Sasak Panyawangan Purwakarta, Merenung di Atas 2,5 km Jalinan Bambu

Sasak Panyawangan yaitu jembatan bambu sepanjang lebih kurang 2,5 km diantara Gunung Parang dan Gunung Bongkok. Sasak panyawangan Purwakarta, ialah versi wisata keluarga dari wisata gunung bongkok. Dengan adanya Sasak/ jembatan ini, seluruh anggota keluarga menjadi bisa ikut menikmati keindahan panorama dan pesona waduk jatiluruh dari area gunung Bongkok.

Pemandangan di sekitar sangat indah, apalagi ada Curug-curug kecil terdengar gemericik mengalirkan air nya ke telaga di bawahnya. Nampak jauh disana terlihat pula pemandangan waduk Jatiluhur.

Sejak memasuki area, pengunjung sudah dapat melihat jalinan bambu yang membentuk titian melintang tepat di atas kepala. Di sisi kiri terdapat jalur menanjak, semuanya disusun dari bambu dan dijalin menggunakan tali dari sabut kelapa.

Jalur ini berakhir di satu ujung yang mirip ujung bahtera. Jika langit erat, di ujung sana terpampang waduk Jatiluhur yang dikelilingi barisan bukit. Di sisi seberang pun terlihat jalinan bambu yang melintang menggeluti badan Gunung Parang.

Berada di atas jembatan ini, pengunjung dapat berswafoto sambil menikmati keindahan alam Purwakarta. Bahkan, dapat melihat pemandangan Waduk Jatiluhur dari kejauhan. Ini merupakan waduk terbesar di Indonesia.

Tak hanya dapat menjelajahi jembatan bambu, di sini pengunjung juga mampu bermain air di 2 buah kolam kecil. Pengunjung mampu main air sambil melihat pemandangan Gunung Batu.

Lokasi Sasak Panyawangan Purwakarta

Sasak Panyawangan Purwakarta, Merenung di Atas 2,5 km Jalinan Bambu
Image By liburanyuk.co.id
Alamat Sasak Panyawangan Purwakarta berada di Desa Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Simak juga: Tempat Wisata di Purwakarta Terbaru


Rute Menuju Sasak Panyawangan Purwakarta

Tempat wisata yang tidak jauh dari pusat kota purwakarta tentu akan menjadi alternatif bagi pengunjung. Berjarak sekitar 23 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Akses jalan menuju Sasak Panyawangan sudah cukup baik.

Untuk rute perjalanan menuju sasak panyawangan datang dari arah kota Purwakarta. Pertama arahkan kendaraan pengunjung eksklusif menuju arah Plered atau Tegal Waru.

Setelah itu, lanjut perjalanan dengan mengikuti jalur ke arah gunung Bongkok. Tidak lama lalu akan menemui lokasi wisata. Selalu pastikan kendaraan dalam keadaan prima karena jalan menuju lokasi ini berkelok dan sedikit menanjak.

Rute dari Jakarta, keluar di tol Ciganea-Jatiluhur lalu belok kanan ke Jalan Raya Sukatani. Setelah menemukan Pasar Anyar Sukatani, belok kanan dan ikuti jalannya (jalan kecil) Hingga ketemu pertigaan Gunung Lembu dan Gunung Parang, belok kiri dan terus ikuti jalan hingga Sasak Panyawangan.

Simak juga: Kolam Renang di Purwakarta Paling Hits


Jam Buka Sasak Panyawangan Purwakarta

Mengenai Jam Buka, Sasak Panyawangan Purwakarta dibuka mulai pukul 08.00 – 18.00. Lokasi wisata menawan ini pada setiap hari sepanjang ahad

Simak juga: Rumah Ilusi di Cikao Park Purwakarta


Tiket Sasak Panyawangan Purwakarta

Harga Tiket Masuk Sasak Panyawangan Purwakarta Rp 5.000 / orang. Ini belum termasuk tarif parkir kendaraan senilai Rp 2.000.

Simak juga: Curug (Air Terjun) di Purwakarta


Fasilitas Sasak Panyawangan Purwakarta

Fasilitas penunjang acara wisata di Sasak Panyawangan Purwakarta sudah tersedia dengan memadai. Di sini tersedia area parkir, toilet sampai daerah untuk beribadah juga telah siap untuk pengunjung gunakan.

Selain itu pengunjung juga akan menemukan taman – taman indah di dalam Sasak Panyawangan ini. Seperti Rumah yang seperti dengan rumah hobbit yang cocok untuk dijadikan spot selfie.

Simak juga: Urban Farming, Wisata Mini Eropa di Purwakarta


Daya Tarik Sasak Panyawangan Purwakarta

    Jembatan Perenungan

Sasak Panyawangan jikalau di artikan ke bahasa Indonesia adalah “Jembatan Perenungan”. Nama ini diberikan  alasannya adalah saat berada di atas jembatan ini pengunjung akan menemukan hal yang luar biasa anugerah ciptaan yang maha kuasa tergambar terang di kelopak mata.

Pemandangan sawah yang mengapit jalan aspal, barisan gunung kerikil bangkit kokoh membentengi, serta hamparan danau Jatiluhur terpampang jelas saat tengah berada di atas jembatan bambu ini, hasil kerja keras penduduk setempat.

Gunung Bongkok dan Gunung Parang Purwakarta salah satu pemandangan yang bisa dilihat dikala berada di Sasak Panyawangan. Banyak dari warga sekitar yang menghabiskan waktu berlibur di kawasan ini, terutama yang membawa keluarga.

Walau terlihat “menyeramkan, jembatan ini selalu dijaga keamanannya. Pengelola melaksanakan cek kondisi jembatan sebelum dibuka setiap harinya. Kalau satu saja ada yang patah atau talinya lepas, jembatan tidak akan dibuka. Mereka memastikan semuanya aman. Mereka selalu merawat Sasak Panyawangan agar bisa berumur panjang.

Simak juga: Indahnya Air Mancur Sri Baduga Purwakarta pada Malam Hari


    Kolam

Selain melintasi jembatan penenjoan (Penglihatan), pengunjung juga mampu menikmati wisata bak renang, tersedia 2 bak renang berada ditempat ini di peruntukan bagi anak-anak. Namun tak jarang orang dewasa ikut serta menikmati kejernihan air di kolam renang ini.

Di sini pengunjung bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam. Kolam renang terbuka dan menyatu dengan alam disertai udara yang sejuk dari pepohonan, tentu akan sukses menciptakan pengunjung  terpana. Air di dalam kolamnya pun higienis dan berasal dari pegunungan.

2 bak renang ini airnya begitu jernih dan alami sebab berasal pribadi dari mata air di sekitar gunung lembu.

Namun jangan berharaf di kolam renang ini terdapat permainan air atau pun wahana air seperti Waterboom sebab kolam renangnya hanya bisa untuk berenang saja. namun tersedia juga beberapa ban untuk belum dewasa dikala berenang.

Untuk menikmati kesegaran air di kolam renang para pengunjung akan dikenakan biaya membayar tiket sebesar Rp 10.000 per orang. Setelah membayar tiket bak renang pengunjung mampu berenang dan bermain air sepusanya.

Simak juga: Wisata Waduk Jatiluhur, Harga Tiket, Penginapan & Kuliner


    Spot Foto

Hal yang menarik lainnya, atau mungkin yang paling banyak menarik minat pengunjung dari Sasak Panyawangan Purwakarta yakni wisata Spot Foto. Spot foto dengan latar belakang pemandangan alam, dan pesona dari Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Bukan hanya lingkungannya, jebatan itu  yang unik merambat melintang menggeluti badan Gunung Parang bisa menjadi objek foto tersendiri. Dalam pengambilan foto anda harus tau momen dan waktu yang sempurna ketika akan hunting foto, dengan demikian hasil foto anda akan lebih terlihat menarik dan tentunya akan lebih Instragramble.

Biasanya saat hari menjelang sore atau di pagi hari sebab cuaca yang mendukung dan hasil jepretan anda akan lebih terlihat menarik. Udara sekitar terasa sejuk terutama di sore hari dan panorama keindahan alam pun terlihat lebih tepat.

Simak juga: Cikao Park Purwakarta, Wisata Air Favorit Dengan Beragam Wahana


    Flying Fox

Flying Fox merupakan permainan uji nyali yang sudah sangat familiar. Permainan flying fox bisa juga dimanfaatkan pengunjung untuk melihat dari atas secara detil kondisi alam objek wisata tersebut. Di sini, pengelola menghadirkan fasilitas flying fox yang sangat menantang.

Flying fox di Sasak Penyawangan Purwakarta merupakan yang tertinggi dan terpanjang di Jawa Barat. Reputasi itu diperoleh karena catatan panjang lintasan yang mencapai 500 meter dengan ketinggian 300 meter. Angka-angka menjadi jaminan, bahwa pengunjung yang mencoba wahana ini akan menciptakan adrenalin membanjiri darahnya.

Untuk biaya, terbilang terjangkau. Untuk memperoleh pengalaman yang akan dikenang seumur hidup itu, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu.

Simak juga: Wisata Keluarga & Edukasi Terbaik di Purwakarta


Objek Wisata Dekat Sasak Panyawangan Purwakarta

Untuk urusan Jembatan bambu indah, Purwakarta punya objek lain, yakni Bukit Panenjoan. Di sana terdapat Jembatan yang dibuat dari bambu ini panjangnya mencapai ratusan meter dan mempunyai tinggi sekitar 5 – 7 meter di atas permukaan tanah. Jembatan ini membentang di atas perkebunan teh dengan bentuk melingkar.

Jika berenang di 2 kolam kecil Sasak Panyawangan tidak membuat puas, purwakarta punya alternatif kolam air alami yang lebih besar. Taman Batu Purwakarta. Taman Batu Purwakarta mempunyai beberapa bak renang yang disusun bertangga.

Hamparan kerikil-watu aneka ukuran bertebaran di area bak menjadi keunikan wahana air ini. Kolam-bak yang ada di taman wisata ini berasal dari mata air Cijanun yang dibendung.

Demikian ulasan Kami mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Sasak Panyawangan Purwakarta jawa barat yang cocok dikunjungi bersama seluruh anggota keluarga.

Semoga isu ini memberi manfaat bagi Anda.

Lebih baru Lebih lama