Pulau Pari, Setitik Keindahan di Tengah Ruwetnya Jakarta

Pulau Pari keberadaanya sudah terkenal di antara para petualang. Tidak hanya para petualang yang tiba dari dalam negeri sendiri saja, namun juga para petualang dari mancanegara, turut ikut menikmati pemandangan yang indah di Pulau.

Dilengkapi dengan deretan pantai yang indah, berpasir putih bersih yang luas menghampar, air laut yang biru jernih, menciptakan berenang di pantai Pulau Pari yakni salah satu hal menarik yang pasti dilakukan oleh para petualang.

Beberapa deretan pulau kecil tersebar di pantai Pulau Pari menciptakan berenang di sana semakin seru. Tingkat kedalaman dari pantai di sana juga dengan mudah terlihat. Jika air bahari mulau berwarna biru tua, itu artinya memiliki kedalaman 2-5 meter. Namun, jikalau air laut masih bergradasi putih dan hijau toska, kedalamannya masih sekitar 1-2 meter saja.

Tidak hanya berenang saja nih bro, kalem sembari menikmati sinar matahari yang akrab juga mampu dilakukan di pantai Pulau ini. Bisa lo lakukan dengan berjemur di pantainya, atau lo mengapung santai di pinggir pantai.

Lokasi Pulau Pari

Pulau Pari, Setitik Keindahan di Tengah Ruwetnya Jakarta
Photo By : @egadestihstr

Pulau Pari merupakan Pulau berpenduduk yang termasuk dalam Wilayah manajemen Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.


Rute Menuju Pulau Pari

Untuk mencapai pulau, memulai dari manapun, semuanya harus bermuara di Dermaga Kali adem. Karena penyeberangan pulau bermula dari dermaga ini.

Dari Dermaga Kali adem Rute ke pulau dilanjutkan dengan naik Kapal yang biasa disebut kapal ojek. Yaitu kapal nelayan yang di fungsikan sebagai alat transportasi dari dermaga Kapal Kali Adem menuju Pulau Pari,

Pengunjung dari Stasiun Tanah Abang naik Mikrolet 08 Tanah Abang-Kota turun di stasiun Kota. Disitu naik Kopami 02 Senen-Muara Karang minta turun deket Muara Angke lalu naik ojek ke kali Adem

Pengunjung dari Bekasi, bisa naik Mayasari Bakti AC29 Bekasi-Grogol/Kalideres turun di Grogol. Disitu naik angkot merah KWK B01 Grogol-Muara Angke turun di Muara Angke lalu naik ojek ke kali Adem

Pengunjung dari Bogor dan Depok, dapat naik KRL jurusan Jakarta Kota turun di stasiun Jakarta Kota. Keluar halte nyebrang ke depan Museum Mandiri disitu naik 02 Senen-Muara Karang minta turun deket Muara Angke kemudian naik ojek ke kali Adem


Jam Buka Pulau Pari

Pada dasarnya pulau pari terbuka 24 jam. Namun acara wisata ke pulau harus menyesuaikan dengan jadwal kapal.

Jadwal Keberangkatan kapal menuju Pulau antara pukul 06.00 – 07.00 setiap hari Senin sampai Jumat. Bagi pengunjung Pulau ini yang pulang pada hari Minggu dari Pulau ke Kali Adem tersedia jadwal kapal komplemen pada siang hari pukul 11.00 siang


Tiket Pulau Pari

Memasuki pulau pari tidak dikenakan tiket. Namun bukan berarti tidak perlu menyiapkan biaya. Pengunjung paling tidak harus menyiapkan biaya penyeberangan.

Tarif Kapal Ojek ke Pulau Pari berkisar Rp.40.000- Rp.55.000 sekali jalan. Ada juga Transportasi yang lebih nyaman melalui dermaga Kapal Marina Ancol menggunakan Kapal Luxury Speed Boat yang berangkat antara pukul 8.00 -09.00, dengan biaya  Rp.250.000 – Rp.350.000 sekali jalan ditambah tiket masuk ancol Rp.25.000.


Aktivitas Menarik di Pulau Pari

    Berenang

Berlibur ke Pulau tak lengkap rasanya bila tak berenang dan menikmati kejernihan air maritim yang tersedia. Di Pulau Pari para pengunjung mampu berenang sepuasnya alasannya adalah Pulau ini dikelilingi oleh pantai-pantai yang halus dan arus yang ramah juga cukup kondusif untuk bawah umur.


    Bermain Pasir

Pulau Pari sangat populer dengan pantai yang yang bersih. Terdapat pula Pantai Pasir Perawan yang begitu damai, higienis, dan indah yang menjadi daya tarik tersendiri saat mengunjungi Pulau. Bermain pasir dengan orang tercinta mampu mempererat ikatan suatu kekerabatan.


    Snorkeling

Salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan dikala berlibur ke pulau adalah snorkeling. Pulau Pari Memiliki ekosistem bawah maritim yang indah dan tentunya banyak dijumpai ikan-ikan kecil yang manis. Di Pulau terdapat penyewaan alat snorkeling sehingga memudahkan pengunjung kalau ingin melakukan acara yang satu ini.

Pilihan lokasi snorkeling di pulau-pulau terdekat ialah Pulau Tikus, Bintang Rama, APL. Pulau Burung Indah, Pulau Kongsi. untuk snorkeling di Pulau ini pengunjung dapat menyewa Kapal Nelayan dengan kapasitas 10 orang dengan biaya perhari Rp.350.000 tergantung tawar menawar dan sewa alat snorkling lengkap google, fin, sepatu katak dan pelampung dengan membayar Rp.35.000.


    Water Sport

Pemandangan indah di sekitar laguna mampu dinikmati dengan menaiki kano mengelilingi tumbuhan mangrove. Pengunjung dikenakan tiket masuk Rp.3.000 perorang Sedangkan untuk parkir sepeda dikenakan biaya Rp.2.000 persepeda,

tersedia pula sarana permainan air mirip Banana Boat, Canoe, Sofa Boat, Donut, dan lain-lain dengan membayar Rp.35.000 sekali naik.


    Bersepeda

Hampir di semua pulau wisata Kepulauan Seribu tersedia fasilitas persewaan sepeda bagi para pengunjung. Para pengunjung mampu berkeliling menikmati pemandangan dan menghirup udara sejuk yang ada di Pulau ini.

Pengunjung dapat menyewa sepeda untuk keliling Pulau Pari seharian dengan membayar Rp.15.000 persepeda.


    Berjemur

Jika sudah lelah dengan semua aktivitas berenang, berjalan-jalan, maupun bersepeda, pengunjung mampu istirahat bersantai dan berjemur. Berjemur di pantai seperti halnya yang wisatawan dari Negara barat lakukan. Banyak saung-saung untuk beristirahat yang disediakan di Pulau Pari ini.


    Wisata Kuliner

Berkunjung ke suatu kawasan, jangan sampai lupa merasakan kuliner khas daerah tersebut. Sama mirip destinasi wisata lain,Pulau Pari juga mempunyai beraga masakan seafood yang bisa pengunjung santap hingga puas. Selain itu, wisatawan juga bisa mengadakan BBQ dengan orang-orang tercinta.

Biasanya homestay menyediakan paket makan 3 x sehari seharga Rp.50.000 perorang. atau pun memesan ikan dan bumbu untuk barbeque. atau mencoba menu laut di warung makan di sekitar pulau.


    Wisata Belanja

Bagi orang Indonesia, hal yang niscaya ditanyakan dikala pulang setelah berlibur yakni oleh-oleh. Untuk itu di Pulau sendiri sudah tersedia banyak kios yang menjual banyak sekali macam oleh-oleh dan souvenir khas Pulau Pari.


    Hunting Sunrise dan Sunset

Spot Hunting Sunrise Pulau Pari biasanya berada dari Dermaga Pulau, sebab terbentang laut yang luas untuk melihat cantiknya Matahari yang sedang terbit.

Spot Hunting Sunset di Pulau Pari biasanya berada dari Pantai Lipi atau Pantai Bintang. Karena lokasi ini yakni ujung barat dari daerah Pulau. Untuk mampu sampai ke tempat ini pengunjung mampu memakai sepeda sebagai transportasi.


    Fotografi

Objek Wisata Dekat Pulau Pari

Untuk objek wisata lain di bersahabat pulau pari, yang paling akrab tentu saja pulau tidung. Pulau yang sama-sama ada di kabupaten kepulauan seribu ini mempunyai sejumlah pantai perawan dengan pemandangan yang menakjubkan, seperti Pantai Cemara Kasih dan Pantai Saung Perawan. Di sana pengunjung juga bisa melihat penangkaran penyu sisik dan penangkaran hiu.

Pulau wsata lain yang berdekatan yaitu pulau Pramuka. Di Pulau Pramuka, terdapat sebuah kelurahan bernama Kelurahan Pulau Panggang. Daerah ini dihuni oleh adonan beberapa etnis nusantara, seperti etnis Betawi, etnis Banten, etnis Bugis, sampai etnis Madura. Anda mampu melihat sendiri bagaimana penduduk dari latar belakang etnis yang berbeda hidup berdampingan dan berbaur secara kondusif.

Dari kisah singkat kami ini mengenai keindahan pulau pari, tentu anda sudah bisa menerka-nerka bagaimana keseruan yang dirasakan jika berwisata ke sana. Makara kalau ada acara kunjungan ke Jakarta, pastikan lokasi ini masuk dalam daftar lokasi tujuan berlibur.

Lebih baru Lebih lama