Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umbul Sidomukti, Berenang di Atas Mata Air Lereng Gunung Ungaran

Umbul Sidomukti – Kalau berkunjung ke semarang jangan lupa untuk pergi ke kabupaten semarang yang memiliki keindahan dan pemandangan nan bagus. Suhu udaranya pun menyegarkan.

Sehingga, sangat cocok bagi anda yang membutuhkan daerah untuk meluruhkan segala beban berat di bahu. Selain itu, kawasan ini pun juga cocok untuk liburan keluarga apalagi, ketika liburan sekolah.

Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi ialah Umbul sidomukti. Tempat paling nyaman dengan suguhan bak renang alami yang berasal dari mata air pegunungan. Letaknya berada di bawah kaki gunung ungaran dengan ketinggian kurang lebih 1200 mdpl. Bisa dibayangkan bagaimana segarnya objek wisata ini.

Saat anda berkunjung ke kawasan ini, ada bebagai macam keunikan yang bisa anda nikmati. Tetapi, wahana utama yang wajib ketika berada di sini yakni berenang. Tersedia 3 bak dengan bentuk yang cukup unik. Airnya sangat jernih yang membuat anda termakan untuk masuk ke dalamnya.

Bagi kolam orang sampaumur memiliki kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Sementara, untuk bak bawah umur memiliki kedalaman 30 cm. di pinggir kolam, anda akan disuguhkan dengan bebatuan yang tertata sangat rapi.

Menariknya berenang disini anda bisa melihat bagaimana indahnya kaki gunung ungaran dengan pemandangan pepohonan yang hijau nan mengesankan. Perlu diketahui bahwa Umbul Sidomukti ini menjadi bak renang tertinggi di Indonesia bahkan di asia lho. Makara, jangan pernah lewatkan menikmati dinginnya mata air gunung ungaran ini.

Harga Tiket Masuk

Umbul Sidomukti, Berenang di Atas Mata Air Lereng Gunung Ungaran
foto: https://www.instagram.com/jonihepi/

Menikmati semua keseruan di Umbul Sido Mukti anda harus membayar harga tiket masuk umbul sidomukti sebesar5 ribu rupiah untuk week day dan 10 ribu rupiah untuk week end.

Bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam wahana di daerah ini, berikut adalah daftar harga beberapa wahana di tempat ini.

  1. Flying Fox: Rp 18.000/orang (Rp 35.000 untuk Flying Fox Terusan)

  2. Marine Bridge: Rp 15.000/orang

  3. Highest Trianggle: Rp 40.000/orang

  4. ATV: Rp 35.000/3putaran

  5. Sewa Kuda: Rp 50.000/30 menit, Rp 100.000/ 1 Jam

  6. Taman Berani: Rp 10.000

  7. Paralayang: Rp 350.000,-

  8. Camping Ground: Rp 18.000,-

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan paket trekking, menyusuri setiap sudut area sidomukti. Hanya saja, minimal untuk menikmati paket ini adalah 20 orang.

Simak juga –> Oleh-Oleh Khas Semarang.


Alamat dan Rute Lokasi

foto: https://www.instagram.com/ozil36/

Alamat umbul sidomukti terletak di Blanten Lor, Jetis, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Jarak terdekat menuju ke objek wisata ini yakni terminal Bawen yang hanya membutuhkan 13,3 km untuk hingga di lokasi atau membutuhkan waktu 40 menit. Melalui jalan Jimbaran Tegalpanas.

Bagi anda yang memakai kereta api atau pesawat. Disarankan untuk menggunakan bus trans jateng. Menuju ke terminal bawen dengan harga 5 ribu rupiah saja.

Jalan menuju umbul sidomukti selanjutnya mampu anda teruskan dengan menggunakan ojek atau menyewa kendaraan bermotor di sekitar terminal.

Rute menuju umbul sidomukti sebetulnya tidak terlalu sulit. Karena, sudah banyak papan petunjuk yang mengarahkan anda ke lokasi wisata.

Melewati tempat bandungan yang populer sebagai titik tertinggi di Semarang. Tetapi, anda harus berhati-hati, karena jalanan menanjak dan beberapa ada yang masih kurang cantik.

Baca juga –> Minuman & Makanan Khas Semarang.


Fasilitas Lain yang Ditawarkan

foto: https://www.instagram.com/umbul.sidomukti/

Tidak hanya kolam renang saja yang tersedia di wisata umbul sidomukti. Bagi anda yang tidak ingin berenang. Disini, sudah tersedia gazebo-gazebo yang mampu dimanfaatkan.

Terletak di samping kanan dan kiri kolam renang. Semenatara itu, hadir juga shower yang bisa ada manfaatkan untuk bilas sehabis puas berenang.

Toilet dan kamar mandinya cukup higienis. Begitu pula dengan musholla dan area wudhu yang terkadang terlewatkan.

Berlibur di Umbul Sidomukti memang dijamin tingkat kenyamanan dan keamanannya. Apalagi, air yang ada disini hampir setiap waktu berganti karena, langsung keluar dari mata air.

Lihat juga –> Rekomendasi Tempat Wisata Semarang.


Daya Tarik Umbul Sidomukti

Berikut spot yang bisa anda nikmati saat berlibur kesini:

1. Menu Kuliner Nikmat

foto: https://www.instagram.com/siibontotz27/

Setelah asyik berenang. Mungkin, perut akan terasa lapar. Saatnya untuk menentukan banyak sekali macam menu masakan yang nikmat menggoda.

Menu andalan di Lokasi wisata umbul sidomukti yaitu seafood. Ada berbagai jenis seperti ikan bawal, gurame, nila, kepiting, cuni-cumi, udang belut, lele, bandeng, dan masih banyak lagi.

Olahannya pun sangat menarik mulai di bakar, goreng tepung, asam bagus, saus pedas, saus tiram dan masih banyak lagi.

Minumannya pun juga beragam mulai dari yang hangat sampai es tersedia lengkap disini. Dari segi harga tidak terlalu mahal, dari segi rasa cukup menciptakan pengecap anda bergoyang tanpa henti.


2. Outbond Seru

foto:https://www.instagram.com/umbul.sidomukti/

Kurang afdol rasanya jika tidak menikmati permainan outbond yang disajikan. Mulai dari flying fox dengan ketinggian 70 meter dan panjang lintasan mencapai 110 meter. Bila masih kurang, anda mampu melanjutkannya dengan ketinggian 110 meter.

Jarak yang ditempuh ada dua jalur dengan jarak 160 meter dan 110 meter. Biasanya anak anda akan didampingi oleh seorang guide.

Makara, jangan khawatir dijamin kondusif. Selanjutnya adalah Marine Bridge jembatan yang terbuat dari tali yang dipakai untuk latihan para tentara. Tingginya mencapai 30 meter dengan jarak 50 meter.

Ada juga wahana ATV dengan trek yang seru dan mendebarkan. Anda bisa kebut-kebutan di area yang sudah ditentukan. Selanjutnya, ada High Triangle dimana kita di tantang untuk melewati jembatan segitiga dengan tingkat kesulitan masing-masing.

Review Sebelumnya –> Tempat Wisata Semarang Dan Sekitarnya.


3. Taman Berani

foto: https://www.instagram.com/unikrestu.p/

Mengapa disebut dengan Taman Berani? Karena, kawasan ini dipakai sebagai wahana wisata outbond.

Memacu adrenalin belum dewasa anda. Memiliki gardu tinggi dengan sebuah tali yang dipakai untuk belum dewasa memanjat dan melihat betapa indahnya alam sekitar Umbul Sidomukti.


4. Camping Ground

foto: https://www.instagram.com/mawarcamparea/

Menikmati Umbul Sidomukti bisa dengan berbagai macam cara salah satunya adalah area camping ground yang sudah disediakan untuk anda.

Bagi anda yang lupa tidak membawa tenda, pihak pengelola sudah menyediakan sewa tenda untuk 3 orang 45 ribu rupiah. Sewa matras 5 ribu rupiah, sleeping bag 8 ribu rupiah.

Sayangnya, tidak semua orang mampu camping disini tetapi, mereka yang hanya memiliki surat izin resmi saja.


5. Sewa Kuda dan Paralayang

foto: https://www.instagram.com/evakharlina/

Wahana selanjutnya yang mampu anda nikmati yaitu sewa kuda. Menikmati alam sidomukti dengan kuda memang sangat menyenangkan. Kita tidak capek dan mampu memandang dari sudut hingga ke sudut lagi.

Bila ingin yang lebih menantang, anda wajib menikmati wahana Paralayang. Durasi waktunya 15 menit. Rasa takut akan ketinggian akan menghinggap seketika. Tetapi, sehabis itu semuanya berkembang menjadi rasa takjub sebab, melihat betapa megahnya alam sidomukti ini.

Untuk mampu menikmati wahana ini anda harus mendaftar terlebih dahulu ke Pondok lesehan ikan bakar. Disini juga menyewakan kamera Gopro untuk anda meliput keindahan dari atas awan. Harga sewanya 50 ribu rupiah saja.

Terakhir, ada wahana downhill bagi anda yang doyan kebut-kebutan dengan menggunakan sepeda. Hanya saja wahana downhill ini hanya terbuka di saat tertentu saja terutama week end.

Datang juga ke –> Wisata Terbaru di Semarang yang paling rekomended.

Umbul Sidomukti yakni keindahan Alam semarang yang tidak akan pernah bosan untuk anda kunjungi. Suasananya yang benar-benar sejuk, membuat anda akan refresh sehabis dari sini. Ayo berkunjung ke Umbul Sidomukti dan nikmati segala keseruan yang dihadirkan kawasan ini.