Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Baturaden Yang Indah dan Romantis

Wisata Baturaden merupakan kawasan wisata yang berada di sebelah utara Kota Purwokerto atau tepatnya di lereng gunung slamet, jika sebelumnya kita membahas wacana wisata Telaga Warna di Wonosobo kini kita akan melirik wisata alam nan indah dan romantis ialah Baturaden.

Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri, tidak sedikit hotel dan vila indah bangun di daerah ini untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di tempat baturaden, dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah menciptakan wisatawan betah untuk tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini.

Sejarah dan Legenda Baturaden

Wisata Baturaden Yang Indah dan Romantis

Jika abad kecil kalian sering mendengar akan lenggenda Lutung Kasarung maka kawasan inilah yang menjadi latar utama dari dongeng tersebut, dongeng Lutung Kasarung berkembang di masyarakat Baturaden, atas alasan inilah lengenda dan dongeng dari lutung kasarung tak luput dari Kawasan Wisata Baturaden. Baturaden sendiri berasal dari kata ‘Batur’ yang dalam bahasa Jawa berarti Pembantu, Teman, atau Bukit dan ‘Raden’ berarti Bangsawan


Lokasi Tempat Wisata Baturaden

Untuk mengunjungi lokawisata Baturaden kalian cukup memakai kendaraan eksklusif maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, jarak dari Kota Purwokerto sekitar 15 km. Jika kalian ingin memakai angkutan umum kalian cukup pergi ke terminal utama Purwokerto dan carilah angkutan umum dengan jurusan Baturaden.

Baturaden sendiri terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Cukup gampang jalur untuk menuju lokawisata Baturaden, namun kalian perlu berhati-hati alasannya untuk menuju kawasan ini kalian harus menempuh jalan dengan tanjakan yang tajam.


Spot Menarik Wisata Baturaden

Baturaden merupakan tempat wisata alam yang indah, di Indonesia memang banyak wisata alam yang indah seperti Wisata Alam Bogor, namun Baturaden tidak kalah indahnya dengan tempat wisata alam yang lain, banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk memanjakan mata begitu megahnya ciptaan Tuhan, di kawasan Baturaden terdapat beberapa spot yang menarik, kalau kalian datang ke tempat ini sangat sayang jikalau tidak mengunjugi beberapa spot di bawah ini.


Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden

pancuran pitu

Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan kawasan favorit para wisatawan yang datang ke Wisata Baturaden, kawasan ini merupakan daerah pemandian air panas dengan pemandangan yang indah.

Kalian akan menikmati pemandian alami dengan suhu berkisar antara 60 sampai 70 derajat celcius, tidak sedikit yang datang ke sana untuk terapi air panas banyak penyakit, tempat ini merupakan salah satu wisata di Baturaden, selain untuk pemandian air panas kalian juga dapat menikmati pijat belerang yang banyak terdapat di tempat ini, cukup dengan membayar 7.500 sampai 15.000 rupiah kalian sudah mampu menikmati pijatan ini.


Telaga Sunyi

telaga sunyi baturaden

Telaga Sunyi juga salah satu destinasi wisata yang ada di Kawasan Wisata Baturaden, Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang higienis dan jernih, masyarakat men-sakralkan tempat ini untuk itu para wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di daerah ini demi keselamatan pengunjung.

Ketika kalian pergi ke kawasan ini, kalian akan merasakan tidak sedang berada di Indonesia, alasannya adalah letak dan kondisinya mirip di negara lain seperti Jepang, jernih sejuk disertai dengan kicauan burung yang merdu, bagi kalian yang ingin menenangkan hati perlu coba untuk tiba ke daerah ini.


Bumi Perkemahan Wana Wisata Baturaden

baturaden

Selain destinasi wisata di atas, Kawasan Wisata Baturaden juga mempunyai bumi perkemahan yang biasa dipakai untuk camping, pada tahun 2001 kawasan ini pernah menjadi lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka.

Camping di tempat ini kalian akan menikmati alaminya hutan Baturaden dengan keindahan yang tidak akan kalian dapatkan di daerah lain.


Taman Kaloka Widya Mandala

kebun binatang baturaden

Kawasan Wisata Baturaden juga tedapat daerah kebun hewan, kawasan ini juga digunakan untuk wisata edukasi. Tempat wisata ini diresmikan oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Banyumas H. Djoko Sudantoko pada tanggal 17 mei 1995.

Di Taman Kaloka Widya Mandala terdapat aneka macam hewan maupun satwa dari dalam negeri dan luar negeri, kebun binatang ini mempunyai koleksi satwa yang cukup banyak, bahkan di daerah ini terdapat museum satwa yang menyimpan kerangka satwa.


Teater Alam Baturaden

teater alam batu raden

Teater alam Baturaden merupakan salah satu destinasi wisata di Baturaden yang mempunyai kawasan yang unik, alasannya bentuk teater dari kawasan ini berada di dalam pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri sempurna di samping pintu masuk di atas tanah seluas 600 meter.

Teater ini tidak menayangkan film-film mirip teater modern lainnya, namun menayangkan ihwal Alam Indonesia mirip kisah budaya TMII, bahkan kejadian alam seperti gunung berapi meletus maupun peristiwa tsunami di Indonesia.

Untuk tiket masuk ke Teater Alam Baturaden cukup mengeluarkan 5000-10.000 kalian sudah dapat menikmati sensasi naik pesawat sambil melihat teater yang belum ada di tempat lain.


Wisata Budaya Grebeg Syura

Tidak hanya wisata alam yang di sajikan di Wisata Baturaden, wisata budaya Grebeg Syura yang menjadi tradisi utama masyarakat sekitar Baturaden, para wisatawan banyak tiba hanya untuk menyaksikan program ini, untuk itu saat bulan pertama dalam kalender tahun Islam daerah Baturaden banyak dikunjugi alasannya banyak yang ingin berwisata ke kawasan ini sekaligus menyaksikan ritual budaya masyarakat Baturaden.

Dalam budaya ini sering dibarengi dengan pertunjukan musik calung, tarian lengger, pertunjukan kuda lumping, dan juga sesaji arak-arakan ke kawasan suci.