Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waduk Bajulmati, Mengingat Raja Ampat di Pedalaman Jawa Timur

Waduk Bajulmati di banyuwangi dikenal orang sebab kabar soal penampilannya yang mengingatkan pada Raja Ampat. Efek ini timbul sebagai akibat adanya bukit bukit kecil yang tergenang di dalam area waduk seluas 100 hektar ini.

Waduk ini mampu menampung air sampai 10 juta meter kubik dan mampu mengairi sawah seluas 1.800 hektar. Waduk yang mulai dibangun pada tahun 2006 dan akhir pada 2015, memanfaatkan pemikiran sungai bajulmati yang berhulu dari gunung ijen.

Waduk ini juga dikembangkan sebagai destinasi wisata karena panoramanya memang sangat indah. Panorama air did alam waduk disempurnakan oleh adanya latar belakang kawah ijen dan gunung baluran serta kawasan hutan disekelilingnya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Waduk Bajulmati yaitu pagi atau sore hari. Ini alasannya udara dan cuaca yang panas dikala siang hari agak kurang dekat bagi wisatawan. Jika terpaksa harus berkunjung dikala siang hari, jangan lupa untuk membawa penutup kepala semoga mengurangi imbas panas matahari.

Lokasi Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati, Mengingat Raja Ampat di Pedalaman Jawa Timur
foto by instagram.com/evaazes

Waduk Bajulmati adalah waduk yang terletak di perbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Namun sebagian orang menganggap, waduk ini beralamat di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Waduk Bajulmati yang terletak diantara Gunung Baluran dengan Pegunungan Ijen ini, dibentuk dengan membendung Sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya

Simak juga: Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru


Rute Menuju Waduk Bajulmati

Waduk bajulmati berlokasi di desa wonorejo yang merupakan perbatasan banyuwangi dan situbondo, bersebelahan dengan tempat taman nasional baluran. Untuk menuju kesini pun searah dengan menuju taman nasional baluran.

Jika memakai kendaraan eksklusif dari arah kota banyuwangi, pengunjung mampu mengarahkan kendaraan anda ke keluar kota banyuwangi – pelabuhan ketapang-jalan lintas banyuwangi-situbondo-pasar bajulmati- pintu masuk taman nasional baluran-setelah melewati taman nasional sekitar 10 menit di kiri jalan akan melihat gapura dan gerbang masuk ke waduk.

Jika pengunjung  menaiki transportasi umum, mampu menaiki bus jurusan yang menuju situbondo dari pelabuhan ketapang dan turun di depan pintu gerbang bajulmati. Jika dari arah situbondo, ambil arah ke banyuwangi atau pelabuhan ketapang.

Setelah memasuki daerah taman nasional baluran nanti pengunjung akan menemukan gapura masuk menuju waduk bajulmati di sebelah kanan jalan.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Banyuwangi


Jam Buka Waduk Bajulmati

Lokasi wisata ini bukas etipa hari. Mulai jam 06.00 sampai tutup pada sore hari jam 16.00.

Simak juga: Tempat Makan di Banyuwangi Paling Enak & Murah


Tiket Waduk Bajulmati

Untuk memasuki areal waduk bajulmati tidak dikenakan biaya tiket masuk, anda hanya akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah yaitu sebesar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Banyuwangi


Fasilitas Waduk Bajulmati

Untuk memfasilitasi acara wisata para pengunjung waduk, pengelola telah menyiapkan beberapa kemudahan penunjang. Fasilitas dasar berupa Toilet, Parkir, dan toilet, tersedia dengan memadai dan dalam kondisi baik.

Di sekitar waduk juga dilengkapi dengan rest area seluar 4.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan café, parkiran luas, dan toilet yang memadai. Berbagai wahana juga disediakan di area Waduk Bajumlati, mulai dari ATV, Speed Boat, sampai sarana Out bond.

Kegiatan hunting foto merupakan acara paling disenangi oleh wisatawan saat berkunjung ke waduk Bajulmati. Sinyal itu ditangkap terperinci oleh pengelola waduk dengan bukti positif terdapat beberapa spot foto corner kece.

Simak juga: Air Terjun di Banyuwangi yang Bagus


Daya Tarik Waduk Bajulmati

    Menjejahi Area Waduk

Saat tiba di Waduk Bajulamti, untuk sejenak atau berlama-Lama, biarkan sejauh pandangan mata menikmati lanskap alam yang mengagumkan. Hiruplah dalam-dalam sejuknya udara melalui semilir angin yang menyapa hingga tepat membalut sekujur tubuh.

Menjelajah, mencoba lebih erat ialah wangsit sempurna dan pastikan juga menemukan spot terbaik, abadikanlah. Bisa memilih latarbelakang Gunung Marapi dan Pegunungan Ijen yang samar-samar menyatu dengan awan. Atau, mampu juga Gunung Baluran di sebelah timur yang terkesan gagah.

Usahakanlah tiba agak pagi atau sore hari. Karena jarang sekali pohon peneduh, siang hari terasa panas dan gersang. Ketika terik, umumnya pengunjung menuju balai Bengong, yaitu balai beratapkan patung Tari Gandrung yang ada di sana.

Di balai itulah pengunjung biasanya menikmati suasana sambil menyantap perbekalan. Waduk ini juga sebagai kawasan ideal untuk memancing. Hanya saja, sementara tidak mampu di sekitar bangunan waduk atau pintu air.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Banyuwangi


    Mengingatkan pada Raja Ampat

Saat menjejakkan kaki di Waduk Bajulmati, hal pertama yang akan pengunjung rasakan yakni kesegaran alam dan bunyi pemikiran air dan semilir angin. Panoramanya penuh dengan panorama hijau. Karena lokasinya yang cukup atau bisa dibilang sangat lebar, perlu untuk menyusurinya dengan motor atau kendaraan beroda empat.

Barulah, ketika ingin naik ke perbukitan pengunjung harus menempuh nya dengan berjalan kaki. Panorama hijau, angin semilir dan waduk yang bening menjadi perpaduan yang apik untuk diabadikan ke dalam sebuah potret. Hasilnya tidak akan mengecewakan.

Dari atas bukit, lokasi ini disebut tampak bagai miniatur Raja Ampat. Karena memang banyak gundukan-gundukan perbukitan tidak terlalu besar yang tersebar di Waduk Bajulmati. Walau memang tidak sama persis, terutama dari sisi ukuran, tapi panorama ini cukup untuk membuai para wisatawan yang tiba.

Simak juga: Tempat Wisata di Jember Terbaru


    Spot Foto

Ada beberapa spot di sekitar waduk bajulmati yang ideal untuk pengambilan foto. Sekilas bukit bukit yang tergenang did alam area waduk, memang sangat mirip dengan Area Wayag di Raja Ampat, Papua. Dari pintu masuk waduk, lokasi ini bsia dicapai dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Selain spot bukit indah itu, pengunjung juga bisa berfoto di sepanjang jalan waduk sepanjang kurang lebih 100 meter. Jalan berpagar besi ini, menyerupai lorong, terlihat tebing batu besar mirip di pantai pandawa Bali.

Simak juga: Pantai Asmoro, Menengok Raja Ampat di Malang


    Mancing

Waduk bajulmati juga disebut sebut sebagai sorga bagi para penggemar acara Mancing. Para pemancing banyak memanfaatkan waduk ini untuk menyalurkan hobinya memancing ikan air tawar yang menghuni Waduk, sembari menikmati keindahan alam.

Meski dikenal sebagai kawasan yang menyenangkan untuk memancing, ada aturan untuk tidak memancing di sekitar bangunan waduk atau pintu air. Pemancing boleh memancing di sisi selatan, dan harus berputar mengelilingi waduk terlebih dahulu.

Simak juga: Tempat Wisata di Madiun Terbaru


Tips Mengunjungi Waduk Bajulmati

  • Sebaiknya tiba pada sore hari atau pagi hari
  • Jika anda memutuskan untuk tiba pada siang hari, sebaiknya membawa payung atau topi alasannya sinar matahari sangat panas
  • Jika ingin berkunjung ke waduk bajulmati, jangan lupa mampir ke taman waisata baluran, karena letaknya berdekatan hanya berjarak 5 kilometer saja.
  • Sebaiknya anda membawa bekal kuliner dan minuman alasannya adalah sulit menemukan warung makan disini.
  • Simak juga: Tempat Wisata di Magetan Terbaru

Objek Wisata Dekat Waduk Bajulmati

Selain mengunjungi waduk, pengunjung juga mampu sekaligus singgah ke taman nasional Baluran. Taman nasional yang berjarak hanya 5 km dari pintu masuk waduk ini, dikenal sebagai Little Africa In Java. Disini, pengunjung bisa berkenalan dengan binatang-hewan yang dilindungi mirip banteng, kerbau, rusa, kera berekor panjang. Dan sebuah padang rumput yang sangat luas.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 40 km, ada juga taman nasional lain, adalah Alas Purwo. Dengan luas 43.420 hektare Alas Purwo terbagi dalam 6 ekosistem. 6 ekosistem itu mencakup: hutan bambu, hutan mangrove, hutan pantai, hutan alam, hutan tanaman dan juga hutan padang rumput.

Itulah sedikit pembahasan yang mampu West-java.com share wacana Waduk Bajulmati banyuwangi. Semoga dengan apa yang kami sajikan ini menciptakan kita bisa mengerti betapa indahnya Kawasan Waduk ini, dan jadi tertarik untuk berkunjung eksklusif ke destinasi wisata yang satu ini.