Pantai Tanjung Kasuari, Hamparan Pasir Putih di Pantai Barat Papua

Pantai Tanjung Kasuari termasuk pantai yang asri dan sangat alami. Bentangan pantai yang sangat panjang dan formasi pepohonan rindang menjadi pemandangan utama yang dapat dinikmati. Beberapa sudut wilayah pantai menyuguhkan gundukan batuan karang yang menawan.

Ombak bahari yang bergulung tidak terlalu besar sangat cocok untuk dinikmati sembari menunggu matahari kembali ke sisi barat bumi. Dengan kondisi ini, tidak heran kalau oase Pantai Tanjung Kasuari menjadi salah satu tujuan wisata unggulan kota sorong yang menarik bagi para wisatawan dalam dan luar Indonesia.

Pantai ini berjulukan Tanjung Kasuari sebab lokasinya terletak di wilayah darat Sorong yang menjorok ke laut di wilayah utara pulau Papua dan menyerupai kepala burung Kasuari. Pantai ini yakni pantai yang cukup terkenal di Kota Sorong.

Masyarakat setempat bahagia sekali menghabiskan waktu akhir minggu dan hari libur mereka di pantai indah ini. Lokasinya yang cukup jauh dari keramaian kota menciptakan pantai ini menjadi sebuah tempat pelarian yang nyaman selepas aktifitas harian penduduk Sorong yang begitu padat.

Lokasi Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari, Hamparan Pasir Putih di Pantai Barat Papua
Sumber: Senja Moktika
Tanjung Kasuari terletak di wilayah darat Sorong yang menjorok ke maritim di wilayah utara pulau Papua dan mirip kepala burung Kasuari. Pantai ini adalah pantai yang cukup terkenal di Kota Sorong.

Namun, walaupun berjarak sekitar 7 kilometer dari sentra kota, Pantai Tanjung Kasuari ditempuh dalam waktu 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Simak juga: Wisata Pantai di Jayapura Terindah


Rute Menuju Pantai Tanjung Kasuari

Transportasi ke Pantai Tanjung Kasuari cukup mudah. Jaraknya yang tidak jauh dari Kota Sorong menciptakan masih adanya transportasi umum yang mampu mengantarkan para wisatawan menuju objek wisata tersebut. Pengunjung bisa mencapai Pantai Tanjung Kasuari memakai ojek dengan tarif sekitar Rp. 30.000.

Selain angkutan umum, pengunjung juga dapat menyewa kendaraan beroda empat untuk menuju daerah wisata pantai tersebut. Cukup dengan membayar uang sebesar Rp 100.000 hingga Rp.200.000 pengunjung sudah dapat menikmati keindahan pantai yang eksotis tersebut.

Simak juga: Pantai di Papua yang Indah


Jam Buka Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di dikala hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga alasannya adalah kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Simak juga: Tempat Wisata di Jayapura


Tiket Pantai Tanjung Kasuari

Biaya untuk masuk pantai ini hanya dikenakan bagi kendaraan bermotor saja, 50.000 rupiah untuk mobil, dan 20.000 rupiah untuk sepeda motor. Memang biaya ini terasa mahal, tetapi semua akan terbayar dengan suasana pantai Tanjung Kasuari yang indah, tenang, dan begitu menyejukkan.

Simak juga: Taman Nasional Lorentz, Dari Gunung Tertinggi Hingga 9 Masyarakat Adat


Fasilitas Pantai Tanjung Kasuari

Untuk kemudahan fasilitas sendiri ada beberapa hotel yang letaknya akrab dengan Pantai Tanjung Kasuari. Beberapa diantaranya seperti : Kasuari Valley Beach Resort dan Saoka Resort.

Selain itu, hotel yang ada di kota sorong juga bisa dipakai, mengingat jarak antara pantai dengan kota sorong yang hanya 30 menit perjalanan saja. Adapun hotel-hotel yang berada di Kota Sorong, salah satunya ialah Swiss Bell hotel Sorong.


Daya Tarik Pantai Tanjung Kasuari

    Pantai yang Nyaman

Tempat wisata Pantai Tanjung Kasuari ini merupakan pantai berpasir putih yang indah dan nyaman untuk dikunjungi. Suasana sejuk dapat anda rasakan ketika berkunjung ke pantai ini alasannya banyak terdapat rerimbunan pohon yang tumbuh di sepanjang pantai ini.

Apabila siang hari Pantai Tanjung Kasuari memang terasa sangat panas lantaran ialah jalur khatulistiwa. Namun ketika merasakan hawa panas itu, pengunjung mampu berbaring di bawah rerimbunan pohon-pohon yang tinggi dan hijau.

Beberapa sudut wilayah pantai menyuguhkan gundukan batuan karang yang menawan dan indah untuk dijadikan tempat berfoto.

Pasirnya yang putih akan menjadi ganjal Anda untuk berbaring. Air yang biru dan jernih, serta ombak-ombak yang berderu akan menggoda Anda untuk berenang.

Walaupun pantai ini berhadapan eksklusif dengan laut lepas, namun perairan di pantai ini tergolong kondusif. Pengunjung tidak akan menemui ombak besar yang mencapai pantai. Karena ombak akan memecah dalam jarak sekitar 100 m dari bibir pantai terkena dasar pantai yang berkarang.


    Main pasir dan Air

Pantai Tanjung Kasuari memiliki ombak yang tidak besar meskipun pantai ini terdapat di bahari lepas. Oleh alasannya itu, pantai ini sangat aman digunakan untuk berenang bersama keluarga atau teman Anda. Suasana bibir pantai yang berkarang, akan membuat suasana pantai semakin indah.

Apalagi pasir putihnya sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Untuk bermain pasir, pengunjung anak bisa bebas mengekplorasi imajinasinya. Mulai dari membangun istana pasir, hingga berlarian berguling-guling diatas pasair yang lembut.

Sedangkan untuk acara di air pantai, mampu dilakukan dengan kalem. Mulai dari berenang ringan hingga hanya sekedar berendam saja.


    Kano dan Perahu

Karena perairan yang sangat hening, maka pengunjng pantai tanjung kasuari bsia memanfaatkannya untuk rekreasi air, Selain bernenag biasa, pengunung juga mampu mencoba naik kano atau bahtera menyusuri pantai.

Dengan ahrga yang terjangkau, pengunjung mampu menikmati keindahan pinggiran pantai dengan menaiki perahu kecil yang cukup untuk diri sendiri atau berdua dengan pasangan. Dengan bermain kano, kemesraan bersama pasangan akan lebih sensasional dikala mengarungi bahari dangkal di atas perahu fiber yang didayung.

Soal keamanan, wisatawan tak perlu risau. Selain alasannya kondisi air yang tenang seperti di kolam renang, juga adanya pengawasan dari penjaga kano. Untuk satu orang pemandu, mengawasi dua sampai tiga kano.

Bagi yang tidak “percaya diri” untuk menaiki kano, mampu menyewa perahu bercadik. Perahu ini akan mengantar pengunjung menyusuri pantai, menikmati keindahan dari sisi yang berbeda.


Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Kasuari

Bagi kalian yang ingin menikmati pantai ini serasa milik pribadi, disarankan kalian datang pada week day.

Dikarenakan Saat akhir pekan atau hari libur, Pantai Tanjung Kasuari akan ramai dikunjungi oleh para pengunjung baik dari Kota Sorong sendiri maupun dari luar Kota Sorong yang menghabiskan waktu untuk bersantai di pantai ini.


Objek Wisata Dekat Pantai Tanjung Kasuari

Selain pantai yang indah, sorong juga memeilki Pulau indah di lepas pantainya. Namun dapat dijangkau anya beberapa menit perjalanan perahu saja. Pulau Buaya, pulau yang bentuknya seperti dengan buaya. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni, namun memang tidak banyak.

Ada beberapa cottage yang disewakan untuk wisatawan yang ingin menginap dan menghabiskan malam di Pulau Buaya Sorong ini. Selain menikmati panorama pantai pasir putih dengan airnya yang sangat jernih, pulau ini juga menunjukkan berbagai aktivitas. Seperti contohnya banana boat, donut boat, parasailing, paintball, dan snorkeling.

Jika di Kalimantan ada Danau Labuan Cermin, maka di Sorong ada Danau Ayamaru yang tak kalah bening dan jernih biru kehijauan. Memiliki kedalaman sekitar 6 meter, Danau Ayamaru ini juga mengalami pasang surut seperti ombak di laut.

Sekian dulu dongeng-dongeng kami soal keindahan pantai yang berjarak hanya 7 km dari kota sorong ini. Datang lah ke Pantai Barat di Pulau Terbesar di dunia ini, dan nikmati betapa indah alam Indonesia di tanah Papua.

Lebih baru Lebih lama