Tempat Wisata Di Wonogiri Paling Indah dan Menarik

Wisata di Wonogiri Paling Indah dan Menarik – Wonogiri, merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah bab selatan. Dengan begitu berbagai kawasan wisata di kabupaten wonogiri ini, mulai dari obyek wisata pantai wonogiri, wisata kuliner dan juga wisata budaya.

Kebanyakan daerah wisata di wonogiri belum dikenal oleh traveler jadi tempat wisata disana masih sepi pengunjung. Walaupun sepi pengunjung namun daerah wisata di wonogiri tak kalah indahnya nya lo dengan kota tujuan wisata lainya mirip yogyakarta, wonosobo dan yang lainya. Bagi anda traveler yang ingin mencoba hal gres, mungkin wonogir cocok menjadi list wisata anda selanjutnya.

Pesona Waduk Gajah Mungkur di Wonogiri

Tempat Wisata Di Wonogiri Paling Indah dan Menarik

Waduk gajah munkur merupakan sebuah waduk yang berhasil menjadi icon kota wonogir alasannya tempatnya yang begitu indah yang di bangkit pada tahun selam 8 tahun mulai dari tahun 1970 hingga tahun 1978. Waduk ini memiliki luas 8800 Ha sehingga mampu mengairi ribuan hektar sawah di beberapa kabupaten mirip sragen, sukoharjo, klaten dan karanganyar. Lokasi waduk ini pun sangat akrab dengan pusat kota wonogiri sebab jaraknya yang hanya sekitar 3 KM. Di waduk ini anda mampu menikmati indahnya hamparan air jernih yang sangat luas di di kelilingi pepohonan hijau. Selain itu anda juga mampu menyewa prahu untuk menikmati pemandangan dengan berkeliling waduk. Tempat ini cocok bagi anda yang suka dengan wisata alam.


Lembutnya Pantai Pasir Putih Nampu

obyek wisata di wonogiri selanjutnya yakni pantai Nampu yang terletak di deretan pantai selatan ulau jawa. Pantai ini memiliki pasir putih dan dampingi bukit yang menjulang tinggi sebagai andalan keindahanya. Pantai ini masih terlihat alami dan higienis karena masih jarang traveler yang berkunjung ke tempat ini. Dengan kondisi pantai yang masih sepi anda bisa bermain sepuasnya di pantai tampa harus terganggu dengan keramaian orang sekitar. Tiket masuk pantai ini pun sangat murah, hanya dengan Rp. 2000 anda sudah bisa menikmati deburan ombak pantai yang indah ini. Pokoknya kawasan sangat di rekomendasikan untuk anda sebagai list wisata selanjutnya.


Pertemuan Air Tawar dan Air Laut di Pantai Banyutowo

Bicara soal wonogiri ihwal daerah wisata pantai emang gak ada habisnya, alasannya adalah letak wonogir yang berada di pantai selatan jawa. naha kali ini pantai yang akan di bahas ialah pantai banyutowo. Di pantai nampu ini terdapat pertemuan air antara air tawar dan air laut. Pantai ini identik dengan kerikil karang yang indah dan pasir putihnya. Pantai Nampu terletak di Desa Gudangharjo kec. Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Untuk harga tiket masuk pantai banyutuwo pun sama dengan pantai nampu ialah rp 2000. Jadi tunggu apalagi bagi anda yang galau mau berwisata ke mana, pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi.


Derasnya Ombak Di Pantai Sembukan

Obyek wisata di wonogiri selanjutnya ialah Pantai sembukan yang mempunyai deuran ombak yang kencang alasannya pantai ini langsung menghadap ke samudra. Pantai sembukan berlokasi satu kecamatan dengan pantai banywoto dan pantai Nampu. Kaprikornus jikalau anda berkunjung ke daerah ini akan dapat menikmati tiga pantai sekaligus. Pantai ini identik dengan batuan karang dan pasir putih yang indah. Pantai sembukan juga sering menjadi daerah ngalap berkah dan bermediatsi bagi penduduk sekitar. selain itu di waktu tertentu, pantai semukan juga sering di adakan program wayangan dan larung sebagai wujud rasa bersyukur kepada sang pencipta. Bagi anda yang hobi memancing, pantai sumbagin juga termasuk kedalam daerah favorit untuk memancing di wonogiri.


Air Terjun Setren Yang Alami

wonogiri merupakan sebuah kawasan yang kaya akan wisata alam. Salah satunya yakni penderasan Setren yang berlokasi di 30 KM sebelah timur kota wonogiri. Untuk mencapai lokasi ini anda harus sedikit berjalan untuk hingga ke lokasi jeram. Tempat ini sering di kunjungi oleh pasangan muda mudi dan para pecinta alam.


Air Terjun Binangun Watu Jadah

Wisata penderasan selanjutnya yang tak kalah indahnya ialah Air Terjun Binangun Watu Jadah. Wisata ini tergolong tempat wisata tersembunyi yang berada di wonogiri dan tentunya belum banyak orang yang mengetahui kawasan ini. Tempat ini berlokasi di Dusun Grenjeng, Ds Girimulyo, Kec. Jatipurno wonogiri. Untuk mencapai air tejun ini anda harus berjalan kaki menyusuri hutan tropis yang lembab sekitar satu jam gres mampu sampai ke air terjun.


Arena Papan Luncur Olahraga Gantole Yang Menantang

Tidak hanya memiliki wisata alam yang indah, wonogiri juga punya Gantole dan paralayang yang bisa anda coba. Obyek wisata ini khusus bagi anda yang bernyali besar, daerah ini berlokasi di bukit desa sendang. Arena ini sering digunakan untuk latihan yang hobi paralayang dan gontole. di lokas ini ada dua tingkat ketinggian adalah 400 meter dan 200 meter. Bagi anda yang bernyali besar silahakan berkunjung ke wonogiri dan mencoba wisata ini.


Wisata Spiritual Kahyangan

Wisata selanjutnya adalah Wisata Spiritual Kahyangan wonogiri. Tempat ini sering digunakan sebagai kawasan tirakat dan nenepi oleh masyarakat sekitar. Dalam istilah jawa tirakat mempunyai arti ritual untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Wisata Spiritual Kahyangan terletak di Kec. Tirtomoyo. Menurut dongeng yang di mampu dari warga sekitar, Wisata Spiritual Kahyangan merupakan kawasan tirakat pendiri kerajaan mataram Sutowijoyo. Dalam terikatnya Sutowijoyo melakuakn komunukasi dengan ratu kidul membahas perjanjian pembangunanan kerajaan mataram. Dalam catatan sejarah, memang kerajaan mataram menjadi kerajaan yang sangat di segani di nusantara.


Goa Putri Kencono Yang Menawan

Tempat wisata di wonogiri kali ini yaitu wisata Goa Putri Kencono yang berlokasi di Ds. Wonodadi, Kec. Pracimantoro Kab. wonogiri. Goa ini menyuguhkan pemandangan stalagmid dan stalagtid yang indah di dinding goa. Goa Putri Kencono memiliki luas sekitar 1000 m2 dan juga apabila anda masuk kedalam goa ini anda bisa keluar melalui pintu keluar yang beda dengan pintu masuk. Karena lorong goa ini yang menembus ke arah bukit sebaliknya.


Museum Wayang Indonesia

Tidak hanya di Jakarta, wonogir juga mempunyai Museum Wayang Indonesia yang mempunyai koleksi berbagai macam jenis wayang seperti wayang golek, wayang kulit, wayang suket, topeng dan lain-lain.  Wayang merupakan warisan kebudayaan msayarakat jawa yang harus di jaga. Dan dengan adanya museum ini diharapkan bisa menjadi sara belajar bagi masyarakat supaya warisan budaya ini teteap terjaga. Museum Wayang Indonesia terjelat di Kec. Wuryantoro Wonogiri.


Museum Karst Dunia Di Wonogiri

Di wonogiri juga terdapat museum karst dunia yang tepatnya berlokasi di Ds. Gebangharjo Kec. Pracimantoro Wonogiri. untuk menuju tempat ini anda bisa menuju kearah selatan sekitar 38 km dari pusat kota wonogiri. Pengertian Karst sendiri yakni sebuah bentuk permukaan bumi dengan adnaya depresi tertutup, drainase permukaan dan gua. Karst yang berupa pegunungan kapur tersebut membentang dari gunungkidul, pacitan dan sampai ke wonogiri.  museum ini dibangun dengan tujuan sebagai medaia gosip perihal daerah karst unutk kepentingan edukasi dan penelitian.


Alas Kethu Wonogiri

Alas kethu wonogiri yakni sebuah kawasan hutan yang mempunyai luas 40 Ha yang merupakan sebagai paru-paru di kota sekiatar kota wonogiri. Hutan in banyak di tumbuhi pohon yang telah berumur ratusan tahun seperti pohon jati, pohon kayu putih dan mahoni. Menurut cerita, Kayu – kayu hutan ini dulunya di gunakan untuk membangun Kraton surakarta. Tempat ini cock di gunakan untuk wisat alama.

Terimaksih anda baru saja menyimak Tempat wisata di wonogir yang indah dan menarik, share artikle ini supaya teman anda yang lain tahu betapa indahnya wonogiri.

Lebih baru Lebih lama