Wana Wisata Wendit, Menikmati Segarnya Kolam Ritual Raja Majapahit

Wana Wisata wendit awalnya yakni sebuah kolam renang alami. Yang lalu dikelola dan dilengkapi dengan beberapa akomodasi sebagai sarana rekreasional seperti wahana air untuk anak anak dan keluarga.

Taman rekreasi ini dan pemandian Wendit, menyediakan Kolam Renang alami serta buatan yang luas. Tersedia juga Perahu Dayung, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Waterboom, Bom-bom Car; Worm Coaster, Carousel dan Sepeda Air.

Ada yang unik dari Wana Wisata Wendit, ialah memiliki program yang khas pada setiap Bulan Syawal. Dimana taman wisata dipenuhi pengunjung yang ingin merayakan hari Lebaran sampai dengan hari Ketupat Idulfitri.

Disamping itu dengan mandi dikolamnya berdasarkan kepercayaan memiliki khasiat membuat wajah tampak “abadi muda”. Dan masyarakat suku Tengger juga mengambil air dari “Sumber Air Mbah Kabul” ini, dibawa pulang untuk kesembuhan dan kesehatan.

Terdapat puluhan kera yang jinak yang bebas berkeliaran di hutan kecil di Wendit dan menghuni pepohonan. Beberapa arca kuno juga mampu dilihat di taman ini dan dapat diperoleh cindera mata hasil kerajinan penduduk setempat.

Lokasi Wana Wisata Wendit

Wana Wisata Wendit, Menikmati Segarnya Kolam Ritual Raja Majapahit

Taman Wisata Wendit, terletak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Kurang lebih 8 Km dari pusat Kota Malang.

Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama arah ke Gunung Bromo melalui Tumpang  Poncokusumo.

Simak juga: Tempat Wisata di Malang Terbaru


Rute Menuju Wana Wisata Wendit

Jika dari sentra kota, pengunjung bisa menuju ke arah timur saja. Searah dengan perjalanan ke Bromo dengan menggunakan jalur poncokusumo. Landmark berupa simpanse putih besar mampu Pengunjung temui di sisi jalan, ini yakni menerangkan Pengunjung sudah sampai di Lokasi wendit.

Jika Pengunjung menggunakan transportasi umum, gunakan angkot menuju arah terminal arjosari. Untuk selanjutnya berpindah pada angkot putih, Pengunjung mampu saja turun di pertigaan blimbing atau di arjosari.

Ketika sudah naik, bilang saja untuk turun di wisata wendit. Secara default supir angkot sudah akan mengerti tempat yang Pengunjung maksudkan. Untuk tarif cukup murah. Kisarannya di bawah Rp. 10.000,- untuk sekali naik. Jadi alasannya adalah ini loper 2 kali, Pengunjung harus bisa memperkirakannya.

Pengunjung mampu parkir di pelataran, aku sarankan jikalau membawa sepeda untuk parkir di timur saja. Setidaknya buat aku lebih rindang pohonnya, jadi sepedanya tidak terlalu kepanasan.


Jam Buka Wana Wisata Wendit

Wendit Waterpark atau Taman Wisata Wendit buka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 07.00 hingga tutup jam 17.00.

Apabila berencana untuk mengunjungi Wendit Waterpark dan tidak ingin berdesakan dengan pengunjung lainnya, sebaiknya datanglah ketika hari kerja. Sebab pada tamat pekan atau isu terkini liburan biasanya kondisi taman wisata ini cukup padat.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Malang


Tiket Wana Wisata Wendit

Harga tiket masuk di Wana Wisata Wendit Waterpark diubahsuaikan dnegan usia pengunjung. Untuk pengunjung dengan usia di atas 5 tahun, tiketnya Rp 15.000. Sedangkan pengunjung anak berusia 3-5 tahun, tiketnya Rp 10.000.

Selain membayar tiket masuk, pengunjung juga akan dikenai biaya tiket suplemen saat hendak mencoba masing-masing wahana yang ada dalam Wendit Waterpark.

Untuk parkir sendiri, sementara ini masih Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat.

Simak juga: Tempat Makan di Malang Paling Enak & Murah


Fasilitas Wana Wisata Wendit

Fasilitas umum yang tersedia sudah memadai. Tersedia beberapa kamar mandi dan ruang ganti. Juga terdapat mushola untuk beribadah. Warung-warung makanan juga banyak berjejer di sana. Tempat parkir pun nyaman dan teduh di bawah rindang pepohonan.

Juga terdapat pendopo, gazebo dan tempat duduk yang bisa dipakai pengunjung untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Pengunjung dapat memperoleh cenderamata hasil kerajinan penduduk setempat dan dijual di sekitar area.

Simak juga: Museum di Malang yang Bernilai Sejarah


Daya Tarik Wana Wisata Wendit

Wana Wisata Wendit diyakini sudah ada dan dibangun pada abad kerajaan Mataram di kurun X Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk mengunjungi telaga untuk wisata sekaligus ritual. Hal ini disimpulkan dari keberadaan bangunan suci.

Berikut beberapa daya tarik dari wana wisata wendit, yang mampu menjadi alasan kenapa lokasi ini terkenal di kalangan pengunjung.

Simak juga: Tempat Pemandian di Malang yang Seger


    Kolam Alami

Kolam alami dipakai semenjak dulu dan dipercaya merupakan daerah istirahat Raja Hayam Wuruk. Kolamnya tidak terlalu dalam, airnya jernih dan segar. Sangat cocok untuk merilekskan diri. Di bak sumber air ini wisatawan juga mampu berenang bersama ikan-ikan kecil yang hilir mudik.

Simak juga: Malang Night Paradise – Dua Dunia Malam Yang Seru


    Kolam Spa

Kolam Spa mempunyai dasar lantai dari kerikil-batuan alam. Airnya dingin dan segar dengan taburan bunga mawar. Konon menurut cerita, dengan mandi di kolam tersebut mempunyai khasiat membuat wajah tampak baka muda.

Simak juga: Hawai Waterpark Malang, Menikmati Terombang-Ambing Ombak 2 Meter Pantai Hawai


    Kolam Buatan

Kolam buatan dibentuk dari sungai yang dibendung. Di sini pengunjung mampu berkeliling sekitar telaga. Wisatawan dapat menyewa bahtera motor berkapasitas 16 orang. Sedangkan untuk 2 orang tersedia perahu yang mampu dikayuh sendiri. Kolam ini juga dilengkapi dengan berbagai akomodasi, salah satunya water park.

Simak juga: Pantai Asmoro, Menengok Raja Ampat di Malang


    Wahana Waterpark

Wahana waterpark ini menjadi favorit bawah umur. Terdapat papan seluncur air di mana wisatawan mampu meluncur pada jalur seluncurnya lalu mendarat di permukaan kolam. Ada juga timba air yang sangat besar dan akan tumpah setiap kali airnya terisi penuh.

Simak juga: Kampung Tridi – Wisata Murah Meriah Instragramable Arek Malang


    Arena bermain anak

Arena bermain bagi belum dewasa menyediakan ayunan, jungkat jungkit, bom-bom car, komedi putar,dll. Tersedia juga wahana outbond mirip flying fox dan keliling dengan naik kuda. Selain itu juga mampu menyewa bahtera dayung di sana, maupun naik bahtera boot.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Malang


    Kera

Hal menarik lainnya adalah monyet yang merupakan maskot pariwisata Wendit. Kera ini disebut sebagai utusan kerajaan di Tengger untuk melindungi sumber mata air Wendit.

Kera yang ada di wisata Wendit adalah jenis ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-simpanse tersebut jinak dan bebas berkeliaran di hutan kecil Wendit dan menghuni pepohonannya. Pohon Jati dan Sonokeling yang ada di kawasan tersebut merupakan ekosistem hutan kecil habitat terakhir kera ekor panjang.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Malang yang Wajib Anda Bawa Pulang


    Ritual Sendang Widodaren

Sepelemparan watu dari kolam, ada sebuah bangunan dengan relief Hindu. Di dalamnya terdapat sumber air bernama Sendang Widodaren. Sedangkan di sebelah sendang ada punden yang juga terdapat arca.

Di Wendit ini, khususnya di Sendang Widodaren dipakai untuk 4 ritual berbeda dalam satu tahun. Pertama ialah Grebeg Tirto Aji yang digelar setiap Kamis Pahing bulan Rajab. Suku Tengger 4 kawasan, ialah Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang melaksanakan ritual ini. Warga Tengger mengambil air sendang untuk dibawa pulang agar ladangnya subur dan panen berlimpah.

Ritual lainnya ialah Bersih Desa oleh masyarakat Desa Mangliawan. Selanjutnya, ritual Jamasan atau mencuci keris oleh pencinta keris, serta Grebeg Suro dikala 1 Suro. Wendit dianggap suci sebab merupakan pertemuan air dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi.


Objek Wisata Dekat Wana Wisata Wendit

Bagi yang kurang paus main air di Wana wisata wendit, laang juga punya wisata air alami lainnya, ialah Sumaber maron. Lokasi wisata ini merupakan perpaduan antara hamparan sawah yang hijau, sungai jernih, kolam sumber air alami, dan teladas dengan ketinggian sedang. Primadonanya yakni sungai beriak yang mampu digunakan untuk river tubbing.

Kawasan Pemandian Kalireco juga bisa menjadi pilihan, sebagai pemandian alami di Malang. Pemandian ini merupakan kawasan sejuk. Dipadu dengan angin semilir yang sepoi-sepoi membuat pengunjung terbius melemaskan badan, menghilangkan keletihan. Bersantai di tempat ini, bukan hanya soal melepas penat badan, tapi juga menumbuhkan kedamaian hati.

Begitulah berita seputar Keasyikan Wisata di wana wisata Wendit Malang. Semoga anda puas dengan klarifikasi kami, selamat berlibur dan terimakasih.

Lebih baru Lebih lama