Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tebing Apparalang, Ujung Curam Yang Menyajikan Pesona Bulukumba

Pantai Tebing Apparalang ini dikelilingi dengan hamparan bahari biru luas dengan bebatuan yang kokoh. Deburan ombak yang tiba bergantian menghempas tebing memperlihatkan keindahan tersendiri. Melihat pemandangan pantai ini dari tepi tebing memang selalu berhasil memperlihatkan sensasi tersendiri.

Suguhan alam berupa birunya maritim nan memanjakan mata, ditambah karang-karang bawah maritim yang bisa dilihat dari atas tebing, memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang menyandingkan Apparalang dengan panorama cantiknya Raja Ampat di Papua.

Nama Apparalang sendiri berasal dari Bahasa Konjo yaitu Appa yang berarti ujung dan Ralang yang artinya dalam atau curam. Sesuai namanya, di sini kamu akan dikelilingi dengan tebing-tebing memanjang yang curam.

Meski curam, kamu tak perlu khawatir alasannya di sekitar tebing terdapat jalan-jalan setapak dengan pemandangan birunya bahari yang menenangkan. Embusan angin menjadi teman setia dikala berjalan di sekitar tebing.

Bagi pengunjung yang gemar mengabadikan momen melalui kamera, ini yakni kesempatan yang elok untuk menambah koleksi. Sepanjang tepi tebing terdapat jembatan memanjang yang sangat bagus sebagai spot foto. Tinggal mengasah keahlian maka foto yang dihasilkan akan menarik.

Lokasi Tebing Apparalang

Tebing Apparalang
Appalarang memiliki arti ujung yang curam. (Gambar: Instagram @chaa033)

Tebing Apparalang ialah objek wisata maritim yang berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Lokasi indah ini berjarak sekitar 37.5 kilometer dari ibukota Kabupaten Bulukumba. Atau sekitar 190 kilometer, sekitar 5 jam perjalanan, dari Pusat Kota Makassar.


Rute Menuju Tebing Apparalang

Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Makassar menuju Apparalang didahului dengan menuju kota Bulukumba. Makassar menuju Kabupaten Bulukumba sejauh 185 KM. Dari Kota Bulukumba menuju Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba sejauh 37,5 KM.

Dari Kota Bulukumba ikuti Jalan Poros Bira Bulukumba ke arah Tanah Lemo. Sekitar 26 kilometer dari Kantor Bupati Bulukumba, di Tanah Lemo, belok ke kiri ke jalan yang lebih kecil. Ikuti jalan sampai jalan mentok di pertigaan, belok ke kanan.

Sekitar 1 kilometer perhatikan sebelah kiri, ada gerbang dengan tulisan ‘Apparalang’. Dari gerbang tersebut ke Pantai Apparalang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Jalannya sangat kecil, perlu berhati-hati bila berpapasan dengan kendaraan beroda empat dari arah depan.

Jangan khawatir soal lahan parkir. Tersedia lahan luas untuk parkiran. Ada beberapa warung yang menjual souvenir dan masakan serta minuman. Sekitar 200 meter pengunjung akan melihat pemandangan menakjubkan.

Akses jalan menuju lokasi ini kurang bagus naik turun. Tidak disarankan mengendarai kendaraan beroda empat yang ceper, dikhawatirkan mobilnya mampu bermasalah dikarenakan jalanan yang kurang manis.


Jam Buka Tebing Apparalang

Pantai wisata tebing Apparalang terbuka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dengan waktu operasional yang leluasa ini, pengunjung mampu leluasa memilih waktu kunjungan.


Tiket Tebing Apparalang

Tak perlu bayar mahal untuk masuk ke Tebing Apparalang, harga tiket masuk cukuplah murah kalau dibandingkan keindahan yang ada di Apparalang. Harga tiket wisatawan yang membawa mobil dikenakan tarif Rp 20.000 sebagai biaya parkir dan untuk harga per orangnya cuma Rp 5.000 saja.


Fasilitas Tebing Apparalang

Fasilitas yang disediakan pengelola Tebing Apparalang juga terbilang lengkap. Kamar mandi sampai gazebo untuk bersantai sudah ada di pantai yang bersahabat dengan pantai bira ini. Beberapa toko souvenir juga tersedia di Pantai Apparalang sehingga Anda mampu membeli beberapa oleh-oleh khasnya.


Daya Tarik Tebing Apparalang

Pesona Tebing Apparalang

Apparalang berasal dari Bahasa Konjo Pesisir yang dituturkan Suku Konjo Pesisir di Sulawesi Selatan. Appa artinya ujung dan Ralang berarti dalam atau curam. Sebuah nama yang sangat tepat untuk menggambarkan kondisi alam yang ada.

Dinding-dinding karang yang memanjang, berpadu dengan karang-karang yang menonjol plus jernih dan birunya maritim yang bergradasi.

Apparalang berarti ujung yang curam. Di sana pengunjung dapat mencoba  meniti tebing tersebut. Menikmati bentukan alam yang luar biasa indah. Kombinasi formasi dinding tebing dan gradasi warna biru air bahari.

Beberapa pengunjung menjulukinya sebagai Raja Ampat-nya Bulukumba. Namun jikalau kita perhatikan, sebenarnya tentu tidak sama. Yang jelas, Tebing Apparalang memiliki karakter spot wisata yang memikat.

Panorama disini akan memanjakan mata dan menenangkan hati serta pikiran. Asyiknya lagi, kebersihan kawasan ini cukup terjaga. Pengunjung tidak akan menemukan sampah acak-acakan. Sebuah menandakan baik akan kesadaran masyarakat dan pengunjung yang berkunjung disini.


Cliff jumping

Bagi pengunjung yang kau yang ingin mencicipi sensasi lembap-basahan dengan cara tidak biasa, yang memompa adrenalin, mampu mencoba Clift jumping. Yakni masuk ke air dengan cara melompat dari tebing. Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi para pencinta adrenalin.

Kalau dilihat dari kau lihat foto-foto yang tersebar di instagram, ada banyak yang melakukannya. Lautnya masih termasuk damai tidak bergelombang besar, arusnya juga hening. Kedalamannya pas buat kau untuk melompat.

Tapi tetap utamakan keamanan dan keselamatan. Lebih baik tanyakan petugas pantai terlebih dahulu, mana spot yang aman untuk berenang dan melompat ke laut.

Juga sedikit catatan yang perlu diingat dikala cliff jumping, adalah menggunakan kaki ketika meluncur ke dalam air. Jika kamu mendarat dengan menggunakan bagian badan atas, risiko luka atau gegar otak tetap ada, walau mendarat di air yang empuk.


Berenang

Air maritim disini lumayan jernih. Asyik juga buat sekadar berenang atau juga snorkeling. Beberapa wisatawan yang datang kemari, terlihat memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan berenang di sekitar tebing.

Pengunjung yang ingin mencoba berenang di pantai ini harus menjaga kehati-hatian. Bagian dasar perairan sekitar sini memiliki sederet bebatuan karang runcing. Jika tidak waspada, kaki perenang bisa terluka saat sedang asyik bermain air. Oleh sebab itu, selalu jaga kewaspadaan saat berwisata di Apparalang.


Foto dan Difoto

Bagi yang suka fotografi dan suka difoto, maka Tebing Apparalang ialah kawasan yang pas buatmu.

Perjalanan jauh dari Bulukumba atau dari Makassar akan terbayar dengan suasana dan spot foto alami.

Kamu bisa foto-foto di banyak sekali spot dan banyak sekali sudut pengambilan. Mau lihat hasil foto orang lain, kau intip saja tagar #tebingapparalang di Instagram.

Kamu mampu turun ke bawah untuk isa foto-foto atau mencicipi kesegaran air bahari. Ada sebuah dermaga kayu kecil, disediakan anak tangga terbuat dari kayu juga. Dibutuhkan sedikit perjuangan dan kehati-hatian dikala menuruni ataupun menaikinya. Karena kemiringan tangganya lumayan.

Atau mampu juga foto-foto di jembatan kayu yang menghubungkan beberapa kerikil karang. Kamu bisa jadikan kejernihan air yang menawan sebagai latar belakangnya.


Objek Wisata Dekat Tebing Apparalang

Selain pantai Tebing Apparalang, Bulukumba juga punya Wista indah lainnya. Salah satunya Pantai Bira. Sunset dan sunrise di pantai bira mampu dilihat di Lautan terbuka. Saat fajar matahari terlihat keluar dari dalam lautan dan masuk kembali ke dalam lautan di saat maghrib.

Keindahan ini tidak akan didapatkan di daerah lain. Karakteristik lainnya dari pantai bira, ialah memiliki pasir pantai yang sangat halus. Bahkan sebab halus nya, hingga terasa seperti tepung. Tidak banyak pantai yang mempunyai pasir alami mirip ini.

Pantai indah lain di Bulukumba, ialah Pantai Ujung Tiro. Sepanjang garis pantainya, maritim eksklusif berbatasan dengan tebing karang. Sehingga tidak ada garis pantai yang berupa pasir mirip di Pantai -pantai lainnya di Bulukumba.

Di depan pantai, Pantai Ujung Tiro mempunyai berupa sebuah pulau karang yang besarnya mungkin hanya sebesar rumah. Ini membuat Pantai Ujung Tiro, jika dilihat secara sekilas seperti Tanah Lotnya Bali, atau Pantai Balekambang di  Malang. Kunjugi Juga Wisata Pulau di Makassar yang Eksotis.

Itulah sekilas gambaran soal keindahan dan pesona yang ditawarkan pantai Tebing Apparalang. Mulai dari tebing pantai yang indah hingga perairan yang Nikmat untuk berenang.