Cara Melacak iPhone Hilang yang Offline atau Mati

Saat iPhone kita hilang langkah awal yang harus kita kerjakan yaitu menjajal melacak lokasinya dengan memakai iCloud. Jika iPhone masih dalam kondisi online maka kita akan segera menyaksikan lokasinya secara real-time.

Tapi bagaimana kalau iPhone tersebut dalam kondisi offline atau bahkan mati? Apakah masih mampu kita melacaknya?

Jawabannya yaitu masih mampu, tetapi kita tidak bisa melaksanakan pelacakan secara real-time. Kita mampu memanfaatkan riwayat lokasi atau lokasi terakhirnya selaku instruksi ke mana harus mencarinya.

Mengapa iPhone offline tidak mampu dilacak secara real-time?

Saat dalam keadaan mati, hp merek apapun termasuk iPhone tidak mampu mentransmisikan sinyal. Statusnya sama saja dengan benda mati lain seperti kerikil atau kayu. Makara melacak hp hilang dalam keadaan mati telah pasti tidak mampu dilakukan secara real-time.

Beda ceritanya jikalau iPhone tersebut sudah ditanami GPS tracker yang punya power source mampu berdiri diatas kaki sendiri, sehingga walaupun iPhone mati tetapi GPS tracker tetap mentransmisikan sinyal sehingga lokasinya mampu dilacak secara real-time.

Begitu pula dikala iPhone terputus dari internet (offline), maka semua fitur pelacakan baik memakai iCloud maupun Google tidak akan mampu dilakukan alasannya adalah tata cara GPS tracking semacam itu membutuhkan koneksi internet.

Makara apakah iPhone yang hilang dalam keadaan mati atau offline tidak bisa dilacak sama sekali?? Tidak juga.

Kita masih mampu melacak riwayat lokasi dan lokasi terakhirnya sebelum mati atau terputus dari internet.

Bagaimana caranya? Simak klarifikasi di bawah ini.

Cara melacak iPhone yang offline atau mati

Setidaknya ada dua cara melacak iPhone dalam kondisi mati atau offline yang saya tahu, pertama menggunakan iCloud dan yang kedua memakai Google Maps.

1. Menggunakan iCloud

Cara yang pertama ialah memakai Find My iPhone yang ialah salah satu fitur dari iColud. Fitur ini memungkinkan kita melacak iPhone yang hilang baik dalam keadaan hidup (realtime) maupun dalam kondisi mati atau offline.

Untuk memutuskan iPhone bisa dilacak meskipun telah offline atau mati maka kita perlu membangkitkan fitur ini beserta fitur Send last location. Ketika Send last location diaktifkan maka iPhone akan mengirimkan lokasi terakhirnya saat baterai mulai low, jadi kita mampu tahu lokasi dimana iPhone tersebut mati.

Cara mengaktifkannya:

  • Buka Settings
  • Ketuk nama
  • Pilih iCloud
  • Pilih Find My iPhone
  • Centang Find My iPhone
  • Centang Send Las Location
cara melacak iPhone mati dan offline

Setelah fitur Find My iPhone dan Send last location di hidupkan maka kita bisa melacak lokasinya dikala hilang meskipun dalam kondisi mati atau offline. Kita bisa memakai perangkat apple lain mirip iPhone atau iPad dan bisa juga menggunakan laptop (browser).

Cara melacak iPhone offline dengan perangkat apple:

  1. Buka Find My iPhone
  2. Sign Out dari akun pemilik perangkat apple yang kita pinjam
  3. Login dengan akun apple ID kita (yang terhubung dengan iPhone yang hilang)
  4. Setelah login nanti akan tampaklist perangkat yang kita punya
  5. Pilih iPhone yang hilang
  6. Lokasi iPhone akan tampakdi maps

Menggunakan laptop (browser)

  1. Buka browser, masuk ke halaman: https://www.icloud.com/
  2. Login dengan akun apple ID
  3. Pilih Find My iPhone
  4. Pilih nama iPhone yang hilang
  5. Lihat lokasi di maps

2. Menggunakan Google Maps

Cara melacak iPhone mati atau offline yang kedua yaitu menggunakan Google Maps. Cara ini bisa kita gunakan kalau di iPhone yang hilang tersebut fitur Find My iPhone dan Send last location tidak kita aktifkan.

Namun biar mampu memakai Google Maps kita harus telah menghidupkan fitur Location history di iPhone yang hilang tersebut karena Location history ini yang hendak kita manfaatkan.

Cara menghidupkan Location history di iPhone:

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Pilih Menu
  3. Pilih Settings
  4. Pilih Location history
  5. Ketuk pada Enable the device

Location history merupakan salah satu fitur dari Google Maps yang akan mencatat keman saja perangkat kita berpindah lokasi dari waktu ke waktu. Saat iPhone mati sebab baterainya drop atau dimatikan oleh orang yang menemukannya maka kita masih bisa menyaksikan dimana lokasi terakhirnya.

Hal ini bisa memiliki kegunaan untuk melacak iPhone yang mati atau offline, jadi kita mampu menerima petunjuk di mana lokasi terakhirnya sebelum mati sekaligus melihat perpindahan lokasinya ke mana saja setelah hilang dari tangan kita.

Cara menyaksikan Location history iPhone di Google Maps:

  • Buka browser kemudian masuk ke halaman: https://www.google.com/maps
  • Login dengan akun Gmail yang terhubung ke iPhone yang hilang
  • Klik Menu
  • Pilih Your timeline
  • Riwayat lokasi iPhone akan terlihat di Maps

Di sana akan tampakkemana saja iPhone kita berpindah kawasan, lihat keterangan waktunya, waktu terakhir yang tampakdi peta ialah posisi terakhirnya sebelum mati. Dari riwayat lokasi inilah mungkin kita bisa menerima isyarat kemana harus mencarinya.


Tips yang perlu dikerjakan ketika iPhone hilang

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengamankan data-data dan informasi yang ada di iPhone hilang biar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Aktifkan mode hilang

Saat mengaktifkan Mode Hilang, iPhone akan otomatis terkunci dari jarak jauh dengan password, di layarnya juga akan muncul pesan nomor telepon pemiliknya supaya yang menemukannya tahu mesti menelepon siapa.

Jika iPhone terhubung dengan kartu debit, kredit, atau Apple Pay maka akun akan ditundadan tidak mampu melaksanakan transaksi.

2. Hapus data di memori

Kita juga bisa menghapus data-data yang ada di memori iPhone untuk mencegah orang yang tidak bertanggung jawab mengakses data kita.

Setelah meniadakan data maka semua isu tergolong akun kartu debit, kartu kredit, dan Apple Pay akan ikut terhapus. Kita juga tidak mampu lagi melacaknya menggunakan Find My iPhone dan kunci iPhone akan dimatikan.

Lakukan langkah ini dalam kondisi darurat jikalau memang data-data yang ada di iPhone yang hilang tersebut betul-betul penting dan perlu diamankan.

3. Lapor ke pihak berwajib

Jika yakin iPhone tersebut telah dicuri, maka jangan mencarinya sendirian. Tapi semestinya laporkan kepada polisi. Laporkan juga pada provider semoga nomor yang ada di iPhone diblokir dan tidak dipakai untuk hal-hal yang merugikan.

Itulah cara melacak iPhone hilang yang offline atau mati dan beberapa tips yang bisa kami berikan. Semoga membantu!

Lebih baru Lebih lama