Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Ngrawe, Pantai Bertaman Hijau yang Instagramable

Pantai Ngrawe mengusung konsep taman di pinggir pantai dan dihiasi oleh pohon palm. Konsep ini membuat pantai tersebut berbeda dengan pantai-pantai lain. Hal ini pula yang menjadi daya tarik pengunjung. Sebab pantai menjadi kaya akan spot foto yang instagramable.

Penataan bangunan juga terlihat klasik dan juga perawatan rumput yang hijau menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung untuk mendatangi  pantai perawan ini. Suasana Pantai Ngrawe akan lebih indah dikala sore hari.

Pengunjung bisa menikmati sunset dengan ditemani pasir putih yang lembut dan suara debur ombak yang sangat khas. Selain menikmati sunset di sore hari di seputar bibir pantai, pengunjung  juga bisa menikmati keindahan sunset dari atas bukit yang disediakan gazebo-gazebo dan daerah bersantai.

Sunset di pantai Ngrawe sangat mempesona dikala kondisi cuaca cerah,sehingga banyak yang tiba di sore hari untuk menikmati keindahan sunset pantai Ngrawe Gunungkidul.

Jika pengunjung  ingin sekaligus mampu menikmati keindahan sunrise pagi hari,sebaiknya mencari kawasan menginap yang terdekat dengan pantai Ngrawe. Seperti penginapan di pantai Kukup maupun penginapan di pantai Baron.

Lokasi Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe, Pantai Bertaman Hijau yang Instagramable
Liburang ke Pantai Ngrawe, Image By IG : @tata_meydita

Pantai Ngrawe Jogja ini berada di alamat pantai kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini yakni sekitar 1 jam 27 menit atau 57 kilometer dari sentra kota Jogja.


Rute Menuju Pantai Ngrawe

Akses menuju ke pantai ngrawe sangat cantik. Namun, beberapa kilometer sebelum datang di lokasi, akan dihadapkan oleh jalan menanjak dan menurun serta berliku. Dari daerah parkir, harus berjalan di atas bukit untuk hingga ke pantai.

Rute untuk bisa sampai ke pantai ngrawe gunung kidul sesungguhnya tidak sulit, cukup mudah. Berikut merupakan rute yang mampu kalian pilih dari kota jogja untuk menuju ke pantai ini :

  • Imogiri Barat-Jl. Imogiri Siluk-Jl. Siluk Panggang-Jl. Raya Panggang Wonosari – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung. (Rute paling cepat)

  • Wonosari – Jl. Nasional III – Jl. Raya Wonosari-Paliyan – Jl. Giring-Singkil – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung.

  • Wonosari – Jl. Nasional III – Jl. Playen Paliyan – Jl. Raya Panggang Wonosari – Jl. Pantai Sel. Jawa ke Ngepung

Jam Buka Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe mendapatkan kunjungan mulai pagi dan tutup di sore hari. Pantai dibuka mulai jam 06.00, sampai tutup apda jam 17.00.


Tiket Pantai Ngrawe

Sebagai salah satu destinasi baru yang ramai pengunjung, Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawe masih terbilang cukup terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Tiket Pantai Ngrawe menjadi satu dengan tiket masuk saat memasuki kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Bisa dikatakan tiket itu tiket terusan Pantai Baron, Pantai Ngrawe dan lainnya

Sedangkan untuk parkir kendaraan di Pantai Ngrawe, dikenakan pungutan sebesar Rp 3.000.


Fasilitas Pantai Ngrawe

Selaian rumput dengan penataan yang rapi dan higienis, di Pantai Ngrawe pengunjung juga akan dimanjakan aneka macam kemudahan. Seperti daerah duduk di posisi yang strategis, sehingga akan mendapatkan angle yang apik. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner menu bahari yang mengugah selera.

Selain itu Toilet hingga tempat ibadah juga telah tersedia di kawasan wisata baru Gunung Kidul ini.

Bagi Pengunjung yang belum puas menikmati keindahan panti Ngrawe dapat bermalam di sekitar lokasi pantai. Disana banyak penginapan seperti home stay untuk menyambut wisatawan yang beristirahat dan belum mau pulang.


Daya Tarik Pantai Ngrawe

Daya Tarik Pantai Ngrawe cukup membuat orang yang belum berkunjung ke sini ingin tau. Pantainya menyuguhkan serta memberikan view pemandangan alam  yang begitu exotic serta menarik.


    Letaknya strategis

Berkunjung ke sini tentu akan lebih menyenangkan, karena letaknya yang startegis. Letak lokasi wisata tepi laut Ngawe diapit dua kawasan wisata terpopuler Jogja ialah pantai Baron dan Kukup.

Walaupun tergolong lokasi liburan yang Baru, namun potensi alam pantai Ngrawe  tak kalah menakjubkan. Tempat ini mampu dijadikan tujuan utama berwisata maupun sebagai daerah alternatif.

Jika dijadikan tujuan utama, pengunjung mampu singgah di lokasi wisata tepi maritim Baron maupun Kukup. Di sini bisa dibilang liburan sepaket yakni menikmati beberapa keindahan pantai sekaligus cukup bayar tiket masuk sekali.


    Pasir Putih dan Air yang Jernih

Lokasinya terbilang baru dan belum terlalu banyak disinggahi para wisatawan menimbulkan lokawisata ini terlihat cukup bersih. Seperti tempat pesisir sekitarnya di sini pasirnya berwarna putih bersih serta cukup lembut.

Selain itu air lautnya terlihat jernih sampai dasarnya  terlihat cukup terperinci. Bagi pengunjung yang membawa anak kecil ke sini tentu akan merasa bahagia mampu bermain-main di pasir serta berbasah-basahan dengan air maritim.


    Taman Yang Tertata Rapi

Berbeda dengan pantai pada umumnya di kawasan Gunungkidul, di lokasi wisata ini pengunjung akan disuguhi cantiknya  penataan pemandangan taman.

Taman tersebut ditumbuhi rumput hijau yang ditata sedemikian rupa sehingga terlihat rapi. Selain itu di sekitar taman ada bangku-dingklik pada tepian jalan setapak menuju arah pantai.

Pihak pengelola juga telah menyediakan gazebo yang mampu dipakai oleh para pengunjung atau pelancong untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut.


    Aktivitas Yang Dapat Dilakukan

Ketika Anda mendatangi tempat ini banyak hal mampu dilakukan mirip

  • Sekedar bersantai ria menikmati suasana alam yang terlihat menarik.

  • Bermain pasir putih dan air lautnya.

  • Melakukan acara berfotografi atau menciptakan video menarik.

  • Menikmati wisata masakan Jogja khususnya tempat Gunung Kidul.

  • Bisa berkunjung ke pantai Kakap dan Baron.

Tips Mengunjungi Pantai Ngrawe

  • Berkunjung pada waktu lebih awal semoga mampu singgah ke kawasan wisata lainnya.

  • Datanglah ketika tidak trend penghujan.

  • Akan lebih nyaman mengendarai kendaraan langsung pada saat datang ke sini.

  • Membawa pakaian ganti serta perlengkapan mandi.

  • Datanglah saat kondisi badan sehat  dan ajaklah keluarga, kerabat atau teman, semoga iburan lebih menyenangkan.

  • Pastikan membawa kamera atau Hp beresolusi tinggi.

Objek Wisata Dekat Pantai Ngrawe

Wisata di kabupaten gunung kidul tidak melulu hanya pantai saja. Ada berbagai jenis wisata lain di kabupaten Paling Selatan Jogjakarta ini. Salah satunya ialah Kebun Bunga Amarilis. Dengan warna oranye menyala, Kebun Bunga Amarilis nampak seperti hamparan permadani yang cerah.

Bunga Amarilis ini tidak selalu mekar. Waktu yang disarankan untuk tiba ke sini ialah antara bulan Juli hingga Oktober. Jika cuaca sedang mendukung, bunga amarilis bisa mekar hingga final tahun. Pengunjung pun mampu berfoto dengan hamparan bunga manis yang instagramable sekali.

Ada juga wisata gua. Salah satunya Goa Pindul. Di sini pengunjung mampu melakukan cave tubing yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Cave tubing yaitu sebuah acara menyusuri gua dengan memakai pelampung di atas sungai bawah tanah.

Ketika sedang berada di kota Jogjakarta maupun sekitarnya, tak ada salahnya mampir ke pantai ngrawe.

Terima kasih dan selamat berlibur!!