Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Randayan, Pulau Mungil Dengan Sejuta Pesona

Pulau Randayan Singkawang teramat indah dengan air yang biru dan jernih. Pulau ini sangat hening dan cocok sekali bagi yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota. Di Pulau ini terdapat pantai yang masih sangat terjaga kealamiannya.

Kondisi pantai yang sangat bersih, menjadikan kawasan ini cocok untuk dijadikan daerah bersantai sekaligus menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Dahulu Pulau Randayan merupakan sebuah pulau pribadi yang dimiliki perorangan. Namun seiring berjalannya waktu, pulau ini berkembang menjadi sebuah wisata maritim yang mempesona. Selain sajian panorama pantai yang eksotis, kalau beruntung pengunjung juga berkesempatan melihat penyu bertelur.

Keindahan  wisata bawah bahari sekitar pulau, masih terjaga dengan baik. Hal ini alasannya adalah daerah ini masuk dalam daerah koservasi Kabupaten Bengkayang. Keindahan Pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai pohon-pohon rindang dan hijau. Ditambah dengan pasir pantai yang putih dan hamparan watu yang akan membuat kalian nyaman dikala berada di sana.

Lokasi Pulau Randayan

Pulau Randayan, Pulau Mungil Dengan Sejuta Pesona
Image By sitimustiani.com

Pulau Randayan yang terletak di kabupaten Bengkayang kalimantan barat, merupakan salah satu pulau di kepulauan Lemukutan Besar yang terletak Laut Cina Selatan dan bagian timur pulau Kalimantan.

Pulau ini terletak di sebelah utara tempat pesisir Kalimantan Barat.


Rute Menuju Pulau Randayan

Untuk menginjakan kaki di Pulau Randayan, pengunjung dapat melalui jalur Teluk Suak. Perjalanan dari Pontianak menuju Teluk Suak dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam dengan jarak sekitar 115 km. Teluk ini berada di 32 km dari Kota Singkawang.

Dari Teluk Suak, pengunjung dapat memakai speedboat dengan tarif pulang pergi (PP) Rp. 150 ribu.

Alternatif lain, pengunjung juga mampu menggunakan bahtera motor atau kapal khusus. Akan tetapi, pengunjung harus berangkat dari area Pasir Panjang. Tarif menggunakan kapal khusus yakni Rp. 100 ribu pulang pergi (PP). Sedangkan tarif bahtera motor adalah Rp. 30 ribu PP.


Jam Buka Pulau Randayan

Pulau Randayan terbuka 24 jam sehari, 7 hari seminggu untuk mendapatkan pengunjung. Hal ini tidak lepas dari eksistensi vasilitas villa di pulau ini.


Tiket Pulau Randayan

Untuk bisa menikmati keindahan pulau indah ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 20.000.


Fasilitas Pulau Randayan

Fasilitas untuk wisatawan tergolong lengkap. Di Pulau mempesona ini, pengunjung mampu menyewa perlengkapan untuk diving dan snorkeling. Bagi pengunjung yang hobi memancing, pulau ini juga menawarkan yang anggun untuk memancing.

Ikan yang berhasil ditangkap mampu dimasak atau dipanggang sendiri. Pulau Randayan juga di lengkapi dengan adanya sebuah Villa. Di Pulau ini pengunjung mampu menginap layaknya mirip rumah sendiri yang berada di sebuah pulau yang indah.

Pulau ini juga sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Villa yang dilengkapi juga tempat bersantai di tepi pantai merupakan aksesori yang sangat cocok, dengan begitu pengunjung yang ada di pulau akan betah dan nyaman dikala berada di sana.


Daya Tarik Pulau Randayan

    Pulau mungil yang Indah

Dengan luas sekitar 4,5 hektar, Pulau Randayan dikenal sebagai salah satu nirwana bagi penikmat wisata maritim di Pontianak. Tidak jarang wisatawan aneh pun kerap menyambangi pulau bagus ini. Selain bersantai di tepian pantai berpasir putih, Pulau indah ini juga menawarkan beragam aktivitas wisata bahari.

Berdasarkan catatan yang ada, Pulau Randayan mempunyai luas tutupan karang hidup sekitar 4,50 hektar, karang mati 3,69 hektar, lamun 0,63 hektar, dan pasir seluas 4,77 hektar. Kondisi itu sangat memungkinkan bagi siapa pun yang mempunyai hobi menyelam untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah airnya.

Pulau Randayan memiliki keindahan laut yang sangat khas. Air yang biru dan jernih, serta pulau yang sangat tenang. Sangat cocok sekali bagi wisatawan yang ingin mencari ketenanganan dan jauh dari keramaian kota.

Keindahan Pulau juga di lengkapi dengan berbagai pohon-pohon yang rindang dan hijau. Dengan keindahan alam yang dimiliki Pulau Randayan menimbulkan pulau ini salah satu pulau favorit dan sangat populer bagi para pecinta wisata di Kalimantan Barat.


    Laut yang menawan

Sampai di dermaga pulau Randayan, pengunjung akan disambut dengan air laut yang berwarna hijau. Air maritim benar-benar seolah ada yang menumpahkan sirup ke dalamnya. Hanya saja rasa sirupnya asin. Dari atas dermaga tersebut, pengunjung mampu melihat ikan-ikan cantik.

Ikan-ikan tersebut berukuran telapak tangan orang cukup umur. Dari atas dermaga, pengunjung juga mampu melihat pemandangan Pulau Randayan dengan pantai pasir putih yang indah ini.

Pulau ini memberikan panorama alam yang indah dan kehidupan bawah laut yang eksotis. Pantai di pulau ini mempunyai pasir berwarna putih yang menambah keindahan di pulau ini. Berbagai kegiatan mampu dilakukan mulai dari memancing, diving sampai snorkeling.

Disaat menyelam pengunjung akan mampu melihat banyaknya terumbu karang yang mempunyai bentuk yang sangat unik. Juga juga mempunyai warna yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, bila berada di Pulau Randayan sangat disarankan untuk melihat keindahan alam bawah lautnya.

Keistimewaan air yang jernih dan tidak terlalu dalam, memudahkan pengunjung menyaksikan warna-warni tumbuhan dan fauna bawah maritim Pulau Randayan. Dengan hanya memakai kacamata dan keberanian untuk menyelam, keindahan bawah lautnya menciptakan terpana dan takjub.


    Hiking

Bagi pengunjung yang senang dengan olah raga hiking, bisa mencoba mendaki bukit yang berada di tengah-tengah pulau. Tidak terlalu tinggi, namun cukup untuk membantu mengeluarkan keringat. Setelah menikmati pemandangan dari atas bukit, pengunjung mampu berjalan menyusuri pantai yang berpasir putih dan sebagian lainnya berbatu.

Kombinasi pasir putih, pohon kelapa dan ombak yang berkejar-kejaran bisa menawarkan kesan romantis bagi pengunjung, apalagi yang tiba bersama pasangan hati. Karena itu tempat ini juga patut dipertimbangkan untuk bulan madu atau sekedar menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat di hati.


    Menikmati alam luar ruangan

Untuk yang senang menikmati suasana alam bebas, pulau Randayan juga menyediakan camping ground. Fasilitas ini terdapat di sekitaran pulau. Terdapat beberapa lokasi yang cantik untuk anda camping sambil pesta barbeque.

Bisa juga untuk sekedar berbaring menikmati langit malam yang di penuhi jutaan bintang. Kecuali langit sedang berawan atau mendung. Pulau Randayan yang jauh dari keramaian kota memungkinkan kita untuk melihat langit yang dipenuhi bintang.

Randayan adalah pulau yang khusus dikelola untuk kepentingan pariwisata. Karena itu suasananya sangat terkontrol dan hening. Dengan demikian Pulau Randayan sangat cocok bagi anda yang sedang ingin menenangkan diri jauh dari keramaian kota.

Beberapa bangunan permanen yang berfungsi sebagai villa wisata bangkit megah tidak jauh dari pantai. Villa tersebut dalam kondisi yang sangat baik. Mungkin tiba bersama keluarga dan menginap di villa tersebut bisa menjadi kenangan tak terlupakan.

Fasilitas yang disediakan juga relatif lengkap sehingga villa tersebut bisa digunakan juga untuk kegiatan-acara yang melibatkan orang banyak, misalnya untuk outbound.


Objek Wisata Dekat Pulau Randayan

Masih di kabupaten Bengkayang, terdapat juga beberapa objek wisata lain yang tidak kalah indahnya. Pertama ada Pantai Samudera Indah. Selain memiliki hamparan pasir putih yang indah, pantai Samudera Indah juga memiliki bebatuan besar di pinggir pantai. Batu ini menarik wisatawan untuk melakukan swafoto.

Selanjutnya, di kabupaten Bengkayang juga ada Bukit Jamur. Bukit ini memberikan sensasi menikmati keindahan alam disekitarnya dari atas ketinggian. Pengunjung akan melihat hamparan awan putih yang mengelilingi bukit dengan mata telanjang. Sehingga seperti sedang berada di atas awan.

Pulau Randayan memang sangat indah, mempunyai sejuta pesona wisata. Daratan pulau, pantai, maupun bawah airnya, semuanya memilki keindahan tersembunyi. Sudah banyak wisatawan berkunjung ke sini, kemudian anda kapan?