Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Yang Paling Menarik

Tempat Wisata di Ngawi Yang Paling Menarik – Ngawi yaitu sebuah kabupten yang terletak di provinsi jawa timur dan juga berbatasan pribadi dengan provinsi jawa tengah. Ngawi juga bedekatan dengan kabupaten Pacitan yang pada bagaian sebelumnya penulis telah membahas perihal daerah wisata di pacitan. Seperti halnya pacitan yang mempunyai julukan kota 1001 goa, Ngawi juga mempunyai julukan, bahkan tidak hanya satu julukan, ya kabupaten ngawi memiliki beberapa julukan diantaranya ialah kota “kota Bambu”   yang di yakini menjadi asal undangan nama Kabupaten ngawi tersebut yakni awi yang mempunyai arti bambu dan di tambahi dengan ng.

Selain itu ngawi juga di juluki sebagai Kota “kripik tempe” alasannya adalah di ngawi terdapat kripik tempe yang khas dan jarang ada di kota lainya. Nah yang terakhir dari julukan kota ngawi adalah ngawi merupakan kota “Kota Yang Ramah” , julukan tersebut lah menjadi slogan kota ngawi, pokoknya keren deh kota ngawi ini.

Nah selanjutnya kita membahas objek wisata yang ada di ngawi, emmm di ngawi ada apa aja ya. pengen tahu? simak artikel ini hingga simpulan. sedikit citra, kawasan wisata di kota ngawi identik dengan wisata alamnya. pokoknya cocok banget bagi anda yang suka dengan wisata alam.

Air Terjun Pengantin

Rekomendasi Tempat Wisata di Ngawi Yang Paling Menarik

Objek wisata di ngawi yang pertama adalah riam pengantin, mungkin sebagian dari anda pernah menyaksikan film horor indonesia yang mengakibatkan lokasi utama film tersebut adalah penderasan pengantin. Namun hening saja, teladas pengantin tidak seperti yang dikisahakan dalam film tersebut, tidak ada suasana mencekam, menakutkan dan yang lainya. Yang ada hanyalah pesona alam gerojokan yang begitu memanjakan mata.

Air terjun ini memiliki nama yang unik, pengambilan riam pengantin alasannya adalah di daerah daerah tersebut terdapat sepasang gerojokan yang memiliki ketinggian yang sama yakni sekitar 12 meter dari dasar riam. Bagi anda yang tidak suka dengan keramaian daerah ini patut anda bookmark terlebih dahulu, alasannya air terjun pengantin ini masih jarang orang yang tahu mengingat lokasi yang agak sulit di temukan. Yaitu berada di balik perkebunan teh jamus yang meruapakan icon wisata kota  ngawi. wisata jamus akan dibahas di bab selanjutnya. Air terjun ini tepatnya berada di Dsn Besek, Ds Hargomulyo, Kec Ngrambe Ngawi. Untuk menuju lokasi ini di buthkan perjalanan darat memakai kendaraan bermotor sekitar 3 jam dari pusat kota ngawi.


Perkebunan Teh Jamus Ngawi

Seperti akad penulis pada bagian sebelumnya yang akan membahas obyek wisata jamus ngawi yang beitu indah. Ya onyek wisata ini terletak di Dsn Jamus, Ds Girikerto, Kec Sine Ngawi ini merupakan kawasan wisata yang menjadi andalan di kota ngawi. Tauhakah anda, kebun teh ini meruapakan peninggalan pada masa penjajahan belanda. Jika anda pergi kawasan anda mampu menikmati sejuknya perkbunan teh dari bukit borobudur yang menjadi bab kebun teh tersebut. Disebut bukit borobudur karena bentuk landaian-landaian bukit yang mirip dengan borobudur yang ada di magelang. Berbeda dengan kebun teh pada teh yang lain, di jamus ini banyak pohon teh yang sudah berumur sampai ratusan tahun.

Selain menyuguhkan pemandangan kebun teh yang mempesona, di lokasi tersbut juga terdapat flying fox dan jernihnya sumber mata air Lanang di lokasi perkebunan teh. Tidak hanya itu di kebun teh tersebut anda juga bisa melihat proses pembuatan teh dan membawa pulang teh khas jamus yang memiliki rasa kopi.


Air Terjun Srambang Ngawi

Wisata selanjutnya yaitu masih mebahas tentang wisata alam. Yaitu teladas srambang yang tersembunyi, alasannya adalah letaknya yang letaknya di lereng gunug lawu. Tepatnya berada di Ds Girimulyo, Kec Jogorogo Ngawi. Air terjun ini terletak di anatara hutan pinus sehingga tercipta suasana yang sejuk dan sunyi. Tempat wisata ini di rekomendasikan bagi anda yang suka dengan traveling mengingat diperlukan perjalanan yang berliku untuk sampai ke loasi gerojokan srambang tersebut. Untuk mencapai lokasi tersebut anda harus menumpuh jarak 25 km dari kota ngawi hingga ke gerbang tiket retribusi. Setelah melewati gerbang tiket retribusi anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga memakan waktu sekitar 30 menit untuk  hingga ke lokasi gerojokan. Perjalan yang cukup panjang ya hhh, tapi damai saja saat hingga ke lokasi teladas pasti rasa lelah akan terbayar dengan indahnya penderasan tersebut.


Waduk Pondok Ngawi

Waduk Pondok ngawi, merupakan daerah wisata air di ngawi yang menyuguhkan pemandangan waduk dan pegunungan yang indah. Waduk ini terletak di Kec Dampit yang berjarak hanya 6 km dari sentra kota ngawi. Di tempat ini anda dapat bermain jetski, mengelilingi waduk dengan menaiki prahu dan berfoto ria dengan latar pemandanagn yang eksotik


Museum Trinil Ngawi

Bagi anda yang suka dengan wisata benda-benda prasejarah, museum ini patut anda kunjungi. Di museum ini terdapat spesies Phitecantropus erectus yang merupakan fosil yang populer. Fosil tersebut di temukan di daerah ngawi seinggasehingga di bangunlah sebuah museum yang bernama Trinil. Museum Trinil terletak di Dsn Pilang, Ds Kawu, Kec Kedunggalar Ngawi. Tempat tersebut berjarak sekitar 14 km dari jantung kota ngawi. Di museum tersbut, anda mampu mengamati aneka macam macam fosil seperti fosil manusia purba, tumbuh-tumbuhan dna hewan. Selain itu anda juga dapat mengetahui jejak jejak kehidupan manusia purba dengan mengamati sejumla fosil yang ada di museum trinil.


Benteng Pendem Van Bosch

Tempat wisata bersejarah di ngawi selanjutnya yaitu benteng pendem van bosch . Benteng tersebut merupakan benteng peninggalan belanda yang kaya akan nilai sejarah dan eksotis. Benteng ini memiliki daya tarik yang berbeda dengan benteng-bentang lainya, yaitu dengan tembok tembok yang terlihat lama dan kusam. Walaupun terlihat mirip itu, tapi benteng ini masih besar lengan berkuasa dan kokoh berdiri. Bagi anda yang hobi foto dengan latar bangunan renta, tempat ini sangat cocok untuk di jadikan obyek foto yang keren dengan ciri khas bangunan tua dan arsitetur yang indah. Benteng Pendem van Bosc berlokasi di titik pertemuan anatar begawan madiun dan bengawan solo.


Pesanggrahan Srigati

Tempat wisata di ngawi selanjutnya adalah Pesanggrahan srigti yang syarat akan sejarah dan juga menyimpan nilai mistis. Pesanggrahan ini berlokasi di Ds Babadan, Kec Paron yang berjarak sekitar 12 km dari jantung kota ngawi. Menurut cerita yang ada, di samping menjadi pesanggrahan Raja Brawijaya, daerah ini juga menjadi keraton bagi kerajaan mahluk ghaib. Dengan begitu banyak orang yang memanfaatkan tempat tersebut untuk ngalap berkah dan mencari ilmu ghaib. Namun hal tersebut tidak di bolehkan lo ya dalam agama. Namun, ternyata daerah ini berhubungan dengan sejarah kota ngawi. Ole sebab itu patut anda kunjungi sebagai wisata sejarah yang ada di kota ngawi. Dan anda tidak perlu takut akan cerita-kisah yang beredar selama ini asalkan anda tidak berbuat macam macam di kawasan itu. Di pesanggrahan ini ada beberapa kawasan yang sekiranya sangat menarik untuk di kunjungi seperti sendang drajat, selodakan, pelenggahan soekarna. Pelenggaan agung srigati dan sendang tempuran silogonggo


Makanan Khas Kota ngawi

Setelah anda puas menjelajahai tempat wisata di ngawi yang mempesona, sekarang saatnya anda untuk mecoba masakan khas kota ngawi yakni tepo tahu dan wedang cemue yang sangat memanjakan lidah. Tepo merupakan sebuah makanan yang serupa  dengan lontong yang terbuat dari beras, yang membedakan dengan lontong yakni bentuk dan teksturnya. Makanana khas berupa lontong dan tahu ini dapt di sajikan bersama, seledri, kol, toge, taburan kcang dan krupuk yang disiram dengan kuah khas yang sangat segar.

Selain memiliki makan khas yang begitu lezat, ngawi juga memiliki minuman khas yang tak kalah enaknya. Yaitu wedang cume yang terbuat dari gabungan antara gula tebu, santan, jahe, roti tawar dan kacang telur. Minuman ini cocok dihidangakan dengan hangat dan dinikmati di udara acuh taacuh mirip dinginya udara di ngawi.

Lebih baru Lebih lama