Cara Membersihkan File Duplikat di Windows 10 (Sekaligus Banyak)

Saat melakukan pekerjaan dengan file dalam jumlah besar mirip memindahkan foto dari memori kamera, atau membereskan file-file di drive D kadang secara tidak sengaja kita malah melakukan copy-paste yang membuat banyak sekali file duplikat. Menghapusnya satu persatu tentu saja akan jadi pekerjaan yang menjemukan.

Untungnya di Windows 10 ada cara yang lebih gampang untuk melakukannya secara otomatis dan sekaligus dalam jumlah banyak. Kita bisa memakai salah satu aplikasi pembersih file duplikat terbaik yang mampu didapatkan secara gratis dari Microsoft Store.

Pada potensi kali ini saya akan sharing salah satu aplikasi cleaner favorit yang sering aku pakai untuk membersihkan file duplikat yang ada di Windows 10. Aplikasi ini mampu dipakai untuk membersihkan duplikat foto (jpg, jpeg, png, bmp), video (mp4, mkv, flv, avi), file arsip (zip, rar, tar, gz, tar.gz), word (doc, docx) excel (xls), pdf, audio (mp3), dan file-file yang lain.

Pertama download dulu aplikasi Duplicates Cleaner:

Setelah itu install aplikasinya, dan berikut ini adalah cara menggunakannya. Saya akan berikan tutorialnya lengkap dengan gambar step by step.

Cara membersihkan file duplikat di Windows 10:

1. Buka aplikasi Duplicates Cleaner

Aplikasi Duplicates Cleaner punya tampilan yang sungguh praktis, ketika pertama kali membukanya kalian niscaya akan pribadi paham. Berikut ini penampilan halaman utama dari aplikasi ini:

aplikasi pembersih file duplikat di windows 10

Di sana tampakfitur-fitur yang bisa kita pakai. Kita bisa membersihkan file sampah berupa file duplikat baik itu file miage, audio, video, document, compressed file, dan scan library folders di Windows 10.

2. Scan file duplikat

Langkah selanjutnya ialah melakukan scanning file duplikat yang ingin dihapus. Kita tinggal sesuaikan saja file format apa yang ingin dibersihkan. Saya akan beri teladan untuk menghapus file foto yang duplikat, maka aku akan pilih Scan Duplicate Image Files.

Setelah itu pilih folder yang ingin dibersihkan, lalu klik Select folder. Proses scanning akan langsung dimulai.

cara menghapus file duplikat di windows 10 sekaligus

Tunggu hingga prosesnya simpulan, berapa lama waktu yang diperlukan tergantung dari sedikit-banyaknya file yang ada di dalam folder tersebut. Semakin banyak maka waktu yang dibutuhkan akan kian panjang. Tapi aplikasi ini melakukan pekerjaan dengan sungguh cepat, terlebih kalau spek laptop atau PC yang kalian pakai mumpuni.


3. Tentukan file duplikat mana yang ingin dihapus

Setelah proses scan simpulan, di aplikasi akan tampakfile-file duplikat yang ada di dalam folder yang tadi kita pilih. Secara otomatis, semua file duplikat yang usianya lebih wangi tanah (berdasarkan date modified) akan tercentang.

cara hapus file duplikat sekaligus

Kita mampu membiarkannya saja, atau kalau masih ingin pilih-pilih file mana saja yang ingin dihapus maka bisa kerjakan secara manual. Kita tinggal ganti saja tanda centang pada file tersebut, file yang dicentang yakni file yang hendak dihapus.

4. Backup file terlebih dulu kalau dirasa perlu

Sebelum menghapus file kita juga bisa menciptakan backup, hal ini cukup berkhasiat jikalau-bila kita masih ragu apakah nanti file yang mau dihapus tersebut masih diharapkan atau tidak, khususnya kalau sedang membersihkan file-file kuliah atau pekerjaan.

Untuk menciptakan backup caranya dengan klik Backup Selected Files, kemudian pilih folder dimana file ingin disimpan. Sebaiknya menciptakan folder baru dengan nama yang spesifik supaya nanti mudah untuk didapatkan kembali.

5. Hapus file duplikat

Setelah memilih semua file-file duplikat yang ingin dihapus maka langkah terakhir ialah meniadakan file tersebut. Caranya dengan klik tombol Delete (tombol warna merah). Selesai.

Lebih baru Lebih lama