Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Sholat Ghaib Terbaru

 Sholat ghaibyaitu ibadah yang biasa dilakukan umat Islam untuk jenazah Tata Cara Sholat Ghaib Terbaru
Tata Cara Sholat Ghaib
- Sholat ghaibyaitu ibadah yang biasa dilakukan umat Islam untuk jenazah, tanpa ada mayat di hadapanya, sama seperti sholat jenazah, sholat ghaibbertujuan untuk mendoakan mayit agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.
Jadi sholat ghaib ini adalah sholat jenazah itu sendiri namun dengan niat yang berbeda, pelaksanaan sholat ghaib ini sama dengan sholat jenazah, "Tulis Buku panduan sholat Lengkap (wajib & Sunah) karya Saiful Hadi El Sutha.
Sholat ghaib ini menjadi salah satu pilihan saat sholat jenazah tidak bisa dilakukan, misalnya pada jenazah yang meninggal karena hilang atau akibat terinfeksi COVID-19, sehingga orang tidak dapat melakukan sholat jenazah secara lansung maka jenazah ini biasanya akan lansung diantar ke pemakaman tanpa disemayamkan terlebih dahulu.
Diriwayatkan HR Bukhari, "Rasulullah SAW mengabarkan kematian An-Najasyi pada hari kematiannya, kemudian Rasul keluar menuju tempat sholat lalu membariskan shaf setelah itu bertakbir empat kali".
Hukum sholat ghaib sendiri yaitu fardu kifayah, yaitu urusan tersebut jadi kewajiban yang ditujuan bagi orang banyak, namun jika sebagian dari umat Islam sudah melaksanakan sholat ghaib tersebut, maka gugurlah kewajiban bagi yang lainnya.
Berikut ini adalah tata cara sholat ghaib.

Tata Cara Sholat Ghaib


1. Tata Cara Sholat Ghaib - Niat Sholat Ghaib

 Sholat ghaibyaitu ibadah yang biasa dilakukan umat Islam untuk jenazah Tata Cara Sholat Ghaib Terbaru
Tata Cara Sholat Ghaib - Niat Sholat Ghaib
Berikut ini adalah salah satu tata cara Sholat Ghaib yang bisa anda pelasjari di bawah ini.
  • Niat sholat ghaib untuk jenazah laki-laki
  • أُصَلِّى عَلَى اْلمَيِّتِ (اْلمَيِّتَةِ) اْلغَائبِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ (إِمَامًا / مَأْمُوْمًا) لِلّهِ تَعَالى
    Latin: Usholli alalmayyiti (fulaan) alghoo'ibi arba'a takbiiraatin fardhal kifaayati imaaman/makmuuman lillahi ta'ala
    Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat untuk mayit (nama jenazah) yang ghaib (tidak ada di tempat ini) dengan empat kali takbir fardu kifayah karena Allah Ta'ala.
  • Niat sholat ghaib untuk jenazah perempuan.
  • أُصَلِّي عَلَى مَيِّتَةِ (فُلَانَةٍ) الْغَائِبَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا/مَأْمُومًا لِلّٰهِ تَعَالَى
    Ushalli ‘ala mayyitati (sebutkan namanya) al-ghaibati arba’a takbiratin fardhal kifayâti imaman/ma’muman lillahi ta’ala.
    Artinya: “Saya menyalati jenazah (sebutkan namanya) yang berada di tempat lain empat takbir dengan hukum fardhu kifâyah sebagai imam/makmum karena Allah ta’âlâ.”

  •  Niat sholat ghaib untuk jenazah yang tidak diketahui identitasnya.
  • أُصَلِّي عَلىٰ مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ الْإِمَامُ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالىٰ
    Arab latin: Ushalli ala man shola alaihi arba'a takbiroti fardhol kifayati ma'muman/imaaman lillahi ta'ala
    Artinya: "Saya niat salat ghaib sebagai imam/makmum atas mayit yang disholati dengan empat kali takbir fardu kifayah karena Allah ta'ala."

2. Tata Cara Sholat Ghaib

 Sholat ghaibyaitu ibadah yang biasa dilakukan umat Islam untuk jenazah Tata Cara Sholat Ghaib Terbaru
Tata Cara Sholat Ghaib
Anda harus niat sholat ghaib terlebih dahulu yaitu sebagai berikut ini Tata Cara Sholat Ghaib.
  •  Niat sholat ghaib.
  • أُصَلِّى عَلَى اْلمَيِّتِ (اْلمَيِّتَةِ) اْلغَائبِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلكِفَايَةِ (إِمَامًا / مَأْمُوْمًا) لِلّهِ تَعَالى
    Latin: Usholli alalmayyiti (fulaan) alghoo'ibi arba'a takbiiraatin fardhal kifaayati imaaman/makmuuman lillahi ta'ala
    Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat untuk mayit (nama jenazah) yang ghaib (tidak ada di tempat ini) dengan empat kali takbir fardu kifayah karena Allah Ta'ala.
  • Takbir pertama yang dilanjutkan membaca surah Al-Fatihah.
  • Takbir kedua yang dilanjutkan membaca sholawat Nabi
  • اللّـٰهُمَّ صَلَّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِي الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
    Bacaan latin:
     Allahumma sholli alaa muhammad wa ala aali muhammad. 
    Kamaa shollaita ala ibroohim wa ala aali ibroohim.
    Wa baarik ala muhammad wa ala aali muhammad. 
    Kamaa baarokta ala ibroohim wa ala aali ibroohim. Innaka hamidun majiid.

    Artinya: 
    "Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim.
    Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia. Dan berilah berkat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau memberi berkat kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha terpuji lagi Maha Mulia."
  • Dan Takbir yang ketiga dilanjutkan dengan membaca doa untuk mayit

  • اللّـٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، وَارْحَمْهُ، وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ باالْمَاءٍ وَالثَّلْجِ والْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَاراً خَيْراً مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجاً خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ اْلجَنَّة وَأَعِدْهُ مِنْ عَذَابِ اْلقَبْرِ وَعَذَابِ الناَّرِ
    Arab latin:
    Allaahummaghfir la-hu warham-hu waafi-hi wafu'an-hu, wa akrim nuzuula-hu, wawassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-hi minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-hu minal danasi, wa abdil-hu daaran khairan min daari-hi, wa ahlan khairan min ahli-hi, wa zaujan khairan min zau-ji-hi, waqi-hi fitnatal qabri wa'adzaban naari
    Artinya:
    "Ya Allah, ampunilah dia (mayat), berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah dia di tempat yang mulia, luaskanlah kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es.
    Bersihkanlah dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau mebersihkan baju putih dari kotoran. Berilah dia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, istri yang lebih baik dari istrinya (atau suaminya) dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka."
  • Takbir yang keempat dilanjutkan mebaca doa untuk keluarga yang ditinggal mayit

  • اللّـٰهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَ بِااْلإِيْمَانِ وَلاَ تَجْعَلْ فىِ قُلُوْبِنَا غِلاَّ لِّـلَّذِيْنَ آمَنُوْا رَبَّناَ اِنَّكَ رَؤُفٌ الرَّحِيْمٌ
    Arab latin: 
    Allahumma la tahrim naa ajrahu walaa taftinnaa ba'dahu waghfirlanaa walahu. Waliikhwaninalladzinasabaquunabiliimaani walaa taj'al fii quluubina ghillallilladzina aamanuu robbanaa innaka rouufurrohiim
    Artinya: 
    "Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya."
  • Kemudian salam dengan menengok kanan lebih dahulu.

Akhir Kata

Salat ghaib juga bisa dilaksanakan di rumah masing-masing, baik berjamaah maupun sendiri.

Nah dengan adanya tata cara ini anda tidak lagi ragu untuk melakukan Sholat Ghaib untuk saudara yang meninggal tanpa ada jenazah di hadapannya.

Itulah seluruh bahsan kita pada artikel kali ini mengenai tata cara Sholat Ghaib 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba