Situ Cipanten, Sejak 1970 Setia Menghadirkan Ketenangan di Hati Pengunjung

Situ Cipanten merupakan sebuah danau kecil yang memperlihatkan pesona ke indahan alam yang menyegarkan hati dan pikiran di kabupaten Majalengka. Berada di kaki gunung Kuning, Situ ini mempunyai tujuh sumber mata air yang jernih kehijauan. Pada beberapa kesempatan, air di telaga cipanten bisa berwarna biru langit.

Tempat wisata alam ini suasananya adem dan sejuk, sehingga pantas  yang menjadi favorit warga majalengka dan sekitar untuk berlibur sekaligus menenangkan diri.

Dalam kondisi cuaca cerah, air Situ Cipanten seakan membiru dan sangat jenih sampai terlihat dasar situ situ yang berkedalaman dua meter tersebut. Tak puas memandang telaga biru, banyak pengunjung yang menceburkan dirinya, berenang diantara bening air Situ.

Bagi yang ingin menenangkan diri dengan tempat alami dan udara segar, berwisata ke Situ Cipanten sangat cocok. Saat ini wisata Telaga Cipanten dikelola Karang Taruna desa setempat yang telah menata lingkungan situ seadanya.

Tidak hanya mengandalkan suguhan pesona alam nya yang menakjubkan, ojek wisata alam ini terus dikembangkan dengan banyak sekali fasilitas dan wahana untuk kenyamanan para pengunjung. Pengelola menciptakan banyak spot foto yang ciamik di tengah danau.

Lokasi Situ Cipanten

Situ Cipanten, Sejak 1970 Setia Menghadirkan Ketenangan di Hati Pengunjung
Photo by @sayyidatunnisa98

Situ Cipanten ini berada di Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Lokasi Situ indah ini dari sentra Kota Majalengka berjarak sekitar 16 km.

Simak juga: Tempat Wisata di Lembang Bandung yang Paling Hits


Rute Menuju Situ Cipanten

Terdapat beberapa rute menuju Situ Cipanten dari beberapa kota besar, seperti Bandung, Sumedang, Subang, dan Garut.

Dari Kota Subang, ikuti jalan utama menuju Kecamatan Tomo melalui Jalan Raya Cijelag. Memasuki Kecamatan Tomo, ikuti jalur utama Kecamatan Tomo – Kecamatan Jatiwangi yang juga merupakan jalur provinsi Sumedang – Majalengka.

Ikuti terus jalan utama dari Jatiwangi menuju Majalengka sampai di sentra Kota Majalengka. Ikuti terus jalan utama Kota Majalengka hingga tiba di Bundaran Cigasong. Ambil arah menuju Rajagaluh hingga pertigaan. Kemudian ambil kanan. Ikuti jalan sampai datang di saluran Situ Cipanten.

Dari Bandung Ambil arah Majalengka di persimpangan Jatiwangi. Setelah masuk jalur utama Majalengka, ikuti jalan utama sampai tiba di bunderan Cisayong. Ambil arah Rajagaluh (dari bunderan ambil jalan yang lurus).

Ikuti terus jalan utama hingga tiba di pertigaan kemudian ambil kanan. Ikuti jalan hingga datang di pertigaan menuju akses Situ Cipanten. Total pembacaan jarak pada peta melalui rute ini adalah 109 Km.

Simak juga: Asyiknya Belah Duren di Kebun Durian Warso Farm, Bogor


Jam Buka Situ Cipanten

Bila berkunjung ke lokasi wisata Situ Cipanten, pengunjung perlu tahu bahwa jam operasional atau waktu buka wisata. Lokasi ini buka setiap hari, senin hingga Minggu. Jam bukanya yakni mulai dari jam 08.00 sampai jam 17.15.

Simak juga: Dago Bakery, Bersantap Nikmat di Negeri Dongeng yang Fotogenik


Tiket Situ Cipanten

Supaya mampu menikmati bermacam-macam pesona yang ditawarkan oleh Telaga ini, pengunjung hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan beroda empat. Selain itu juga dikenakan biaya pelengkap Rp 5.000 jikalau ingin naik bahtera mengelilingi Situ Cipanten dengan bermacam-macam pesonannya.

Simak juga: Spot Keren Untuk Pecinta Selfie – Rabbit Town Bandung


Fasilitas Situ Cipanten

Fasilitas di Situ Cipanten ini juga tidak mengecewakan lengkap. Di sana tersedia aneka macam spot foto, wahana, daerah parkir, gazebo, arena bermain anak, rest area, arena outbond dan masih banyak lainnya.

Simak juga: Melepas Penat di Taman Hutan Raya Ir. Djuanda Bandung


Daya Tarik Situ Cipanten

    Tradisi Merak Manten

Terdapat tradisi yang dipelopori oleh Bumdes Gunungkuning, adalah Marak Panten. Marak Panten merupakan salah satu acara warga Desa Gunungkuning untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan hanya berlangsung 2-3 tahun sekali.

Perayaan terakhir adalah pada ketika Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Dalam program Marak Panten, semua warga Desa Gunungkuning berlomba-lomba untuk menangkap ikan di Situ Cipanten. Peserta diperbolehkan untuk memakai aneka macam teknin menangkap ikan tradisional, seperti dijala, dijaring, atau digogo. Di gogo artinya ikan ditangkap langsung dengan tangan.

Waktu pelaksanaan dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga selesai. Pesertanya pun tidak hanya sebatas warga Desa Gunungkuning, tetapi juga dari Kecamatan Sukahaji dan kecamatan-kecamatan lainnya di sekitar Situ Cipanten.

Tujuan dari program Marak Panten selain untuk memeriahkan HUT RI juga untuk memanen ikan yang bibitnya sudah ditebar 2 tahun sebelumnya juga dijadikan sebagai ajang pencucian lumpur yang sudah mengendap di Situ Ciapanten.

Simak juga: Kampoeng Tulip Bandung, Sensasi Belanda yang Ramah di Kantong


    Aneka Spot Foto

Membicarakan soal wisata di Telaga Ini , bekerjsama sudah dikembangkan sejak tahun 1970. Entah karena pengelolaannya yang kurang atau sepinya pengunjung, tempat Situ Cipanten Majalengka jadi terlihat menyeramkan dan sedikit pengunjung yang tiba.

Namun sehabis dikelola dnegan baik, dan mulai hits di media umum, Situ ini Majalengka rame lagi dikerumuni wisatawan.

Situ Cipanten Majalengka mempunyai banyak spot foto yang mampu dimanfaatkan, untuk berfoto aneka pose cantik. Perahu titanic, jembatan cinta, dan banyaknya spot instagenic lain bikin pengunjung betah berada di Situ Mempesona Majalengka ini.

Berfoto dengan spot menarik ditambah dengan pemandangan yang asri memang menjadi perpaduan yang sangat cocok, bagai kopi dengan pisang goreng.

Simak juga: Wisata Pantai Pangandaran Ciamis, Pantai Indah dan Menawan


    Berenang

Yang pernah berkunjung ke situ ini, pasti oke mengenai suasana Situ di Majalengka ini yang terkenal asri dan sejuk. Banyaknya pepohonan yang rindang menimbulkan Situ Cipanten Majalengka ramai dikunjungi wisatawan. Hampir sepanjang waktu, selalu tampak beberapa turis yang berkunjung ke lokasi ini.

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan untuk berenang di bak air tawar alami, bandingnya air situ ini tentu sangat mengundang selera. Situ Cipanten Majalengka juga menyediakan fasilitas penyewaan pelampung bagi kalian yang mau main air di daerah ini.

Pengunjung bisa dengan bebas berenang dengan perairan yang hening dan banyaknya ikan. Pengunjung tidak perlu khawatir akan panas terik matahari di waktu siang hari. Teriknya matahari justru menciptakan air yang ada di Situ terlihat jernih dan bening.

Panasnya terik matahari tidak akan terasa, alasannya cuaca yang memang sejuk ditambah dengan perairan yang hampir semuanya teduh terlindungi oleh rindang pepohonan.

Simak juga: Tempat Wisata Alam di Bandung yang Wajib Dikunjungi


Tips Mengunjungi Situ Cipanten


Objek Wisata Dekat Situ Cipanten

Selain Situ Cipanten, Majalengka juga masih mempunyai beberapa danau kecil lainnya. Salah satu yang juga populer yakni Telaga Herang. Telaga Herang merupakan danau wisata berair jernih yang dihuni bermacam-macam jenis ikan dengan corak menawan. Saking jernihnya, ikan-ikan yang hidup di dalam danau akan tampak begitu terang oleh mata telanjang.

Di Telaga Herang, wisatawan tidak hanya dapat menikmati sejuk dan jernihnya air danau yang menenteramkan hati dan pikiran. Wisatawan pun mampu mengelilingi area danau dengan menaiki bahtera angsa.

Masih bekerjasama dengan air, selain telaga, Majalengka juga punya beberapa riam. Atau yang dalam bahasa lokal disebut Curug. Salah satunya yang cukup terkenal di media umum adalah Curug Cipeuteuy.

Di kawasan wisata ini, Pengunjung tidak hanya dapat menikmati segarnya percikan air dari curug, tapi juga mampu pribadi menyaksikan indahnya bunga anggrek yang dibudidayakan di dalam hutan lindung. Tak hanya itu, tempat konservasi Curug Cipeuteuy pun merupakan rumah bagi elang jawa serta bermacam-macam jenis flora dan fauna lainnya.

Nah, jika tertarik, Anda bisa eksklusif datang ke lokasi Situ Cipanten yang tidak seberapa jauh dari sentra kota Majalengka ini. Agar mampu lebih puas menikmati panorama sekitar curug yang memukau, Anda dianjurkan untuk berkunjung pada pagi hari sebelum daerah wisata di Majalengka yang satu ini ramai dikunjungi para wisatawan.

Lebih baru Lebih lama