Tempat Menarik di Medan

Tempat menarik di Medan. Berbicara soal medan memang tidak akan ada habisnya. Kota metropolitan di sumatera ini memang menghadirkan banyak sekali macam pesona layaknya Jakarta bila di pulau jawa. Kepadatan penduduknya pun menuntut daerah ini menghadirkan banyak sekali macam objek wisata.

Untungnya, medan di beri anugerah sejarah yang memang sangat asyik untuk disimak. dikunjungi serta dipelajari lebih dalam lagi. Menjadi sebuah topipembicaraan di kalangan nitizen. Apalagi, pariwisata kota ini sudah cukup berkembang dengan pesat dan mampu di bilang ramah terhadap wisatawan.

Baiklah, tak perlu basa-basi. Marilah kita simak rekomendasi apa saja yang bisa diberikan untuk wisatawan jika mengunjungi Kota Medan yang di kenal dengan sapaan horas ini.

1. Air Terjun Dua Warna

Tempat Menarik di Medan
foto: https://www.instagram.com/mulyani_mr/

Tempat percutian yang menarik di medan ini yaitu penderasan dengan dua gradasi warna yang esoktis. berada di ketinggian 1.270 mdpl membuat suasana yang ada disini, terkesan menggoda. Warna dari air ini sendiri yang tertampung dari pancurannya berwarna putih keabu-abuan. Semenatara dari atas warna air ini yaitu biru muda.

Perpaduan warna inilah yang menjadi alasan mengapa harus berkunjung ke kawasan ini. kesejukan dan keasriannya masih sangat terasa. Sehingga, wisatawan yang berada di sini. Bakal di buat gagal move on. Inginnya terus disini. walau hari sudah menunjukkan waktunya untuk pulang.

Ternyata, daerah ini tidak hanya memberikan satu keindahan saja. melainkan, ada 3 sekaligus riam yang ada di tempat ini. kemudian, apa yang mengakibatkan perbedaan warna air disini? kadar fosfor dan welirang yang menciptakan keduanya memiliki rupa berbeda. Oleh alasannya, itu wisatawan dihentikan untuk meminumnya. Bisa-bisa terjadi gangguan yang tidak diinginkan.

Tidak hanya pada warna airnya saja ternyata yang berbeda. Tetapi, suhu keduanya pun mengalami perbedaan. Dimana, warna putih memiliki suhu yang cukup hangat. Sementara warna biru memiliki suhu yang cukup dingin.


2. Bukit Lawang

foto: https://www.instagram.com/camp_landak_river/

Tempat pelancongan menarik di medan ini memang cukup unik. Dimana, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama sungai yang jernih dan indah. Arusnya memang sangat deras, tetapi inilah pesona dan daya tarik dari daerah ini. Selain itu, kawasan ini juga dipakai untuk mengamati segala aktifitas orang utan.

Namanya orang utan sumatera. Salah satu diantara dua spesies orisinil orang utan sumatera dan hanya ditemukan di pulau sumatera saja. tempat ini menjadi kawasan favorit bagi wisatawan mancanegara yang memang konsen untuk melestarikan kehidupan orang utan yang keadaannya memprihatinkan.

Tempat esoktis lainnya yakni kehadiran jembatan yang menghubungkan satu tempat ke daerah seberang. Untuk melintasi jembatan ini wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 2 ribu  rupiah. Uniknya lagi tempat ini di berdiri oleh para warga dengan dana sukarela dari warga sendiri tanpa pertolongan pemerintah.

Sebenarnya ada jembatan yang di bangun oleh pemerintah. Sayangnya, kawasan ini tidak terawat dengan baik. Banyak tangan-tangan jahil sehingga, merusak pemandangan yang ada di sini. Besi-besinya pun juga sudah lama serta berkarat. Tempat ini pun memiliki penginapan dengan harga 150 ribu sampai 400 ribu rupiah.


3. Istana Maimun

foto: https://www.instagram.com/danilakbar_siregar/

Ikon kota medan Indonesia ini menghadirkan bagaimana sejarah kerajaan medan. Bangunan tempat ini di dominasi dengan arsitektur bergaya melayu. Selain itu warna bangunannya pun juga di dominasi dengan kuning. Kawasan ini di memutuskan sebagai istana paling indah di Indonesia.

Oleh alasannya adalah itu, wisatawan yang berkunjung ke medan, wajib mengunjungi kawasan ini. Banyak yang berkata bila, tidak pergi kesini berarti mereka belum pergi ke medan. Luas tempat ini kurang lebih 2.722 meter persegi dan mempunyai 30 ruangan. Istana peninggalan dari kerajaan deli ini merupakan perpaduan sempurna antara kebudayaan melayu islam dengan gaya arsitek luar negeri.

Salah satu imbas belanda terdapat dalam sebuah prasasti dengan bahasa belanda yang berada di dekat tangga. Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan aneka macam perabotan istana mirip meja, kursi dan juga pintu. Kawasan ini di bangun pada tanggal 28 agustus 1888, dipimpin oleh sultan Mahmud Al Risyad dan selesei pada 18 mei 1891

Objek wisata ini terdiri dari 2 lantai dan terdapat 3 bagian. Ada bangunan induk yang digunakan sebagai singgasana raja. Di daerah ini pula terdapat merium punting yang dipercaya sebagai jelmaan wujud dari adik putri hijau, yang bernama mambang khayali putri hijau. Sedangkan putri hijau sendiri berkembang menjadi menjadi senjata meriam, supaya mampu mempertahankan istana dari serbuan pasukan raja aceh.


4. Air Terjun Sipiso-piso Tongging

foto: https://www.instagram.com/biianglala/

Tempat menarik di medan selanjutnya ialah jeram yang berada di atas 800 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Berada di tempat ini begitu menyenangkan dan bakal betah berlama-usang. Apalagi, daerah ini sering terdengar suara burung berkicau, menambah keindahan tempat ini.

Nah, penderasan ini sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 120 meter. Menjadi, yang tertinggi di antara beberapa riam yang ada. Kawasan ini mempunyai gardu pandang yang kece, dimana wisatawan bisa melihat keindahan tanah karo yang luar biasa. Perpaduan antara air, hutan seakan menjadi pemandangan yang tepat.

Untuk menikmati daerah ini wisatawan harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Menuruni pegunungan bukit dengan pepohonan berjajar dimana-mana. Tidak perlu takut, alasannya, jalan menuju ke kawasan ini sudah sangat ramah dengan hadirnya anak tangga. Jadi, tidak perlu trekking alam mirip halnya naik gunung.

Dari kejauhan, suasana dan gemericik jeram akan sangat terasa. Derasnya minta ampun. Oleh alasannya adalah itu, wisatawan diperlukan untuk tidak akrab-bersahabat. Dan jangan berenang di bak yang ada di bawahnya. Takutnya, terjadi banjir mendadak. Debit air tempat ini memang selalu deras, apalagi ketika animo penghujan. Menariknya lagi, saat isu terkini kemarau air ini tidak surut.

Di sekitar area parkir sudah tersedia beberapa warung yang menjual aneka souvenir elok nan kece. Wisatawna mampu membeli souvenir-souvenir ini untuk oleh-oleh atau juga cinderamata. Hargamya pun tidak mahal.


5. Danau Lau Kawar

foto: https://www.instagram.com/fadlirivaii/

Objek wisata ini memang sangat esoktis dan wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan yang datang bekunjung ke kota Medan. Tempat Menarik di Medan ini juga menghadirkan pesona mistis yang tersebar sejak usang. Kawasan ini berada di kaki lereng gunung sinabung, memperlihatkan suhu udara nan sejuk.

Warna air di sini kehijauan berbeda dengan danau yang biasanya kebiruan. Selain indahnya kawasan danau, daerah ini juga di dukung dengan kebersihannya yang sangat terjaga. Sehingga, semua perpaduannya begitu menarik dan mampu membius siapa pun yang tiba ke tempat ini.

Keindahannya juga bisa dinikmati di area camping. Dimana, setiap tiba week end, kawasan ini akan selalu ramai para penikmat malam dan fajar yang berbondong-bondong mendirikan tenda. Tetapi, keindahan daerah ini sepertinya harus tersamarkan dengan keadaan tempat ini bahu-membahu.

Menurut dongeng beberapa wisatawan yang sering camping di sini. Kawasan danau lau kawar termasuk kawasan angker. Dimana, banyak peristiwa abnormal terjadi di sekitar danau. Entah benar atau tidak, objek wisata ini tetap wajib untuk dikunjungi dan harus berhati-hati jangan bertindak yang abnormal-abnormal


6. Mie Aceh Titi Bobrok

foto: https://www.instagram.com/parindurimario/

sudah hingga di medan harus merasakan kuliner mie aceh. Tempat makan menarik di medan ini memang sudah sangat terkenal. Memiliki cita rasa yang aduhai. Dan termasuk kuliner mie aceh paling laku di medan. Hampir setiap hari tempat ini tidak pernah sepi dan selalu di buru oleh beberapa penikmat mie.

Bumbu yang digunakan memang berbeda dari yang lainnya. Rempah-rempah khas mie aceh memang sangat terasa mengoyak pengecap. Sehingga, menghadirkan aroma rasa yang sangat yummy. Lidah di buat bergoyang tanpa henti. Untuk harganya pun cukup murah dan tidak menguras kantong.


7. The Le Hu Garden

foto: https://www.instagram.com/a.wigarnis/

Inilah beliau daerah yang menjadi perbincangan nitizen. Kawasan wisata baru dengan berbagai macam spot genic. Wisatawan bakal di buat betah di kawasan ini. dekorasi taman yang sangat unik menjadi salah satu daya tarik utama. Selain itu, warna-warni bunga ini membuat mata menjadi segar.

Spot foto menarik lainnya yaitu jembatan merah dan juga jembatan bambu yang kece-kece. Untuk menambah kawasan ini menjadi kekinian, wisatawan disuguhkan dengan danau yang teduh dan damai. Bagi yang ingin menikmati nuansa danau yang romantis, wisatawan mampu memakai bahtera sampan.

Bagi yang hobi memancing, wisatawan sudah dipersiapkan area pemancingan tersendiri. Ada berbagai ikan-ikan dari yang kecil sampai besar dengan ukuran 2 hingga 6 kg. harga tiket masuk daerah ini hanya 10 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah bukan untuk menikmati objek wisata gres di medan.


8. Danau Siombak

foto: https://www.instagram.com/_dinlstr_/

Danau ini memang tidak mempunyai cerita sejarah seperti halnya danau toba. Tetapi, mengunjungi kawasan ini memang sangat direkomendasikan bagi wisatawaan saat berada di medan. Konon dongeng, kawasan ini terbentuk dari bekas galian tanah timbun pada tahun 1980-an untuk proyek pembangunan jalan tol

Sekilas memang tidak ada yang menarik di kawasan yang memiliki luas 40 meter ini. tetapi, setibanya di kawasan ini wisatawan akan mencicipi ketenangan dan kedamaian. Semilir angin tidak akan pernah berhenti untuk berhembus. Membuat nuansa kawasan ini terasa sangat berbeda.

Keunikan dari danau ini adalah dua buah sungai yang ada di kawasan ini, adalah sungai terjun dan juga sungai deli. Air payau ini memiliki rasa sedikit asin, tetapi sepanjang mata memandang, wisatawan tidak akan melihat tanaman mangrove atau bakau pada umumnya.

Wisatawan bisa berjalan-jalan menikmati keindahan daerah ini. ada bangau-bangau dan burung srigunting yang asyik. Wisatawan pun mampu menikmatinya dengan memancing ikan-ikan disini. harga tiket masuk tempat ini adalah 2 ribu rupiah. ada juga fasilitas sewa pondok dengan harga 10 ribu sampai 20 ribu rupiah.

Ada juga wahana permainan yakni belibis dayung dan juga sewa speed boat dengan harga mulai dari 20 ribu rupiah. selain itu, ada beberapa wahana yang juga bisa dinikmati walau bisa dihitung dengan jari saja.

Bagaimana dengan rekomendasi tempat menarik di medan? Keren dan kece sekali bukan? Setelah ini, jadi gundah mau kemana arah dan tujuan, jikalau semua yang dihadirkan di atas sungguh mempesona. Atau lebih baik, wisatawan kunjungi saja semua objek wisata di Medan. Di jamin bakal terhibur.

Lebih baru Lebih lama