Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Keindahan Alam Pulau Kayangan Makassar

Pulau Khayangan merupakan pulau kecil yang sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pasir putih higienis membentang disepanjang pantai. Pulau hanya berjarak 15 menit perjalanan perahu dari Makkasar.

Lokasi Pulau Kayangan Makassar

Pesona Keindahan Alam Pulau Kayangan Makassar
Image By Image Credit by Pemerintahan.id

Secara administratif, Pulau Kayangan terletak di Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Lokasi pulau ini hanya sekitar 0,8 km dari Makassar. Pulau ini mampu dicapai oleh pengunjung dalam waktu sekitar 15 menit dengan naik bahtera.


Biaya ke Pulau Kayangan Makassar

Menyeberang ke pulau kayangan dari dermaga Ujung Pandang , tepatnya di depan Benteng Rotterdam. Penyeberangan yang memerlukan waktu sekitar 15 menit itu berbiaya Rp. 40.000 untuk sampaumur, dan Rp 25.000 untuk anak-anak.

Penyeberangan tersedia pada pukul 08.00  sampai 20.00 setiap hari nya. Dari dermaga ini perahu tersedia setiap 30 menit.


Jam Buka Pulau Kayangan Makassar

Pulau kayangan terbuka 24 jam untuk dikunjungi dan mewadahi acara para pengunjung.


Tiket Pulau Kayangan Makassar

Tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin masuk ke pulau kayangan Makassar ini. Makara pengeluaran wajib hanya sebatas biaya transportasi penyewaan perahu saja.


Fasilitas Pulau Kayangan Makassar

Fasilitas penunjang aktivitas wisata di Pulau Kayangan sudah cukup memadai. Pengunjung bisa menikmati banyak sekali kemudahan mirip penginapan, kolam renang, dermaga, dan kafe.

Di pulau ini tidak terdapat pemukiman penduduk, tetapi terdapat resort yang dikelola oleh swasta. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari dermaga penyebrangan khusus, restoran, penginapan, panggung hiburan, areal permainan anak-anak sampai anjungan untuk daerah memancing. Tarif penginapan di pulau Khayangan berkisar antara Rp 100,000 – Rp 300,000.

Selain itu, terdapat penyewaan perlengkapan menyelam untuk menikmati pemandangan bawah bahari dengan harga yang terjangkau. Beberapa daerah di pulau ini juga menyediakan akses wifi, jadi tak perlu khawatir kesulitan mengunggah foto wisata ke Acc Instagram.


Daya Tarik Pulau Kayangan Makassar

    Pulau Wisata yang Menawan

Dari kejauhan, Pulau Kayangan sudah memancarkan pesona elok. Pemandangan tersebut seakan membuat ingin melaju lebih kencang lagi semoga cepat hingga. Sambil menikmati perjalanan, pengunjung mampu menyaksikan indah Kota Makassar dari tengah bahari. Belum lagi alam bawah bahari yang kurang jelas terlihat dari permukaan.

Dengan luas hanya sekitar 1 hektar, pulau tak berpenghuni ini sangat bagus dan cocok untuk liburan. Bisa dikunjungi sendirian, maupun  bersama keluarga atau teman-teman. Pengelola pulau menyediakan aneka macam fasilitas yang mirip hotel lengkap dengan restoran, panggung hiburan, meeting room , kemudahan olahraga, kawasan bermain anak-anak dan bak renang.

Selain fasilitas yang lengkap, Pulau Kayangan juga dikaruniai alam yang indah. Pesisir sebelah barat pulau ini menghadap ke bahari lepas selat Makassar. Sedangkan di bab timur pulau,  menghadap kota Makssar. Tepatnya berhadapan dengan pelabuhan.

Di pesisir barat, pengunjung dapat memandang biru air maritim plus rimbun pohon dan deretan pulau-pulau kecil. Tidak hanya itu, matahari terbenam juga tampak jelas dari sudut ini.

Sementara itu, di pesisir timur pengunjung bisa melihat kesibukan pelabuhan dengan kapal-kapal besar dari kejauhan. Di malam hari, sisi ini menampilkan wajah lain dari kota Makassar dan pelabuhan yang penuh lampu kelap-kelip.


    Pantai yang Indah

Saat Baru datang di dermaga, pengunjung sudah langsung akan disuguhkan dengan pasir pantai yang bersih. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai acara bersama keluarga atau teman seperjalanan. Bermain air di bibir pantai selalu menjadi aktivitas favorit bagi hampir setiap pengunjung.

Puas bermain air di pantai, pengunjung mampu beristirahat di penginapan. Alangkah baiknya jikalau sebelum tiba ke Pulau Kayangan, didahului dengan memesan kamar terlebih dahulu. Maklum, pulau ini sudah banyak dikunjungi wisatawan yang mungkin juga akan menginap. Jangan sampai sudah tiba jauh-jauh malah tidak kebagian kamar.

Sambil menikmati sore hari yang indah di Pantai Pulau Kayangan Makassar, pengunjung mampu bersantai di ayunan tali yang diikatkan di pohon kelapa. Suasana makin tepat dengan kehadiran sunset di sebelah barat yang mengeluarkan semburat kuning keemasan.


    Kuliner Romantis

Seharian beraktivitas tentu membuat perut terasa lapar. Pengunjung mampu segera menuju restoran yang ada di atas maritim. Terlihat seperti dermaga, restoran ini menyuguhkan pemandangan yang sangat bagus.

Restoran di Pulau Kayangan Makassar menyajikan masakan khas makassar, seperti coto makassar, sup konro, pallu basa dan es palu butung alias pisang ijo. Pengunjung mampu menyantak sajian sambil menikmati pemandangan dermaga dan kota Makassar yang gemerlap indah. Kota Makassar sangat indah pada malam hari lengkap dengan kelap-kelip lampu dermaga.

Kata konro berasal dan bahasa Makassar yang artinya iga. Jadi, sup konro berarti sup yang berbahan dasar tulang rusuk iga sapi atau kerbau. Sup konro dapat disajikan dalam dua bentuk, adalah konro berkuah (makassar beef-ribs soup) dan konro tidak berkuah atau sering disebut sebagai konro bakar (makassar grilled beef-ribs).


    Menyelam

Bagi pengunjung yang suka menyelam, Pulau Kayangan Makassar ini mampu menjadi alternatif yang menarik. Pulau ini mempunyai perairan yang jernih dengan dikelilingi pasir putih layaknya Pulau Panjang.

Saking jernihnya air di pulau ini, Pengunjung mampu dengan mudah menerawang biota bahari dan terumbu karang dari atas kapal. Sebagai salah satu wisata alam andalan Makassar, pulau anggun ini menunjukkan begitu banyak keunggulan.

Selain panorama alam yang menarik, daya tarik lain dari Pulau Kayangan Makassar terletak pada aktivitas diving dan snorkeling. Diving di sini menunjukkan pemandangan bawah laut yang cukup berbeda. Selain menawarkan pesona biota maritim yang elok, di sini terdapat beberapa kapal karam sisa perang dunia ke-2 telah berubah menjadi karang.

Jika ingin menyelam, pastikan Anda memiliki lisensi menyelam. Tidak hanya itu, dimanapun menyelam sebaiknya di bawah pengawasan penyelam mahir yang mengetahui seluk beluk tempat yang ingin diselami.


Objek Wisata Dekat Pulau Kayangan Makassar

Selain pulau kayangan setidaknya ada 5 pulau kecil di perairan sekitar Makassar. Salah satunya Pulau Lae-lae. Pulau ini merupakan pulau wisata yang terdekat dari bibir pantai kota Makassar. Jaraknya dari Dermaga Kayu Bangkoa, Jl Pasar Ikan Makassar, hanya berkisar 1-2 kilometer atau satu mil perjalanan bahari dengan waktu tempuh 15 menit.

Di pulau Lae-Lae, pengunjung mampu berenang, sambil menikmati panorama pantai sambil bakar-bakar ikan untuk dinikmati bersama sanak keluarga ataupun sobat kencang. Begitu juga bagi yang ingin mencicipi sensasi menginap di pulau, puluhan kawasan menginap atau villa dapat anda sewa di pulau itu.

Ada juga Pulau Kodingareng Keke. Jaraknya dari Dermaga Kayu Bangkoa, Jl Pasar Ikan, Makassar, hanya berkisar 13-14 kilometer atau sekitar 7-8 mil. Pulau yang terbilang tidak begitu luas itu, menyuguhkan panorama pantai pasir putih yang begitu indah dan air bahari nan jernih. Sensasinya terasa berlibur di pulau pribadi. Di pulau itu anda dapat berenang, snorkeling ataupun diving di sekitar pulau.

Nah, ternyata sebuah pulau yang sedemikian Indah tidak hanya ada di dongeng cerita saja. Datang saja ke Makassar lalu menyeberang menuju Pulau Kayangan. Temukan pengalaman lebih dari sekadar kawasan manis di negeri kisah.