Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Tanjung Bastian, Pantai Mempesona di Sisi Utara Pulau Timor

Pantai Tanjung Bastian yaitu pantai dengan hamparan pasir putih di NTT. Rentangan pasir mencapai sekitar seratus meter dengan air laut kristal. Bagi para pengunjung yang menyukai petualangan mampu mengunjungi Pantai Tanjung Bastian untuk menikmati panorama yang menakjubkan.

Pantai Tanjung Bastian yaitu nama yang telah dikenal semenjak era ke-16. Sebuah tanjung di pantai, yang menyimpan sejuta dongeng di kala lalu. Tempat ini menceritakan perjalanan masa kemudian manusia, dengan latar belakang pegunungan Kolboki dan Bastian.

Saat berwisata untuk menikmati panorama yang menakjubkan di Pantai Tanjung Bastian, pengunjung  akan melihat apakah pantai masih perawan. Pengunjung juga akan melihat kegiatan menarik lainnya di sini, seperti pacuan kuda.

Beberapa orang menganggap trek di Pantai Tanjung Bastian sebagai salah satu trek pacuan kuda terindah di Indonesia. Kaprikornus, jikalau bepergian ke Nusa Tenggara Tmur, jangan lewatkan pantai ini karena sangat layak untuk dikunjungi.

Tidak hanya mempunyai alam yang akrab, pantai ini juga ditempati oleh penghuni yang ramah. Mereka menyambut semua wisatawan dan meyakinkan mereka bahwa Pantai Tanjung Bastian ialah pantai yang aman.

Lokasi Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian, Pantai Mempesona di Sisi Utara Pulau Timor
Photo By : @kanatover010914

Pantai Tanjung Bastian indah ini, terletak di Wini, Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara, Kabuaten Timur Tengah Utara, NTT.

Lokasi wisata ini  berjarak sekitar 67 kilometer dari pusat Kota Kefamenanu, Ibu kota Timor Tengah Utara.


Rute Menuju Tanjung Bastian

Lokasi pantai tanjung Bastian strategis, mampu ditempuh dengan bus, travel agent, atau bahkan motor. Dari kecamatan Wini, pengunjung mampu pergi ke pantai sekitar 5 km ke arah timur. Wini sendiri berbatasan eksklusif ke Timor Leste. Kondisi ini membuat pantai menjadi salah satu tujuan wisata potensial di Nusa Tenggara Timur.

Jika ingin merasakan tantangan berpetualang, pengunjung mampu menuju Pantai Tanjung Bastian dengan sepeda motor. JIka memulai perjalanan dari Kota Kefamenanu, dibutuhkan sekitar satu jam. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan sempit.

Pemandangan di sepanjang jalan terasa segar dan menawan. Ketika mendekat ke pantai, Pengnjung mulai melihat bukit berbatu terjal yang mengapit jalan. Menurut penduduk setempat, sisi barat bukit berbatu berbatasan dengan Timor Leste.

Perbukitan membentang di sepanjang jalan dan ini akan memberi sensasi yang berbeda.


Jam Buka Tanjung Bastian

Pantai Tanjung bastian ini terbuka 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Dengan demikian pengunjung mampu bebas mengatur jadwal perjalan-nya menyesuaikan dengan kunjungan ke objek-objek lain di Pulau Timor.


Tiket Tanjung Bastian

Pengunjung pantai Tanjung Bastian dikenai tiket masuk sebesar Rp 3.000. Dengan tiket yang tergolong murah ini, pengunjung bisa bebas menikmati keindahan Pantai Tanjung Bastian sepuasnya.


Fasilitas Tanjung Bastian

Nmaun sayangnya Beberapa kemudahan umum seperti kemudahan mandi basuh kakus belum tersedia dengan memadai. Bangunan WC dan kamar mandi umum yang tersedia di lokasi wisata tersebut belum bsia berfungsi maksimal, alasannya adalah problem ketersediaan air higienis.

Padahal, Pengunjung yang berwisata di lokasi Tanjung Bastian membutuhkan kemudahan seperti kamar mandi. Karena sehabis berenang di bahari, pengunjung ingin mandi membersihkan air asin dan endapan garam.


Daya Tarik Tanjung Bastian

    Pantai yang Indah

Dari kejauhan eksotisme pantai sudah terlihat begitu indah dipandang mata. Dengan gugusan bukit-bukit terjal yang membentang sepanjang bibir pantai Tanjung Bastian kelihatan seperti berada dalam bingkai bebatuan yang sangat potensial untuk dijadikan lokasi panjat tebing.

Pantai Tanjung Bastian juga dipenuhi semak berduri dan pohon asam. Daerah menjadi teduh sebab pohon ini tumbuh dengan baik. Di beberapa tempat, ada banyak cottage. Pengunjung dapat beristirahat di sana untuk sementara waktu.

Perpaduan perbukitan, pasir putih dan trek pacuan kuda di Pantai Tanjung Bastian menjadi salah satu tujuan wisata alternatif dikala Anda berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Waktu terbaik untuk menikmati Pantai Tanjung Bastian adalah ketika-ketika matahari terbenam tiba.


    Spot Foto yang indah

Pantai yang terletak di perbatasan Republik Indonesia dan District Oecuse Republik Timor Leste ini memberikan beberapa spot terbaiknya untuk diabadikan dalam kamera. Untuk menghasilkan foto yang ciamik, bidikkan lensa kamera ke atas batu karang besar yang terletak tepat di bibir pantai.

Pantai Tanjung Bastian juga ditumbuhi dengan banyak sekali pohon di tepi pantai. Di bawah salah satu pohon yang berdaun cukup lebat, ada tempat duduk terbuat dari kayu yang mampu pengunjung manfaatkan untuk berfoto. Pemandangan Pantai Tanjung Bastian pun terlihat sempurna dari sini.

Tidak hanya dipenuhi hamparan pasir putih yang lembut, Pantai Tanjung Bastian juga memiliki area yang dipenuhi dengan bebatuan berwarna putih dan tekstur halus. Bidikkan lensa dengan fokus yang terbagi ke bebatuan putih dan pemandangan hamparan laut biru menunjukkan warna kontras dan foto yang tepat.

Waktu paling tepat mengunjungi Pantai Tanjung Bastian adalah menjelang matahari terbenam. Matahari yang turun perlahan dan tertutup bukit serta warna jingga yang ditinggalkan di langit memberikan efek foto yang dramatis.

Apalagi kalau pengunjung mengambil foto dari balik pohon yang dengan otomatis menawarkan siluet ranting-rantingnya.


    Arena Pacuan Kuda

Tiba di Pantai Tanjung Bastian, pengunjung akan disajikan bundaran besar yang dilapisi oleh kayu-kayu putih. Ada panggung penonton di selatan trek pacuan kuda. Jalur ini terkenal sebagai Trek Pacuan Kuda Tanjung Bastian.

Event balap kuda ini digelar secara rutin 3 – 4 setahun. Saat acara digelar, kerumunan penonton membanjiri panggung. Suasana menjadi begitu bangga. Tapi, saat tidak ada program, trek berkembang menjadi relatif sepi.

Bila menonton dari pantai terbuka, maka latar belakang pemandangannya yakni gugusan gunung terjal yang elok. Sementara itu, pilihan lainnya yang tak kalah menarik adalah, penonton bisa menikmati atraksi kuda pacu dari kejauhan, yakni berada di atas Gunung Bastian.

Arena pacuan kuda itu pun sangat strategis, sebab berada persis di jalur perlintasan kendaraan asal Timor Leste, baik dari Distrik Oekusi menuju Dili maupun sebaliknya. Karena itu, para penonton yang hadir untuk menyaksikan pacuan kuda, bukan hanya warga setempat, tetapi juga berasal dari negara Timor Leste.


Objek Wisata Dekat Tanjung Bastian

Selain pantai yangn indah, kabupaten timor tengah Utara juga mempunyai dataran tinggi yang tidak kalah indah. Salah satunya adalah Bukit Tuamese merupakan wisata alam di Timor Tengah Utara, tepatnya di Desa Tuamese, Kecamatan Biboki Anleu.

Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari sentra kabupaten Timor Tengah Utara dalam waktu sekitar 2,5 jam. Dari atas bukit, pengunjung mampu menyaksikan pemandangan laut dan bukit-bukit watu lain. Saking indahnya, area ini biasa dijadikan lokasi foto pre-wedding.

Ada juga permandian Oeluan. Wisata alam di Timor Tengah Utara ini merupakan sebuah pemandian umum berasal dari sumber mata air alami. Terletak di jalan trans Kupang-Atambua, mengakibatkan Oeluan mudah dijangkau bahkan dengan kendaraan umum mirip ojek. Berjarak kurang lebih 30 menit dari sentra kabupaten Timor Tengah Utara.

Demikianlah ulasan west-java.com ihwal keindahan yang disajikan oleh Wisata Alam Pantai Tanjung Bastian, Kabupaten Timur Tegah Utara, NTT. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, sahabat untuk menikmati wisata yang satu ini.

Rame-rame lebih seru.