Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan IMEI, Apa bisa?

Melacak Hp Android yang hilang dengan nomor IMEI memang senantiasa jadi topik yang menawan untuk dibahas karena masih banyak yang belum tahu bagaimana sebetulnya teknik pelacakan ini melakukan pekerjaan .

IMEI memang mampu digunakan untuk mengidentifikasi hp, tapi untuk melacak hp yang hilang dengan IMEI bukanlah masalah gampang yang hanya bisa dilakukan dengan sekedar klik klik atau copas nomor IMEI ke sebuah situs atau aplikasi.

Kalau sembarangan nanti malah kita mampu terjebak di situs atau aplikasi scam, ya sekurang-kurangnyaakan membuang waktu kita untuk hal yang sia-sia.

Agar lebih gampang memahaminya, hal pertama yang harus kita pahami yaitu apa sesungguhnya IMEI itu dan apa fungsinya. Mengapa IMEI bisa digunakan untuk melacak hp dan bagaimana caranya.

Apa itu IMEI?

IMEI yakni akronim dari International Mobile Equipment Identity yang ialah serangkaian nomor unik (15 digit) yang memiliki kegunaan untuk mengidentifikasi perangkat dalam sebuah jaringan.

Kita juga bisa mendapatkan info tentang model hp, tahun rilis, dan spesifikasinya melalui nomor IMEI ini. Caranya dengan memasukkan nomor IMEI ke situs atau aplikasi pengidentifikasi IMEI.

Coba saja praktekkan, copy nomor IMEI berikut ini:

356938035643809

Lalu paste ke situs: https://www.imei.informasi

Isi chaptcha kik CHECK. Nanti akan keluar isu detil ihwal model hp, tanggal rilis, dan spesifikasinya.

Untuk menyaksikan nomor IMEI di hp android caranya sungguh gampang, kita tinggal menekan kode *#06# lalu klik tombol dial, nanti akan keluar berita ihwal nomor IMEI di hp kita.

Fungsi IMEI dalam melacak hp yang hilang

Operator seluler merupakan salah satu pihak yang memanfaatkan IMEI untuk mengidentifikasi hp. Operator seluler bisa saja melaksanakan pemblokiran hp di jaringan mereka berdasarkan nomor IMEI ini.

Setelah diblokir oleh jaringan, kita tidak akan mampu lagi masuk ke jaringan tersebut meskipun telah gonta-ganti nomor SIM alasannya IMEI ini sifatnya permanen.

Bila diperlukan, operator seluler juga mampu melaksanakan pelacakan lokasi dengan memanfaatkan IMEI untuk mengidentifikasi perangkat secara akurat.

Perhatikan kalimat yang aku tebalkan di atas, itulah fungsi IMEI dalam melacak hp yang hilang.

IMEI fungsinya cuma untuk mengidentifikasi perangkatnya saja, bukan yang menentukan lokasi. Karena di dalam IMEI sendiri tidak ada info tentang eksistensi perangkat sama sekali.

Jadi jika ada situs atau aplikasi yang mengklaim bisa melacak keberadaan hp hilang cuma dengan copy-paste nomor IMEI sudah pasti itu adalah bohong.

Kaprikornus lebih baik jangan mudah percaya dengan situs-situs atau aplikasi semacam itu. Salah-salah nanti malah data eksklusif kita dicuri atau kita terjebak penipuan.

Cara melacak hp hilang dengan IMEI

Melacak hp android hilang dengan menggunakan IMEI itu bukanlah hal yang mudah dan murah. Untuk melacak hp dengan IMEI kita butuh terusan ke tower beberapa tower BTS yang terhubung ke hp tersebut dalam waktu yang sama.

Teknik pelacakan yang biasa digunakan untuk melacak hp dengan IMEI yaitu teknik triangulasi BTS. Disebut triangulasi alasannya memerlukan setidaknya 3 buah BTS yang terhubung ke hp untuk mendapatkan lokasi yang lebih akurat.

BTS adalah singkatan dari Base Transceiver Station atau kita sering juga menyebutnya dengan tower sinyal. Tiap-tiap operator seluler memiliki BTS masing-masing, fungsinya yaitu untuk menghubungkan hp kita ke jaringan seluler dari provider yang kita pakai. BTS ini gampang diketahui karena lazimnya dicat dengan warna merah putih.

Tower BTS

Pelacakan pun hanya mampu dijalankan jikalau hp masih dalam kondisi hidup, bagaimana bila hp dalam kondisi mati? Tentu saja tidak mampu, karena hp yang mati tidak bisa mentransmisikan sinyal apapun.

Sebelum melakukan pelacakan menggunakan triangulasi BTS, pelacak memerlukan data-data sensitif seperti nomor hp atau IMEI untuk mengidentifikasi perangkatnya, dan LAC dan CID yang berkhasiat untuk memilih area penelusuran.

Data-data ini selalu diantarkan oleh hp kita setiap kali terhubung dengan tower BTS, jadi pihak yang memegang data ini adalah operator seluler. Data ini sifatnya diam-diam, operator tidak akan memberikannya ke publik atau orang yang tidak mempunyai wewenang.

Setelah itu berikutnya pelacak akan memakai 3 buah tower BTS terdekat yang secara serempak terhubung ke hp yang ingin dilacak.

Setiap tower BTS digunakan untuk mendeteksi jarak antara hp ke tower dengan mengkalkulasikan waktu yang diperlukan sinyal dari hp hingga ke tower, dan dengan menggunakan 3 tower maka asumsi lokasi akan lebih akurat.

Lihat gambar berikut ini untuk memahaminya:

melacak hp dengan nomor hp menggunakan triangulasi 2

Lokasi yang diperoleh dari teknik ini juga tidak 100% persis, pelacak masih harus memutuskan range penelusuran. Masih lebih akurat Google Maps yang menggunakan GPS jikalau sinyal sedang bagus.

Kaprikornus apakah mampu melacak hp dengan IMEI?

Secara teknis bisa. Tapi prosesnya rumit dan ongkosnya mahal. Melacak hp dengan IMEI ini tidak akan dikerjakan kecuali mempunyai nilai urgensi yang tinggi, bila cuma alasannya adalah seseorang kehilangan hp saya rasa operator seluler tidak inginrepot.

Melacak hp dengan IMEI juga tidak bisa dijalankan oleh orang awam alasannya membutuhkan terusan ke tower BTS. Makara lupakan saja inspirasi kalian untuk melacak hp hilang dengan IMEI karena kita tidak akan mampu melakukannya. Begitu pula situs-situs atau aplikasi yang mengklaim bisa melacak hp cuma dengan copy-paste IMEI, sudah pasti itu bohong.

Cara yang lebih mudah untuk melacak hp yang hilang

Setelah tahu jikalau melacak hp dengan IMEI itu bukan untuk orang awam, maka lebih baik kita memilih opsi lain yang lebih gampang. Saat ini melacak hp yang hilang bisa dikerjakan dengan mudah, berikut ini beberapa bimbingan yang telah pernah diposting sebelumnya:

  • Cara melacak hp dengan Gmail
  • Cara melacak hp Samsung
  • Cara melacak hp Xiaomi mati

Sampai di sini dahulu sharing aku pada peluang kali ini. Semoga bisa diambil manfaatnya.