Wisata Kawah Putih Bandung Yang Indah

Kawah Putih Bandung merupakan salah satu objek wisata di Bandung yang populer. Banyak wisatawan baik luar maupun lokal yang berkunjung ke lokasi ini.

Objek wisata Kawah Putih terletak di kawasan Bandung Selatan. Dikelilingi oleh kebun teh Walini yang indah dan terawat, disertai dengan suasana yang hening dan segar amat memikat siapapun yang berlibur ke kawasan ini.

Bisa di katakan, tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Bandung lho.

Sejarah Kawah Putih Bandung

Wisata Kawah Putih Bandung Yang Indah
foto by instagram.com/jocelynv_1

Kawah putih sendiri merupakan kawah bekas letusan gunung patuha di sekitar periode 10.

Pada mulanya, area kawah putih dikenal sebagai area menyeramkan oleh masyarakat setempat. Namun seorang ahli berkebangsaan belanda, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, pada tahun 1837 menyelidiki tempat ini dan menemukan adanya kawah berwarna putih dan indah.

Sejak dikala itulah area kawah putih mulai dikenal. Dimuali tahun 1087, area ini dikelola oleh pemerintah menjadi Tempat Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Simak juga: Tempat Wisata Instagramable di Bandung Paling Hits


Lokasi Kawah Putih

Alamat Kawah Putih terletak di daerah Bandung selatan, tepatnya di jalan Soreang-Ciwidey, tepat sesudah kebun teh Rancabali. Jaraknya kira-kira 50 KM dari sentra kota Bandung.

Jalan menuju kawah putih gampang di ikuti kok. Jika memakai aplikasi semacam Google maps atau Waze, anda bisa mengikuti rute yang diberikan dengan gampang. Rambu-rambu petunjuk arah juga sudah terang banget. Lokasinya berada di pinggir jalan utama Soreang – Ciwidey, sehingga tidak akan terlewat oleh anda.

Selain itu, ketika ini terdapat jalan masuk tol melalui gerbang tol Soreang. Ini memangkas waktu tempuh ke area Ciwidey cukup lumayan. Dulu, kita harus melewati area macet cukup panjang. Sekarang, bisa eksklusif masuk ke area Soreang.

Rute kawah putih dari jakarta, anda cukup masuk ke tol cipularang dan keluar di gerbang tol Soreang pribadi. Dari sini, tinggal ikuti petunjuk arah menuju Ciwidey saja.

Jika memakai kendaraan umum, anda dapat menggunakan angkutan dari terminal leuwi panjang – terminal ciwidey, kemudian disambung dengan angkot terminal ciwidey – situ patenggang, dan berhenti sempurna di gerbang masuk kawah putih.

Untuk terusan ke kawah putih dari stasiun Bandung, sejauh ini tidak ada rute pribadi. Anda mampu saja menggunakan kendaraan umum dengan menuju ke terminal Leuwi Panjang terlebih dulu. Tapi rasanya akan lebih mudah dan nyaman jika memakai rental kendaraan beroda empat saja.

Simak juga: Spot Keren Untuk Pecinta Selfie – Rabbit Town Bandung


Harga Tiket Masuk Kawah Putih

Saat ini Kawah Putih masih berada di bawah pengelolaan Perhutani. Sejauh ini biaya masuk Kawah Putih Ciwidey saya pikir masih terjangkau sih.

Harga tiket Kawah Putih Bandung:

Berikut ini foto HTM Kawah Putih yang aku ambil beberapa waktu kemudian.


Jam Buka Kawah Putih

Jam operasional : 07.00 – 17.00 WIB

Jam buka Kawah Putih bisa berubah, diadaptasi dengan kondisi cuaca di lokasi.

Simak juga: Kampoeng Tulip Bandung, Sensasi Belanda yang Ramah di Kantong


Ontang Anting Kawah Putih

Saat ini, untuk pengguna bis wisata dan motor diwajibkan untuk parkir di area parkir bawah, dan menuju ke lokasi kawah dengan menggunakan angkutan khusus ontang-anting Kawah Putih.

Angkutan ini khusus mengangkut pengunjung dari parkir bawah sampai ke area kawah. Jika memakai kendaraan beroda empat pribadi, anda bisa eksklusif parkir di area parkir atas namun harus membayar jauh lebih mahal (Rp 150.000).

Menggunakan ontang-anting juga asyik kok, memperlihatkan suasana lain dikala naik ke lokasi. Hanya saja yang saya rasakan, banyak driver ontang anting yang cenderung ngebut saat membawa penumpangnya ya. Tapi, mungkin cuma perasaan saya saja sih.

Simak juga: Wisata Pantai Pangandaran Ciamis


Dermaga dan Jembatan Apung

Salah satu kemudahan menarik di Kawah Putih Bandung yakni adanya dermaga kecil di tengah kawah, dengan saluran jembatan apung. Objek ini terbilang unik, dan jadi salah satu spot berfoto favorit wisatawan yang berkunjung.

Untuk mampu masuk ke jembatan apung ini, anda harus bayar tiket Rp 10.000. Tapi saya pikir cukup murah, dan kita mampu berfoto dengan objek yang unik juga kan?

Kebetulan dikala kami tiba, sudah menjelang siang. Rasanya kawasan ini akan lebih terlihat indah kalau dikunjungi pagi atau sore hari.

Simak juga: Air Terjun (Curug) di Kuningan yang Indah


Skywalk Cantigi Kawah Putih

Skywalk Cantigi yakni salah satu area di Kawah Putih yang aku pikir wajib anda coba nih. Skywalk Cantigi adalah platform bambu yang mengelilingi area kawah putih.

Platform bambu ini berada dalam hutan cantigi yang berada di sekitar kawah. Keren lho.

Meski terbuat dari bambu, tapi kokoh juga. Tingginya sekiar 2-3 meter dari tanah, dan dikelilingi eksklusif oleh pohon cantigi.

Terdapat beberapa platform menara pandang dan juga kawasan istirahat di sepanjang Skywalk Cantigi juga.

Di beberapa bagian, terdapat pohon yang dibiarkan melintang di tengah Skywalk Cantigi. Bisa jadi objek berfoto yang keren banget nih.

Kondisi Skywalk Cantigi cukup mudah untuk dilewati kok. Tidak banyak tangga curam yang menguras tenaga. Meski demikian, anda harus berhati-hati jikalau berjalan dipinggir Skywalk, alasannya adalah pegangannya hanya berupa tali saja.

Sekitar 300-400 meter nanti, anda akan menemukan platform terakhir, sekaligus paling tinggi.

Pemandangan dari platform terakhir ini keren banget lho! Anda mampu melihat lepas ke seputar area kawah.

Simak juga: Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya


Foto Prewedding Kawah Putih

Mau prewed di Kawah Putih? mampu kok. Biaya prewed/photo session disini sekitar Rp 500.000.

Tapi, jikalau anda berkunjung saat weekend, mungkin akan kurang nyaman. Banyak pengunjung yang datang, sehingga sesi foto prewedding anda mungkin akan sedikit terganggu.

Simak juga: Green Hill Park Ciwidey, Pilihan Objek Wisata Terbaik di Bandung


Fasilitas yang tersedia

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata di Bandung Selatan ini cukup lengkap;


Tempat Wisata Dekat Kawah Putih

Kawasan wisata kawah putih terletak berdekatan dengan beberapa daerah wisata lain yang terkenal di Ciwidey. Jika anda berkunjung kesini, bisa sekalian saja berkunjung ke tempat wisata lainnya. Lokasinya memang tidak berjauhan kok.

Beberapa tempat wisata lain yang berada disekitaran area sini antara lain;

  • Ranca Upas

  • Glamping Lakeside Rancabali/ Pinisi resto

  • Situ patenggang

  • Pemandian air panas Ciwalini

  • Kawah rengganis

  • dll.

Simak Info selengkapnya di artikel tempat wisata di Ciwidey.

Satu hal yang perlu di ingat, transportasi di sekitar area sini masih cukup jarang. Jika anda memakai kendaraan umum pastikan jangan hingga kemalaman ya. 

Semoga informasi ini berguna untuk anda, selamat berlibur!

Lebih baru Lebih lama