Savana Puru Kambera, Hamparan Keindahan 2 Km dari Pantai Puru Kambera

Savana Puru kambera kerap dijadikan destinasi utama bagi para pengunjung yang ingin melihat tingkah laku kuda liar Sumba di alam bebas. Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit menimbulkan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika.

Ketika menetapkan berkunjung ke Savana Puru kambera, pengunjung akan menjumpai pemandangan berupa savana yang berwarna hijau dikala animo penghujan dan kuning dikala ekspresi dominan kemarau dilengkapi dengan gerombolan kuda liar yang sedang merumput.

Gerombolan kuda Sumba akan lebih sering terlihat di saat isu terkini kemarau dibandingkan dengan musim penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada animo kemarau, padang savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga kuda-kuda liar akan lebih aktif merumput di luar hutan untuk mencari makan.

Kuda liar ini sangatlah peka, jadi bagi yang ingin mendekati lebih bersahabat lagi gerombolan kuda ini haruslah ekstra pelan-pelan semoga mereka tidak eksklusif bergerak menjauh. Siapkan segera kamera Anda untuk mengabadikan momen langka tersebut.

Latar belakang hamparan biru maritim dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana saat animo kemarau dan hijau pada trend penghujan ini.

Lokasi Savana Puru Kambera

Savana Puru Kambera, Hamparan Keindahan 2 Km dari Pantai Puru Kambera
Image By kompasiana.com/aytravel/

Savana Puru kambera berada di Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi wisata alam ini terletak sekitar 24 km dari Kota Waingapu. Sebenarnya wisata utama di Puru Kambera adalah wisata pantainya yang cukup luas dengan hamparan pasir putihnya yang sangat halus. Jarak dari pantai ke padang savana Puru Kambera yakni sekitar 2-3 km.


Rute Menuju Savana Puru Kambera

Untuk menuju ke lokasi wisata alam Savana Puru kambera bisa dibilang susah-susah mudah, karena memiliki kondisi medan yang cukup sulit. Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari sentra Kota Waingapu dan dapat ditempuh dengan memakai kendaraan eksklusif ataupun sewa.

Waktu tempuhnya sendiri sekitar 1 jam perjalanan, tidak ada angkutan umum yang akan mengantarkan lo menuju ke daerah ini. Untuk pengunjung yang datang dari luar Waingapu, pengunjung bisa memakai jasa ojek lokal.

Sepanjang perjalanan ini, pengunjung akan mempunyai kesempatan untuk menjumpai pemandangan berupa savana. Savana ini mempesona berwarna hijau saat isu terkini penghujan dan kuning saat musim kemarau.

Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup panjang, namun keindahan alam yang ada di tempat wisata ini pun akan menciptakan pengunjung mempunyai sebuah pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Tidak heran apabila daerah ini patut untuk masuk ke dalam daftar kunjungan.


Jam Buka Savana Puru Kambera

Tiap-tiap daerah wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kabupaten Sumba Timur. Savana Puru Kambera buka jam 24 jam.


Tiket Savana Puru Kambera

Umumnya, harga tiket untuk masuk tempat wisata berbeda antara hari libur, ahad atau hari biasa. Namun tidak demikian dengan Savana Puru kambera. Saat weekday, harga tiket masuk Savana Puru Kambera yakni Rp 15,000.00. Demikian juga dengan harga tiket masuk weekend tetap sama.


Fasilitas Savana Puru Kambera

Berbicara mengenai akomodasi di tempat savana ini memang tidak terlalu banyak, alasannya adalah acara akan lebih banyak di alam bebas.

Bagi pengunjung yang hendak mencari makan dan penginapan dapat menuju ke lokasi Pantai Puru Kambera. Karena di kawasan pantai tersebut lebih banyak terdapat akomodasi yang mampu menunjang keperluan wisata.

Di sana terdapat sebuah tempat penginapan sekaligus daerah makan yang bernama Pondok Wisata Pantai Cemara.


Daya Tarik Savana Puru Kambera

    Kawanan Kuda Liar

Bisa dikatakan pula jika Savana Puru Kambera merupakan spot wisata primadona di Sumba Timur. Karena memang akan menemukan kesulitan untuk bisa menerima suasana serta daya tarik yang sama di daerah lain. Kuda liar yang bebas berkeliaran pun menjadi daya magnetnya.

Dengan begitu tak heran apabila padang savana kerap dijadikan destinasi utama bagi para wisatawan. Tingkah laris dari para kuda liar di tempat wisata ini pun sangatlah unik serta lugu. Para kuda tersebut benar-benar memanfaatkan kebebasan di alam bebas.

Gerombolan kuda liar akan lebih sering terlihat di ketika animo kemarau dibandingkan pada ketika ekspresi dominan penghujan. Hal tersebut dikarenakan pada trend kemarau, pada savana di Puru Kambera menjadi sangat kering sehingga para kuda pun akan terlihat lebih aktif merumpur di luat hutan untuk mencari makan.

Walau kawanan kuda ini terlihat tidak berbahaya, jangan lupa pula untuk memperhatikan gerak gerik selaam di sekitar mereka. Sebab kuda-kuda liar ini mampu saja bereaksi dengan tidak terduga. Sehingga bila pengunjung ingin lebih erat dengan gerombolan kuda, harus ekstra pelan-pelan supaya mereka tidak eksklusif bergerak menjauh.


    Panorama Alam nan Memukau

Mengunjungi Savana puru kambera, bukan hanya kuda liarnya saja yang bisa dinikmati. Selain itu, pengunjung mampu melihat panorama alam nan memukau di sana. Tanpa adanya sentuhan manusia, alam di sini terjaga tetap alami. Hal ini memebrikan suasana yang benar benar berbeda.

Pengunjung sangat disarankan untuk selalu menyiapkan kamera. Sebab akan banyak tertangkap momen-momen indah di sana. Panorama alam berupa savana berwarna kuning keemasan dibalut dengan birunya langit mengakibatkan suasana di sekitar lokasi serasa berada di alam Afrika.

Latar berlakang hamparan biru bahari dari kejauhan pun nampak kontras dengan warna kuning padang savana saat demam isu kemarau dan hijau pada saat musim penghujan pun menjadi hal yang bisa menghilangkan rasa penat.

Bisa dikatakan pula jikalau savana di Puru Kambera ini menjadi obat untuk penghilang rasa penat atau stress yang diakibatkan oleh kesibukan keseharian. Dengan datang ke sini, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman wisata lengkap.


Tips Mengunjungi Savana Puru Kambera

Pengunjung Savana Puru kambera ada baiknya membawa bekal berupa masakan dan minuman kecil. Hal ini mengingat cuaca panas bisa cukup ekstrim di padang savana. Paling utama yang perlu untuk diingat selalu, yaitu dengan menjaga kebersihan serta kelestarian alam.


Objek Wisata Dekat Savana Puru Kambera

Selain padang gembala alami berupa Savana, Sumba timur juga mempunyai berbagai objek lain. Mulai dari pantai hingga penderasan indah. Untuk pantai, sumba timur mempunyai Pantai Watu Parunu. Pengunjung Pantai Watu Parunu, akan disambut hamparan pasir pantai, tebing kerikil dan desir ombak.

Tebing kerikil putih yang berada di ujung timur pantai Watu Parunu menjadi salah satu ciri khas Pantai ini. Tebing watu putih yang tinggi di Pantai ini menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto.

Untuk penderasan, Kabupaten Sumba timur memiliki Air terjun Tanggedu. Air Terjun Tanggedu tampil mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Air Terjun Tanggedu bangkit elok di balik tebing-tebing terjal tersebut.

Air terjun ini mempunyai karakteristik tersendiri, dengan air yang bening kebiru-biruan membuat penderasan ini indah luar biasa. Debit air yang cukup deras menciptakan pengunjung bisa melaksanakan body rafting atau tubing di sini.

Nah bagaimana? Apakah anda ingin tau dengan keindahan yang ada di Savana Puru kambera? Apakah hamparan alam nan indah ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan eksklusif saja berangkat begitu situasi wabah terkendali!

Lebih baru Lebih lama