Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Watu Rumpuk, Bukit Pesona itu 40 KM Dari Madiun

Watu Rumpuk mempunyai konsep taman bunga yang berada di atas bukit dan di kelilingi dengan pegunungan yang berkabut. Tidak jarang jikalau daerah wisata ini sering disebut sebagai wisata di atas awan.

Watu Rumpuk berada di lereng pegunungan Wilis tentu menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa dan tempat wisata ini mampu dikatakan sebagai wisata di atas awan. Keindahan yang disajikan Watu Rumpuk Mendak memang sangat mempesona, hal ini tentu akan menjadikan daerah wisata alternatif di daerah Madiun.

Jualan Utama yang ada di kawasan wisata Watu Rumpuk adalah keindahan dari alam sekitarnya. Berada di atas gunung dan sering terlihat kabut mengelilingi kawasan wisata ini menciptakan kawasan wisata ini sangat bagus. Pengunjung mampu menikmati keindahan alam dari atas ketinggian.

Selain itu kawasan wisata ini juga sudah menyediakan banyak sekali macam daerah foto selfie yang unik serta menarik dan tentu sangat Instagramble. Dengan adanya spot foto tersebut ditambah lagi dengan keindahan alam yang ada bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto selfie Anda. Tentu hasil foto nya pun akan terlihat cantik.

Sejarah Pengelolaan Watu Rumpuk

Watu Rumpuk, Bukit Pesona itu 40 KM Dari Madiun
Image By: lintas7.net

Desa Mendak semula hanya dikenal sebagai tempat perkebunan penghasil komoditi cengkih, durian, manggis, kopi, dan coklat. Saat ini terkenal sebagai destinasi wisata. Di desa itu ada Watu Rumpuk, Tapak Bimo, Gua Jepang, Air Terjun Jambu, dan Hutan Pinus.

Obyek wisata Watu Rumpuk tersebut merupakan lahan perkebunan cengkeh yang diserang hama pada 2015. Kemudian perangkat desa dan masyarakat pundak membahu dengan memanfaatkan dana desa menyulap desa mereka menjadi salah satu desa wisata dengan keindahan alam yang mempesona.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang menangani perjuangan alternatif untuk mengelola desa wisata, yang mengubah pertambangan watu menjadi destinasi menarik yang lalu dikenal dengan nama Watu Rumpuk.

Sejak 2016, masyarakat desa mulai membuatkan potensi wisata. Lokasi bekas tambang batu, Watu Rumpuk diubah menjadi destinasi wisata menarik. bekas tambang itu disulap menjadi taman indah yang instagramable.

Terdapat pula bumi perkemahan yang biasa dipakai bawah umur muda untuk berekreasi dan mendekatkan diri dengan alam.

Simak juga: Tempat Menarik di Surabaya


Lokasi Watu Rumpuk

Watu Rumpuk berada di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Lokasi ini terletak di puncak Pegunungan Wilis. Wisata Watu Rumpuk sering digunakan untuk mereka yang sedang mencari spot foto menarik dengan latar belakang bukit dan pemandangan yang indah.

Simak juga: Tempat Wisata Keluarga Di Surabaya dan Sekitarnya


Rute Menuju Watu Rumpuk

Jarak tempuh dari Ibukota Kecamatan Dagangan ke Watu Rumpuk sekitar 15 Km dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit. Jika dari Ibukota Kabupaten Madiun yakni menghabiskan jarak tempuh sekitar 40 Km dan waktu tempuh yang diraih 120 menit.

Rute yang ditempuh untuk mampu menjangkau Watu Rumpuk Dagangan Madiun mampu diakses melalui dua arah, yakni melalui Dalopo, dan melalui Pagotan. Namun kami rekomendasikan untuk pengunjung yang akan berkunjung untuk melewati jalan melalui Dalopo. Karena medan jalan yang diberikan lebih mulus dari pada melalui Pagotan.

Jika Pengunjung berangkat dari arah Madiun, maka Anda hanya melewati jalan Dalopo dan menuju ke arah Telaga Ngebel. Di perjalanan sesudah itu sudah terdapat rambu atau penunjung jalan yang mengarahkan menuju ke Watu Rumpuk Madiun.

Simak juga: Air Terjun di Banyuwangi yang Bagus


Jam Buka Watu Rumpuk

Mengenai Jam Buka Watu Rumpuk mulai pukul 08.00 – 18.00 WIB pada hari senin – sabtu dan pukul 07.30 – 18.00 WIB pada hari ahad.

Walau lokasi ini buka sepanjang hari, namun waktu terbaik untuk mampu mengabadikan momen yakni pada pagi hari atau pada sore hari. Karena cuaca di kedua waktu tersebut sedang cerah kalau keadaan tidak mendung.

Simak juga: Kampung Tridi – Wisata Murah Meriah Instragramable Arek Malang


Tiket Watu Rumpuk

Harga tiket masuk wisata Watu Rumpuk untuk hari biasa Rp 6.000,-sedangkan final pekan dan hari libur Rp 10.000,-.

Ada juga suplemen biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jumlah yang tidak terlalu besar untuk dapat menikmati udara sejuk pegunungan dengan banyak akomodasi serta spot foto yang diberikan.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Banyuwangi


Fasilitas Watu Rumpuk

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola Watu Rumpuk yaitu lahan parkir yang luas, toilet yang bersih, kuliner murah, taman bunga yang indah. Ada juga akomodasi wisata berupa spot foto yang dapat memanjakan pengunjung yang ingin mengabadikan momen di sana.

Simak juga: Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru


Daya Tarik Watu Rumpuk

    Mencicipi Durian

Selain menikmati keindahan panorama alam, yang terbaru, pengunjung wisata alam ini juga diajak untuk wisata agrowisata. Para pecinta durian mampu ikut panen raya sekaligus mencicipi buah beraroma khas ini. Tentu panen tidak bisa dilakukan sepanjang tahun, namun menyesuaikan dengan era panen durian, ialah  mulai Februari sampai Juni.

Untuk rasa tak kalah lezat dengan hasil panen di tempat lain. Dengan harga Rp 50 ribu sudah dapat dua buah dengan ukuran tidak mengecewakan besar. Merasakan legitnya durian Mendak sembari menikmati sejuknya alam Watu Rumpuk akan semakin menciptakan liburan lebih menyenenangkan.

Dalam agrowisata yang dikembangkan itu,s elain durian juga ada komoditas lain mirip manggis, alpukat, dan petai yang juga panen pada bulan Februari. Tentunya, pengunjung juga mampu membeli komoditas itu  eksklusif dari petani dan di kebun.

Sejumlah kuliner tradisional, mirip nasi angkruk dan gethuk juga disediakan di sana. Rasanya tentu otentik, rasa dapur eyang putri. Lezatnya masakan dan sejuknya alam pegunungan serasa menciptakan betah berlama-Lama di Watu Rumpuk.

Simak juga: Tempat Wisata di Magetan Terbaru


    Aneka Spot Foto

Seperti lazimnya wisata dataran tinggi yang kaya akan panorama alam yang luas sebagai latar belakang, berfoto menjadi aktivitas paling terkenal di lokasi ini. Berposisi di ketinggian dengan latar hamparan lembah dan bukit menghijau luas, tentu menawarkan imbas dramatis pada foto yang diambil. Apalagi jikalau dipadukan dengan warna pakaian yang tepat.

Menyadari hal ini, pengelola berkreasi untuk menambah variasi dari foto yang diambil di lokasi ini. Salah satu yang dilakukan yakni menciptakan objek objek unik sebagai spot pengambilan foto. Objek objek seni instalasi ini diposisi kan di tepi tepi jurang, bahkan pada beberapa spot dibentuk menjorok ke luar tebing.

Untuk menambah imbas dramatis, posisi objek objek ini dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah. Sehingga sehingga imbas dramatis lebih terekspose lagi, alasannya adalah cakrawala yang tertangkap jadi lebih luas.

Salah satu objek berfoto paling populer di lokasi ini yaitu “cangkir Kopi”. Cangkir kopi raksasa porselen berwarna putih motif bunga, berposisi rebah di atas lepekan juga putih. Dengan air kopi yang mengalir tumpah dari dalam cangkir. Pengunjung yang ingin berfoto, dapat mengambil posisi duduk di dalam cangkir, di atas fatwa tumpahan kopi itu.

Pose ini mengingatkan pada kisah Peri kecil dalam film Pater Pan, yang duduk di dalam cangkir kopi di ruang pantri kapal Kapten Hook.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Malang


Objek Wisata Dekat Watu Rumpuk

Madiun si kota Gadis (perdagangan, pendidikan, dan industri), mempunyai banyak pilihan wisata, bukan semata hanya Watu rampuk saja. Bagi yang memang suka wisata pemandangan taman bernuansa alam, bisa mencoba Wana Wisata Grape.

Tempat wisata Madiun ini bernuansa alami dan sejuk, cocok untuk memulihkan hati dan jiwa serta refreshing dari hiruk pikuk kehidupan kota. Saat pengunjung datang di taman kawasan wisata madiun ini, akan terlihat sawah teras siring yang unik.

Bagi yang tertarik dengan wisata sejarah, Madiun juga mempunyai beberapa objek, salah satunya Situs Nglambangan. Lokasi tempat wisata Madiun ini sering dipergunakan untuk upacara ritual pada dikala bulan Sura.

Di kawasan ini terdapat peninggalan-peninggalan yang dipercaya berasal dari zaman Majapahit, diantaranya: Pura Lambangsari, Pesiraman dan kawasan-kawasan yang dianggap keramat oleh warga sekitarnya.

Demikian berita wacana Destinasi watu Rumpuk Madiun, Jawa Timur. Tetap kunjungi West-Java.com untuk mendapatkan informasi kawasan wisata menarik lainnya.