Pantai Walaikiri, Keindahan Pantai Dengan Dihiasi Mangrove Yang Menari Di Sumba Timur

Pantai Walaikiri mempunyai mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih. Pesisir pantai dihiasi jajaran pohon kelapa, memberi keteduhan dan suasana nyaman. Mangrove Unik pantai inilah yang digunakan sebagai ilustrasi pada sampul album Terakhir Almarhum Glend Fredly.

Ada dua jenis tekstur pasir di Pantai Walaikiri. Pasir di tepi pantai mempunyai tekstur pasir seperti pantai pada umumnya, butiran warna putih gading dan garang. Sedangkan pasir di area bekas bahari yang surut teksturnya halus ibarat bedak, tapi pasirnya padat.

Satu lagi yang tidak boleh kau lewatkan bila berada di Pantai Walaikiri. Saat matahari terbenam, perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove. Pemandangan yang unik dan juga manis, mata kamu akan di manja dengan keindahannya.

Setelah masuk ke daerah wisata pantai walaikiri ini, isatawan mampu menikmati pesona pantai sepuasnya alasannya hamparan pasir putih yang higienis dan hutan mangrove di pantai serta pohon kelapa menciptakan suasana pantai ini menjadi nyaman.

Tak hanya pemandangan pantai yang indah, para wisatawan mampu menikmati bersihnya maritim biru dengan berenang dan menyelam.

Lokasi Pantai Walaikiri

Pantai Walaikiri, Keindahan Pantai Dengan Dihiasi Mangrove Yang Menari Di Sumba Timur

Secara administratif Walaikiri masuk wilayah Tatumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya hanya sekitar 24 km dari sentra kota. Jalurnya juga sangat mudah diakses menggunakan kendaraan beroda empat maupun sepeda motor.


Rute Pantai Walaikiri

Bagi pengunjung yang tertarik mengunjungi lokasi ini, pengunjung mampu menempuh perjalanan dari Denpasar Bali ataupun Kupang NTT melalui Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu.

Selanjutnya, pengunjung dapat menyewa taxi dari bandara sebesar 50 ribu rupiah atau menyewa taxi per hari seharga 500 ribu rupiah per harinya. Perjalanan selanjutnya hanya dengan waktu 15 menit dan sepanjang jalan, mata anda akan dimanjakan dengan hamparan padang sabana sebelum memasuki lokasi pantai Walaikiri ini

Pengunjung  sebaiknya menyewa motor atau kendaraan beroda empat dari Waingapu untuk menuju ke Walaikiri. Karena transportasi umum di Sumba terbilang susah. Begitu hingga, Teman Traveler bakal mencicipi suasana luar biasa tenang dan syahdu. Sangat cocok buat kalian yang ingin kalem sambil menenangkan pikiran.


Jam Buka Pantai Walaikiri

Danau ini sebuah tempat terbuka. Makara tidak ada pintu masuk dan keluar, maka lokasi ini dapat dianggap terbuka 24 jam sehari.


Tiket Pantai Walaikiri

Untuk memasuki daerah wisata Pantai Walaikir, pengunjung sama sekali tak dipungut biaya tiket masuk.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan, hanya dikenakan biaya parkir. Yakni untuk mobil Rp 10.000 dan untuk motor Rp 5.000.


Fasilitas Pantai Walaikiri

Tak perlu khawatir usai berenang, karena di pantai Walaikiri ini telah tersedia kemudahan toilet umum untuk membasuh badan usai berenang.

Bila wisatawan ingin menginap di tempat wisata ini, telah tersedia sejumlah villa dengan hara terjangkah yakni kisaran harga 300 sampai 500 ribu rupiah per malam.

Meskipun belum tersedia restoran mewah di lokasi ini, namun sejumlah café di tempat ini menyajikan beraneka ragam makanan rasa restoran dengan harga terjangkau. Betapa tidak, satu ekor ikan bakar mampu diperoleh hanya dengan harga 25 ribu rupiah sehingga tidak merobek kantong wisatawan.


Daya Tarik Pantai Walaikiri

Meskipun berada di bersahabat pemukiman warga dan cukup ramai dikunjungi oleh para pelancong baik dari dalam kota maupun luar kota.

    Pasir Yang Lembut

Pantai ini mempunyai hamparan pasir sangat bersih. Terasa halus dan lembut begitu menyentuh telapak kaki. Sungguh tepat bagi pengunjung yang suka berjemur manja sambil menikmati keindahan alam.

Pengunjung juga bakal disuguhi pemandangan apik berupa barisan pohon kelapa di pinggir pantai. Semuanya siap menunjukkan keteduhan dan kenyamanan dikala kalian berjalan di sekitarnya.

Satu lagi yang menjadi ciri khas Walaikiri ialah deretan mangrove berjajar rapi di sekitarnya. Rata-rata berukuran lebih kecil dibanding tanaman sejenis. Tak heran jika banyak orang lantas kerap menyebutnya dengan istilah ‘mangrove kerdil’.


    Spot Foto

Begitu air laut mulai surut, pengunjung pantai Walaikiri mampu eksklusif berpose unik di sebelah pohon mangrove. Dengan sudut pengambilan yang tepat, pengunjung pantai bakal seolah terlihat sedang ikut menari bersama tumbuhan eksotis tersebut.

Dengan panorama unik yang ditawarkan, daerah ini juga kerap dipilih banyak pasangan sebagai daerah untuk menggelar foto pre-wedding. Para pemburu sunrise dan sunset juga sangat disarankan mampir ke sini. Keindahan pemandangan yang disuguhkan bakal bikin pengunjung terpikat, sampai-hingga mata seakan tak mampu berkedip.


    Sunset

Satu hal lagi yang dilarang dilewatkan saat berada di Pantai Walaikiri adalah sunset-nya yang unik. Pengunjung tidak perlu khawatir bakal kelaparan ketika menunggu sunset soalnya di sekitar Pantai Walaikiri banyak penjajah masakan.

Saat matahari terbenam, perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat sangat berseni dan anggun. Tentunya momen ini dilarang dilewatkan untuk diabadikan.

Walaikiri ini terbilang pantai yang sangat unik dan merupakan spot yang tepat untuk menunggu matahari terbenam. Pohon-pohon mangrove kerdil yang terdapat di ujung bibir pantai ini jawabannya. Apabila air sedang pasang sekilas tak ada yang menciptakan unggul Pantai Walaikiri, namun moment istimewa Baru muncul ketika air sedikit surut.

Siluet pepohonan mangrove yang meliuk-liuk kolam penari menciptakan Walaikiri menjadi sebuah fenomena yang unik dan memanjakan mata. Ketika matahari terbenam, perpaduan antara warna langit senja dan siluet pohon mangrove terlihat sungguh artistik dan fotogenik untuk di foto dari segala arah.

Banyak sekali wisatawan yang ke sini sengaja untuk menyaksikan sunset di Pantai Walaikiri yang sungguh memesona. Selain sunset, beberapa wisatawan dan juga fotografer juga sering datang pagi-pagi buta untuk melihat matahari terbit yang juga terlihat dari sisi timur Pantai Walakiri.


Objek Wisata Dekat Pantai Walaikiri

Mengunjungi Sumba timur, belum lengkap tanpa singgah ke Bukit Wairinding. Mengunjungi tanah Sumba Timur ini, akan merasa menemukan sekeping surga yang terhampar diantara perbukitan.

Lanskap Bukit Wairinding yang demikian bagus dan sangat mempesona, membuat para pengunjung mirip tak ingin berkedip. Hamparan padang savana yang terhampar luas itu akan berwarna kuning dikala musim kemarau dan sebaliknya berwarna hijau pada animo penghujan.

Untuk wisata yang berafiliasi dengan air tawar, Sumba timur mempunyai Air Terjun Tanggedu. Air terjun yang mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Air Terjun Tanggedu bangun anggundi balik tebing-tebing terjal tersebut.

Air terjun ini mempunyai karakteristik tersendiri, dengan air yang bening kebiru-biruan menciptakan penderasan ini indah luar biasa.

Itulah sedikit bocoran dari kami mengenai keindahan Pantai Walaikiri. Pantai wisata alam elok yang wajib disambangi kalau sedang jalan-jalan di sekitaran Sumba. Dijamin tak bakal menyesal deh. Kaprikornus tunggu apa lagi, segera ajak deretan pohon mangrove kerdil di sini menari bersamamu.

Lebih baru Lebih lama