Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya

Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya – Semarang merupakan sebuah kota yang menjadi ibu kota profinsi jawa tengah yang terletak di daerah pantai utara pulau jawa. Semarang juga menjadi kota metropolitan nomer 5 di indonesia sesudah Jakarta, Surabaya, Bandung dan medan. Banyak sekali lokasi daerah wisata di semarang yang patut dikunjungi. Mulai dari wisata alam semarang, wisata sejarah, wisata religi dan wisata keluarga.

Masjid Agung Semarang

Tempat Wisata Di Semarang dan Sekitarnya

Tempat wisata yang pertama ialah wisata religi yang ada di semarang. Masjid Agung Semarang / Masjid Agung Jawa Tengah merupakan bangunan masjid terbesar di jawa tengah yang mempunyai kapasitas 16.000 jamaah. Masjid ini mulai di bangun pada tahun 2001 dan akhir pada tahun 2006 dengan luas 10 hektar yang lalu di resmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudoyono yang menjabat sebagai presiden pada waktu itu. Masjid yang memiliki kombinasi gaya arsitektur jawa, islam dan romawi ini sangat cocok sebagai kawasan tujuan wisata religi yang ada di semarang. selain mempunyai bangunan yang megah dan unik, masjid ini juga memiliki area parkir yang luas dan pusat perbelanjaan dan oleh-oleh. Di masjid agung semarang juga terdapat sebuah menara yang mampu dinaiki oleh jamaah, anda bisa melihat indahnya kota semarang dari ketingian 99 meter dari atas menara. Selain itu masih ada masjid baiturrahman, masjid kauman,  klenteng sam po kong gereja blenduk dan pagoda  buddaghaya sebagai destinasi wisata religius di semarang selanjutnya.


Lawang Sewu Wisata Sejarah Kota Semarang

Lawang sewu, merupakan sebuah bangunan peninggalan sejarah di semarang yang di bangkit pada tahun 1904  yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij dan sekarang menjadi milik PT Kereta Api Indonesi. Bangunan ini disebut lawang sewu oleh masyarakat sekitar karena bangunan ini mempunyai aneka macam pintu ruangan, meskipun bahu-membahu jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bagi anda yang suka dengan bangunan sejarah mungkin daerah ini mampu menjadi list tujuan wisata selanjutnya. Letak lawang sewu yang berada di pusat kota semarang menciptakan daerah ini mudah di temukan.


Pantai Marina

Pantai marina merupakan salah satu destinasi wisata pantai kota semarang yang terletak di jalan Yos Sudarso yang berjarak 4 KM dari tugu. Pantai Marina dulu sebenarnya hanya hutan bakau yang di reklamasi menjadi daratan oleh pemerintah kota semarang dan kini menjdai tempat wisata, pertokoan dan perkantoran. Harga tiket pantai marian pun tidak lah mahal, hanya dengan uang Rp. 3000 anda sudah bisa menikmati indahnya pantai Marina dan khasnya pemandangan kota semarang. Tidak hanya itu, para pengunjung pantai marina mampu menaiki prahu jikalau ingin menikmati pemandangan pantai dari atas prahu, ada juga persewaan mobil balap untuk bermain dan ban untuk berenang. daerah pantai yang rindang sangat cocok bagi pengunjung untuk bersantai. Jika belum puas dengan pantai marina masih ada pantai maron yang masih berada di sekitaran kota semarang.


Kampung Wisata Taman Lele

Kampung wisata taman lele merupakan kawasan wisata keluarga yang berada di kota semarang. Tempat ini mempunyai panorama asri khas alam pedesaan. Di kampung wisata yang mepunyai luas 2 hektar ini terdapat aneka macam macam wahan mirip Danau buatan, kebun binatang mini, gazebo dan taman yang cocok sekali sebagai kawasan rekreasi keluarga. Tidak hanya menyuguhkan panorama alam, di kampung wisata ini juga terdapat aneka macam macam satwa mirip merak, ular pyton, iguana , buaya, kelinci dan burung cendrawasih. Bagi anda yang serius berkunjung ke kampung wisata taman lele, kanal untuk menuju tempat ini pun gampang di temukab, berada di jalan pantura tepatnya di jalan Ngaliyan KM 10 kecamatan ngaliyan semarang.


Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI)

Adalah sebuah museum yang berada di kota semarang, museum ini merupakan kawasan dicatatnya prestasi superlatif yang selama ini terjadi di Indonesia. Museum ini dibangun pada tahun 1990 oleh jaya suprana bersama PT Jamu Jago. Museum ini telah mencatat lebih dari 1.200 rekor. Selain sebagai museum, Museum Rekor Indonesia (MURI) juga merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bertugas menghimpun data dan menganugerahkan penghargaan terhadap prestasi superlatif karsa dan karya bangsa Indonesia. Museum ini Masuk kedalam list wisata sejarang di semarang.


Komplek Pecinan

Komplek Pecinan yang biasa disebut dengan kampung cina merupakan tempat permukiman yang dominan penduduknya adalah etnis tionghoa. Disana anda bisa menemukan bangunan khas china mirip klenteng. Disana terdapat 11 kelenteng adalah Siu Hok Bio, Hoo Hok Bio, Tek Hay Bio, Kong Tik Soe,  Liong Hok Bio,  Wie Wie Kiong, Tay Kak Sie, Tong Pek Bio,See Hoo Kong, dan Klenteng Grajen. Selain itu anda bisa berbelanja oleh-oleh khas semarng yang identik dengan etnis tionghoa.


Wonderia Semarang

Wonderia semarang ialah daerah rekreasi keluarga yang berada di semerang. Disana terdapat aneka macam macam wahana dimualai dari wahana untuk belum dewasa sampai orang remaja seperti typhoon coaster, kiddy boat, ghost house atau yang biasa disebut dengan rumah hantu, super rally, dan juga tersedia juga panggung hiburan. Wonderia semarang terletak di  Jalan Sri Wijaya No. 29, Semarang, Jawa Tengah, Ungaran, Semarang. Sedangkan untuk jam buka kawasan wisata ini mulai pukul 09.00 – 22.00 dan khusus akhir pekan wonderia buka sampai pukul 23.00.


Kebun Binatang Mangkang

kawasan wisata di semarang dan sekitarnya selanjutnya yaitu kebun binatang mangkang. Tidak kalah dengan kota-kota besar lainya di indonesia, semarang juga mempunyai kebun hewan. daerah ini berlokasi di perbatasan antara semarang dan kendal. di kebun binatang ini memiliki koleksi 150 ekor binatang yang terdiri dari 40 jenis spesies hewan mirip Ular, Rusa, Gajah, Orangutan, Harimau.


Pasar Rakyat Simpang Lima

Salah satu icon kota Semarang yaitu tempat Simpang Lima. Tempat merupakan sebuah lapangan yang terletak di pusat kota semarang yang biasa di sebut simpang lima alasannya adalah lokasinya yang di kelilingi persimpangan Jalan Pandanaran, Jalan Gajah Mada, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ahmad Dahlan, dan Jalan Pahlawan. Seiring dengan berjalanya waktu, kawasan ini berkembang menjadi alun-alun kota semarang menggantikan alun-alun semarang sebelumnya yang kini telah menjadi pusat perbelanjaan di semarang.


Klenteng Sam Po Kong

Tempat wisata di semarang selanjutnya adalah Klenteng Sam Po Kong. Tempat ini layak menjadi prioritas utama para traveler yang akan berlibur ke kota semarang. Tidak Hanya Menyajikan dongeng legenda dari laksaman Cheng Ho, akan tetapi kelenteng ini juga menyajikan keindahan arsitektur yang khas dengan etnis Tiong Hoa. Sejaka tahun 2010, klenteng ini telah dilengkapi dengan patung Laksamana Cheng Ho  yang mempunyai tinggi 10 meter. Patung ini di datangkan langsung dari CHina dan menjadi patung tertinggi di Asia Tenggara.

Lebih baru Lebih lama