Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Teluk Awur, Menghadap Barat Menyongsong Arah Sunset

Teluk Awur ini terkenal sebagai spot melihat sunset di Jepara, tak heran setiap sorenya cukup banyak wisatawan yang berkunjung kesini. Ada banyak acara yang bisa kita lakukan di Teluk Awur Jepara, diantaranya mirip jalan-jalan berkeliling pantai dan bermain kano.

Sesuai namanya, Teluk Awur memiliki karakteristik pantai yang menjorok ke daratan dengan bentuk setengah bundar. Garis pantai Teluk Awur bisa dibilang cukup panjang, tapi jarak antara pantai dengan daratan cukup pendek.

Di pinggir pantai sudah terdapat penyewaan kano dan ban untuk bermain air di pantai. Ombak di pantai Teluk Awur juga cukup damai, jadi aman dikala mengajak anak-anak berlibur ke sini. Pengunjung yang tiba pun bisa bebas bermain, berenang dan menikmati keindahan pantai.

Dalam tradisi lokal, selain sebagai salah satu tempat perayaan Pesta Lomban, pantai ini juga dipercayai punya daya magis. Dipercaya sebagai daerah mandi yang bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit kulit. Di luar dari hal itu, pantai Teluk Awur sering pula dimanfaatkan sebagai daerah memancing.

Destinasi pantai Teluk Awur yang landai dengan ombak yang tenang ini sangat cocok dipakai untuk berlibur bersama keluarga dan komunitas. Untuk wisatawan dari luar kota juga tidak perlu khawatir, sebab di dekat pantai juga terdapat penginapan villa dan juga hotel.

Lokasi Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur, Menghadap Barat Menyongsong Arah Sunset
Pantai Teluk Awur Source : instagram.com/myamyu99

Pantai Teluk Awur terletak di desa Telukawur, kecamatan Tahunan, kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Destinasi pantai yang banyak digemari sebagai daerah nongkrong ini hanya berjarak 4 km atau sekitar 30 menit dari pusat kota Jepara.


Rute Menuju Pantai Teluk Awur

Akses jalan menuju pantai Teluk Awur bisa dibilang sangat gampang dan lancar. Di sepanjang rute menuju pantai terdapat banyak penunjuk jalan yang mengarahkan sampai ke lokasi. Dari kota Semarang, pantai Teluk Awur berjarak sekitar 76,5 km atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Kalau dari kota Kudus, pantai teluk Awur berjarak sekitar 39,6 km atau 1 jam lebih perjalanan.

Kedua rute akan melewati jalan Kudus-Jepara, lalu melewati pasar Pecangaan, lurus sampai perempatan jalan belok kiri ke arah jalan Sunan Mantingan. Jika pada perempatan tersebut pengunjung menentukan lurus maka akan menuju pantai Kartini.

Sedangkan jika belok kanan akan menuju pantai Tirto Samudra Bandengan. Setelah melewati Sunan Mantingan kemudian tetap lurus sampai ke Teluk Awur.


Jam Buka Pantai Teluk Awur

Pantai teluk awur terbuka 24 jam mendapatkan kunjungan. Hal ini juga ditunjang dengan eksistensi fasilitas penginapan dan hotel di sekitar pantai.


Tiket Pantai Teluk Awur

Berbeda dengan Pantai Kartini dan Pantai Tirto Samudro Bandengan Jepara, pada hari biasa pantai Teluk Awur tidak memungut biaya. Namun khusus untuk hari selesai pekan dan libur besar, ada tiket sebesar Rp 2000.

Untuk biaya parkir kendaraan, untuk sepeda motor dikenakan Rp 2000, dan Mobil Rp 5.000.

Sedangkan biaya untuk fasilitas lain adalah, Biaya toilet untuk mandi dan bilas Rp 3.000, Sewa pelampung bebek Rp 10.000, dam Sewa ban renang Rp 10.000.


Fasilitas Pantai Teluk Awur

Potensi dan daya tarik Pantai Teluk Awur telah menarik minat pengusaha perhotelan dan investor untuk membangun hotel atau penginapan di sekitar pantai. Beberapa hotel dibangun untuk kelas, gaya dan konsep yang  berbeda untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung dan wisatawan.

Pengunjung akan dapat menikmati langsung suasana pantai yang berjarak hanya beberapa langkah dari kamar hotel mereka menginap. Selain itu suasana yang alami, damai dan nyaman juga akan lebih banyak dirasakan selama menginap di hotel tersebut.

Hotel-hotel yang dibangun dengan konsep eksplorasi keindahan pantai mampu ditemukan di sekitar Pantai Teluk Awur. Hotel tersebut merupakan hotel kelas Bintang 3 dengan pelayanan standar internasional.

Ditunjang dengan aneka macam fasilitas mirip kolam renang, restoran, taman dan tempat parkir serta kemudahan penunjung lainnya. Masing-masing hotel tersebut memiliki ciri khas dan gaya tersendiri dalam arsitektur bangunan, baik interior maupun eksteriornya.


Daya Tarik Pantai Teluk Awur

    Pantai yang menyenangkan

Pantai Teluk Awur memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Bandengan, ialah pantai yang landai dengan hamparan pasir putih yang memukau. Ini memungkinkan pengunjung untuk berolah raga pantai di sana, seperti sepak bola pantai dan volley pantai.

Anak-anak juga mampu bermain pasir. Selain itu, dengan kedalaman pantai yang tidak terlampau dalam, serta ombak yang begitu tenang. Para pengunjung bisa berenang di pantai ini dengan nyaman. Pantai Teluk Awur cocok sebagai wisata keluarga.

Hamparan pasir putih di pantai Teluk Awur sangat nyaman untuk dipakai duduk dengan beralaskan tikar bersama keluarga atau komunitas. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sembari menunggu dan mengawasi bawah umur bermain pasir disana.

Di sepanjang sisi pantai juga terdapat warung yang dilengkapi dengan kawasan duduk dan gazebo. Sangat nyaman dan gampang untuk sekalian Makan. Mata pengunjung  akan dimanjakan dengan pesona eksotis pohon mangrove yang selain untuk penahan abrasi juga sebagai peneduh di pantai Teluk Awur.

Cara lain menikmati panikmati teluk awur ialah dengan menyewa pelampung bebek atau ban. Atau mampu juga menyewa wahana seperti Flying Fish Boat, Banana Boat, dan Jet sky untuk mengarungi pantai.


    Pesona Sunset

Wisata Pantai Teluk Awur memang paling ramai dikunjungi wisatawan pada saat sore hari untuk melihat keindahan matahari karam di lautan. Entah itu di dikala hari libur maupun pada hari biasa. Para pengunjung dari berbagai usia datang untuk menikmati keindahan yang dimiliki oleh objek wisata Pantai Teluk Awur ini.

Saat mentari mulai terbenam, Efek fatamorgana akan menciptakan langit barat di atas lautan Teluk Awur tampak berwarna jingga atau kuning kemerah-merahan. Ditambah lagi dengan semilir angin dan deburan ombak yang hening, sehingga menciptakan harmoni alam yang menenangkan pikiran.


    Mitos air Obat

Pantai yang berlokasi di Jalan Teluk Awur Tahunan, air pantainya sangat higienis, hingga dipercaya masyarakat sekitar mampu menyembuhkan banyak sekali jenis penyakit.Karena mitos tersebut, jangan heran bila di sekitar pantai terdapat pemandian umum yang langsung memakai air pantai.

Mitos itu tidak terlepas dari dongeng terbunuhnya secara tragis raja Joko Wongso. Seorang raja di area itu yang lalaim, alasannya adalah berniat memperistri perempuan yang sudah bersuami. Wanita itu yakni Roro Kuning, dengan suaminya Syekh Abdul Aziz.

Dengan seni manajemen yang disusun sepasang suami-istri yang tersolimi ini, merk aberhasil emebuat Raja Joko Wongso menjadi tertuduh intel kerajaan musuh. Karena itu beliau dihukum dengan Ngawur tanpa persidangan di wilayah pantai. Pantai itulah yang sekarang disebut Teluk Ngawur. Teluk dari kata Takluk, dan Ngawur yang artinya gegabah.


    Tempat Memancing

Selain mendukung acara mandi, berenang, snorkeling dan berbagai wahana penyewaan bahtera, di pantai Teluk Awur juga menyediakan daerah atau spot untuk Anda yang hobi memancing.

Jika mendekati weekend atau hari libur maka pengunjung mampu mengajak komunitas untuk memancing bersama sembari menikmati semilir angin dan pesona pantai yang menenangkan pikiran.


    Festival Tradisional

Sama halnya pantai-pantai lain di Jepara, pada puncak pekan Syawalan atau satu ahad sehabis Idul Fitri di pantai Teluk Awur selalu diadakan Pesta Lomban atau perlombaan sedekah bahari. Pesta Lomban (bakda kupat) ini telah menjadi tradisi tahunan masyarakat Teluk Awur Jepara.

Tradisi ini sebagai bentuk ungkapan sukur atas kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Selain menjadi tradisi, Pesta Lomban juga difungsikan semoga banyak menarik para wisatawan.


Objek Wisata Dekat Pantai Teluk Awur

Di kabupaten jepara terdapat banya pilihan objek wisata. Salah satu yang terdekat dengan pantai Teluk Awur, yaitu Pantai Kartini. Berada sekitar 4 km di arah utara, nama Kartini diambil dari hero R.A. Kartini. Kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering bermain di pantai ini.

Pantai kartini ini juga cocok untuk bermain anak – anak, karena mempunyai wahana bermain dan pantainya yang hening. Salah satu Icon yang paling menonjol ialah bangunan Kura-kura Ocean Park beserta wahana didalamnya.

Sedikit lebih jauh ke utara, dalam jarak 19 km terdapat pantai Bondo. Tempatnya yang tenang, teduh, dan sepi membuat semua orang yang mempunyai tingkat kepenatan tinggi menentukan tempat ini. Mereka ingin mencicipi hidup tanpa kebisingan insan.

Jika, penasaran seperti apa suasana pantai ini, ayo tiba dan kunjungi eksklusif Pantai Teluk Awur.

Selamat Liburan.