Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bluetooth Gagal Mengirim dan Menerima File di Windows 10, Ini Solusinya

Kehadiran Bluetooth di Windows 10 mampu sungguh memiliki kegunaan sekali saat kita ingin memindahkan file baik berbentukdokumen, foto, atau video pendek dengan segera dari hp ke laptop atau sebaliknya. Dengan menggunakan Bluetooth kita mampu mengantarfile tanpa harus repot menyambungkan kabel data atau memakai media penyimpanan lain.

Pada potensi kali ini saya akan sharing bagaimana cara menangani Bluetooth gagal mengantarmaupun mendapatkan file di Windows 10, ini ialah masalah yang paling kerap dialami. Saya juga beberapa kali mengalami hal ini dan untungnya sudah memperoleh penyelesaian-penyelesaian untuk mengatasinya.

Di Windows 10, driver Bluetooth akan terinstall secara otomatis dan umumnya perangkat Beluetooth kita bisa terbaca dengan baik. Apabila ternyata driver Bluetooth masih belum terinstall maka yang perlu kita kerjakan hanyalah update Windows dan tunggu sampai semua tata cara mendownload driver secara otomatis.

Cara menanggulangi Bluetooth gagal mengantardan menerima file di Windows 10

1. Cek dan update driver Bluetooth di Windows 10

Driver yakni acara penggerak yang membuat perangkat Bluetooth di laptop atau PC mampu melakukan pekerjaan , kalau driver belum terinstall dengan benar maka Bluetooth tidak akan mampu digunakan untuk mengantarataupun menerima file.

Saat mengalami duduk perkara pada Bluetooth di Windows 10, maka langkah awal yang mesti dilaksanakan yakni mengecek terlebih dahulu apakah driver yang diharapkan sudah terinstall.

Windows 10 mempunyai library driver yang hendak terinstall secara otomatis saat melakukan update, namun kadang kala masih ada beberapa perangkat yang belum terdeteksi sehingga kita harus menginstalnya secara manual.

Mengecek driver Bluetooth di Windows 10 bisa melalui Device Manager, caranya:

Buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X > pilih Device Manager > dapatkan driver Bluetooth.

cek driver bluetooth di windows 10

Jika telah terinstall dengan benar maka tampilannya kurang lebih seperti pada gambar di atas. Selanjutnya lakukan update pada driver Bluetooth yang ada di laptop atau PC kalian, tentukan koneksi internet telah terhubung.

Caranya dengan klik kanan pada Bluetooth Device > Update.

cara mengatasi bluetooth gagal mengirim file di windows 10

Windows akan melaksanakan pencarian, bila update ditemukan maka proses install akan terjadi secara otomatis, kita hanya perlu menunggu saja. Setelah tamat, tutup Device manager dan coba lagi untuk mengantarfile melalui Bluetooth, apakah telah mampu?

2. Reinstall driver Bluetooth

Kita juga perlu menjajal untuk install ulang driver Bluetooth untuk mengatasi jika saja driver yang terinstall sekarang sudah tidak berjalan dengan baik lagi. Driver yang korup juga bisa menimbulkan Bluetooth di Windows 10 tidak mampu menerima file dari perangkat lain mirip hp.

Caranya sangat mudah, masuk ke Device manager > klik Bluetooth > klik kanan pada Bluetooth Device > Uninstall device.

mengatasi bluetooth tidak bisa mengirim file windows 10

Setelah driver terhapus, klik tombol Scan for hardware changes untuk menginstall kembali driver.

memperbaiki driver bluetooth windows 10

Windows akan menginstall driver secara otomatis, hal ini mampu memiliki kegunaan untuk memperbaiki driver Bluetooth yang rusak. Setelah final, tutup Device manager lalu coba lagi untuk melaksanakan transfer file.

3. Update Windows

Cara selanjutnya untuk mengatasi Bluetooth di Windows 10 yang tidak bisa menerima dan mengirim file adalah melakukan update. Caranya masuk ke Settings > Update and Security > Check for updates. Tunggu hingga proses download update tamat, Windows juga akan melakukan instalasi secara otomatis, sehabis final restart dulu komputernya.

Melakukan update Windows 10 memiliki kegunaan untuk mendapatkan patch modern untuk memperbarui fitur-fitur juga menutup bug yang mungkin saja menyebabkan masalah pada Bluetooth, jadi melakukan update wajib dicoba.

4. Pastikan Bluetooth telah aktif

Agar bisa mengirim dan menerima file lewat Bluetooth di Windows 10 kita harus memastikan fitur Bluetooth dalam keadaan aktif. Cek terlebih dahulu dengan masuk ke Settings > Devices > Bluetooth & other devices.

Pastikan tombol Bluetooth dalam posisi On.

hidupkan bluetooth agar bisa mengirim dan menerima file

Jika ternyata Bluetooth belum aktif (Off) maka yang perlu dijalankan hanyalah menghidupkannya.

5. Pastikan Bluetooth service berjalan di Windows 10

Kita juga wajib memeriksa apakah service Bluetooth berjalan atau tidak, sebab hal ini juga bisa menjadi penyebab Bluetooth tidak berfungsi dengan baik di Windows 10.

Masuk ke menu services dengan cara menekan tombol Windows + R > ketik services.msc > OK.

Di sana akan tampakdaftar services yang ada di Windows lengkap dengan statusnya apakah sedang berlangsung atau tidak. Tarik ke bawah sampai mendapatkan service bernama Bluetooth Support Services, tentukan statusnya yakni Running.

Jika pada tab status tidak ada keterangan Running, itu artinya services Bluetooth telah berhenti, maka kita perlu mengaktifkannya lagi secara manual. Inilah yang menjadi penyebab mengapa bluetooth tidak mampu mengantaratau pun menerima file di laptop kita.

Cara mengaktifkannya adalah dengan klik satu kali pada Bluetooth Support Services > lihat pada tab paling kiri > klik Start.

cara mengatasi bluetooth tidak bisa kirim file di windows 10

Tunggu sampai service berjalan, pastikan isu pada status menjadi Running. Setelah itu coba lagi transfer file dengan Bluetooth.

6. Pastikan Bluetooth telah terhubung (pairing) dengan perangkat tujuan

Salah satu penyebab Bluetooth gagal mengantarfile di Windows 10 yakni belum melakukan pairing. Saat kita ingin mengantarfile dari hp ke laptop atau dari laptop ke hp lewat Bluetooth maka kita harus melakukan pairing apalagi dulu, maksudnya semoga perangkat mampu dikenali dan menerima saluran untuk transfer file.

Cara pairing Bluetooth di Windows 10 adalah dengan masuk ke Settings > Devices > Bluetooth & other devices > klik tombol Add Bluetooth or other devices > pilih Bluetooth.

pairing laptop dan hp lewat bluetooth windows 10

Tunggu hingga perangkat hp ditemukan, setelah itu pilih nama perangkat dan klik Next. Ikuti langkah-langkahnya sampai kedua perangkat sukses terhubung.

Setelah laptop dan hp berhasil pairing, proses transfer file akan bisa dikerjakan dengan tanpa kendala.

7. Pastikan jarak perangkat pengantardan penerima tidak terlalu jauh

Gagal mendapatkan file dari hp ke laptop melalui Bluetooth di Windows 10 atau sebaliknya juga sering terjadi alasannya jarak kedua perangkat yang terlalu jauh, atau ada perangkat lain yang mengusik transmisi antara kedua perangkat. Bluetooth memiliki jarak efektif maksimal hingga 10 meter, namun makin jauh jarak kedua perangkat akan mengakibatkan proses transfer akan makin lambat.

Jarak yang ideal untuk melakukan kirim file lewat Bluetooth adalah tidak lebih dari 3 meter, makin erat makin baik untuk membatasi terjadinya gagal transfer file. Oleh sebab itu kalian mesti tentukan dikala mengantarfile lewat Bluetooth jarak antara laptop dan hp tidak boleh terlalu jauh.

8. Gunakan Bluetooth file transfer wizard ketika mendapatkan file

Saat menerima file dari hp ke laptop, kita harus melakukannya lewat Bluetooth file transfer wizard. Caranya dengan klik kanan pada icon Bluetooth > pilih Receive a file.

cara menerima file lewat bluetooth dari hp ke laptop windows 10

Jendela Bluetooth file transfer akan terbuka, dan proses pengantaran file akan tampakdari sini.

mengirim file dari hp ke windows 10 lewat bluetooth

Pastikan senantiasa melaksanakan pengantaran file dengan cara ini, saya sudah beberapa kali mengantarfile dari hp ke laptop tanpa membuka Bluetooth file transfer wizard dan selalu saja gagal. Makara tentukan kalian memakai cara ini.

9. Jalankan Bluetooth troubleshooter

Troubleshooter adalah salah satu fitur yang sangat berkhasiat untuk mendeteksi penyebab suatu error dan menjajal memperbaikinya secara otomatis. Kita mampu juga bisa menggunakan fitur ini untuk menanggulangi persoalan Bluetooth yang tidak bisa mengantaratau pun mendapatkan file di Windows 10.

Caranya masuk ke Settings > Update & Security > Troubleshoot > Find and fix problems > Bluetooth.

bluetooth troubleshooter di windows 10

Windows akan menjajal mendeteksi apa yang menjadi penyebab problem pada Bluetooth dan menjajal memperbaikinya. Jika ternyata gagal, nanti akan timbul berita apa yang menjadi penyebabnya, ini bisa menjadi isyarat kita untuk melaksanakan langkah perbaikan selanjutnya.

10. Pakai Bluetooth USB dongle

Kerusakan pada perangkat keras Bluetooth di laptop atau PC kita juga mampu menjadi penyebab tidak mampu mengirim dan menerima file dari hp. Jika yang rusak sudah perangkat kerasnya maka cara di atas tidak akan mampu menolong. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan Bluetooth USB dongle, yang ialah perangkat Bluetooth eksternal yang bisa dipakai lewat port USB.

bluetooth adapter usb dongle

USB dongle ini harganya murah kalian bisa membelinya di toko komputer terdekat. Cara memakainya juga sungguh gampang, cukup dengan mencoloknya ke port USB laptop dan tamat, kita telah siap untuk menerima atau mengantarfile lewat Bluetooth lagi. Kalau di antara semua cara di atas tidak ada yang sukses maka kalian wajib menjajal untuk menggunakan USB dongle ini.