Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Menarik di Indonesia

Tempat Menarik di Indonesia aneka macam mulai dari pantai, gunung, sunrise, bukit, sampai dunia bawah laut. Sekarang, negara ini mulai berkembang soal pariwisata. Semua kawasan berbondong-bondong menghadirkan tempat unik dan menarik. Hanya saja, soal perawatan Indonesia masih kurang berpengalaman.

Jika dahulu, hanya terkenal dengan nama bali dan pulau dewata saja. Saat ini sudah muncul beberapa tempat gres yang menarik untuk dikunjungi. Tempat-daerah ini menyediakan aneka macam macam kebutuhan wisatawan mengenai selfie, wefie, dan juga pemandangan alam nan mengesankan.

Bagi yang ingin tau, mana saja kawasan baru di Indonesia yang sedang diangkat namanya ke permukaan. Mari kita simak, penelusurannya berikut ini,

1. Gunung Semeru

Tempat Menarik di Indonesia
foto: https://www.instagram.com/desian22/

Inilah dia Gunung yang populer di Jawa dan di seluruh pelosok Indonesia. Mendaki tempat ini memang menjadi keinginan para pendaki.

Apalagi, bangun di puncak mahameru dengan ketinggian 3.676 mdpl adalah mimpi bagi semua para pendaki. Oleh sebab itu, tak heran jikalau tanggal 17 agustus banyak yang bangun di puncaknya sembari melaksanakan upacara bendera.

Tetapi, ada segudang persyaratan yang harus dipenuihi oleh wisatawan. Karena, gunung ini masih aktif jadi, wisatawan dibutuhkan untuk berhati-hati.

Salah satu hal yang paling terkenal di sini adalah ranu kumbolo dan mitos perihal tanjakan cintanya. Nama tempat ini menjadi ternama sehabis dijadikan ke sebuah film.


2. Pantai Sumurtiga

foto: https://www.instagram.com/flut.tobe/

Inilah dia pesona pulau weh yang sangat mengesankan. Wisata menarik di indonesia ini selalu saja menjadi primadona bagi wisatawan nusantara dan juga mancanegara.

Sepertinya, tempat ini sudah mampu membius hati dan pikiran mereka untuk tiba dan tiba lagi ke daerah ini. Keindahan pasir putihnya memang sangat mengesankan dan membuta decak kagum tanpa henti. Sepertinya pasir ini mengeluarkan kilau yang mengesankan.

Selain itu, warna air lautnya juga sangat menarik. Dimana, warnanya yaitu biru kehijauan. Warna ini seakan bisa mebius mata wisatawan. Sehingga, tak henti-hentinya mereka mengambil foto dan gambar dari berbagai macam sudut.


3. Ngarai Sianok

foto: https://www.instagram.com/wisata.sumbar/

Inilah beliau keindahan yang  berada di Sumatera Barat. Tempat ini merupakan patahan lempeng bumi yang sering wisatawan lihat di pecahan uang 2 ribu rupiah. Tempat ini mempunyai dua dinding bukit yang menjulang tinggi dan jatuh ke dasar. Bukit ini pula yang jadi pemisah antara kebaupaten Bukit Tinggi dengan Kota Gadang.

Lembah yang terbentuk ini merupakan patahan semangko yang panjang dan berkelok. Memiliki kedalaman sekitar 100 meter dengan oanjangnya yang mencapai 15 km dan lebarnya 200 m. Dibagian tengah lembah mengalir sungai sianok, yang mengalir sampai ke sanudera hindia.

Menariknya lagi sungai tersebut mampu digunakan untuk olahrga kayak, arung gerojokan, dan juga kano. Di pinggir sungai ini tumbuh bunga raflesia yang terlihat begitu mengesankan.  Nah, dihutan ini dihuni oleh hewan-hewan mirip siamang, monyet berekor panjang, rusa, dan babi hutan.


4. Sungai Kampar

foto: https://www.instagram.com/budhif1rmansyah/

Biasanyanya berselancar di pantai dengan ombak yang mengesankan. Tetapi, di sungai Kampar ini pun bisa digunakan untuk surfing. Tempat ini menghadirkan ombak yang sangat ramah untuk peselancar. Tempat pelancongan menarik di indonesia ini berasal dari pegunungan bukit tinggi yang turun ke bawah hingga ke selat malaka.

Sungai ini tebagi menjadi dua yakni sungai Kampar kanan dan sungai Kampar kiri. Nah, mereka akan kembali bersatu lagi di kabupaten pelalawan.  Sungai ini bisa mengeluarkan gelombang yang tinggi alasannya adalah, bersatu dengan berbagai macam anutan sungai. Nah, dengan kehadiran kawasan ini dibentuklah komunitas peselancar sungai. Dimana, mereka akan berselancar di sungai yang akrab.


5. Anambas

foto: https://www.instagram.com/irfangapleki/

Inilah pulau terdekat dengan negara singapura. Keindahan lautnya yang biru menjadi alasan bagi wisatawan untuk tiba ke kawasan ini. Selain itu pulau anambas dinobatkan sebagai pulau tropis  terbaik di asia. Versi CNNgo.

Tidak jauh dari anambas, ada sebuah pulau berjulukan pulau bawah, dimana tempat ini memiliki pemandangan yang sangat jernih. Selain itu, sobat pelacong bisa menikmati ikan-ikan yang loncat-loncatan. Nah, saking bersihnya, wisatawan mampu melihat ikan yang mirip berada  di dalam akuarium.

Berada di tempat ini jangan lupa untuk menikmati mie terempa. Mie ini yaitu kuliner khas anambas yang sangat nikmat. Selain itu. Di dalam mie ini terdapat ikan tongkol kering yang dipotong-potong hingga menghadirkan rasa yang begitu nikmat


6. Kota Lama Semarang

foto: https://www.instagram.com/dinaaprilia_2404/

Siapa yang tidak mengenal Semarang. Kota yang populer dengan masakan khas Lunpia ini memiliki spot kece yang dilarang dilewatkan. Dimana, wisatawan akan disuguhkan dengan bangunan-bangunan kuno yang sudah bangkit sejak usang. Kawasan ini disebut dengan Kota Lama.

Tempat menarik di indonesia pada waktu malam ini menghadirkan lampu-lampu yang menambah kesan bahwa daerah ini memang sudah ada semenjak lama.

Gedung megah yang dibangun sejak zaman belanda masih terawat dengan baik. Apalagi, dengan ikon gereja blenduk yang masih gagah bangun.


7. Grojogan Sewu Karanganyar

foto: https://www.instagram.com/rallyreli/

Bergeser ke Karanganyar, lebih tepatnya berada di lereng gunung Lawu. Tempat menarik di Indonesia ini menghadirkan pesona penderasan yang mengesankan. Dengan ketinggian kurang lebih 75 meter. Objek wisata pujian warga solo dan sekitarnya ini menjadi kawasan yang dilarang tidak dikunjungi.

Nah, mengapa namanya grojogan sewu. Lantaran, ada anak tangga menuju ke tempat ini yang berjumlah seribu buah. Di sini pula, ada banyak monyet yang badung-bandel. Kaprikornus, disaranakan untuk tidak membawa makanan terlalu mencolok. Agar mereka tak berbuat bergairah kepada wisatawan.

Tempat ini memiliki dua pintu. Dimana, pintu kedua memiliki jalan yang sangat ramah untuk segala usia. Di pintu kedua ini akrab dengan sebuah penginapan yang cukup mengesankan.


8. Taman Nasional Meru Betiri

foto: https://www.instagram.com/nasukha_chung94/

Mari berkunjung ke banyuwangi. Dimana, tempat ini sedang gencar-gencarnya menyebarkan tempat pariwisata. Seperti diketahui, kota yang berjuluk The sunrise of java ini. Memiliki keindahan yang namanya sudah dikenal di seluruh dunia, ialah Kawah Ijen. Dengan pesona Blue fire yang hanya ada 2 di dunia.

Selain kawah Ijen, tempat percutian menarik di indonesia ini juga mempunyai kawasan menggemaskan lainnya ialah Taman Nasional Meru Beitiri. Kawasan ini adalah pelestarian ekosistem orisinil. Hutan lindung di daerah ini memiliki beberapa ekosistem yang menarik.  Seperti bunga padmosari atau nama bekennya yaitu raflesia arnoldi.

Ada juga salah satu pantai ini dijadikan sebagai salah satu konservasi penyu hijau nan lucu. Selain itu, beberapa fauna juga mampu dinikmati keberadaannya disini.


9. Taman Nasional Gunung Kelimutu

foto: https://www.instagram.com/travelmate.today/

Kawasan berikutnya berada di Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini mempunyai pesona pemandangan yang mengesankan dengan perbukitan dan pegunungan. Ada Gunung Kalibara dengan puncak ketinggiannya kurang lebih 1731 meter. Dengan luas yang kurang lebih 4,5 ha. Dan sebagai tempat santunan tanaman dan fauna.

Sejarah dari kawasan ini ditemukan oleh seorang militer belanda pada tahun 1915. Kemudian, pada tahun 1925 Y. Bouman menulis perihal Danau Kelimutu. Semenjak ini, objek wisata yang menjadi andalan ini ramai menjadi perbincangan dan dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, nama kelimutu diambil dari dua kata. Yaitu keli yang artinya gunung dan mutu yang artinya yaitu mendidik. Jadi, arti dari tempat ini adalah gunung yang mendidih. Atau terdapat gunung aktif yang siap meletus kapan pun.


10. Danau Sentani

foto: https://www.instagram.com/lissafirman/

Saatnya berkunjung ke wilayah Papua. Dimana, tempat ini memiliki keindahan yang tidak mampu didustakan. Kawasan ini mempunyai kurang lebih 22 pulau yang tersebar di danau. Di daerah ini ada kurang lebih 30 jenis spesies ikan air tawar, bahkan empat spesies diantaranya yakni spesies endemic.

Ada bukit teletubbies yang mengesankan. Pemandangannya pun esoktis dengan warna hijau suansannya sangat asri dan menyenangkan. Kawasan ini pun memiliki sebuah kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun yakni bazar danau sentani. Nama sentani ini sendiri merupakan sebuah cita-cita dari masyarakat papua. Harapan itu mempunyai arti disini kami tinggal dengan hening.

Bagaimana Tidak kalah dengan Pantai Kuta, Pantai Sanur, dan semua yang ada di bali bukan? Memang Indonesia itu negeri yang kaya akan apa pun. Hanya saja, kita sebagai warganya kurang memahami apa yang diinginkan oleh Ibu Pertiwi. Ayo Pergi ke daerah menarik di Indonesia, alasannya disini ialah rumahnya pesona alam dunia.