Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Tebing, Hadiah Indah Dari Rinjani Tua Kepada Lombok

Pantai Tebing ini unik, mengusung keindahan dengan cita rasa unik tersendiri. Tebing sekitar 20-25 meter tingginya tampak kokoh membentengi pesisir pantai yang berpasir hitam.

Tidak diketahui ihwal asal mula namanya, mungkin tebing inilah yang melatarbelakangi penamaan pantai di perairan sekitar Selat Lombok ini.

Komposisi alam yang memadukan tebing nan gagah, hamparan pasir hitam serta laut yang membiru benar-benar cantik di pandang mata. Meski suasana siang hari cenderung panas, pengunjung pantai mengabaikan hal itu.

Pengunjung lebih disibukkan oleh aktivitas mereka. Mendekati perairan pantai, atau yang paling populer, ber selfie dengan latar belakang tebing. Tebing di sini sangat istimewa dengan dinding bertekstur lekukan.

Terlihat bersih dan indah. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang ke sini selalu menyempatkan waktu berselfie kemudian membaginya di sosial media. Bagi penggemar fotografi, lanskap pantai ini sangat eksotis untuk diabadikan.

Terbentuknya Tebing Pantai Tebing

Terbentuknya Tebing Pantai Tebing
Pantai Tebing destinasi wisata yang harus disambangi. (Instagram@ree_mind)

Tebing pasir di pantai Tebing itu yaitu sisa letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas tahun 1257. Letusan Samalas diketahui sebagai letusan gunung terbesar pada periode 7.000 tahun terakhir. Muntahan material gunung lebih dari 40 kilometer kubik.

Bandingkan dengan letusan Gunung Tambora di Pulau Sumbawa tahun 1815 melontarkan 33 kilometer kubik material dan Krakatau pada 1883 sebanyak 12,3 kilometer kubik. Menurut pengamat gunung api dari Museum Geologi Bandung, tebing pasir itu adalah singkapan endapan piroklastik letusan Gunung Samalas.

Tebing dengan ketebalan 50 meter, berwarna bubuk-abu cerah, dan membentuk struktur pelapisan dengan komponen, antara lain, watu apung. Singkapan itu terbentuk dari endapan awan panas, pemikiran piroklastik yang masuk ke bahari.

Awan panas yang bertemu dengan dinginnya air maritim menimbulkan letusan sekunder, lalu terlontar ke daratan dan endapan material membentuk bukit kerikil di Pantai Tebing itu.

Simak juga: Pantai di Papua yang Indah dan Bikin Lupa Daratan


Lokasi Pantai Tebing

Pantai Tebing yang indah ini berlokasi di  Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Simak juga: Pantai Karang Bolong, Wisata Bahari Nan Eksotis di Banten


Rute Menuju Pantai Tebing

Pantai Tebing berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah utara Kota Mataram. Perjalanan bisa ditempuh dengan kendaraan beroda empat, sepeda motor, atau angkutan umum.

Tarif angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke pantai itu sekitar Rp 25.000 per orang. Perjalanan biasanya melalui daerah Hutan Pusuk. Di hutan ini ada kawanan simpanse berkumpul di pinggir jalan, menunggu pengguna jalan memberi makanan.

Jika setengah perjalanan mau menikmati panorama alam pantai, pengunjung mampu menelusuri jalan kawasan obyek wisata Senggigi, Lombok Barat, sekalian melempar pandangan ke Gili Trawangan, Meno, dan Air yang tampak dari kejauhan.

Pantai Tebing berada di jalan utama yang menghubungkan Desa Bayan dan Mataram. Dari jalan raya itu ada jalan tanah sepanjang 200 meter sebagai pintu masuk, cukup untuk dua mobil berpapasan. Sebelum tiba di pantai, para pengujung disediakan tempat parkir kendaraan beroda empat dan sepeda motor.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits Dekat Bandung


Jam Buka Pantai Tebing

Tidak ada ketentuan niscaya mengenai jam buka pantai tebing. Karena itu secara teknis pantai ini buka 24 jam, untuk dikunjungi.

Simak juga: Wisata Pantai di Semarang & Sekitarnya


Tiket Pantai Tebing

Sampai ketika ini, pengunjung yang ingin menikmati keindahan panorama pantai tebing, tidak dikenakan biaya masuk. Gratis.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir.

Simak juga: Pantai Carita, Wisata Bahari Favorit di Banten


Fasilitas Pantai Tebing

Mengenai kemudahan penunjang acara wisata di pantai tebing, dikala ini sudah banyak kawasan makan di sekitar pantai. Rumah makan terdekat berjarak sekitar 1,5 km dari pantai. Demikian pula untuk penginapan, ada sejenis resort tidak terlalu jauh dari lokasi pantai.

Simak juga: Wisata di Jogja Terbaru & Terhits


Aktivitas Menarik di Pantai Tebing

Pantai tebing Lombok memiliki beberapa keunikan yang menjadi daya tarik khas, yang membedakan pantai ini dengan pantai lain. Untuk pengunjung yang memutuskan mengunjungi pantai tersedia beberapa alternatif acara. Berikut ini beberapa acara menarik yang bisa dilakukan di pantai anggun ini sebagai agenda liburan.

Simak juga: Wisata Pantai di Karawang yang Paling Hits


    Menjelajahi Pantai

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan pengunjung saat mengunjungi pantai Tebing ialah menjelajahi lokasi. Pengunjung bisa menikmati berjalan kaki di sepanjang pantai. Pengunjung mampu menikmati pemandangan pasir warna hitam eksotis dan mempunyai tekstur yang lembut.

Bahkan pengunjung mampu berjalan di atas pasir itu tanpa sandal, ataupun sepatu. Selanjutnya, jangan lupa untuk mendekati tebing yang terletak di bersahabat pantai. Kebanyakan pengunjung mengambil beberapa gambar di depan tebing indah ini. Pengunjung sebaiknya tidak melewatkan kesempatan langka ini begitu saja.

Simak juga: Wisata Pantai di Cianjur yang Paling Hits


    Selfie dan Wefie

Kegiatan wajib kedua, sesudah jelajah pantai yakni berfoto. Baik selfie, wefie, maupun diambil oleh orang laib. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk sekedar berswafoto atau berfoto bersama keluarga dan sahabat-sobat. Di pantai tebing lombok ini Banyak spot cantik yang mampu dijadikan kawasan berfoto.

Spot favorit tentu saja di depan tebing pantai yang fenomenal itu. Pengunjung bisa berfoto di antara tebing tingginya, atau dengan latar pantai yang indah. Siapkan pose terbaik dan jangan lupa jaga sikap agar tidak merusak spot. Dan terpenting jaga pose supaya tidak ekstrim dan membahayakan diri sendiri.

Simak juga: Wisata Pantai di Pangandaran yang Paling Hits


    Memancing

Pantai Tebing Lombok juga sangat terkenal sebagai daerah memancing. Di pantai ini banyak nelayan yang beraktivitas memancing untuk memburu ikan. Bagi pengunjung pantai yang ingin memancing, harus membawa peralatan pancing sendiri. Di pantai belum ada fasilitas persewaan alat memancing.

Ada beberapa tempat elok untuk memancing, tapi tidak banyak pengunjung yang mengenal pantai ini dengan baik. Untuk itu mampu meminta tolong kepada Penduduk setempat untuk mungkin memberi tahu wisatawan mengenai kawasan-daerah seperti itu.

Bahkan bila memungkinkan sebaiknya ajak mereka sebagai guide. Tentu dengan bayaran yang disepakati terlebih dahulu. Penduduk lokal biasanya cukup bersahabat dengan semua orang.

Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Jogja


    Berenang

Air bahari di Pantai Tebing Lombok populer jernih dan menyimpan pemandangan maritim yang menarik. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil di pantai, siap menyambut pengunjung yang berenang di sini.

Air bahari pantai itu juga hening. Satu hal yang harus selalu diingat ketika berenang, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan air dan lingkungan bahari.

Simak juga: Wisata Pantai di Sukabumi Favorit


    Berjemur Bersantai

Cuaca di pantai ini terbilang panas, sehingga pengunjung harus menyiapkan kacamata hitam juga menggunakan sunblock. Namun, cuaca panas ini juga cocok untuk pengunjung yang ingin berjemur. Kamu bisa berjemur sembari bersantai menikmati pemandangan maritim yang luar biasa.

Simak juga: Wisata Pantai Terindah di Garut


Tips Mengunjungi Pantai Tebing

Saat berkunjung ke Pantai Tebing sebaiknya memahami beberapa tips berikut supaya bisa nyaman selama berlibur.

  • Bawa kamera dengan kualitas baik semoga bisa mengabadikan momen dengan menghasilkan gambar-gambar yang instagramable.

  • Bawa Tabir surya. Sebelum berjemur sebaiknya menggunakan krim sun block, sebab memang cuaca di area wisata cukup panas dan juga jarang tumbuh pepohonan rindang nan sejuk.

  • Saat menyewa perahu warga untuk mengelilingi pantai, pastikan harga sudah disepakati dengan baik. Selain mendukung pertumbuhan ekonomi warga setempat, dengan harga yang “pantas”, pelayanan yang diterima tentu juga akan memuaskan.

  • Dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dan keindahan Pantai.

  • Simak juga: Wisata Pantai Terhits di Malang

Objek Wisata Dekat Pantai Tebing

Mengunjungi pantai tebing di Lombok utara, tidak usah khawatir kesulitan memilih objek kunjungan selanjutnya.

22 km di barat pantai ini ada Pantai Sire.  Pantai yang berada di desa Medana, berpasir putih. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan formasi pepohonan yang menjadi ciri khas pantai ini.  Di perairan dangkal pantai ini terlihat hamparan terumbu karang manis yang menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil berwarna-warni.

36 km ke arah timur, di kakai gunung rinjani terdapat Air Terjun Sendang Gile. Dengan ketinggian 31 meter gerojokan tampak megah. Suasana teladas ini menyegarkan oleh percikan air terjunnya. Percikan yang dingin seakan mengisi ulang energi. Ada mitos soal membasuh muka dengan air di Air Terjun Sendang Gile bisa bikin infinit muda.

Di atas ialah info seputar wisata pantai tebing Lombok Utara yang bisa Kami bagikan. Semoga bisa memperlihatkan citra soal keindahan wisata pantai ini. Semoga isu di atas bermanfaat.