Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulau Putri Batam, Sisi Perbatasan Singapura dan Malaysia

Suasana di Pulau Putri sangat nyaman dan damai. Hal ini membuat para pengunjung mampu mengamati keindahan alam sekitar dengan santai. Sambil menggelar tikar biar bisa duduk menanti matahari terbenam dan juga matahari terbit.

Pulau Putri yang berbatasan pribadi dengan negara Singapura, dengan posisi dan letak yang mampu dibilang sebagai pulau terluar dari Indonesia. Mercusuar yang memakai solar cell sebagai titik atau teladan semoga Pulau ini tidak ditabrak oleh kapal-kapal yang berlayar didekatnya.

Pulau ini menyajikan pemanadangan yang indah, lengkap dengan aksesorisnya, pantai dengan pasir putih, bebantuan diantara air yang jernih dan tata pulau yang indah. katanya bak Putri yang sunguh cantik nan rupawan.

Pulau Putri bantu-membantu yaitu satu kesatuan pulau. Namun pengikisan pantai, menjadikan Pulau Putri terpisah menjadi tiga bab yang terlihat pada kondisi air pasang. Namun akan kembali tampak menyatu menjadi satu kesatuan saat air laut surut.

Lokasi Pulau Putri

Pulau Putri Batam, Sisi Perbatasan Singapura dan Malaysia
Image By: batampos.co.id

Pulau Putri terletak 1 km di  lepas Pantai Nongsa di di Kelurahan Sambau, Kecamatan Batam Timur, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Pulau Puteri ialah salah satu pulau terluar Batam yang berbatasan pribadi dengan Singapura.

Simak juga: Wisata di Batam Paling Terkenal


Rute Menuju Pulau Putri

Bagi warga Sumatera khusus nya yang tinggal di Pangkal Pinang atau sekitar Provinsi Riau tentu tidak akan sulit menjangkau pulau ini yang hanya dengan speedboat mampu dijangkau meskipun jarak pulau ini ke negara tetangga jauh lebih bersahabat.

Sementara bagi pengunjung yang datang dari luar pulau dapat mendarat di Bandara Hang Nadim. Kemudian dilanjutkan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua waktu menuju Pantai Nongsa. Waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit menuju Pantai Nongsa.

Setelah sampai di Pantai Nongsa, perjalanan mampu dilanjutkan menaiki bahtera boat atau pancung yang sudah tersedia untuk menuju Pulau Putri dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos Rp. 20 ribu sekali pergi.

Simak juga: Wisata di Tanjung Pinang Terbaru


Jam Buka Pulau Putri

Pulau putri tidak memiliki ketentuan soal jam buka dan tutup, namun mengingat bahwa pengunjung bisa menginap di pulau itu, maka mampu dianggap pulau ini buka 24 jam penuh.

Simak juga: Wisata Pantai di Batam yang Menarik


Tiket Pulau Putri

Sampai ketika ini, untuk masuk ke Pulau Putri pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Hal ini berkaitan dengan masih belum rampungnya pembangunan seluruh akomodasi. Nanti sehabis semuanya rampung mungkin akan dikenakan tiket masuk.

Simak juga: Objek Wisata di Pulau Natuna yang Sangat Eksotis


Fasilitas Pulau Putri

Pembangunan kemudahan penunjang wisata, mulai gencar dilakukan di Pulau Putri semenjak Awal tahun 2019. Fasilitas yang dibangun berupa dermaga untuk mendarat. Termasuk juga tulisan-goresan pena untuk destinasi wisata. Serta perbaikan Jalan-jalan di daratan Pulau.

Simak juga: Pulau Ranoh, Si Pantai Cantik Berpasir Putih Batam


Daya Tarik Pulau Putri

1. Pulau Terluar

Pulau Putri ialah salah satu pulau terluar di indonesia yang menjadi batas langsung antara Indonesia dengan negara tetangga. Pulau Putri Nongsa ini tepat berada di emperan selat malaka berhadapan dengan selat philips yang merupakan selat tersibuk di dunia dan berbatasan pribadi dengan Singapura dan Malaysia.

Pulau Putri ini tak berpenghuni. Luasnya hanya sekitar 300 meter persegi. Kalau datang tidak di selesai pekan, tak ada pedagang kuliner yang biasanya rutin tiba untuk berjualan. Pondok-pondok kuliner itu tutup

Pemandangan dari Pulau Putri Nongsa ini juga sangat seru. Dari sana sangat terang terlihat gedung-gedung tinggi pencakar langitnya negara Singapura. Hal ini karena Pulau Putri sangat bersahabat dengan Singapura. Jaraknya hanya sekitar tiga belas kilo meter dari pantai changi Singapura dan enam belas kilo meter dari Johor, Malaysia.

Simak juga: Treasure Bay Bintan, Kolam Renang Terbesar Se-Asia Tenggara


2. Beragam Pilihan Aktifitas Pantai

Meskipun tergolong pulau kecil, Akan tetapi kini Pulau Putri sudah semankin luas dari sebelumnya. Pemerintah sebagai pengelola pulau, menambah luasnya dengan melakukan reklamasi agar para pengunjung yang berkunjung kepulau ini merasa lebih nyaman dan betah menghabiskan waktu bermain air di pulau ini.

Pengunjung Pulau Putri bisa piknik sembari menikmati masakan yang dibawa. Namun bila tak membawa bekal, jangan khawatir alasannya adalah sudah ada kantin yang menjual minuman dan kuliner juga.  Juga terdapat beberapa ayunan yang mampu digunakan oleh pengunjung. Bahkan pengunjung mampu memasang hammock sendiri dan tinggal digantung di batang pohon yang ada.

Untuk main air, sangat bisa. Area Pulau Putri airnya higienis sehingga pengunjung bisa berenang hanya saja area lautnya luas dan dalam lebih baik berhati hati, apalagi bila tidak bisa berenang. Memancing, juga banyak dilakukan oleh para pengunjung. Mereka berangkat dari pagi dan pulang saat matahari mulai tenggelam.

Pemandangan bawah lautnya dikala bersnorkeling atau diving juga tidak kalah cantiknya, terumbu karang dengan aneka ikan berwarna-warni dan sangat lucu disekitarnya. Atau bila mau bisa juga naik banana boat, dan juga bermacam-macam aktivitas lainnya juga mampu dilakukan di pulau ini.

Pulau Putri merupakan pulau yang panjang. Akan tetapi itu hanya terjadi dikala air maritim surut. Ketika air pasang, daratan Pulau Putri terbagi menjadi tiga bab, seolah-olah beliau gugusan 3 pulau kecil.

Simak juga: Telaga Bidadari, 1 Permata di Tengah Hutan Muka Kuning


3. Bermalam di Pulau

Di daratan Pulau kecil ini terdapat sebuah hutan kecil. Pohon-pohonnya berjarak, mirip sengaja dirapikan untuk daerah wisata. Tanahnya, di beberapa titik, menghitam—sisa-sisa api unggun. Pulau Putri memang kerap digunakan sebagai area camping, terutama saat pergantian tahun.

Karena tidak ada kawasan penyewaan peralatan berkemah di sana, pengunjung yang ingin camping harus membawa tenda sendiri. Pada animo liburan, pengujung juga mampu hanya sekedar duduk sepanjang malam nongkrong di pondok-pondok makan, yang buka ketika isu terkini ramai.

Masyarakat setempat bantu-membantu tak menyarankan bermalam di pulau itu. Banyak kisah angker beredar tentangnya. Salah satu yang terkenal ialah dongeng seorang putri patah hati yang kemudian menjadi “penghuni”, karenanya pulau itu dinamai Pulau Putri. Konon, banyak orang sering melihat kemunculannya di pulau itu.

Sang Putri bersetia menanti kekasihnya yang tak kunjung datang di sana. Lalu lahirlah mitos, pasangan yang sedang berpacaran tidak boleh tiba ke sana, alasannya adalah Sang Putri akan cemburu dan mengambil si laki-laki untuk dijadikan kekasihnya.

Simak juga: Telunas Resort, Pulau Wisata Premium Di Perbatasan Negara


Objek Wisata Dekat Pulau Putri

Selain wisata Alam, Kepulauan Riau juga punya wisata buatan. Salah satunya yaitu Taman Bunga Celosia yang memiliki spot Instagenic. Taman mempunyai hamparan bunga celosia aneka warna yang memanjakan mata. Pengunjung mampu berpose di spot kupu-kupu raksasa, kincir angin dan taman kincir. Sangat elok kalau diabadikan dengan kamera.

Bagi mereka yang menginginkan ketenangan sejati, Telunas Resort menunjukkan pengalaman yang jauh lebih eksklusif. Suasana di daerah ini mampu begitu hening. Semua yang pengunjung dengar hanyalah deburan ombak, dan terkadang kicau burung dan sepoi angin.

Memperhatikan aneka macam daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Putri, sepertinya akan jadi pilihan yang tepat untuk tidak berlama-lama menunda kunjungan ke lokasi indah itu. Segeralah mencumbu air dan pasir pantai nya yang higienis.

Semangat Berlibur!