Pantai Ujung Tiro, Surga di Ujung Jalan Bulukumba

Pantai Ujung Tiro akan menciptakan siapa pun yang melihatnya berdecak kagum. Tak ada pasir putih di tempat ini. Sebagai gantinya ialah hamparan tebing-tebing batu yang indah. Tepat di bibir pantai ada watu tumbuh yang bangkit kokoh.

Sepanjang garis pantainya, laut langsung berbatasan dengan tebing karang. Sehingga tidak ada garis pantai yang berupa pasir mirip di Pantai -pantai lainnya di Bulukumba.

Di depan pantai, Pantai Ujung Tiro mempunyai berupa sebuah pulau karang yang besarnya mungkin hanya sebesar rumah. Ini menciptakan Pantai Ujung Tiro, bila dilihat secara sekilas seperti Tanah Lotnya Bali, atau Pantai Balekambang di  Malang.

Di kiri kanan pantai terdapat tebing bebatuan dengan sensasi hutan hijau di atasnya juga memberi perasaan damai dan segar. Dari kawasan ini, pengunjung juga mampu melihat deretan Pulau Sembilan yang ada di Kabupaten Sinjai.

Pantai ini cocoknya untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup di tengah-tengah jembatan kayu tersebut. Selain itu, pantai ini merupakan nirwana bagi pecinta fotografer dan selfie.

Lokasi Pantai Ujung Tiro

Pantai Ujung Tiro, Surga di Ujung Jalan Bulukumba
Image By bataritours.com

Pantai Ujung Tirto berada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Tepatnya di Kelurahan Ekatiro, Kecamatan Bontotiro.

Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari kota Bulukumba, dan bsia ditempuhd alam waktu 1 jam-an.


Rute Menuju Pantai Ujung Tiro

Menjangkau Pantai Ujung Tiro, tidak terlalu susah, alasannya adalah lokasinya sejalur dengan Pantai Apparalang, Pantai Mandala Ria dan Pantai Samboang. Lokasinya bahkan bisa dikatakan satu kompleks dengan Pantai Samboang.

Untuk mencapai pantai Ujung Tirto dari Kota Bulukumba, Pengunjung bisa mengambil jalur poros menuju Pantai Tanjung Bira. Setelah tiba di pertigaan antara Desa Ara dan Desa Bira, selanjutnya mengambil jalur menuju Desa Ara.

Setelah itu pengunjung akan menemukan Gerbang Pantai Samboang yang terletak di pinggir jalan raya. Jika sudah tiba di gerbang Pantai Samboang selanjutnya belok kanan hingga mentok pada pertigaan, lalu belok kiri hingga menerima papan petunjuk arah yang bertuliskan Pantai Ujung Tiro, belok kanan lagi.

Di ujung jalan akan ada rumah yang di sampingnya ada lahan parkir, di situlah daerah memarkir kendaraan.


Jam Buka Pantai Ujung Tiro

Pantai ini secara defenitif tidak mempunyai jam buka tutup, Jadi dapat dipandang pantai ini buka 24 jam sehari, 7 hari sepekan. Namun demikian kurang bijak jiak berkunjung saat hari gelap. Karena faktor medan dan juga ketiadaan penerangan, sehingga tidak akan bsia menikmati panorama.


Tiket Pantai Ujung Tiro

Karena Pantai Tiro belum dikelola oleh sebuah badan khusus, maka tiket masuknyapun tidak ada yang memungut. Makara objek wisata pantai di Bulukumba ini gratis tiket masuk. Namun seringnya ada semcam pungutan kebersihan. Nilainya berfariasiantara Rp 5.000 sampaid engan Rp 20.000.


Fasilitas Pantai Ujung Tiro

Meski tempat yang indah ini belum dilengkapi kemudahan memadai, namun sangat direkomendasikan untuk dikungjungi. Tapi sangat disarankan tidak berkunjung ketika demam isu hujan datang. Selain karena jalanan yang licin, juga alasannya adalah ombak cukup besar dan angin yang kencang.


Daya Tarik Pantai Ujung Tiro

Mengunjungi pantai Ujung Tiro bila bukan untuk melihat sunrise. sebaiknya jangan terlalu pagi. Bagusnya kira-kira pukul 10an keatas. Pada saat itu, matahari mulai terik, awan mulai menipis sehingga langit membiru, otomatis bahari akan ikut menjadi biru, sehingga sangat cocok bagi yang suka berfoto.


    Petualangan

Mengunjungi pantai Ujung Tiro harus memiliki persiapan matang. Jalannya berupa bebatuan dan sedikit licin. Pengunjung harus ekstra hati-hati. Meski semua jenis kendaraan mampu melaluinya, namun disarankan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

Di kiri kanan sepanjang jalan yang ditemukan hanyalah semak belukar dan hutan kayu. Tidak jarang Anda akan mendengar bunyi binatang liar juga menambah sensasi perjalanan. Tapi, hamparan pantai yang indah di ujung perjalanan akan menghilangkan rasa lelah.

Pengunjung bisa menuruni bibir pantai dan menyeberang ke bebatuan. Dari jembatan kayu yang tua namun tetap kokoh, pengunjung dapat dengan mudah melihat dasar lautan yang jernih. Bahkan, bisa melihat ikan-ikan yang leluasa berenang.


    Pulau Karang

Pantai Ujung Tiro mempunyai karang berupa sebuah pulau, yang besarnya mungkin hanya sebesar rumah. Sebuah jembatan kayu yang mungkin panjangnya kurang lebih sekitar 10 meter menjadi penghubung antara pulau karang ini dengan daratan.

Pantai Ujung Tiro cocoknya untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang bertiup di tengah-tengah jembatan kayu tersebut.

Dari jembatan kayu yang tua namun tetap kokoh, pengunjung dapat dengan gampang melihat dasar lautan yang jernih. Bahkan, mampu melihat ikan-ikan yang leluasa berenang. Karena kejernihan air dan keindahan terumbu karang, tidak sedikit yang datang ke tempat ini khusus untuk snorkeling.

Pantai Ujung Tiro yakni sebuah Surga dengan segala pesonanya. Langit dan Laut yang membiru seakan-akan menyatu. Kesejukan yang tercipta dari angin yang bertiup semilir membelai wajah seperti mengucapkan selamat datang bagi siapapun yang tiba.

Kedamain yang tercipta dari heningnya suasana yang terpecahkan oleh bunyi deburan ombak yang sekali-kali menghujam karang.


Tips Mengunjungi Pantai Ujung Tiro

Tips Jika ingin ke Pantai Ujung Tiro

  • Bawa Kendaraan sendiri, tidak ada kendaraan umum ke sana

  • Kondisi kendaraan harus baik, harus bisa dalam penanjakan

  • Isi bensin banyak-banyak, tidak ada pertamina

  • Pakai baju warna cerah yang kontras dengan warna biru. Ini bukan soal mistik, tapiutnuk memperoleh hasil foto yang lebih cantik

  • Jangan lupa kacamatanya dan topinya serta tongsisnya

  • Bawa Bekal kalau ingin berlama-lama disana, penjual kuliner berat tidak ada, adanya cuma penjual snack dan rokok tetapi pasti mahal.

  • Bagi yang suka membaca atau ngopi boleh membawa buku dan kopinya

  • Hati-hati jika ingin turun ke air, agak licin


Objek Wisata Dekat Pantai Ujung Tiro

Selain pantai Ujung Tiro, Bulukumba sudah lebih dulu populer dengan pantai tanjung bira nya. Pantai Bira mempunyai hamparan pasir putih dan laut jernih yang memesona. Objek wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, baik lokal maupun mancanegara. Aktivitas mirip snorkeling dan diving pun sering dilakoni oleh wisatawan untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Dekatd negan pantai Bira, teradapat Puncak Pua Janggo. Dataran tinggi ini mulai populer pada pertengahan tahun 2016. Namanya terinspirasi dari seorang ulama penyiar Agama Islam berjulukan Pua Janggo. Objek wisata ini menyuguhkan panorama hijaunya hutan dan birunya bahari dari ketinggian. Berfoto selfie, yakni aktifitas primadona di lokasi ini.

Menikmati sunrise bukan hanya bsia dilakukan dari puncak gunung atau tepi pantai. Bulukumba memeilki sebuah dataran tinggi, namun tidka perlu susah-susah mendaki. Bakung-bakung View Sunrise. Di siang hari, hamparan hijaunya hutan dan birunya maritim menjadi suguhan yang menyegarkan mata. Selain itu ada juga akomodasi lain mirip jogging track, gazebo, lapangan voli, dan lainnya.

Itulah sekilas gambaran soal keindahan dan pesona yang ditawarkan pantai ujung tiro. Mulai dari pantai yang indah hingga pulau karang kecil di muka pantainya. Semuanya bisa kamu nikmati di sini.

Tunggu apa lagi? Segera Siapkan liburanmu!

Lebih baru Lebih lama