Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pule Payung Yogyakarta, Dengan 8 Keajaibannya

Pule Payung Yogyakarta berada pada ketinggian sekitar 500 mdpl. Sehingga memungkinkan melihat panorama alam indah di bawahnya yang penuh dengan pepohonan hijau. Uniknya, obyek Pule Payung ini juga memadukan panorama alam dengan spot foto kekinian.

Perpaduan bukit hijau, danau dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Cocok untuk mencari tempat melepas penat usai bekerja seminggu. Bagi yang ingin mengunggah koleksi foto terbaru di Instagram, Pule Payung Yogyakarta yaitu daerah yang sempurna untuk mengabadikan momen liburan.

Gardu Pandang yang  tersedia di lokasi ini ada berbagai macam model, mulai dari model hexagonal, lingkaran, dan ada model jembatan kayu. Makara pengunjung mampu berfoto dengan berbagai model gardu pandang.

Akses menuju spot-spot foto cukup mudah karena wisatawan tidak perlu berjalan kaki menaiki bukit. Serta lokasi spot yang luas sehingga mampu menciptakan wisatawan menikmati pemandangan alam secara leluasa.

Lokasi Pule Payung Yogyakarta

Pule Payung Yogyakarta, Dengan 8 Keajaibannya
Image By @awanis_

Wisata Pule Payung Yogyakarta Lokasinya terletak di Dusun Saropati Desa Hargotirto Kecamatan Kokak Kabupaten Kulon Progo.

Lokasi wisata indah ini lokasinya juga tidak jauh dari Kali Biru.

Simak juga: Wisata di Jogja Terbaru


Rute Menuju Pule Payung Yogyakarta

Rute menuju Pule Payung Yogyakarta ialah mengikuti rute Kalibiru. Jika pengunjung datang dari sentra Kota Yogyakarta, pengunjung mampu melewati Jalan Godean. Dari jalan itu, lurus terus ke arah barat mengikuti jalan tersebut. Hingga sampai di Goa Kiskendo.

Setelah itu, bisa ambil kiri, yakni ke arah Taman Sungai Mudal dan Air Terjun Kembang soka. Sesampainya di persimpaingan Jalan setelah Gapura Air Terjun Kembang Soka. Pengunjung dilarang mengambil ke arah kanan, nanti kau malah hingga ke Tebing Gunung Gajah. Pengunjung harus mengambil arah kiri, yaitu ke arah Kali Biru.

Sampai ke Kali Biru, Pengunjung akan dengan mudah mampu menemukan penunjuk jalan menuju Pule Payung.

Karena lokasi Pule Payung Yogyakarta juga sejalur dengan Tebing Gunung Gajah, kau mampu mampir ke Tebing Gunung Gajah juga.

Simak juga: Tebing Breksi, Objek Wisata Jogja Yang Instagramable


Jam Buka Pule Payung Yogyakarta

Wisata alam pule payung Jogjakarta ni buka setiap hari. Dari senin hingga ahad. Jam buka dari pagi sekitar pukul 08.00 sampai sore pukul 16.00 WIB.

Simak juga: The World Landmarks – Merapi Park Yogyakarta


Tiket Pule Payung Yogyakarta

Pule Payung Yogyakarta diresmikan atau dibuka Baru tahun ini 2017. Harga tiketnya sangat terjangkau hanya Rp 5.000 per orang.

Namun untuk pengunjung yang ingin memakai spot untuk latar berfoto maupun untuk rekreasi, ada biaya aksesori lainnya. di sini. Berikut daftar harga tiket masuk spot foto dan wahana Pule Payung.

  • Spot Angkasa : Rp.15.000,-

  • Spot Lolipop : Rp.10.000,-

  • Spot Wolu : Rp.15.000,-

  • Spot Jembatan Surga : Rp.10.000,-

  • Flying Fox : Rp.30.000,-

  • Spot Sepeda Langit : Rp.25.000,-

  • Simak juga: Bukit Lintang Sewu

Fasilitas Pule Payung Yogyakarta

Fasilitas yang disediakan Pule Payung Yogyakarta bisa dikatakan cukup lengkap. Beberapa diantaranya seperti paket tour yang terdiri dari tiga pilihan, adalah gold, silver, bronze, dan paket empat. Fasilitas lainnya antara lain musala, gazebo, tempat bersantai, pendopo amerta.

Selain itu, terdapat juga toko buah tangan yang menyediakan item khas Yogyakarta.

Simak juga: The Lost World Castle, Menjelajahi Benteng Hits Lereng Merapi


Daya Tarik Pule Payung Yogyakarta

    Spot Angkasa

Spot Angkasa mempunyai sejumlah properti komplemen untuk berfoto adalah dingklik dan meja. Makara, Pengunjung Pule Payung Yogyakarta mampu melaksanakan pose selfie seperti sedang duduk menikmati secangkir teh hangat dari ketinggian.

Panorama Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, dan langit biru akan semakin menambah bagus hasil bidikan kamera Pengunjung.

Simak juga: HEHA Sky View Jogja


    Spot Lolipop

Spot foto yang satu ini terbilang unik karena berbentuk mirip permen lolipop. Ketinggiannya juga sejajar dengan tanah sehingga cukup kondusif buat anak-anak tanpa harus naik tangga. Viewnya sama indahnya jika dibandingkan dengan spot lain.

Hamparan pepohonan hijau dan Waduk Sermo bisa Pengunjung lihat dari spot ini.

Simak juga: Minuman & Makanan Khas Jogja


    Spot Wolu

Spot Wolu ini seperti dengan Spot Bundar yang ada di wisata alam Kalibiru Kulon Progo, perbedaannya terletak pada bentuk pijakannya. Bentuk pijakan spot ini berupa segi banyak beraturan, bukan bulat. Ketinggiannya mencapai meter kalau diukur dari pondasi bagian bawah.

Dari atas Spot Wolu, Pengunjung dapat berfoto dengan latar Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo. Kapasitas pijakannya mampu menampung sekitar 7 orang, tapi dengan berat badan standar. Harga tiket untuk berfoto di sini sebesar 15 ribu rupiah per orang.

Simak juga: Oleh-Oleh Khas Jogja yang Wajib Anda Bawa Pulang


    Spot Jembatan Surga

Spot Jembatan Surga Spot Jembatan Surga Sesuai dengan namanya, berupa jembatan yang lumayan panjang dengan daya tampung 50 orang. Dinamakan Jembatan Surga tentu saja alasannya pemandangan alam di tempat ini sangatlah indah.

Lukisan alam berupa Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo dari ketinggian mampu Pengunjung nikmati saat naik ke jembatan. Tersedia juga properti sepeda motor DKW yang mampu dijadikan suplemen dalam berfoto. Sebuah pengaturan ruang yang sangat menawan.

Berkat viralnya Jembatan Syurga dikalangan netizen, Pule Payung Yogyakarta kini menjadi destinasi wisata Kulon Progo yang ramai dikunjungi wisatawan.

Simak juga: Tempat Makan di Jogja Paling Enak & Murah


    Flying Fox

Wahana permainan Flying Fox tentu sudah tak gila lagi ditelinga para penyuka wisata alam. Dengan menaiki wahana ini, Pengunjung akan meluncur ke bawah melalui sebuah tali dari ketinggian. Tak usah kuatir perihal keselamatan karena Pengunjung akan dibekali tali pengaman.

Selain mampu memacu adrenalin, meluncur deras sejauh 100 meter sambil menyaksikan kecantikan Bukit Menoreh dan Waduk Sermo tentu akan menjadi pengalaman menyenangkan. Harga tiket Flying Fox dibanderol sebesar 30 ribu rupiah per orang.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Jogja


    Spot Sepeda Langit

Pada awalnya, Sepeda Langit atau Sky Bike dikenal sebagai salah satu wahana di Dago Dream Park dan The Lodge Maribaya Bandung. Namun, sekarang wahana tersebut telah hadir di Pule Payung Kulon Progo sehingga buat warga Yogyakarta dan sekitarnya, tak usah lagi jauh-jauh tiba ke sana.

Cukup mampir ke Pule Payung, Pengunjung akan mendapatkan foto kekinian yang sama bagusnya. Sesuai dengan namanya, spot Sepeda Langit menawarkan kesempatan pengunjung untuk mengayuh sepeda di ketinggian.

Tidak perlu kuatir soal keselamatan, Pengunjung akan dibekali alat pengaman ketika mengayuhnya. Dengan naik ke atas Sepeda Langit, Pengunjung bisa menerima spot foto terbaik dengan background Waduk Sermo nan eksotis

Simak juga: Wisata di Sleman Terbaru


    Ayunan Langit dan Kursi Langit

Ayunan ini sebetulnya tidak terlau tinggi, hanya saja lokasinya berada pada area ketinggian sehingga bisa melihat landscape Bukit Hijau Menoreh dan Waduk Sermo. Meskipun tak terlalu ekstrim seperti halnya Zen Hideaway Ubud Swing di Bali, Pengunjung tetap dapat berfoto seolah-olah sedang berayun di udara pada ketinggian tertentu.

Sesuai namanya, spot foto Kursi Langit ini berupa sebuah dingklik mirip ayunan yang digantung pada sebuah tiang. Latar bab belakangnya sangat manis! Perpaduan angkasa biru, bukit hijau, dan danau buatan menimbulkan Pengunjung seperti sedang menaiki dingklik melayang di udara.

Simak juga: Wisata di Kulon Progo Terbaru


    Gazebo

Bukan hanya sebagai daerah beristirahat sejenak, gazebo Pule Payung Yogyakarta juga anggun lho buat berfoto. Terbuat dari kayu dengan cat berwarna cokelat menciptakan penampilan gazebo tampak fotogenik. Pengunjung bisa berfoto bersama keluarga atau teman sambil duduk-duduk santai di sini.

Ada juga Tempat duduk bersantai  Mirip dengan gazebo. Tempat Bersantai ini juga tidak mengecewakan manis buat foto. Tapi, daya tampungnya sekitar 2 orang saja. Cocok buat kawasan selfie berdua dengan istri tercinta.

Simak juga: Wisata di Bantul Terbaru


Tips Mengunjungi Pule Payung Yogyakarta

Sebelum berkunjung ke Pule Payung, ada baiknya pengunjung memperhatikan beberapa tips wisata berikut, supaya perjalanan dan kegiatan di Pule Payung berjalan dengan lancar.

  • Pilih waktu kunjungan ketika cuaca cerah.

Daya tarik utama Pule Payung yakni spot foto outdoor kekinian dengan latar pemandangan alam eksotik. Untuk menghasilkan foto elok dan keren, tentu membutuhkan pencahayaan yang cantik. Apabila matahari bersinar terperinci, kita akan lebih mudah menghasilkan gambar anggun.

  • Pakailah pakaian kasual yang modis.

Kawasan wisata Pule Payung Jogja ini berupa perbukitan. Dengan menggunakan pakaian kasual, kita akan lebih gampang bergerak tanpa terjatuh dan tetap bisa tampil manis di depan kamera.

  • Bawalah topi dan kacamata untuk melindungi badan dari sinar matahari.


Objek Wisata Dekat Pule Payung Yogyakarta

Selain dataran tinggi Pule Payung, Kulonprogo juga punya objek wisata dataran tinggi lain. Salah satunya yaitu Puncak Suroloyo. Untuk menuju puncak, pengunjung harus siap menaiki sekitar 200 anak tangga. Meski begitu, pemandangan di puncak seolah-olah membayar semua rasa lelah menuju ke sini.

Seperti halnya wisata dataran tinggi lain, kulonprogo juga punya teladas. Salah satunya ialah Air Terjun Kedung Pedut. Air terjun ini mempunyai sebuah bak alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak mirip kabut.

Bagi pengunjung yang suka selfie dan foto, pengunjung wajib mengunjungi Pule Payung. Pengunjung akan menerima foto sangat keren. jadi, tunggu apa lagi, ayo ajak teman-sobat, keluarga atau kekasih liburan ke Palu Payung.