Pasir Putih Situbondo, Rasa Pantai Bali di Pesisir Selatan Jawa Tmur

Menyusuri Pantai Pasir Putih Situbondo menciptakan hati menjadi teduh. Pasirnya yang putih, airnya yang jernih dan gelombang ombak yang tidak terlalu besar menciptakan pantai ini menjadi sangat menyenangkan dikala dikunjungi.

Berbeda dengan pantai di maritim selatan yang cenderung mempunyai ombak besar, maka ombak di Pantai Pasir Putih ini lebih damai, dan bahkan nyaris tidak berombak. Kondisi tersebut menciptakan pengunjung dapat menemukan aneka macam petualangan bawah laut mengasyikkan di pantai tersebut.

Pantai Pasir Putih sendiri mempunyai topografi yang unik, dengan bentuknya yang melengkung ke arah bahari. Dengan bentuknya yang melengkung serta hutan kehijauan di tepian, pantai ini menyuguhkan sebuah lanskap indah.

Barisan pepohonan cemara udang, kelapa, serta formasi pepohonan jati menunjukkan udara sejuk dan menghadirkan ketenangan di tempat pantai tersebut. Pada bab hutan di pantai ini, pengunjung juga mampu melihat sejumlah satwa berkeliaran di pepohonan.

Salah satunya ialah simpanse hitam, satwa yang kerap kali berebutan makanan di susukan Pantai Pasir Putih. Suara kicauan burung juga terdengar sepanjang hari. Keberadaan hutan ini yaitu salah satu pesona unik yang dimiliki Pantai Pasir Putih tersebut.

Lokasi Pasir Putih Situbondo

Pasir Putih Situbondo, Rasa Pantai Bali di Pesisir Selatan Jawa Tmur
Spot Instagenic via Instagram @ririn9399

Pantai Pasir Putih Situbondo terletak di jalur Pantura Jawa Timur, tepatnya di Kab. Situbondo, Kec. Bungatan, Desa Pasir Putih, Dsn. Kembangsambi.

Lokasi nya yang strategis membuat Wisata Pasir Putih ini mudah untuk ditemukan.


Rute Menuju Pasir Putih Situbondo

Jika kau berasal dari luar kota Pasuruan, pengunjung mampu menempuh perjalanan darat atau udara. Jika menempuh dengan jalur udara, terlebih dahulu menuju Bandara Internasional Juanda Surabaya. Banyak maskapai yang menawarkanpenerbangan tujuan bandara tersebut. Diantaranya Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air dan lain-lain.

Jika kau ingin menuju pantai pasir putih situbondo rute perjalanan yang harus kamu tempuh terbilang cukup mudah. Rute pantai pasir putih situbondo dari Surabaya sekitar 166 KM yang akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam.

Saat hingga di kota Situbondo pribadi ikuti panah jalan menuju ke Pantai Pasir Putih Situbondo. Karena letak pantai berada di pinggir jalur utama Surabaya jurusan Banyuwangi, kamu bisa menggunakan bus atau angkutan umum lain dari terminal Bungurasih (Surabaya).

Masih ada alternatif jalan lain amsih juga ada. Jika tinggal atau berangkat dari daerah kota Situbondo ke Pantai Pasir Putih hanya berjarak 21 KM atau waktu yang diperlukan hanya 30 menit bisa memakai angkutan umum ataupun bus.


Jam Buka Pasir Putih Situbondo

Unutk menikmati rekreasi di Pantai Pasir Putih Situbondo ini, pegunjung mampu datang mulai jam buka adalah jam 07.00 hingga jam tutup pada 18.00.


Tiket Pasir Putih Situbondo

Harga tiket masuk Pantai Pasir Putih Situbondo tergolong cukup murah, adalah sekitar  Rp 6,000 orang. Dengan harga tersebut,  pengunjung sudah bisa menikmati keindahan alam dengan kemudahan yang mendukung di daerah ini.

Di Pantai Pasir Putih Situbondo mampu menyewa bahtera dengan kapasitas maksimal 5 orang untuk berkeliling di sekitar pantai seharga Rp 75.000. Bagi pengunjung yang ingin berenang  di sekitar pantai, biar lebih aman mampu menyewa pelampung di tempat penyewaan.


Fasilitas Pasir Putih Situbondo

Pengelola Pantai Pasir Putih Situbondo juga menyediakan akomodasi kamar mandi untuk  bilas setelah seharian bermain di pantai. Selain itu ada juga  musholla untuk ibadah. Ada juga area untuk beristirahat mirip dingklik-kursi yang terbuat dari beton.

Bangku beton itu ada di akrab lokasi penjual kuliner di sekitar Pantai Pasir Putih Situbondo. Di sekitar area pantai ada kios yang menjual souvenir, seperti miniature bahtera, hiasan dan aksesoris yang terbuat dari kerang pantai yang dibentuk oleh warga sekitar yang cocok dijadikan sebagai buah tangan.

Untuk bermalam, di sekitar daerah Pantai tersedia penginapan murah mulai dari losmen, motel hingga hotel dengan harga yang bervariasi. Di sekitar pantai juga disediakan area untuk wisatawan yang ingin berkemah menghabiskan malam di pinggir pantai melihat bintang di langit malam pantai.


Daya Tarik Pasir Putih Situbondo

    Kental akan nuansa Pulau Dewata

Selain indah, Pantai Pasir Putih Situbondo juga relatif kondusif alasannya ombaknya yang tidak terlalu besar. Oleh alasannya itu, ada banyak acara wisata yang mampu dilakukan pengunjung ketika berwisata ke pantai ini.

Berbagai aktivitas wisata mirip snorkeling, kano, berenang, memancing, sampai naik perahu layar bisa dinikmati pengunjung dengan kondusif di sini. Musim kemarau yakni waktu terbaik untuk berwisata ke Pantai Pasir Putih Situbondo sebab air maritim yang relatif hening.

Banyaknya aktivitas wisata di pantai ini membuatnya bagikan pantai-pantai yang berada di Pulau Bali. Hal itu salah satunya disebabkan oleh adanya bahtera layar yang berlalu-lalang dan menepi di sepanjang garis pantai.

Pemandangan semacam itu biasanya ada di pantai-pantai Pulau Dewata. Pengunjung tidak hanya bisa memotret perahu layar yang unik itu. Mereka pun mampu naik perahu dan berkeliling. Tarifnya Rp 70.000 untuk dua orang.

Saat bahtera berlayar sampai ke tengah, pengunjung akan disuguhkan dengan lanskap menawan Pantai Pasir Putih Situbondo dengan latar belakang pegunungan yang menjulang di belakangnya.

Selain isu terkini kemarau, hari kerja juga merupakan waktu yang pas untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih Situbondo untuk menikmati suasana nan menenangkan. Saat hari libur, pantai ini akan dipenuhi oleh wisatawan.


    Keindahan bawah bahari

Keeksotisan Pantai Pasir Putih Situbondo ternyata tidak hanya tersaji di permukaan maritim saja. Pengunjung juga akan disuguhkan dengan panorama indah di bawah permukaan maritim-nya.

Ada dua cara untuk bisa menikmati keindahan bawah maritim di Pantai Pasir Putih Situbondo. Cara pertama yakni dengan snorkeling. Tentu cara ini bisa dilakukan mereka yang siap berbasah-basahan. Bagi pengunjung yang tidak ingin berair, mereka tetap mampu menikmati keindahan bawah laut Pantai Pasir Putih Situbondo dengan cara kedua, yaitu naik bahtera.

Pengunjung bisa melihat pemandangan bawah laut begitu bahtera hingga di spot tujuan. Cara melihat bawah bahari pun unik alasannya adalah bagian bawah perahu tidak terbuat dari kaca mirip beberapa pantai di Bali.

Pengunjung mampu melihat keindahan bawah bahari melalui sebuah kotak yang dasarnya terbuat dari kaca. Pengunjung cukup memegang kotak itu dan meletakkan dasarnya di atas permukaan bahari. Dengan cara itu, mereka akan bisa melihat pemandangan bawah bahari dengan terumbu karang dan ikan-ikannya seperti ikan badut dan bulu babi.

Pengunjung hanya perlu untuk berhati-hati ketika melihat keindahan bawah bahari dengan cara tersebut. Kotak yang dipegang jangan hingga tenggelam, serta barang mirip smartphone atau kamera juga jangan hingga jatuh ke air.

Tarif untuk naik perahu dan melihat panorama bawah laut Pantai Pasir Putih Situbondo ini cukup terjangkau. Biayanya hanya di kisaran Rp 70.000 untuk dua orang.


    Diving

Bagi pengunjung yang mempunyai skill menyelam mampu menyelam di perairan pantai ini. Alam bawah maritim Pantai Pasir Putih yakni tempat tumbuhnya terumbu karang yang mencapai radius hingga empat kilometer.

Arus laut yang damai serta airnya yang jernih yaitu keunggulan lainnya yang disukai banyak penikmat diving di Pantai Pasir Putih.

Secara total, ada lima formasi terumbu karang di Pantai Pasir Putih. Tiga gugusan di antaranya, yakni Teluk Pelita, Watu Lawang, dan Karang Mayit, terletak dekat dengan tepian pantai dan berada saling berdekatan satu sama lain.

Kedalamannya bervariasi, mulai dari 3 meter sampai 15 meter. Pemandangan utama di formasi ini yaitu koral berwarna-warni, spons, dan hewan maritim tembus pandang. Sementara, dua gugusan terumbu karang lainnya, yaitu Takat Palapa dan Kembangsambi, berada agak jauh dari pantai.

Untuk bisa mencapai gugusan-deretan ini, pengunjung bisa menaiki perahu motor selama sekitar dua jam. Biota laut yang mudah dilihat di gugusan-gugusan tersebut ialah siput bahari. Terkadang, ada juga sekelompok ikan bergaris putih, merah, dan biru terlihat melintasi terumbu karang. Jika beruntung, penyelam juga mampu menemukan penyu sisik di dasar lautan.


Objek Wisata Dekat Pasir Putih Situbondo

Selain pantai apsir putih, Situbondo juga memiliki pantai indah lainnya. Salah satunya Pantai Pathek yang terletak di Desa Gelung. Pantai ini menjadi spot favorit bagi para pemancing tradisional untuk melempar pancing. Pantai Pathek juga dilengkapi pendopo di sepanjang garis pantainya.

Bagi yang tertarik dengan wisata pantai yang mempunyai mangrove dan habitat burung, mampu memilih Kampung Blekok. Tidak hanya maritim yang indah, hijaunya mangrove yang merupakan habitat beragam burung air menciptakan kita betah selama mungkin di sini.

Di kawasan wisata Situbondo ini banyak burung blekok sawah. Tapi juga ada jenis lain. Blekok sawah merupakan burung berukuran 45 sentimeter, bersayap putih. Hidupnya di sawah atau daerah lembap, sendirian maupun kelompok. Kebiasaannya berdiri diam sembari menunggu mangsa.

Sekian west-java.com bisa suguhkan ringkasan soal lokasi, rute, tiket, dan juga daya tarik dari Pantai Pasir Putih Situbondo. Semoga mampu jadi bahan referensi untuk merencanakan kunjungan ke tempat Situbondo.

Lebih baru Lebih lama