemot.

Cara untuk mematikannya adalah dengan masuk ke menu Notifications & actions, ketik “notifications” di Windows search bar > pilih menu Notifications and actions settings > matikan fitur Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows

matikan-tips-tricks-suggestions

Pada opsi Show me the Windows welcome experience… juga bisa kalian matikan sebab fitur ini tidak terlalu penting.

7. Kurangi durasi Boot Menu Time-Out biar loading Windows 10 lebih cepat saat dihidupkan

Untuk mempercepat loading Windows 10 pada ketika pertama kali dihidupkan kita juga bisa meminimalisir Time-Out pada Boot Menu.

Kaprikornus pada saat booting, Windows secara otomatis memberikan kita waktu untuk mengakses Boot Menu; seperti pilihan untuk masuk ke safe mode atau recovery mode. Secara default waktu yang diberikan ialah 30 detik.

Untuk mempercepat loading Windows dikala dihidupkan kita mampu meminimalisir durasi Time-Out ini.

Caranya dengan masuk ke Advanced System Settings > pilih tab Advanced > pada pilihan Startup and Recovery pilih Settings > turunkan durasinya jadi 10 detik > OK.

kurangi-waktu-boot-menu-agar-loading-Windows-10-lebih-cepat-saat-dihidupkan

Berapa nilai yang tepat silakan kalian sesuaikan sendiri, jika 10 detik dirasa terlalu cepat maka bisa dinaikkan jadi 15 detik. Setelah itu restart komputernya.

8. Bersihkan system registry dan file sampah di Windows 10 secara terpola

Untuk memajukan tampilan supaya lebih kencang kita juga harus membersihkan file sampah di Windows 10 secara terorganisir. File-file sampah seperti cache, file duplikat, temporary file, system registry, dan leftover file yang tidak dibersihkan mampu menumpuk dan menciptakan metode menjadi berat. Akibatnya loading Windows 10 kita akan terasa lebih lambat dari semestinya.

Untuk membersihkan file sampah ini kita bisa memakai aplikasi cleaner terbaik untuk Windows 10 yang bisa ditemukan secara gratis.

Di Windows 10 juga sudah tersedia aplikasi cleaner bawaan yang mampu digunakan untuk membersihkan file sampah di hard disk, namanya Storage Sense.

Cara menggunakan cleaner bawaan di Windows 10 ini sangat mudah, eksklusif saja ketik “storage” di Windows search kafetaria kemudian pilih menu Storage settings > pada bagian Storage sense > klik Free up space now.

bersihkan-file-sampah-di-Windows-10

Nanti Windows secara otomatis akan mendeteksi file-file sampah yang mampu dibersihkan, kalau proses scanning telah simpulan klik tombol Remove files.

9. Gunakan aplikasi booster ketika bermain game berat

Untuk memperlancar game berat di Windows 10 kita bisa menggunakan aplikasi game booster seperti Razer Cortex Game Booster yang bisa ditemukan secara gratis.

Aplikasi game booster ini melakukan pekerjaan dengan cara membersihkan RAM dari acara-acara yang berjalan di background dan tidak terlalu diharapkan dikala bermain game. Efeknya memang cukup terasa, terlebih kita punya RAM yang pas-pasan.

Setelah selesai bermain game, lakukan restore memory biar tidak terjadi error pada acara lainnya.

10. Jaga Windows 10 tetap bersih dari virus dan malware dengan mengupdate Windows Defender secara bersiklus

Salah satu penyebab loading Windows 10 yang lambat yakni infeksi virus dan malware di komputer kita.

Terkadang kita tidak sadar bila Windows kita sudah terinfeksi, mungkin imbas pertama yang dinikmati hanyalah loadingnya yang jadi lemot. Tapi kalau hal ini dibiarkan bisa saja menciptakan Windows jadi korup dan menimbulkan masalah lain yang lebih fatal mirip gagal startup atau blue screen.

Untuk menjaga Windows tetap bersih dari virus dan malware kita bisa mengandalkan antivirus bawaan yakni Windows Defender. Selama kita menjaganya tetap update, Windows Defender ini cukup ampuh untuk menghalangi serangan virus.

Cara update Windows Defender mampu dikerjakan melalui sajian Windows Update Settings > Check for updates.

update-windows-defender

Kalian bisa melakukan pengecekan secara manual untuk menerima update dengan lebih singkat.

11. Jalankan Troubleshooter untuk mengenali sumber dilema yang menciptakan Windows 10 jadi lambat

Jika semua langkah di atas sudah dijalankan namun penampilan Windows 10 masih lambat, bisa jadi penyebabnya ialah metode yang korup atau ada dilema lain yang kita tidak tahu.

Cara untuk mengatasinya mampu dengan mengerjakan fitur Troubleshooter dari Windows. Caranya masuk ke Troubleshoot settings > jalankan troubleshooter pada potongan yang dicurigai selaku penyebab Windows jadi lelet.

Dari risikonya kalian mungkin akan menerima petunjuk untuk melakukan perbaikan. Windows juga lazimnya memperlihatkan opsi perbaikan otomatis yang mampu digunakan.

Itulah 11 cara menanggulangi Windows 10 yang lambat dan lemot yang mampu aku berikan pada potensi kali ini. Meskipun memakai teknologi paling update, Windows 10 juga kadang abad bisa jadi sangat lemot. Semoga kiat di atas bisa membantu teman-sahabat semua.