Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara Shalat Istikharah Terbaru

 tidak terlalu sulit untuk anda lakukan sesuai dengan aturan yang telah kami sediakan di a Tata Cara Shalat Istikharah Terbaru
Tata cara shalat istikharah tidak terlalu sulit untuk anda lakukan sesuai dengan aturan yang telah kami sediakan di artikel ini.
Seluruh umat muslim di dunia yang sudah baligh wajib melaksanakan ibadah shalat.
Shalat juga dikatakan sebagai tiang agama Islam, umumnya shalat merupakan amalan yang akan dihisab pertama kali ketika umat muslim meninggal dunia.
Tetapi selain shalat wajib, ada banyak shalat sunah yang bisa anda amalkan atau kerjakan oleh umat muslim.
Salah satunya shalat istikharah, shalat sunah ini penting dilakukan bagi setiap muslim maupun muslimat jika anda mengalami keraguan saat ingin menentukan suatu pilihan.
Dengan shalat istikharah anda bisa memohon petunjuk yang terbaik kepada Allah SWT, terutama saat anda akan menentukan pilihan-pilihan yang berat dan meragukan.
Anda bisa mengerjakan shalat sunah istikharah kapan saja, baik siang maupun malam hari, tetapi lebih utama apabila anda mengerjakannya dimalam hari, seperti shalat tahajud disepertiga malam terakhir.
Panduan shalat istikharah tidak jauh berbeda dengan shalat pada umumnya, namun yang membedakan adalah niat dan bacaan surat pendek yang diutamakan.
Setelah mengerjakan shalat istikharah, anda dianjurkan untuk membaca wirid seperti istighfar 100 kali, shalawat 100 kali, dan kalimat thayyibah 100 kali.
Panduan cara shalat istikharah juga sudah diajarkan langsung oleh Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW.
Seperti yang dituturkan Said, ada hadits dari Rasulullah mengenai istikharah yang artinya "Diantara kebahagiaan anak Adam yaitu merelakan atas yang diputuskan oleh Allah.
Dan diantara kesedihan anak Adam yaitu meninggalkan dalam beristikharah kepada Allah (memohon kebaikan), dan diantara penderitaan anak Adam yaitu ia membenci atas segala yang diberikan Allah
."
Untuk Lebih jelasnya silahkan anda menyimak ulasan artikel ini sampai habis karena kami akan menjelaskan tentang tata cara shalat istikharah.

Keutamaan Shalat Istikharah

 tidak terlalu sulit untuk anda lakukan sesuai dengan aturan yang telah kami sediakan di a Tata Cara Shalat Istikharah Terbaru
Keutamaan Shalat Istikharah
Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, beliau berkata "Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan shalat istikharah dalam segala urusan, seperti beliau mengajarkan kami surat Alqur'an".
Rasulullah bersabda "Apabila anda seorang yang akan melakukan sesuatu, maka terlebih dahulu mengerjakan shalat dua rakaat selain sholat fardu", (HR. Ahmad, Al-Bukhari, dan lainnya).
Shalat istikharah merupakan shalat sunah 2 rakaat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menentukan pilihan yang meragukan.
Apabila anda sudah mengerjakan shalat istikharah, biasanya anda akan merasakan ketenangan dan merasa yakin dihati untuk menentukan pilihan yang ada.
Petunjuk yang anda dapatkan dengan shalat sunah istikharah yaitu berupa mimpi, dengan isyarat dan simbol-simbol tertentu.
Silahkan anda mengerjakan shalat istikharah dua atau tiga kali apabila anda masih dilanda keraguan, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang panduan tata cara shalat istikharah.

Tata Cara Shalat Istikharah

 tidak terlalu sulit untuk anda lakukan sesuai dengan aturan yang telah kami sediakan di a Tata Cara Shalat Istikharah Terbaru
Tata Cara Shalat Istikharah
Menurut Syaikh Wahbah saat anda mengerjakan shalat sunah istikharah maka anda disunahkan membaca surat Al Kafirun setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat pertama.
Setelah itu anda disunahkan membaca surat Al Ikhlas setelah membaca surat Al Fatihah pada rakaat kedua.
Langsung saja, silahkan anda menyimak tentang tata cara shalat istikharah, anda bisa mengikuti panduan ini bagi yang ingin mengerjakannya:
  • Niat, lafaznya yaitu أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى (Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala) yang artinya "Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala".
  • Takbiratul ihram, diikuti dengan doa iftitah.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca surat dari Alqur'an, diutamakan surat Al Kafirun.
  • Ruku’ dengan tuma'ninah.
  • I’tidal dengan tuma'ninah.
  • Sujud dengan tuma'ninah.
  • Duduk diantara dua sujud dengan tuma'ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah.
  • Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua.
  • Membaca surat Al Fatihah.
  • Membaca surat dari Alqur'an, diutamakan surat Al Ikhlas.
  • Ruku' dengan tuma'ninah.
  • I'tidal dengan tuma'ninah.
  • Sujud dengan tuma'ninah.
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
  • Sujud kedua dengan tuma'ninah.
  • Tahiyat akhir dengan tuma'ninah.
  • Salam.
  • Doa.
  • Selesai.

Akhir Kata

Diatas telah dijelaskan tata cara untuk mengerjakan shalat sunah istikharah, untuk anda yang ingin mengerjakan silahkan mengikuti pandaun yang telah dijelaskan di atas.
Semoga dengan adanya penjelasan tentang tata cara mengerjakan shalat istikharah ini mempermudah anda untuk melakukannya.
Apabila penjelasan tentang tata cara mengerjakan shalat sunah istikharah tersebut ada kekeliruan agar anda menyempurnakannya.
Demikian penjelasan yang dapat kami uraikan pada artikel ini tentang tata cara shalat istikharah, selamat mengerjakan.