Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Bangku Ciamis, Memandangi Kecantikan Ciamis Dari Atas Awan

Puncak Bangku Ciamis ini ada di tempat dataran tinggi yang mempunyai tebing-tebing indah. Dari kejauhan tampak puncak puncak bukit yang diselimuti oleh kabut. Cuaca di sekitar Puncak bukit wisata ini syahdu dan hambar. Sangat cocok untuk dinikmati dengan ditemani kehangatan segelas kopi.

Lokasi wisata alam dataran tinggi ini, mampu dibilang negeri di atas awan. Karena kawasan wisatanya berada di puncak. Dan ketika pagi hari melihat ke bawah, semuanya dipenuhi oleh awan, seolah-olah pengunjung ada di atas awan.

Tempat wisata Puncak Bangku Ciamis ini mulai ngehits sehabis banyak pengujung yang mengupload ke media sosial. Awalnya tempat ini hanya dikunjungi oleh pengunjung dari sekitar Ciamis atau Kuningan saja. Tapi sekarang daerah ini didatangi pengunjung dari banyak sekali kota baik dari Bandung bahkan dari Jakarta.

Beberapa spot foto kekinian juga sudah dibangun dikawasan Puncak Bangku Ciamis. Ada bahtera yang seolah terbang diantara lautan awan, ada juga ayunan seperti sarang burung dan spot-spot foto lainnya. Hanya saja bila ingin berfoto disana harus sabar antri dengan pengunjung lainnya.

Lokasi Puncak Bangku Ciamis

Puncak Bangku Ciamis, Memandangi Kecantikan Ciamis Dari Atas Awan
Image By @puncakbangku

Puncak Bangku Ciamis merupakan destinasi wisata yang bertempat di desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Karena berada di dataran tinggi dan sering berawan, Puncak Bangku bahkan disebut-sebut sebagai negeri di atas awan


Rute Menuju Puncak Bangku Ciamis

Untuk mengunjungi destinasi wisata negeri di atas awan ini, jikalau pengunjung melewati kota Ciamis akan menempuh perjalanan sekitar 40-50 menit. 40-50 menit jika menggunakan kendaraan dengan kecepatan sedang antara 40-50 Km/jam.

Rutenya ialah dari Alun-alun Ciamis ke arah Baregbeg, lalu kita belok ke arah Sukadana lalu ke Kecamatan Rancah. Dari pertigaan Polsek Rancah jangan lupa ambil jalur lurus dan ikuti petunjuk menuju Puncak Bangku Ciamis.

Bagi pengunjung yang tiba dari arah Kota Banjar, kalian bisa menggunakan terusan jalan Cisaga-Hayawang dan lalu menuju ke daerah Rancah. Begitupun dari arah Kawali, pengunjung mampu masuk ke jalan Hayawang yang menuju daerah Cisaga.

Setelah sampai di kawasan Rancah, lalu menuju kantor Polsek Rancah. Di dekat kantor polsek terdapat pertigaan dan di situ sudah terdapat petunjuk arah menuju ke objek wisata Puncak Bangku Ciamis.

Untuk parkir Kendaraan, pengunjung hanya perlu parkir di area sekitarnya saja atau dirumah-rumah warga atau di warung-warung yang ada alasannya adalah area parkir masih belum dibuat khusus.


Jam Buka Puncak Bangku Ciamis

Lokasi wisata dataran tinggi ini buka sepanjang pekan. Mulai jam 06.00 pagi sampai jam 17.00 di sore hari.

Bagi yang ingin menikmati fenomena negeri di atas awan, usahakan tiba sangat pagi, sekitar jam 06.00. Karena fenomena negeri di atas awan adanya pada jam tersebut dan akan hilang total kira-kira pada jam 08.00. Fenomena tersebut terjadi dikala kabut tebal menyelimuti hutan di pagi hari.


Tiket Puncak Bangku Ciamis

Sebenarnya hingga saat ini belum ada tiket resmi atau biaya masuk ke tempat Puncak Bangku Ciamis. Makara pengunjung yang datang hanya akan menawarkan pertolongan seikhlasnya untuk pembangunan prasarana di daerah wisata Puncak Bangku Ciamis.


Fasilitas Puncak Bangku Ciamis

Sebagai destinasi wisata yang menyasar masyarakat luas, Puncak Bangku Ciamis terus menambah fasilitas dan perbaikan diberbagai sudut agar mampu meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Saat ini sudah mulai dibangun parkiran, sudah ada mushola, warung-warung dan WC sudah dibangun. Kini pengunjung juga mampu beristirahat di saung atau gazebo yang ada di sekitar daerah wisata Puncak Bangku Ciamis.


Daya Tarik Puncak Bangku Ciamis

    Puncak, Awan, dan Secangkir Kopi

Di Puncak Bangku Ciamis, pengunjung akan sangat gampang menemukan minuman penghangat mirip kopi, susu dan lain sebagainya. Di pagi hari, pengunjung akan disuguhkan pemandangan kolam negeri di atas awan. Di destinasi wisata ini akan disuguhkan pemandangan tebing-tebing.

Ketika awan sudah menghilang, akan disuguhi pemandangan hijau yang masih asri dan indah. Sambil meneguk secangkir kopi sambil menikmati pemandangan yang masih hijau dan asri. Puncak ini menjadi begitu viral tidak lain alasannya adalah pengguna media social mengupload keindahan wisata negeri di atas awan.

Kunjungan paling ramai di lokasi ini biasanya pada pagi hari, dikala awan menutupi hutan. Banyak pengunjung yang mempunyai sahabat di sekitar Puncak Bangku Ciamis yang menginap di rumah temannya, biar mampu berangkat pagi sesudah subuh.

Jika ingin menikmati negeri di atas awan datanglah pagi-pagi, bila ingin pemandangan hijau nan indah datanglah siang. Jadi pengunjung mampu memilih dua momen dan dua pemandangan dalam satu kawasan wisata.

Pemandangan di siang hari sangat indah dan pemandangan di pagi hari juga sangat indah, ditambah dikala sunrise. Bahkan ada beberapa pengunjung berkata pemandangan akan indah pada sore dan malam hari.

Kadang masa juga ada beberapa pengunjung luar kota yang sengaja berkemah dan bermalam di Puncak Bangku Ciamis.


    Spot Foto

Sebagaimana umumnya habit pengunjung lokasi wisata saat ini, ialah mengambil foto diri, Puncak kursi ciamis juga memfasilitasi aktivitas itu. Bahkan pengelola menyediakan spot spot khusus yang didesain unik dan cantil

Pengunjung pun tidak perlu khawatir soal spot foto. Sebab, ada beberapa spot foto Instagramable yang menarik dicoba. Ada beragam pilihan spot, seperti spot foto sarang burung, jembatan pohon, dan lainnya.

Jika ingin berfoto di spot-spot itu, pengunjung diminta merogoh kocek lagi sebesar Rp 3 ribu rupiah di beberapa spot foto yang tersedia. Wajar saja, alasannya adalah mengingat menciptakan spot-spot ini tentu tidak murah, dan juga perlu dipelihara secara reguler untuk menjaga keindahan dan keamanan bagi pengunjung.

Namun, walau demikian spot foto yang bayar itu sekitar 2 atau 3 saja. Tapi, untuk yang lainnya pengunjung  bebas untuk selfie atau foto-foto.


Tips Mengunjungi Puncak Bangku Ciamis

Tips bagi kalian yang mau tiba ke daerah Puncak Bangku Ciamis dan ingin melihat lautan awan, cobalah datang lebih pagi. Biasanya lautan awan akan terbentuk setelah pukul 06.00 pagi hari hingga pukul 07.30 dan semakin siang semakin menghilang.

Jadi supaya tidak terburu-buru datanglah sesudah sholat subuh supaya bisa puas menikmati proses terbentuknya lautan awan di Puncak Bangku Ciamis.


Objek Wisata Dekat Puncak Bangku Ciamis

Bagi pengunjung ciamis kalau enggan pergi jauh ke puncak bukit, suasana hutan juga bisa diperoleh hanya beberapa km dari kota. Pilihannya yakni Hukoci. Hutan kota ini menyuguhkan pemandangan pribadi menghadap gunung mananggel. Dimana kabut halus menyelimuti keindahan di pagi hari dan sore hari, menghias pemandangan sekitar menjadi lebih manis.

Sedangkan yang tertarik dengan wisata berbau budaya, namun juga erat dengan alam, mampu memilih kampung budaya padi pandanwangi. Di sini, pengunjung mampu menikmati suasana desa yang asri, alasannya semua bangunan rumah terbuat dari kayu mirip zaman dulu. Rumah tersebut juga berbentuk panggung.

Secara keseluruhan lokasi wisata dataran tinggi ini pantas menjadi acuan lokasi wisata melepas penat. Selain faktor gratis tiket, hal yang utama yakni kesempatan untuk mencicipi suasana alam sari bebas polusi, yang sudah makin sulit diperoleh belakangan ini.