Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sari Ater, Pemandian Air Panas Alami yang Dikelola Profesional

Sari ater berada di bawah gunung tangkuban bahtera yang melegenda. Sumber air panasnya juga mengalir dari gunung tangkuban perahu. Ini menambah daya tarik dari lokasi wisata Bandung ini bagi para pengunjung yang tiba.

Lokasi pemandian air panas alami ini berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan bahari dengan luas mencapai 30 hektar.

Air panas di Sari Ater mempunyai kandungan aneka mineral yang baik bagi badan seperti kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi dan tingkat keasaman juga cukup tinggi dengan ph 2,45.

Dengan kandungan ini, air panas di tempat ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kulit, terapi untuk yang terkena penyakit rematik, gangguan saraf dan tulang.

Sari ater memiliki dua jenis pemandian. Pemandian yang berbentuk kolam dan pemandian yang alami. Pada pemandian alami, pengunjung mampu eksklusif mandi di sungai. Pengunjung mampu memilih tempat mandi di hulu ataupun di hilir sungai. Tentu saja masih dengan air yang panas.

Bagi pengunjung yang ingin mandi dengan menjaga privasi, di pemandian air panas ini Bandung juga disediakan kamar – kamar pemandian yang mampu kamu sewa. Kaprikornus pengunjung bisa mandi seorang diri untuk menikmati segarnya air panas Sari Ater.

Lokasi Sari Ater

Sari Ater, Pemandian Air Panas Alami yang Dikelola Profesional
Foto: dok sari ater

Lokasi Sari Ater sendiri berada di jalan Raya Subang Bandung Desa Ciater, Kecamatan Jalan cagak. Kabupaten Subang.

Namun, sebagian besar pengunjung menganggap lokasi ini berada di Bandung. Hal itu disebabkan oleh paket-paket wisata yang memasukkan objek wisata alam ini ke dalam daftar wisata di Bandung.


Rute Menuju Sari Ater

Lokasi wisata Sari Ater mampu dicapai dengan kendaraan umum maupun kendaraan langsung.

Bagi pengunjung yang memilih kendaraan umum, mampu berangkat dari terminal Leuwi panjang menuju ke terminal Ledeng dengan Bus DAMRI. Kemudian dengan mini bus menuju ke Subang. Sebelum masuk ke kota Subang, minta turun sempurna di pertigaan Jalan wisata, lalu jalan sedikit menuju loket untuk membeli tiket.

Bagi pengunjung yang menentukan menggunakan kendaraan eksklusif, berbagai rute dan jalan menuju Sari ater Hot spring Lembang ini.

Pengunjung dari Bandung mampu masuk jalan Cipaganti-menuju Setiabudi Lembang. Tetap di lajur arah Bandung-Subang sehabis melewati Tangkuban Perahu, dari sana menempuh jarak sekitar 15 menit sudah hingga di Sari Ater Hot Spring Lembang.

Untuk pengunjung dari Jakarta cukup keluar tol Subang, Menuju arah ke kota Subang Melanjutkan ke arah Subang-Bandung. Pengunjung akan menempuh jarak kurang lebih sekitar 2 ja, saja dari kota Subang.

Bagi pengunjung dari Subang tinggal menuju arah Subang-Bandung jalan utama sekitar 2 jam perjalanan, sudah Sampai di Sari Ater Hot Spring Lembang.


Jam Buka Sari Ater

Bagi pengunjung yang tidak menginap di resort, pemandian sari Aster terbuka untuk dikunjungi Setiap hari 08.00-16.00. Namun bagi pengunjung yang menginap di Resort Sari Ater, fasilitas pemandian air panas alami ini buka 24 jam.


Tiket Sari Ater

Untuk bisa menikmati pemandian ari panas dan kemudahan yang ada di Sari Ater, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Untuk yang ingin menikmati mandi air panas di ruang privat maka kau harus membayar sebesar Rp 80.000. Sedangkan untuk yang mandi air panas di sungai cukup membayar sekitar Rp 20.000 sampai Rp 50.000 tergantung lokasi yang dipilih.


Fasilitas Sari Ater

Mengenai akomodasi dasar bagi pengunjung, pengelola Sari Ater sudah menangani hal ini dengan baik. Kebutuhan mendasar seperti toilet, kamar ganti, mushola dan resort juga sudah tersedia di sini. Warung-warung penjual masakan dan minuman sudah banyak berjejer di luar lokasi wisata.


Aktivitas Menarik di Sari Ater

Sebenarnya selain berendam di pemandian air panasnya, pengunjung juga mampu menikmati aneka daya tarik wisata lain selama berada di Sari Ater ini. Di lokasi ini ada tempat permainan dan olahraga, pemancingan, Bumi perkemahan, wahana permainan anak – anak, Outbound dan fasilitas pendukung lainnya.

Berikut kami coba deskripsikan beberapa daya tarik wisata yang menjadi alasan sari Ater pantas untuk dikunjungi.


    Relaksasi

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Sari Ater yakni memanfaatkan khasiat dari pemandian air panas. Air panas dari gunung Tangkuban Perahu di pemandian air panas ini mempunyai khasiat tersendiri. Mulai dari sekedar meredakan pegai-pegal hingga terapi pada penyakit spesifik.

Pengunjung bisa merelaksasi tubuhnya dengan berendam di air panas dengan pilihan cara yang berbeda-beda. Pilihan cara menikmati air panas Sari ater diadaptasi dengan keinginan dari masing-masing pengunjung.

Pengunjung bisa berelaksasi di anutan sungai ciater yang alami. Air panasnya mengalir begitu saja tanpa ditampung terlebih dahulu. Beberapa titik terdapat pancuran dan jeram yang cukup indah. Pengunjung bisa duduk di bawah penderasan atau pancuran untuk merasakan sensasi pijatan.

Alternatif yang kedua untuk mampu menikmati khasiat pemandian air panas Sari Ater adalah berendam di bak renang. Di beberapa tempat, air panas akan dialirkan dan ditampung di bak renang yang berukuran cukup besar. Selain mampu berendam, pengunjung juga mampu berenang di kolam yang ukurannya lebih luas.

Alternatif yang ketiga, pengunjung bisa menyewa kamar khusus untuk berendam. Di dalam kamar ini, pengunjung mampu berendam di bak air panas seukuran badan. Sifat dari kamar rendam ini ialah private, dihentikan siapapun masuk kecuali orang yang menyewa kamar rendam ini. Dengan demikian, relasasi pengunjung bisa dilakukan secara maksimal.


    Out Bound

Selain atraksi utama berupa relaksasi di air panas, pengunjung juga mampu menikmati layanan lain yang disediakan oleh pengelola. Salah satu layanan yang tersedia yaitu permainan outbound yang popular dengan permainan Flying Fox.

Udara yang sejuk tentunya sangat mendukung kegiatan outing seperti ini di daerah Sari Ater. Beberapa permainan mirip, Panahan, ATV, Trampolin, Golf Mini dan lain-lain bisa didapatkan. Juga terdapat akomodasi caming ground.

Untuk mampu menikmati out bound ini, pengunjung harus membayar lagi untuk setiap permainan.


    Berperahu

Daya tarik wisata lain pengunjung bersama keluarga bisa berperahu mengelilingi danau buatan yang terletak masih di tempat wisata. Terdapat sebuah bak yang luas hampir mirip danau yang merupakan hilir atau tamat dari fatwa sungai.

Di final dari ajaran sungai air panas di tempat Sari Ater tersebut, terdapat sebuah bak yang cukup luas. Di kola mini pengunjung mampu menyewa bahtera dan berkeliling mengitari pulau yang ada di tengahnya.

Kegiatan berperahu ini, biasanya sering diburu oleh anak-anak. Sama dengan acara outbound, berperahu juga dikenakan biasa selanjutnya.


    Piknik

Di lokasi wisata Sari Ater, pengunjung bisa membawa masakan dari luar lokasi wisata. Biasanya para pengunjung membawa bekal berupa nasi timbel atau nasi biasa untuk dibuka bersama.

Di lokasi pemandian air panas ini, terdapat banyak tempat untuk dijadikan kawasan piknik. Pengunjung bisa menyewa tikar seharga sekitar 15.000 s/d 30.00. Namun kalau ingin berhemat dan mau sedikit repot, mampu juga membawa tikar sendiri untuk berkumpul dan menikmati kuliner bekal.


    Kuliner

Makanan khas dari loaksi wisata  Bandung ini yaitu olahan daging kelinci. Ada sup dan sate kelinci yang bisa pengunjung  nikmati di Sari Ater. Jarang – jarang ada lokasi wisata yang menyediakan hidangan olahan kelinci.

Selain masakan kelinci tentu saja pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner khas negeri pasundan lainnya, seperti bandrek.


Tips Mengunjungi Sari Ater

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini ialah di malam hari dan hari biasa.

Dengan suasana alam Lembang yang cuek di malam hari menjadikan pengunjung akan sangat menikmati suasana berendam di pemandian air panas. Ditambah suasana sepi hari bukan libur, menciptakan bisa menikmati air panas dengan kalem alasannya adalah tidak terlalu banyak pengunjung yang tiba.

Tapi waktu pagi atau hari libur juga tidak terlalu persoalan. Hal ini sebab Sari ater mempunyai daerah yang sangat luas dan pemandian yang air panas yang sangat banyak. Pengunjung masih bisa menikmati suasana berendam dengan sangat nyaman dan sangat menyenangkan. Terutama jikalau memakai fasilitas Privat.


Objek Wisata Dekat Sari Ater

Setelah puas berendam air panas, pengunjung bisa melanjutkan wisata ke lokasi yang indah. Area dusun bambu bisa jadi pilihan, dengan jarak 27 km. Dusun wisata ini cukup luas dan di tata dengan baik. Tersedia area kuliner, restoran unik, banyak sekali permainan, daerah menginap berupa villa dan glamping, dan juga taman terbuka yang luas.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan jenis selain panorama alam, mampu menentukan Orchid forest. Orchid Forest populer dengan keindahan koleksi Anggrek. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, mirip Venezuela, Amerika Serikat, sampai Peru.

Tempat wisata di Subang yang satu ini sayang sekali untuk anda lewatkan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Selamat berlibur!