Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Batu Purwakarta, Kolam Berbatu yang Indah Untuk Selfie

Taman Batu Purwakarta nan-unik ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata wahana air keluarga dengan nuansa asri yang alami. Wisatawan bisa berenang sekaligus menikmati panorama di sekelilingnya yang memberi efek relaksasi.

Sejarah Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta, Kolam Berbatu yang Indah Untuk Selfie
Image By wisatainfo.com

Stone Garden ialah bak pemandian yang airnya berasal dari mata air Cijanun, dimana dahulunya sumber mata air ini dijadikan PDAM untuk kebutuhan masyarakat baik kebutuhan sehari-hari maupun pengairan.

Entah apa alasannya adalah proyek PDAM ini dilarang dan selanjutnya air yang mengalir ditampung di sebuah wadah berukuran 10 x 20 meter yang berjulukan bak penampungan YANG sekarang menjadi sebuah nama Stone Garden Cijanun.

Pemilihan nama Stone Garden berasal dari eksistensi bak renang ini yang memang berada diantara banyak bebatuan di sekitarnya. Maklum saja daerah ini berada di Kecamatan Bojong yang notabene sebagai kawasan deretan gunung Burangrang sangat identik dengan bebatuan dapat ditemukan hampir diberbagai pelosok.


Lokasi Taman Batu Purwakarta

Lokasi objek wisata taman batu cijanun ini terletak di Desa Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta Jawa Barat. Lokasi yang tidak begitu jauh dari sentra Kota Purwakarta menjadikan objek wisata ini gampang untuk dicapai.

Objek wisata ini berjarak kurang lebih 32KM dari Pusat Kota Purwakarta dan Anda mampu menempuh perjalanan dalam waktu 1 jam.


Rute Menuju Taman Batu Purwakarta

Rute wisata taman Batu Purwakarta jalannya sudah berkualitas baik dan bisa ditempuh dengan kendaraan beroda empat maupun sepeda motor. Pengunjung  dapat melalui situs Wanayasa lalu lurus arah bojong. Setelah melalui pasar Bojong masih lurus sampai sampai di kantor polisi Bojong.

Beberapa ratus meter sehabis kantor polsek, terdapat pertigaan dengan tugu ditengah nya. Ambil ke kanan lurus sampai hingga di sekolah dasar cipeundeuy. Dekat SD cipeundeuy terdapat pertigaan ambil ke arah kanan. Dari situ tinggal lurus hingga hingga ke daerah wisata taman Batu.


Jam Buka Taman Batu Purwakarta

Pemandian taman batu purwakarta terbuka untuk dikunjungi setiap hari, sepanjang pekan. Taman mulai buka jam 08.00 pagi, sampai tutup pada jam 17.00 sore.


Tiket Taman Batu Purwakarta

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta ditawarkan dengan harga terbilang sangat murah. Pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja per orang. Sabtu – Minggu dan Hari Libur harga bermetamorfosis Rp 20.000. Harga ini merupakan harga semua usia dari balita hingga orang renta.

Pengunjung juga perlu membayar parkir sebesar Rp 3.000 per motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan beroda empat.


Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta, mirip halnya sebuah kawasan wisata yang disepakkan dengan matang,  telah menyediakan fasilitas yang cukup memadai di areanya. Pengelola menyediakan akomodasi toilet, ruang bilas, dan ruang ganti. Saung dan pendopo di tepi bak dapat dipakai sebagai daerah bersantai dan istirahat.

Pengunjung yang ingin berwisata sambil makan-makan bersama, mampu menemukan tempat makan di sekitar lokasi wisata ini. Sajian hidangan yang tersedia beraneka ragam. Salah satu yang paling populer  tentu saja Sate Maranggi. Di sekitar lokasi juga ditawarkan beberapa penginapan dan tempat hammock.


Aktivitas Menarik di Taman Batu Purwakarta

    Berenang

Taman Batu Purwakarta memiliki beberapa kolam renang yang disusun bertangga. Hamparan batu-kerikil aneka ukuran bertebaran di area kolam menjadi keunikan wahana air ini. Kolam-bak yang ada di taman wisata ini berasal dari mata air Cijanun yang dibendung.

Kolam renangnya sendiri terdiri dari dua, satu paling atas yang mempunyai kedalaman 1,5 meter. Biasanya yang paling atas untuk mandinya orang akil balig cukup akal. Satu lagi di bawah, khusus untuk bawah umur dengan kedalaman 40 cm sampai 50 cm.

Airnya yang alami khas pegunungan masih bersih, acuh taacuh, dan sejernih air mineral. Air tersebut tidak mengandung bahan kimia mirip kaporit dan tidak perih di mata.

Masing-masing kolam renang berukuran 10 x 6 meter. Kedalaman bak bervariasi diadaptasi dengan usia wisatawan yang biasanya datang bersama keluarga dan bawah umur. Kolam-bak renang tersebut memiliki kedalaman mulai dari semata kaki hingga 4 meter.


    Menikmati Panorama

Lokasi taman watu purwakarta Cijanun berada di “pinggiran” purwakarta, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan. Oleh sebab itu tempat ini memang pas buat menghilangkan penat melalui aktivitas berenang sambal menikmati pemandangan yang indah di sekitar.

Lokasi taman watu purwakarta yang berada di ketinggian menciptakan view di sekitar jelas terlihat. Di sekitar area bak juga terdapat pohon-pohon kelapa sehingga suasana menjadi cukup teduh. Karena berasal dari mata air alami, tentu saja airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Lokasi Wisata Mata Air Cijanun berdampingan dengan kawasan hutan yang dikelola Perhutani KPH Purwakarta. Akses jalan menuju lokasi melewati perkampungan warga dan kebun teh yang ada di kecamatan Bojong Purwakarta.

Kolam renang di taman rekreasi ini terletak di lereng perbukitan dikelilingi hutan alami dan perkebunan. Sambil berenang, pengunjung dapat melihat keindahan bukit, hutan, dan persawahan. Letaknya di ketinggian menunjukkan panorama alam yang begitu eksotis dengan udara yang sejuk.


    Area Foto Menawan

Dengan penataan yang unik, taman rekreasi ini menjadi tempat berburu spot instagramable bagi Pengunjung. Di setiap tepian bak renang terdapat kerikil-batu yang mampu digunakan untuk duduk sekaligus ber-swafoto.

Di area ini banyak terdapat saung-saung dan pendopo-pendopo kecil di tepi bak renang. Saung dan pendopo tersebut juga merupakan salah satu spot menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Panorama di sekeliling kolam renang pun tak luput menjadi latar foto wisatawan. Dengan latar hijau perbukitan dan hamparan sawah menawarkan kesan eksotis.


    Mandi di Bawah Guyuran Air Terjun Buatan

Pengelola daerah wisata sengaja membuat riam buatan di area wisata ini. Wisatawan biasa memanfaatkan guyuran air terjun ini untuk bermain air. Berbasah-basahan bermandikan guyuran air menunjukkan keseruan tersendiri.

Spot jeram buatan ini juga menjadi salah satu titik favorit untuk berfoto.


Objek Wisata Dekat Taman Batu Purwakarta

Berjalan jalan ke Purwakarta, tentu tidak lengkap jikalau hanya mengunjungi 1 objek wisata saja. Tidak jauh dari Taman kerikil Purwakarta, tepatnya di pusat kota terdapat taman air mancur legendaris, Sri Baduga.  Taman air mancur yang berjarak 30 km ini merupakan land mark pujian Purwakarta.

Tiap malam minggu, antara pukul 19.30 WIB sampai pukul 22.00 WIB, ada tiga kali pertunjukan. Dengan durasi sekitar 25 menit setiap satu kali pertunjukan. Di jam tersebut ada rangkaian air mancur yang indah terlihat memancarkan cahaya berwarna warni.

Jika ingin relaksasi dengan berendam air panas, dalam jarak 40 km terdapat pemandian air panas Ciater. Bagi pengunjung yang ingin mandi dengan menjaga privasi, di pemandian air panas ini Bandung juga disediakan kamar – kamar pemandian yang bisa kamu sewa. Makara pengunjung bisa mandi seorang diri untuk menikmati segarnya air panas Sari Ater.

Demikian ulasan Kami mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk taman kerikil cijanun purwakarta jawa barat yang mampu dikunjungi bersama keluarga di simpulan pekan. Semoga informasi ini memberi manfaat bagi Anda