Cara Download & Install Aplikasi dan Game di Microsoft Store Windows 10

Salah satu kelebihan dari menggunakan Windows 10 yakni kemudahan dalam mendapatkan aplikasi-aplikasi dan game keren dari Microsoft Store. Ada berbagai aplikasi berguna yang bisa kita install secara gratis, begitu juga dengan game-game yang cukup asik untuk dimainkan.

Cara download aplikasi dan game di Microsoft Store pun sungguh mudah, buat kalian yang masih baru migrasi ke Windows 10 dan belum tahu bagaimana caranya pada potensi kali ini teknosentrik akan sharing langkah-langkahnya.

Cara download dan install aplikasi dari Microsoft Store Windows 10

1. Pastikan komputer terhubung ke internet

Untuk bisa menerima aplikasi dan game dari Microsoft Store komputer kita wajib terhubung ke internet, alasannya adalah proses install akan dijalankan secara online. Langkah pertama yang mesti dijalankan yaitu menghubungkan komputer ke internet.

2. Update Microsoft Store

Setelah itu update Microsoft Store untuk menerima list aplikasi dan game-game terbaru. Cara update Microsoft Store mampu dijalankan dengan mengupdate Windows mirip biasa, kalau belum tahu caranya bisa lihat di tutorial ini: Cara update Microsoft Store.

Proses update Windows lazimnya menyantap waktu yang cukup usang, terlebih kalau Windows 10 baru saja final diinstall maka ukuran file update mampu menjangkau sampai 7-10 GB.

Setelah update akhir restart dahulu komputernya.

3. Buka Microsoft Store

Setelah komputer menyala kembali dan terhubung ke internet, buka aplikasi Microsoft Store. Kalian akan menyaksikan aplikasi-aplikasi dan game terbaru telah tersedia di sana mulai dari yang gratis hingga yang berbayar.

aplikasi dan game microsoft store

4. Login atau buat akun Microsoft

Agar bisa download dan install aplikasi dari Microsoft Store kita harus login dengan akun Microsoft. Langsung saja klik icon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Sign In.

cara download aplikasi microsoft store

Login dengan akun email outlook, jikalau belum punya maka buat dahulu.

5. Install aplikasi dan game yang diinginkan

Setelah sukses login maka kita telah siap untuk download dan install aplikasi-aplikasi yang ada di Microsoft Store. Pilih aplikasi dan game yang dibutuhkan lalu klik Get untuk menginstallnya.

Trik menanggulangi aplikasi yang tidak tersedia atau tidak mampu diinstall

Tidak semua aplikasi dan game di Microsoft Store itu mampu kita install, ada semacam pembatasan konten menurut region (negara) pengguna berada. Jika kalian menemukan aplikasi atau game yang cukup bagus dan ingin diinstall namun tidak bisa mungkin saja penyebabnya karena pembatasan region ini.

Biasanya akan timbul pesan This application is currently not available, This application isn’t available in your country or region, This application is not supported in your country, dan semacamnya.

Jika muncul pesan mirip itu maka kita tidak bisa download dan update aplikasi Microsoft Store tersebut.

Tapi tenang saja, alasannya trik mengatasinya sangatlah gampang. Kita tinggal mengubah settingan region di Windows 10 kita semoga sesuai dengan negara dari aplikasi atau tersebut. Biasanya negara yang paling banyak aplikasi dan gamenya yaitu USA, nyaris semua aplikasi tersedia di negara ini. Maka kita akan mengubah lokasi region Windows kita menjadi United States.

Caranya ketik “region” (tanpa tanda kutip) di search kafe, kemudian pilih Region settings.

Pada pilihan Region ganti jadi United States.

Pada pilihan Regional format ganti jadi English (United States).

cara install aplikasi di microsoft store

Setelah itu restart komputer supaya pergeseran settingan ini mampu dipraktekkan dengan tepat.

Coba buka lagi Microsoft Store dan cari game atau aplikasi yang tadi tidak tersedia, pasti ketika ini telah bisa diinstall. Jika ingin mendapatkan list aplikasi dan game yang modern maka kita mampu update dulu Microsoft Store mirip cara yang tadi sudah diterangkan.

Itulah panduan singkat cara download dan install aplikasi di Microsoft Store Windows 10. Selamat menjajal.

Lebih baru Lebih lama