Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Di Pantai Anyer Banten

Pantai Anyer inilah pantai yang paling popular di Banten. Banyak yang bilang, daerah ini adalah kawasan terindah di ujung barat pulau jawa. Saat tiba hari libur, kawasan ini akan dipadati oleh pengunjung.

Bahkan tahun ini, ada beberapa wisatawan mancanegara mulai melirik kawasan ini dan dijadikan sebagai incaran gres berwisata di Indonesia.

Mereka menganggap, wisata pantai anyer tidak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Bali. Atau pantai yang terletak di Sulawesi dan papua.

Sehingga, objek wisata ini layak untuk dikunjungi sebagai alternatif menghabiskan liburan. Apalagi, kawasannya yang cukup erat dengan Jakarta, sebagai gerbang masuk menuju ke Anyer.

Tentang Pantai Anyer

Wisata Air Di Pantai Anyer Banten
foto: https://www.instagram.com/rupiantiwijaya/

Pasir putih dan birunya laut menjadi pemandangan wajib yang akan disuguhkan kepada para pengunjung yang tiba. Selain itu, ombak disini bekerjsama sungguh sangat bersahabat.

Kaprikornus, sangat cocok dipakai untuk melewati setiap jamnya dengan penuh keindahan. Apalagi, ada beberapa spot menarik yang menjadi daya pikat utama.

Ada lagi daya tarik yang mengakibatkan tempat ini seperti tidak pernah sepi. Andai wisatawan masih ingat, kalau di titik inilah Belanda memulai dalam membangun jalan di daerah Jawa.

Sepanjang 1000 km yang dilakukan oleh Herman Willem Daendles. Dimana, pengerjaan ini dikenal dengan nama kerja rodi. Hingga, menimbulkan banyak korban tewas.

Baca juga: objek wisata Pantai Tirtamaya yang kami ulas sebelumnya.


Sejarah Singkat Pantai Anyer

Jejak sejarah pantai anyer banten tidak hanya berada di kerja rodinya saja. Melainkan, ada pula dari asal-seruan nama yang cukup unik. Nama dari Anyer ini berasal dari nama “Anyar” bila dalam bahasa jawa “anyar” yaitu Baru.

Maklum saja, awal nama kota ini sebelumnya ialah sudi mampir. Didirikan oleh kerajaan Banten ada tahun 1667. Nah, pada tahun 1883 Gunung Krakatau yang berada di wilayah Banten meletus dahsyat. Hampir seluruh dunia berguncang dan hancur. Begitu pula dengan tempat sudi mampir ini yang rusak parah.

Beberapa tahun sesudah letusan ini, banyak orang yang berdatangan dari banyak sekali macam kawasan. Akhirnya, kawasan ini pun di berdiri kembali.

Nah, pembangunan ini membuat kawasan sudi mampir bermetamorfosis sebuah kawasan baru sehingga para pendatang pun menyebutnya dengan Anyar atau Anyer.

Lihat juga: Destinasi wisata Pantai Madasari yang kami rekomendasikan khusus untuk anda.


Mercusuar Pantai Anyer

foto: https://www.instagram.com/inst_er_gram/

Salah satu ikon dari Pantai Anyer yaitu sebuah mercusuar yang menjulang tinggi ke angkasa. Mercusuar ini hampir sama dengan mercusuar yang ada di pantai pandansimo Yogyakarta. Konon dongeng, mercusuar ini memiliki nilai sejarah yang cukup panjang untuk kawasan  pulau Jawa sendiri.

Tingginya mencapai 75, 5 meter dan di bangkit pada tahun 1885 oleh Raja wilem II. Sebenarnya mercusuar ini dibangun pada tahun 1806.

Tetapi karena, terjadinya bencana alam maha dahsyat. Mengakibatkan Bangunan ini hancur lebur tak bersisa. Karena, merasa mempunyai nilai historis yang sangat tinggi. Maka dibangun kembali.

Fungsi utama dari menara ini yakni sebagai petunjuk saat kapal-kapal besar merapat berlabuh di perairan banten. Jika, wisatawan ingin naik kesana, wisatawan harus bisa menaklukkan sekitar 280 anak tangga untuk mencapai di atas puncak. Banyak wisatawan yang naik kesini dan menikmati pesona yang luar biasa.

Decak kagum akan membahana, saat hamparan maritim dan pepohonan berkumpul menjadi satu kesatuan. Pemandangan yang tidak akan pernah terlupakan sedikit pun.

Sungguh inilah nikmat Tuhan yang tidak akan pernah bisa didustakan. Keindahan tersebut akan lebih tepat bila, kondisi cuaca sedang bersahabat.

Bila itu terjadi, wisatawan mampu melihat pesona gunung anak Krakatau yang kokoh berdiri, serta siap menebar ancaman yang sama. Menara ini terletak di daerah Pantai Bojong.

Wisatawan mencoba sendiri dan merasakan bagaimana keseruan menikmati menara pantai anyer yang menjadi titik nol dari wilayah Anyer.

Simak juga ulasan kami lainya wacana Pantai Terhits Di Jogja.


Alamat Dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/ayuarsymelinda/

Alamat lokasi tempat ini berada di Jalan Raya Anyer, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Baten. Membutuhkan waktu kurang lebih 3 – 4 jam dari wilayah Jakarta. Menuju ke kawasan ini wisatawan akan diberikan 2 rute.

Pertama, keluar dari pintu tol serang menuju ke pantai carita. kemudian, memasuki wilayah anyer. Jalur yang kedua, wisatawan mampu keluar dari tol cilegon barat. Setelah hingga jalan percabangan dua, ambil jalur yang menuju ke wilayah anyer. Ikuti saja jalan, maka wisatawan akan masuk ke wilayah pantai anyer.

Jallan menuju pantai anyer ini sangat ramai apalagi ketika week end. Bagi wisatawan yang malas dikepung kemacetan, alangkah lebih baik jika memakai bus. Wisatawan bisa memulainya dari terminal pulo gadung, kampung rambutan, atau tanjung priok. Pilih bus yang menuju kearah merak.

Turun di terminal cilegon. Dari sini gunakan angkot menuju ke kawasan simpang. Nah, selanjutnya naik lagi angkutan menuju ke wilayah Anyer. Waktu tempuhnya kurang lebih antara 45 menit. Atau, wisatawan juga mampu menggunakan angkutan kereta api.

Perjalanan dimulai dari stasiun tanah abang menuju ke stasiun krenceng yang berada di wilayah Anyer setibanya di stasiun krenceng, lanjutkan perjalanan menuju ke tempat anyer, dengan memakai angkutan silver menuju ke area pantai anyer.  Bagaimana gampang bukan?


Harga Tiket Masuk Pantai Anyer

foto: https://www.instagram.com/ririnapriliani/

Harga tiket masuk pantai anyer adalah 5 ribu rupiah. bagi yang membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah untuk kendaraan beroda empat. Dan 5 ribu rupiah bagi yang memakai kendaraan bermotor.

Simak juga ulasan kami lainya menenai tempat wisata pantai Pantai Favorit Di Sukabumi yang mempunyai banyak sekali spot foto menarik.


Penginapan di Pantai Anyer

foto: https://www.instagram.com/sang_pensiunan/

Menikmati daerah anyer memang tidak mampu hanya satu atau dua hari. Melainkan tiga hari paling cepat. Karena, selain pantai anyer sendiri, di kawasan ini berbagai pantai-pantai yang tidak kalah esoktisnya.

Seperti pantai Marbella, pantai Sambolo, Pantai bandulu, serta pantai anyer yang paling elok yaitu pantai pasir putih florida.

Oleh karena itu, wisatawan membutuhkan beberapa penginapan murah di pantai anyer. Banyak ragam dan pilihan sebenarnya mirip homestay yang berjajar.

Atau juga hotel di pantai anyer yang sudah menyediakan berbagai macam fasilitas dengan harga yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan. Baca juga: objek wisata Pantai Terindah Di Garut.


Pantai Pasir Putih Floridina

foto: https://www.instagram.com/nurafifahsriuf/

Bisa dibilang pantai anyer pasir putih ini yang paling beruntung. Karena posisinya yang berhadapan dengan anak gunung Krakatau sehingga, menjadi tempat yang pas untuk menikmati pesona sunset. Saksikan keindahannya, dimana langit biru ini perlahan bermetamorfosis jingga. Serta matahari secara perlahan tenggela dan gealo.

Inilah momen romantis yang biasanya dinantikan-tunggu oleh wisatawan semua. Makara, jangan heran jika setiap sore kawasan ini dipenuhi wisatawan yang datang. tidak hanya untuk bermain, nelainkan, tetapi juga menantikan momen yang sangat senang ini.

Sayangnya, sunset disini memang mengecewakan. Karena, cuaca disini sering tidak akrab daripada erat. Makara, berdoalah sebelum pergi ke kawasan ini. supaya menemukan sunset dengan pemandangan yang lain.

Lihat juga: Pantai Terhits Di Malang yang mempunyai pasir putih nan indah.

Inilah kawasan terindah di Indonesia yang pesonanya mulai diakui oleh dunia. Masih banyak lagi, kawasan di Indonesia ini yang indah seperti halnya Pantai Anyer. Ayo datang dan rasakan nuansa serta sensasi yang berbeda di kawasan ini. Jangan lupa juga, ajak semua orang agar keseruan semakin bertambah.