Wana Wisata Kampung Ciherang, Romansa di Hutan Pinus

Wana Wisata Kampung Ciherang yang ada di Sumedang ini mempunyai banyak acara seru untuk liburan. Suasana alamnya yang masih asri memberi nilai lebih pada tempat wisata yang tergolong baru ini. Di sini pengunjung bisa berlibur seru sembari mengajari anak untuk bersahabat dengan alam.

Wisata Kampung Ciherang berkonsep wisata outdoor yang sangat pas untuk aktivitas outbond maupun camping. Tetapi buat yang sekedar ingin tahu atau hobi berburu spot foto kece, maka mampu memasuki wisata ini dengan biaya tiket yang terjangkau

Di Kampung Ciherang ini Trippers mampu bermain di alam sebab ada area outbond mirip flying fox, sepeda gantung, trekking, bak renang anak, arung teladas, bak belibis kayuh, saung, riam mini, kuda tunggang dan beberapa fspot foto yang instagenic.

Tempat satu ini mampu menjadi alternatif berlibur bersama keluarga alasannya cocok dinikmati untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga sampaumur. Terlebih alasannya suasa di Wana Wisata Kampung Ciherang benar-benar sejuk dan asri dengan deretan pepohonan pinus yang tinggi menjulang.

Untuk urusan masakan, ada warung-warung masakan di sekitar lokasi. Menu yang disediakan juga cukup bervariasi dan umumnya bernuansa kuliner khas Sunda seperti nasi timbel dan nasi liwet. Pengunjung juga mampu membeli oleh-oleh berupa kuliner khas Sumedang atau souvenir yang ada di sana.

Lokasi Wana Wisata Kampung Ciherang

Wana Wisata Kampung Ciherang, Romansa di Hutan Pinus
Image By Instagam @ubech91

Wana Wisata Kampung Ciherang ialah salah satu objek wisata favorit yang terletak di alamat Desa Cijambu, Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Simak juga: Kampung Cai Ciwidey Bandung Yang Sangat Indah


Rute Menuju Wana Wisata Kampung Ciherang

Jarak wisata Kampung Ciherang sendiri sekitar 10 km dari tempat Tanjungsari. Apabila Anda berangkat dari Bandung, pengunjung mampu keluar Tol Cileunyi, kemudian berkendara ke Jatinangor – Alun-Alun Tanjungsari.

Sekitar 500 meter erat pangkalan ojek belok kiri ke arah Tungturunan Tanjungsari, lalu berkendara ke rute arah utara menuju Desa Pasigaran, pinggiran Desa Kadakajaya, dan ke Desa Cijambu.

Lokasi Desa Cijambu ada di ujung utara wilayah Kecamatan Tanjungsari dan berbatasan eksklusif dengan Kabupaten Subang dan Kecamatan Rancakalong di ketinggian kaki Gunung Cijambu, sebelah timur bahari Gunung Manglayang.

Jarak tempuh ke lokasi dari awal masuk memasuki perdesaan kurang lebih 45 menit selama perjalanan tidak dibuat bosan karena mata dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dimana di kiri kanan terhampar sawah-sawah hijau.

Simak juga: Wisata Alam di Bandung Terbaru


Jam Buka Wana Wisata Kampung Ciherang

Wana Wisata Kampung Ciherang buka setiap hari mulai jam 07.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Simak juga: Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat Paling Menarik


Tiket Wana Wisata Kampung Ciherang

Pada hari biasa tiket masuk Wana Wisata Kampung Ciherang untuk orang sampaumur sebesar Rp 25.000, sedangkan untuk belum dewasa seharga Rp 20.000. Tiket ini sudah termasuk kanal untuk memasuki 7 area bermain dari wahana bak renang, bahtera, outbound dan lain sebagai nya.

Adapun tiket masuk pada waktu liburan untuk orang dewasa naik menjadi Rp 30.000, sedangkan untuk bawah umur menjadi Rp 25.000.

Jasa Fotografer Rp 10.000 per orang unutk 2 kali pengambilan foto. Hasil foto mampu ditransfer atau dicetak di tempat. Gazebo yang mampu disewa Rp 10.000 / jam.

Parkir kendaraan motor Rp 5.000, Mobil Rp 10.000

Simak juga: Wisata Pantai di Indramayu


Fasilitas Wana Wisata Kampung Ciherang

Di Wana Wisata Kampung Ciherang tersedia pula akomodasi penunjang mirip area parkir yang cukup luas, musala, toilet, dan spot-spot menarik yang mampu dijadikan tempat untuk berfoto selfie.

Bagi yang ingin merasakan sensasi tidur beralaskan langit malam sambil dikelilingi pohon pinus juga bisa mendirikan tenda untuk camping di Wana Wisata Kampung Ciherang.

Simak juga: Wisata Kekinian di Dago Dream Park Bikin Gak Mau Pulang!


Daya Tarik Wana Wisata Kampung Ciherang

    Sejuknya Hutan Pinus

Wana wisata kampung coherang ini memang agak berbeda dari wisata-wisata alam di jawa barat lain nya. Lokasinya pun memang benar-benar agak jauh dari keraiaman perkotaan.

Sangat cocok bagi  yang ingin melepaskan penat dengan pekerjaan atau kesibukan sehari-hari dengan menikmati hutan pinus tinggi yang menjukkan. Juga menikmati udara  khas pegunungan yang sejuk.

Awal mula dari wana wisata kampung ciherang ini berawal dari keprihatinan warga sekitar dengan adanya offreader-offroader liar yang memasuki wilayah  hutan pinus, sehingga merusak flora alami di hutan tersebut.

Dengan adanya permasalahan tersebut maka  Perum Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) mencari investor yang bersedia bekerja sama dengan masyarakat untuk mengembangkan sebuah wana wisata yang ramah lingkungan.

Ternyata penerimaan masyarakat tinggi, kunjungan membeludak. Membeludaknya pengunjung itu memang di luar perkiraan oleh pengelola wisata. Rupanya wanawisata ciherang ini viral di aneka macam media umum.

Pengunjungnya pun banyakd atang dari banyak sekali tempat mirip , bekasi, tangerang, bandung. Rata-rata mereka datang alasannya  mendapatkan informasi dari  sosial media.

Simak juga: Rumah Ilusi di Cikao Park Purwakarta


    Aneka Wahana

Selain  Menyuguhkan pemandangan alam  yang indah, pihak pengelola juga menyediakan berbagai kemudahan petualangan. Fasilitas yang bisa memacu adrenaline seperti  outbond, mini motocross, wahana air, persewaan kuda tunggang, rumah pohon, area bermain anak, selfie spot, dan gazebo.

Arena outdoor lainya yakni kolam renang anak, arung air terjun, bak belibis kayuh, penderasan mini, dan beberapa kemudahan lainnya. Bahkana da Sepeda Udara juga. Buat pengunjung yang ajaib selfie di spot foto unik, jangan khawatir. Lokasi wisata ini sudah membangun banyak spot foto kece yang akan menambah koleksi foto feed instagram.

Selain akomodasi yang diatas,tersedia pula spot-spot foto yang instagramable. Ada juga vila bagi pengunjung yang ingin menginap bersama keluarga.

Di Wisata Kampung Ciherang juga tersedia banyak gazebo untuk bersantai. Juga tersedia banyak daerah duduk serta ada persewaan hammock, tikar ukuran besar ataupun kecil, hingga tenda. Kaprikornus wisatawan mampu berwisata sekaligus istirahat di tempat-tempat yang telah disediakan.

Simak juga: Tebing Keraton Bandung, Dijuluki Grand Canyon-nya Indonesia


    Camping

Bagi pengunjung yang ingin mencicipi sensasi berbeda, pengelola wana wisata Kampung ciherang  memperbolehkan pengunjung untuk camping a di lokasi wisata. Pengunjung diperbolehkan membawa peralatan camp sendiri.

Atau jika tak mau repot pengelola sudah menyediakan perlengkapan camp  untuk disewakan kepada pengunung.

Di tempat wanawisata Kampung ciherang pengunjung diperbolehkan membawa kuliner dari laur. Tetapi Bagi yang tidak membawa bekal, disini juga banyak terdapat warung kuliner yang siap memanjakan perut.

Di lokasi wisata ini juga banyak toko yang menjajakan souvenir khas ciherang.

Simak juga: Wisata Alam Ciwidey Bandung Yang Selalu Menghipnotis wisatawan


Objek Wisata Dekat Wana Wisata Kampung Ciherang

Sumedang masih mempunyai banyak objek wisata lainnya, termasuk juga wisata dataran tinggi lain. Salah satu yang sangat populer ialah Batu Dua. Selain terkenal akan paralayangnya, Batu Dua juga mempunyai destinasi wisata budaya dan sejarah, yakni makam Raja Sumedang pertama, Prabu Tajimalela.

Di daerah wisata di Sumedang ini juga terdapat bumi perkemahan Gunung Lingga yang telah dilengkapi aneka macam fasilitas outbound seperti contohnya flying fox.

Bagi yang tertarik dengan ekowisata, Sumedang memilki Desa Wisata Pangjugjugan. Pemandangan alam yang manis disertai suasana yang masih alami menciptakan tempat ini menjadi salah satu daerah wisata di Sumedang yang paling terkenal.

Untuk melengkapi pengalaman berwisata alam, di daerah ini juga tersedia kuda yang bisa ditunggangi, terapi ikan, dan banyak sekali akomodasi outbound. Di dalam daerah wisata ini juga terdapat ekowisata berupa peternakan kelinci, kambing, sapi perah dan potong, pemancingan dan sekolah alam.

Secara keseluruhan, ketika berkunjung ke wana wisata kampng Cihereng, Jangan khawatir tidak mampu mengabadikan momen. Hampir smeua titik di tempat ini Bagusmenjadi titik cantik untuk berfoto. Misalnya, ada serabut pohon berbentuk hati, rumah pohon, dan sarang burung.

Selain titik-titik tersebut, pemandangan sekeliling kawasan wisata ini sungguh sangat indah.

Lebih baru Lebih lama